@yandjana/Freepik

Cuaca Pancaroba Gini Rawan Sariawan! Pakai Obat Sariawan Alami Berikut Ini Agar Cepat Sembuh!

Sariawan merupakan luka kecil nan dangkal dengan bercak putih kekuningan di sekitar mulut bagian dalam, bibir atau lidah. Luka satu ini menimbulkan rasa perih yang mengganggu sehingga penderita terkadang mengalami kesulitan makan, minum atau berbicara. Kondisi satu ini rupanya dapat dsembuhkan dengan obat sariawan alami lho!

Apa saja obat sariawan alami ini? Yuk simak informasinya!

Obat Sariawan Alami

Hingga saat ini, penyebab pasti timbulnya sariawan masih belum diketahui. Namun, luka yang kerap timbul di lidah bibir dan bagian dalam mulut ini bisa terjadi akibat kekurangan nutrisi (B12 dan/atau asam folat), infeksi virus, jamur atau bakteri, serta alergi makanan.

Tak hanya itu, sariawan juga bisa saja muncul karena:

  • Stres
  • Sistem kekebalan tubuh bermasalah
  • Perubahan hormon (misal akibat siklus menstruasi atau saat sedang hamil)
  • Kebiasaan merokok
  • Mulut kering
  • Luka di mulut (contohnya bibir atau lidah tergigit saat mengunyah, lidah tergores makanan tajam, atau menyikat gigi terlalu kuat)

Sariawan bisa muncul satu buah saja atau beberapa buah sekaligus, namun sifatnya tidak menular seperti herpes mulut atau cold sores. Saat mengalami sariawan, tidak sedikit orang membiarkannya sembuh sendiri. Luka satu ini memang umumnya tidak menimbulkan kerusakan permanen dan akan hilang dalam dua minggu.


Baca Juga: Makan Kembali Nyaman Dengan 7 Tips Mencegah Sariawan Berikut!


Namun, sariawan juga bisa bertahan lebih lama dan bahkan meninggalkan bekas. Rasa perih tak tertahankan itu pun tidak jarang membuat sebagian orang menggunakan obat kumur, tetes atau semprot agar luka segera hilang. Buat kamu yang kurang suka dengan obat tersebut, obat sariawan alami berikut ini tentu patut kamu pertimbangkan:

Air Garam

Michelle Lee/Unsplash

Air garam adalah salah satu obat sariawan alami yang bisa kamu coba. Meski menimbulkan sensasi perih, obat sariawan alami ini memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Dengan begitu, penggunaannya dinilai ampuh untuk mengeringkan luka, meredakan nyeri dan mengurangi peradangan sehingga sariawan tidak akan berkembang semakin parah.

Selain itu, garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka sariawan dan mencegah infeksi di mulut.Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok teh garam lalu mencampurnya dengan segelas air hangat.

Selanjutnya, gunakan larutan garam itu sebagai obat kumur dan berkumurlah sekitar 15-30 detik lalu muntahkan. Setelah itu, bilaslah dengan meminum air putih. Gunakan obat sariawan alami ini setiap beberapa jam sekali bila diperlukan sampai luka mengempis.

Larutan Baking Soda

Sama halnya dengan garam, baking soda juga bisa kamu jadikan larutan kumur untuk mengatasi sariawan. Baking soda ini dianggap dapat mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan, yang kemudian bisa menyembuhkan sariawan.

Penggunaannya sama saja seperti larutan garam. Kamu akan membutuhkan satu sendok teh baking soda dalam setengah cangkir air hangat. Selanjutnya, berkumurlah dengan larutan itu selama 15-30 detik dan ulangi setiap beberapa jam bila diperlukan. Baking soda tidak akan berdampak buruk jika tertelan. Namun, rasanya sangat asin sehingga lebih baik kamu hindari hal tersebut.

Yogurt

Produk susu yogurt rupanya bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi atau mencegah munculnya sariawan. Kamu cukup mengonsumsi minuman probiotik itu satu cangkir setiap hari. Keterkaitan yogurt dengan sariawan ini berkenaan dengan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) atau radang usus yang mungkin menjadi penyebab timbulnya luka tersebut.

Melansir Heallthline, sebuah studi di tahun 2007 menunjukkan kultur probiotik hidup seperti lactobacillus bisa membantu membasmi H. pylori dan mengatasi beberapa jenis radang usus.  Secara teori, jika hal tersebut menyebabkan timbulnya sariawan, maka konsumsi yogurt dengan probiotiknya mungkin bisa membantu.


Baca Juga: Waspadai Gejalanya, Hentikan Penyebabnya! Kenali Apa Itu Radang Usus


Madu

Materio/Unsplash

Madu sudah sejak lama dikenal sebagai obat alami dengan segudang manfaat, tak terkecuali sebagai obat sariawan alami. Sifat antiradang dan antibakteri dari madu sangat baik untuk mengurangi rasa perih serta mempercepat proses pemulihan luka.

Mengutip Healthline, sebuah studi di tahun 2014 menunjukkan efektivitas madu dalam mengurangi rasa nyeri dan kemerahan serta mengecilkan ukuran lukanya. Namun, tentunya kamu perlu memilih madu yang tepat untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Pasalnya, tidak sedikit madu di pasaran sudah mengalami serangkaian proses yang menghilangkan nutrisinya. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah madu murni tanpa proses pasteurisasi.

Kamu cukup mengoleskan madu pada sariawan sebanyak empat kali sehari. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya ke dalam teh, misal teh chamomile, dan meminum beberapa cangkir dalam sehari.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba karena kandungan MCT di dalamnya, terutama asam laurat. Sifat antimikroba tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan sairawan yang timbul akibat bakteri dan mencegahnya semakin meluas.

Selain itu, sifat antiinflamasi minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan nyeri. Sama halnya dengan madu, kamu hanya perlu mengoleskan bahan alami ini pada luka sariawan beberapa kali sehari sampai sariawan hilang.

Teh Chamomile

Sejak ribuan tahun lalu, teh chamomile sudah dikenal sebagai obat alami yang secara turun temurun digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahan alami ini diketahui mengandung du senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol. Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat meredakan nyeri serta mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka sariawan.

Penggunaannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu merendam kantong teh chamomile dalam air hangat. Lalu, kompreskan teh celup tersebut pada sariawan selama kurang lebih lima menit, 3-4 kali sehari.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan seduhan teh chamomile sebagai obat kumur untuk menyembuhkan sariawan. Sama halnya dengan kompresan, ulangilah kegiatan ini hingga tiga sampai empat kali sehari.


Baca Juga: Pastikan Nafas Kamu Segar Dengan Cara Menghilangkan Bau Mulut Ini!


Teh Hitam Biasa

Nicolai Schindler/unsplash

Tak hanya chamomile, teh hitam biasa pun bisa kamu jadikan sebagai obat sariawan alami. Daun teh dikenal dapat ampuh melawan infeksi serta peradangan, termasuk yang menyebabkan sariawan.

The celup pada dasarnya bersifat basa sehingga penggunaannya dapat menetralisir rasa asam di area mulut. Dengan begitu, rasa perih akibat sariawan tidak akan memburuk. Selain itu, American Academy of Periodontology juga mengungkapkan bahwa teh bisa membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi.

Sama halnya dengan chamomile, kamu bisa menempelkan bekas teh celup yang sudah diseduh pada luka sariawan dan membiarkannya selama beberapa menit.

Lidah Buaya

Saat rasa perih dan panas akibat sariawan sudah tak tertahankan, lidah buaya bisa kamu manfaatkan. Lidah buaya memang dikenal memiliki sifat antiradang serta menjadi pereda nyeri alami.

Untuk memperleh manfaatnya, cukup siapkan daun lidah buaya asli lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya, oleskan getah atau daging lidah buaya pada luka di mulut kamu. Lalu, tunggulah  hingga beberapa jam dan ulangi dua hinga tiga kali sehari.

Saat stres dan kepenatan mulai memengaruhi kesehatan kamu, luangkanlah sedikit waktu untuk   memanjakan diri agar pikiran dan tubuh lebih tenang dan segar. Dari sekian banyak cara untuk menenangkan diri, liburan dan staycation adalah dua di antaranya.

Untuk akomodasi, serahkan saja pada Bobobox! Hotel kapsul ini punya banyak fasilitas yang siap menaikkan mood kamu. Kamu jga bisa menikmati fasilitas moodlamp yang tersedia untuk memastikan kualias tidur tetap terjaga.

Moodlamp ini menyediakan banyak pilihan warna lampu yang bisa kamu ubah sesuai dengan kenyamanan dan suasana hati, mulai dari remang hingga terang. Tunggu apa lagi? Yuk unduh dulu aplikasinya dan dapatkan pengalaman menginap lain dari yang lain bersama Bob!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles