Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jaga Kesehatan Mentalmu dengan Melakukan 5 Olahraga Kesehatan Mental Ini!

Banyak yang mudah dilakukan lho!

Bobobox.co.id — Kondisi yang serba tak menentu di masa pandemi virus corona ini membuat banyak orang terganggu kesehatan mentalnya. Kesehatan mental sendiri penting untuk dijaga seperti halnya fisik tubuhmu.

Kesehatan fisik tubuh yang dijaga dengan baik akan terasa sia-sia jika kamu tidak mengimbanginya dengan menjaga kesehatan mental. Oleh karenanya, janganlah menyepelekan kesehatan mental apalagi di kondisi seperti ini.

Nah, dalam menjaga kesehatan mental, ada beberapa hal yang bisa lakukan untuk tetap menjaga agar tetap stabil. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga kesehatan mental. Olahraga ini pun cukup mudah dilakukan kok.

Seperti yang sudah kamu ketahui, olahraga bermanfaat untuk kesehatan fisik tubuh. Namun, jarang yang mengetahui bahwa olahraga kesehatan mental mampu menjaga kesehatan mental khususnya di tengah kondisi seperti ini.

Nah, daripada penasaran dengan apa saja olahraga yang bisa dilakukan, berikut ini merupakan 5 olahraga mental yang wajib dilakukan dan baik untuk kesehatan mentalmu. Nomor 2 kayaknya jadi favorit banyak orang nih!

Yoga

Olahraga kesehatan mental pertama yang Bob rekomendasikan untuk dilakukan adalah yoga. Olahraga satu ini bisa dibilang dikenal sebagai salah satu olahraga yang mampu membuat pikiran jadi jauh lebih rileks.

Tak heran jika yoga termasuk olahraga kesehatan mental yang begitu recommended untuk dilakukan. Tak hanya mental yang akan menjadi lebih baik lagi, kesehatan fisik tubuh pun akan mendapatkan peningkatan secara umumnya.

Gerakan yoga sendiri terbagi ke beberapa tingkatan. Nah, bagi kamu para pemula, kamu bisa memilih gerakan sederhana dan yang mudah dilakukan. Setelah relatif rutin, barulah kamu mencoba beberapa gerakan yang lebih rumit.

Gerakan-gerakan yoga yang dilakukan inilah yang mampu mengurangi kadar stres dalam tubuh. Selain itu, olahraga kesehatan mental ini mampu menenangkan sistem syaraf yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga keseimbangan.

Jika kamu mau, kamu pun bisa mengombinasikan yoga dengan pilates. Manfaat yoga untuk pengelolaan stres akan semakin optimal dengan manfaat pilates yang menitikberatkan pada penempaan stamina tubuh.

yoga olahraga kesehatan mental
@cliff-booth via pexels.com

Lari

Lari merupakan olahraga kesehatan mental selanjutnya yang wajib kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Olahraga ini bisa dibilang termasuk salah satu olahraga murah meriah dari daftar Bob kali ini.

Pasalnya, berbeda dengan olahraga kesehatan mental lainnya, lari bisa dilakukan dengan perlengkapan sederhana dan biaya yang relatif murah. Bahkan, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk melakukannya.

Kamu pun hanya memerlukan pakaian dan celana olahraga beserta sepatunya. Soal tempat, kamu bisa memanfaatkan jalan di komplek rumahmu atau trek jogging yang disediakan oleh pemerintah daerah di mana kamu tinggal.

Olahraga lari sendiri akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental apabila dilakukan secara rutin. Terlebih jika kamu melakukannya bersama orang-orang terdekatmu seperti teman, keluarga, bahkan pacarmu.

Dengan dilakukan di tempat yang suasananya nyaman dan bersama orang-orang yang kamu sayangi, Bob jamin pikiranmu akan jadi lebih rileks dan stres pun akan berkurang. Hal ini tentu menyenangkan, bukan?

Nah, jika lari masih dirasa terlalu berat, kamu pun bisa kok menggantinya dengan jalan santai saja. Untuk jalan santainya, lakukanlah secara rutin. Durasi yang dianjurkan untuk melakukan jalan santai adalah 30 menit setiap harinya.

@tirachard-kumtanom-112571 via pexels.com

Renang

Olahraga kesehatan mental satu ini rasanya menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan di akhir pekan. Pasalnya, olahraga ini mampu membuat pikiranmu untuk tetap fokus dan mengalihkan pikiranmu dari masalah yang ada.

Olahraga yang dimaksud adalah renang. Renang sendiri dipercaya mampu membuat tubuhmu untuk tetap rileks. Tubuh yang rileks merupakan salah satu kunci yang harus dimiliki untuk menjaga kestabilan kesehatan mental.

Selain dari renang itu sendiri yang membuat tubuh rileks, ada faktor lain yang membuat renang menjadi olahraga kesehatan yang recommended. Hal tersebut adalah adanya interaksi yang harus dilakukan saat berenang.

Tanpa kamu sadari, kamu akan berinteraksi dengan orang lain yang sedang berenang di tempat kolam renang yang sama. Hal inilah yang mampu menstimulus hati dan pikiran yang lebih bahagia. Akan semakin baik jika interaksi dengan teman.

Sebenarnya, kamu pun bisa memilih olahraga kesehatan mental lain selain renang. Olahraga outdoor kebanyakan memiliki manfaat yang sama. Beberapa di antaranya seperti bersepeda, senam, dan lompat tali.

@ajaybhargavguduru via pexels.com

Zumba

Zumba merupakan olahraga kesehatan mental selanjutnya yang pas untuk dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan mental. Latihan kebugaran ini sendiri belakangan ini popularitasnya semakin menanjak.

Hal ini yang membuat banyak orang ikut melakukan olahraga ini. Namun, siapa sangka dibalik manfaatnya yang terasa untuk fisik, zumba pun secara scientific mampu menjadi olahraga kesehatan mental yang baik untuk dilakukan.

Sebagai olahraga berkelompok, zumba membantu tubuh dalam melepaskan lebih banyak endorfin. Endorfin sendiri adalah hormon yang berfungsi dalam membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh.

Selain hormon endorfin, zumba pun mampu meningkatkan kadar serotonin dan menghasilkan oksitosin. Kedua hormon ini pun sama seperti hormon endorfin yang bertugas sebagai pereda nyeri dan penambah rasa bahagia.

Musik yang menjadi elemen penting pada olahraga kesehatan mental ini pun memiliki peranannya tersendiri. Mendengarkan musik pengiring zumba dapat menjaga keseimbangan dopamin yang penting untuk kesehatan mental.

@olly via pexels.com

Angkat Beban

Angkat beban menjadi olahraga kesehatan mental terakhir yang ada pada daftar Bob kali ini. Dari namanya, kamu mungkin akan mengurungkan niatmu untuk melakukan olahraga ini. Padahal, olahraga tak seseram itu kok.

Aktivitas fisik ini sendiri identik dengan beban yang diangkat haruslah yang berat. Menariknya, jumlah angkat beban yang diharuskan untuk menjaga kesehatan mental tidaklah penting. Hal terpenting justru melakukan olahraganya.

Olahraga kesehatan mental ini memiliki manfaat yang mampu membuat tubuh menjadi ramping dan berbentuk. Nah, untuk kesehatan mental, angkat beban mampu mengurangi gejala depresi dan meminimalisir risiko depresi.

Salah satu penelitian mengatakan bahwa ada beberapa alasan mengapa angkat beban mampu mengurangi gejala depresi. Beberapa alasannya antara lain angkat beban membuat orang yang melakukannya lebih percaya diri.

Tak hanya itu, angkat beban mampu memberikan rasa puas dengan kemajuan yang terlihat. Hal inilah yang akhirnya mampu memberikan efek baik bagi tubuh karena mampu menjadi lebih tenang dan merasa lebih bahagia.

@victorfreitas via pexels.com

Menginap Sehabis Melakukan Olahraga Kesehatan Mental? Ya di Bobobox

Sehabis olahraga tentu kamu membutuhkan istirahat yang mumpuni untuk mengoptimalkan manfaat dari olahraga tersebut. Jika kamu memang ingin mencoba pengalaman beristirahat yang berbeda, datang saja ke Bobobox.

Hotel kapsul ini siap memberikan pengalaman yang sulit kamu dapatkan di tempat menginap konvensional pada umumnya.

Tertarik mencobanya? Unduh aplikasi Bobobox di sini terlebih dahulu untuk pemesanan dan informasi lebih lanjutnya ya! Kamu juga bisa kunjungi laman Bobobox 360° virtual tour untuk melihat langsung bagaimana pengalaman menginap di Bobobox.

suasana kamar bobobox

You might also like