Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Olahraga di Luar Ruangan Selama Pandemi? Ikuti 5 Syarat Berikut Ini

Wajib kamu lakukan jika ingin olahraga di luar ruangan

Bobobox.co.id — Dengan pandemi virus corona yang sedang berlangsung saat ini, banyak orang diminta untuk tetap berada di rumah. Hal ini ditujukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Walaupun begitu, berdiam diri di rumah dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kita merasa bosan. Wajar saja mengingat setiap harinya kamu mengerjakan hal itu-itu saja.

Jikapun ingin olahraga di luar ruangan, ketakutan akan hal yang tidak diinginkan pun bisa jadi melanda pikiranmu. Sehingga, banyak yang mengurungkan niatnya untuk melakukan olahraga di luar ruangan.

Padahal, olahraga termasuk salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal tersebut baik untuk dilakukan dua kali seminggu karena terlalu seringnya tidak bergerak aktif selama berdiam diri di rumah.

Nah, bagi kamu yang sedang ingin olahraga di luar ruangan, Bob sudah merangkum 5 syarat yang harus kamu lakukan jika memang ingin melakukan olahraga di luar ruangan selama masa pandemi virus corona ini.

Cek Terlebih Dahulu Wilayah

Syarat pertama yang harus dilakukan adalah mengecek terlebih dahulu wilayah di mana kamu akan melakukan olahraga di luar ruangan. Pengecekan wilayah ini pun bisa diakses dengan sangat mudah.

Sekarang ini, baik pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah sudah meluncurkan situs yang bisa kamu akses guna mengetahui perkembangan terkini soal penyebaran virus corona.

Nah, jika misalkan di wilayahmu termasuk zona merah alias yang banyak terinfeksi virus corona, sebaiknya urungkan niatmu untuk melakukan olahraga di luar ruangan untuk saat ini.

Ada baiknya jika kamu melakukan olahraga di luar ruangan hanya berada di halaman rumah. Walaupun hanya sebatas halaman rumah, tetapi hal tersebut termasuk di luar ruangan, bukan begitu?

Jadi, olahraga di luar ruangan tidak harus melakukan jogging di area kompleks saja. Kamu pun bisa melakukan olahraga di luar ruangan yang tidak terlalu membutuhkan space yang lega untuk melakukannya seperti senam atau workout.

olahraga di luar ruangan

Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Selanjutnya, syarat yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa kondisi tubuhmu benar-benar fit. Syarat yang satu ini termasuk salah satu syarat yang benar-benar harus kamu perhatikan baik-baik.

Pasalnya, saat melakukan olahraga di luar ruangan di kondisi normal, tubuhmu harus dalam kondisi sehat atau fit. Apalagi kondisi sekarang ini yang kamu sendiri dibatasi dalam berkegiatan secara berkelompok di luar rumah.

Saat kondisi tubuhmu sedang kurang fit, yang terjadi adalah daya tahan tubuhmu justru akan menurun. Hal tersebut secara otomatis justru membuat tubuhmu menjadi lebih rentan terserang penyakit.

Sehingga, jika kamu memang sedang ingin olahraga di luar namun dalam kondisi tubuh yang kurang fit, ada baiknya urungkan niatmu untuk sekarang ini. Kamu bisa menggantinya dengan berolahraga di dalam ruangan saja.

Hal ini selain menghindarkanmu dari risiko yang pastinya tidak kamu inginkan, kamu pun bisa mendapatkan manfaat yang sama dari olahraga di luar ruangan dengan menggantinya di dalam ruangan.

Tetap Aplikasikan Physical Distancing

Tetap mengaplikasikan physical distancing saat melakukan olahraga di luar ruangan menjadi syarat wajib yang harus kamu taati. Syarat satu ini dilakukan jika memang saat olahraga di luar ruangan, kamu melakukannya bersama teman atau cukup banyak orang.

Misalkan saja, saat kamu berpapasan dengan orang lain atau saat sedang olahraga di luar ruangan, berilah jarak mulai dari 1,5 hingga 2 meter seperti anjuran dari WHO terkait physical distancing ini.

Menjaga jarak mulai dari 1,5 hingga 2 meter ini berlaku untuk semua olahraga di luar ruangan yang kamu lakukan. Beberapa olahraga di luar ruangan yang bisa mengaplikasikan physical distancing ini antara lain jogging, senam, lari, dan lainnya.

Nah, untuk itu, cobalah untuk menghindari beberapa olahraga yang akan sulit menerapkan physical distancing untuk sementara waktu. Olahraga tersebut biasanya merupakan olahraga tim.

Beberapa olahraga yang dimaksud di antaranya adalah sepakbola, basket, football, dan masih banyak lainnya. Kamu pun bisa membayangkan apa jadinya jika beberapa olahraga tersebut menerapkan physical distancing.

Usahakan Untuk Tidak Menyentuh Benda-Benda Sekitar

Syarat berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengusahakan untuk tidak menyentuh benda-benda yang ada di sekitar tempatmu berolahraga. Pasalnya, kamu tidak tahu apa saja yang menempel di benda-benda tersebut.

Taman kota atau tempat olahraga yang disediakan untuk publik biasanya menyediakan fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Mulai dari bangku untuk beristirahat hingga alat-alat olahraga seperti untuk pull-up, dan masih banyak lainnya.

Dengan banyaknya orang yang menggunakan fasilitas-fasilitas umum tersebut, banyak bakteri yang menempel di fasilitas tersebut tanpa kamu ketahui sebelumnya. Jadi, untuk sekarang ini, usahakan untuk tidak menyentuh benda atau fasilitas di sekitarmu.

Tidak hanya berusaha untuk tidak menyentuh benda-benda di sekitar saat olahraga di luar ruangan, jangan pula untuk menyentuh wajahmu saat berolahraga di luar ruangan.

Sehabis berolahraga, segerakanlah untuk mencuci pakaian yang kamu gunakan saat berolahraga tadi. Selain pakaiannya yang langsung dicuci, setelah keringat berhenti, kamu pun sesegera mungkin untuk langsung mandi.

Kenali Tubuhmu Sendiri

Syarat terakhir yang harus kamu ketahui sebelum berolahraga di luar ruangan adalah mengenali tubuhmu sendiri. Kamu pastinya mengetahui batasan kondisi tubuhmu saat melakukan olahraga.

Ada orang yang kuat melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Ada pula orang yang kepayahan saat melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Jadi, sesuaikanlah dengan kondisi tubuhmu.

Hal ini dilakukan demi menjaga tubuhmu agar tidak mendapatkan porsi olahraga yang berlebih. Olahraga yang berlebih justru menimbulkan efek samping yang kurang baik untuk tubuhmu.

Olahraga yang dianjurkan untuk saat ini adalah olahraga yang bisa dilakukan dengan intensitas sedang. Soal waktu maksimalnya, sangat disarankan untuk berolahraga mulai dari 30 hingga 60 menit.

Olahraga dengan intensitas sedang dengan durasi tersebut mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Hal tersebut tentunya baik untuk mencegah virus terkena kepada kita.

Menginap saat Bosan di Rumah? Ya di Bobobox

Saat melakukan physical distancing dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, semakin lama kamu berada di rumah, rasa bosan bisa jadi muncul. Hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat rutinitasnya hanya itu-itu saja.

Nah, bila kamu mulai merasa bosan dan ingin menginap di akomodasi penginapan yang bisa memberi pengalaman yang berbeda, Bob punya rekomendasi untuk hal tersebut lho.

Rekomendasi dari Bob adalah untuk langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini termasuk akomodasi penginapan yang memadukan antara desain minimalis dan teknologi yang kekinian.

Maksudnya, saat berada di Bobobox, kamu akan disuguhi oleh desain interior hotel kapsul yang minimalis dengan fasilitas-fasilitas keren seperti lampu led, pengeras suara Bluetooth, hingga koneksi WiFi yang bisa diandalkan.

Pemesanan pod bisa kamu lakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like