Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menderita Pilek Tak Sembuh-Sembuh? Konsumsi Obat Pilek Alami Berikut Ini

Dikenal sejak zaman nenek moyang

Bobobox.co.id — Pilek merupakan salah satu penyakit musiman yang biasa diderita saat terjadinya pergantian musim kemarau ke musim penghujan. Penyakit ini sendiri sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, beberapa orang kerap menderita pilek yang tak sembuh-sembuh dalam jangka waktu yang relatif lama. Jika hal tersebut menimpamu, ada baiknya kamu menyimak ulasan singkat Bob mengenai obat pilek alami.

Tak usah berlama-lama lagi, simak ulasan Bob mengenai 10 obat pilek alami yang wajib kamu konsumsi jika kamu menderita pilek yang tidak sembuh-sembuh.

Berikut adalah Obat Pilek Alami Wajib Konsumsi

1. Jahe

Obat pilek alami pertama adalah jahe. Untuk obat herbal satu, kamu tentu sudah tak meragukan lagi manfaat yang diberikan. Pasalnya, jahe merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk jamu tradisional.

Dalam mengobati pilek, jahe membantu dalam melemaskan otot saluran pernapasan agar lebih relaks untuk melegakan hidung. Di samping itu, jahe pun membantu dalam merangsang daya tahan tubuh lebih aktif.

Tak hanya dua manfaat tadi, jahe pun bisa mengurangi rasa mual dan menghangatkan tubuh saat tidak enak badan. Kombinasikan jahe dengan kunyit untuk mendapatkan manfaat pada sistem imun tubuh.

Jahe obat pilek alami
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

2. Madu

Obat pilek alami berikutnya adalah madu. Madu sendiri sebenarnya kerap dipilih sebagai pemanis alternatif gula pasir. Dibalik rasanya yang manis, madu menyimpan banyak potensi yang baik untuk kesehatan.

Salah satunya adalah mengatasi pilek. Madu mengandung sifat antimikroba, antibakteri, dan antioksidan. Sifat-sifat tersebut yang dapat membantu tubuh dalam melawan virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit.

Tak hanya itu, madu pun berkhasiat dalam membantu mengurangi gangguan tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, madu ini tak boleh dimanfaatkan untuk obat pilek bagi anak di bawah satu tahun.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@arwinneil via Unsplash

3. Daun Peppermint

Untuk menikmati teh, daun peppermint kerap dipilih untuk memperkaya cita rasa tehnya. Selain dimanfaat bersama dengan teh, daun peppermint pun digunakan sebagai salah satu obat pilek alami, lho!

Tak hanya pilek, manfaat dari daun mint sendiri bisa untuk mengobati batuk, radang tenggorokan, infeksi sinus, dan masalah pencernaan. Cara kerja dari daun mint untuk atasi pilek sama seperti obat dekongestan.

Daun mint dapat membantu dalam mencairkan lendir penyebab hidung mampet. Sensasi hangat yang diberikan dari mentol dapat melancarkan aliran udara yang keluar masuk saluran pernafasan.

Daun oeppermint obat pilek alami
Daun peppermint via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: Sering Mengalami Perut Kembung? Hindari 7 Bahan Makanan Menyebabkan Kembung Ini Ya!


4. Bawang Putih

Saat memasak sebuah hidangan, bawang putih adalah bahan dapur yang wajib ada. Pasalnya, bawang putih memiliki manfaat sebagai penambah aroma dan cita rasa yang khas dari sebuah masakan.

Dibalik kegunaannya pada masakan, bawang putih pun bisa dimanfaat sebagai obat pilek alami. Kandungan minyak allicin pada bawang putih dipercaya ampuh dalam melawan virus penyebab pilek dan flu.

Untuk atasi pilek dengan bawang putih, cukup konsumsi beberapa iris yang ditumbuk halus dan dimasukkan ke dalam semangkuk air panas. Setelah itu, uapi wajahmu selama kurang lebih 10 menit dengan campuran tadi.

Bawang putih obat pilek alami
Bawang putih via pexels.com/@isabella-mendes-107313

5. Teh Herbal

Berbicara soal teh hijau, salah satu jenis teh ini merupakan salah satu pilihan utama bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya. Selain itu, teh hijau menawarkan berbagai manfaat penting untuk kesehatan.

Salah satunya menjadi obat pilek alami. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan sifat antivirus dan antibakteri alami yang terkandung dalam satu gelas teh hijau. Keduanya dapat mengobat pilek secara alami.

Untuk cara konsumsi teh hijau sendiri terbilang mudah. Kamu tinggal menyeduh teh hijau hangat untuk langsung dikonsumsi. Agar lebih enak, kamu bisa mencampurkannya dengan madu atau royal jelly.

Teh herbal obat pilek alami
Teh herbal via unsplash.com/@laarkstudio

6. Minyak Esensial

Soal minyak esensial, ada berbagai yang bisa didapat dari berbagai variannya. Selain bermanfaat untuk membuat tidur nyenyak, minyak esensial pun memberikan manfaat bagi kamu yang sedang menderita pilek.

Minyak esensial terbukti efektif dalam mengatasi pilek. Cara kerja dari minyak esensial ini tak hanya menghentikan tetapi juga mengurangi laju virus berkembang biak dalam tubuh yang jadi penyebab pilek terus-terusan.

Beberapa varian minyak esensial yang direkomendasikan untuk atasi pilek seperti peppermint, lemon, cinnamon, dan eukaliptus. Kamu tinggal mengoleskannya di leher atau menyebarkannya ke udara dengan bantuan diffuser.

Minyak esensial obat pilek alami
Minyak esensial via pexels.com/@laryssa-suaid-798122

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk Masakan Saja, Ini Dia 10 Obat Herbal Dari Bumbu Dapur


7. Air Garam

Garam adalah salah satu bumbu masak yang pastinya wajib tersedia di dapur semua keluarga di Indonesia. Manfaat garam yang banyak diketahui adalah memberikan rasa asin dan sebagai pengawet makanan.

Banyak orang yang belum tahu jika garam bisa dimanfaatkan sebagai obat pilek alami. Beberapa laporan penelitian menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat membantu mencegah gejala pilek lebih parah.

Dengan melarutkan setengah sendok dalam satu gelas air hangat, larutan tersebut membantu mencairkan lendir yang lengket. Hal inilah yang akhirnya membuatmu lebih mudah mengeluarkannya sebagai ingus.

Air garam obat pilek alami
Air garam via Simon Kadula/Shutterstock

8. Sup Ayam

Sup ayam merupakan makanan yang menjadi favorit banyak keluarga karena mudah dalam proses masaknya. Rasanya yang melegakan tenggorokan saat disantap selagi hangat justru bermanfaat untuk tubuh.

Pasalnya, selama beberapa generasi, sup ayam adalah pilihan banyak orang tua untuk anaknya yang terkena flu dan pilek. Tak mengherankan jika kamu pun bisa memanfaatkannya sebagai obat pilek alami.

Sup ayam mampu mengatasi gejala infeksi saluran pernasapan bagian atas. Hal tersebut terjadi berkat kandungan sup ayam memiliki efek antiinflamasi yang baik untuk melegakan hidung tersebut.

Sup ayam obat pilek alami
Sup ayam via Anna Pustynnikova/shutterstock

9. Bunga Echinacea

Obat pilek alami yang bisa kamu konsumsi untuk atasi pilek adalah bunga Echinacea. Bagi kamu yang belum tahu, bunga Echinace adalah bunga berwarna merah muda yang mendapat sebutan coneflower di Amerika.

Warga Amerika memanfaatkan ramuan dari akar bunga ini untuk mengobati berbagai penyakit akibat infeksi. Pasalnya, bunga ini mengandung flavonoid yang dapat meredakan berbagai gejala pilek.

Selain itu, bunga ini pun telah banyak digunakan karena khasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk orang dewasa, cukup konsumsi dua gram Echinace dalam bentuk teh sebanyak tiga kali sehari.

Teh bunga Echinacea obat pilek alami
Teh bunga Echinacea via Nataliia Kuznetcova/shutterstock

Baca Juga: Mag Kerap Kambuh? Coba 10 Obat Mag Alami Ini Yang Aman Di Perut


10. Buah Kaya Vitamin C

Obat alami pilek terakhir adalah buah-buahan yang kaya vitamin C. Kamu tentu sudah familiar dengan buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi yang ada di pasaran seperti lemon, jeruk, dan anggur.

Vitamin C dikenal sebagai salah satu vitamin yang baik dalam memperkuat kekebalan tubuh. Di samping itu, manfaat vitamin C untuk tubuh lainnya adalah dapat mempercepat penyembuhan flu yang jadi penyebab pilek.

Dalam upaya mengatasi pilek, kamu bisa mengonsumsi buah kaya vitamin C secara langsung. Namun, kamu pun bisa menjadikannya jus atau mencampurkan air perasan ke dalam secangkir teh hangat.

Hati-Hati! 7 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Kulkas
@eggbank via Unsplash

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Menginap nyaman dan aman tak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok. Kamu bisa menginap dengan kenyamanan dan keamanan terjamin di Bobobox yang menawarkan fasilitas mumpuni bagi para pengunjung.

Dengan fasilitas mumpuni tersebut, momen menginapmu jauh lebih aman dan nyaman. Oleh karenanya, kamu pun akan terbangun dengan kondisi yang fresh dengan tenaga yang 100 persen terisi kembali.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

bobobox luas

You might also like