Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mag Kerap Kambuh? Coba 10 Obat Mag Alami Ini yang Aman di Perut

Aman dan efektif, lho!

Bobobox.co.id — Gangguan lambung seperti mag dapat terjadi kapan pun dan di mana pun. Untuk itu, saat mag kerap kambuh, kamu membutuhkan obat mag alami yang mudah ditemukan di pasaran.

Tak hanya mudah ditemukan, obat mag alami dipilih karena aman untuk dikonsumsi. Oleh karenanya, kamu pun tak perlu khawatir jika mengonsumsi bahan-bahan alami tersebut dapat menimbulkan efek samping.

Berikut ini merupakan daftar 10 obat mag alami yang aman di perut dan bisa kamu konsumsi untuk mengurangi rasa sakit akibat asam lambung yang naik.

Berikut adalah Daftar Obat Mag Alami

1. Kunyit

Obat mag alami pertama adalah kunyit. Kunyit memang dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk menyedapkan makanan dan juga sebagai bahan pewarna alami.

Namun, kunyit pun bisa dimanfaatkan sebagai obat mag. Kandungan curmucin yang berperan penting dalam menenangkan mukosa dan mengatasi iritasi saluran pencernaan yang disebabkan oleh mag.

Untuk cara konsumsinya, kamu bisa mengonsumsi kunyit untuk obat mag dalam bentuk oalah jamu. Namun, kamu juga bisa mencampurkan satu sendok bubuk kunyit dan air yang dikonsumsi sekali setiap dua hari.

Kunyit obat mag alami
Kunyit via lazada.com.ph

2. Jahe

Obat mag alami berikutnya yang aman di perut adalah jahe. Sama seperti halnya kunyit, bumbu dapur ini kerap dimanfaatkan untuk kesehatan dengan salah satunya adalah mengatasi permasalahan lambung.

Kandungan antiinflmasi dan antibakteri dalam jahe dapat mengurangi peradangan dan bakteri penyebab mag. Tak hanya itu, jahe pun mampu menghangatkan dan menetralkan kadar asam lambung.

Kamu bisa mengonmsui olahan wedang jahe sebagai obat mag. Cara membuatnya adalah ambil sari jahe dengan merebus potongan jahe yang telah dibersihkan, atau menyeduh bubuk jahe yang tersedia di pasaran.

Jahe obat mag alami
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

3. Madu

Sejak zaman dulu, madu terkenal sebagai obat alami yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah membantu dalam mengatasi masalah kesehatan pada lambung.

Sebagai obat mag alami, madu memiliki kandungan alami seperti antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Kandungan tersebut yang mampu membantu dalam mencegah kenaikan asam lambung.

Untuk menjadikan sebagai obat mag tradisional, kamu bisa memadukannya dengan lemon. Cukup campurkan satu sendok makan madu dan satu sendok teh lemon serta air hangat untuk dikonsumsi.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@arwinneil via Unsplash

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk Masakan Saja, Ini Dia 10 Obat Herbal Dari Bumbu Dapur


4. Daun Kemangi

Untuk melengkapi lalapan, daun kemangi kerap jadi pilihan utamanya. Namun, banyak yang tidak tahu jika daun kemangi bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk masalah lambung.

Obat mag alami ini memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan antiinflamasi. Sifat inilah yang menjadikan daun kemangi mampu meredakan kejang pada saluran usus yang menyebabkan perut kembung.

Kamu bisa mengonsumsi daun kemangi dengan menjadikannya teh atau memasukkan dalam masakan. Namun, jangan sampai berlebihan karena mengonsumsinya terlalu banyak dapat memicu sakit perut.

Daun kemangi obat mag alami
Daun kemangi via unsplash.com/@gervele

5. Daun Mint

Dalam upaya untuk mengatasi masalah pencernaan, daun mint kerap dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, tak mengherankan juga jika daun mint pun bermanfaat sebagai obat mag alami.

Daun mint diketahui dapat membantu merilekskan otot perut yang sakit akibat perut kembung. Cara kerja daun mint tersebut adalah dengan mendorong keluar gas yang terdapat pada lambung.

Walaupun berkhasiat untuk meredakan gejala gangguan lambung, ada hal yang perlu kamu ketahui. Jika kamu penderita GERD, tidak direkomendasikan menggunakan daun mint untuk atasi masalah lambung tersebut.

Daun mint obat mag alami
Daun mint via unsplash.com/@aboggier

6. Kacang Hijau

Kacang hijau pun bisa kamu manfaatkan sebagai obat mag alami. Pasalnya, jenis kacang yang biasa disajikan dalam bentuk bubur ini memiliki kemampuan yang dapat mengobati sakit mag.

Mengonsumsi kacang hijau mampu menebalkan lapisan lambung yang mampu membuat rasa nyeri berkurang. Selain itu, kacang tersebut pun dapat menetralkan kadar asam lambung yang berlebihan.

Cara mengonsumsinya sendiri bisa saat diolah menjadi bubur kacang hijau. Dengan begitu, kamu pun bisa dengan lahap saat menyantap makanan lezat tersebut sebagai pereda rasa sakit akibat mag.

Kacang hijau obat mag alami
Kacang hijau via pexels.com/@karolina-grabowska

Baca Juga: Kamu Menderita GERD? Hindari Aktivitas Pantangan GERD Ini Agar Kamu Lebih Sehat


7. Teh Hijau

Jika kamu sedang giat-giatnya melakukan program diet, teh hijau adalah salah satu jenis teh yang biasa dikonsumsi. Di samping manfaat untuk kesehatan tersebut, teh hijau bisa bermanfaat sebagai obat mag alami.

Teh hijau mengandung antioksidan yang melimpah. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melindungi lapisan lambung dan mampu mengurangi gejala-gejala akibat mag seperti mual dan kehilangan nafsu makan.

Caranya adalah dengan melarutkan teh hijau dalam air hangat. Jika dirasa kurang, kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami agar kamu bisa mengonsumsi lebih nikmat lagi.

Teh hijau obat mag alami
Teh hijau via unsplash.com/@randyfath

8. Adas

Adas merupakan obat mag alami selanjutnya. Seorang praktisi kesehatan dan pelatih kesehatan mekrobiotik bersertifikat, Shilpa Arora ND, menyatakan bahwa teh adas baik untuk emngobati masalah pencernaan.

Tak hanya gangguan pencernaan saja, adas pun mampu mengobati perut kembung. Hal tersebut berkat minyak alami yang terdapat di dalam biji adas yang mampu mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Seperti yang disinggung sebelumnya, kamu bisa mengonsumsi adas dengan menjadikannya minuman teh. Ada baiknya untuk mengonsumsi teh adas tersebut setelah makan untuk mencegah asam lambung kambuh.

Adas obat mag alami
Adas via masterclass.com

9. Mentimun

Obat mag alami lainnya adalah mentimun. Mentimun sendiri merupakan sayuran mudah ditemukan di pasaran. Harganya yang terbilang murah bisa menjadikanmu memilih mentimun untuk atasi mag yang kambuh.

Mentimun sendiri dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang lambung. Kandungan air yang banyak pada mentimun mampu membuat perut lebih tenang karena sensasi dingin yang dimilikinya.

Kamu bisa langsung mengonsumsi mentimun ini sebagai lalapan. Tak hanya itu, kamu pun bisa membuat mentimun untuk dijadikan sebagai masakan tertentu dan juga dijadikan jus saat ingin dikonsumsi.

Mentimun obat mag alami
Mentimun via unsplash.com/@harshalhirve

Baca Juga: Indra Penciuman Hilang Akibat Anosmia? Simak 7 Cara Menyembuhkan Anosmia Berikut Ini


10. Sari Lidah Buaya

Obat mag alami terakhir yang aman di perut adalah sari lidah buaya. Biasanya, lidah buaya dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami guna mengatasi masalah kesehatan kulit seperti kulit kusam dan kering.

Namun, sari lidah buaya tersebut pun mampu bermanfaat sebagai bahan alami untuk atasi mag. Cara kerjanya adalah dengan meredakan iritasi pada lambung dan pembekakan lapisan lambung.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencapurkan dua sendok gel lidah buaya dengan satu gelas air putih. Setelah itu, konsumsi jus lidah buaya tersebut dalam dosis satu hingga dua gelas setiap hari.

Sari lidah buaya obat mag alami
Sari lidah buaya via unsplash.com/@pisauikan

Menginap dengan Aman di Bobobox

Saat menginap di sebuah penginapan, kamu mungkin kerap khawatir dengan barang bawaanmu. Namun, kekhawatiranmu soal barang hilang tak akan terjadi selama menginap di Bobobox.

Penggunaan QR Code untuk akses masuk pod jadi alasannya. Hanya pemilik QR Code saja yang bisa keluar masuk pod yang menjadikan barang berharga yang kamu bawa tetap aman selama menginap.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

bobobox luas

You might also like