Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Untuk Masakan Saja, Ini Dia 10 Obat Herbal Dari Bumbu Dapur

Mampu atasi berbagai penyakit ringan!

Bobobox.co.id — Setiap rumah tentu memiliki bumbu dapur seperti bawang merah, jahe, kayu manis, dan masih banyak lainnya. Namun, siapa sangka kamu bisa mendapatkan obat herbal dari bumbu dapur tersebut.

Bumbu-bumbu dapur tersebut bisa jadi alternatif guna mengatasi berbagai penyakit yang sering kamu derita. Mulai dari batuk, pilek, dan flu adalah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan bumbu dapur.

Kira-kira obat herbal dari bumbu dapur apa sajakah itu? Simak ulasan singkat Bob mengenai 10 obat herbal dari bumbu dapur yang manfaat untuk atasi beberapa penyakit ringan yang mungkin kerap kamu derita.

Berikut adalah Obat Herbal dari Bumbu Dapur

1. Cengkeh

Obat herbal dari bumbu dapur pertama adalah cengkeh. Rempah-rempah satu ini termasuk salah satu bumbu masak yang mudah kamu temukan. Kamu bisa membelinya dengan mudah di pasar tradisional.

Biasanya, cengkeh digunakan sebagai memperkuat aroma. Namun, untuk dijadikan obat, manfaatnya terbilang cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah mengatasi sakit perut, radang mulut dan tenggorokan, dan rematik.

Untuk menjadikannya sebagai, kamu bisa menambahkan cengkeh ini dalam minuman teh. Pasalnya, rempah-rempah satu ini ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang terkandung dalam bumbu dapur tersebut.

Cengkeh Obat herbal dari bumbu dapur
Cengkeh via pt-mafood.com

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Obat herbal dari bumbu dapur berikutnya adalah bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang tersebut termasuk bumbu dapur yang wajib ada di rumah untuk menambah cita rasa masakan.

Soal urusan kesehatan, keduanya pun memiliki manfaat yang baik. Bawang merah dan putih dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah.

Kamu bisa mengonsumsi kedua jenis bawang tersebut sebanyak tiga siung setiap harinya dengan cara dimakan mentah-mentah. Jika tidak sreg, kamu bisa mencampurkan keduanya dalam masakan.

Bawang merah dan bawang putih Obat herbal dari bumbu dapur
Bawang merah dan bawang putih via pexels.com/@karolina-grabowska

3. Kayu Manis

Untuk menjadikan sebuah makanan mempunyai aroma yang menggugah selera makan, kayu manis adalah pilihannya. Tak heran juga jika kayu manis digunakan sebagai pemanis untuk makanan.

Nah, dibalik kegunaannya untuk masakan, kayu manis pun termasuk obat herbal dari bumbu dapur. Bumbu dapur satu ini dikenal sebagai obat rematik alami karena sifat antiinflamasi yang dimiliki.

Di samping itu, kayu manis pun bermanfaat untuk mengatur keseimbangan gula darah dan mengatasi perut kembung. Caranya dengan merebusnya bersama dengan air atau mencampurkan ke dalam teh atau kopi.

Kayu manis Obat herbal dari bumbu dapur
Kayu manis via pexels.com/@mareefe

Baca Juga: 7 Tumbuhan Obat Yang Dipercaya Mencegah Kanker Payudara


4. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang memiliki aroma yang khas. Hal tersebut pula yang menjadikan kunyit kerap digunakan sebagai bahan masakan untuk menutupi bau tak sedap dari daging.

Obat herbal dari bumbu dapur ini dipercaya ampuh untuk mengobati radang sendi dan otot. Hal tersebut bisa terjadi karena senya antiinflamasi yang terkandung dari tanaman bumbu dapur berwarna oranye ini.

Selain itu, kunyit pun memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya antara lain membantu diet dan juga mengobati berbagai penyakit seperti sakit kepala dan sakit perut.

Kunyit Obat herbal dari bumbu dapur
Kunyit via lazada.com.ph

5. Jahe

Beberapa orang mungkin kerap tertukar antara jahe dan kencur. Kejadian tersebut tak terlalu mengherankan mengingat bentuk dari kedua bumbu dapur tersebut terbilang mirip dan bisa mengecoh mata.

Namun, untuk soal kesehatan, jahe termasuk obat herbal dari bumbu dapur, lho. Jahe terkenal akan khasiatnya yang di mana mampu meredakan rasa mual dan menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin.

Di samping itu, jahe pun terkenal mampu menyembuhkan masuk angin. Cara mengonsumsinya pun terbilang mudah. Kamu bisa menambahkan parutan jahe ke dalam bubur atau meminum air rebusan jahe.

Jahe Obat herbal dari bumbu dapur
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

6. Lada

Lada adalah obat herbal dari bumbu dapur berikutnya. Biasanya, lada akan digunakan pada masakan sebagai salah satu penyedap rasa alami dan juga mampu memperkaya cita rasa masakan tersebut.

Untuk urusan kesehatan, lada dianggap baik untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Kandungan zat piperin dalam lada memegang peranan penting untuk khasiat lada tersebut.

Kandungan piperin tersebut juga dipercaya baik untuk membantu turunkan berat badan. Selain itu, lada pun dipercaya mampu mencairkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan bagi penderita pilek.

Lada Obat herbal dari bumbu dapur
Lada via unsplash.com/@rumpf

Baca Juga: 10 Daftar Makanan Herbal Dan Alami Yang Patut Dikonsumsi Untuk Meredakan Batuk


7. Kencur

Guna membuat aroma masakan jadi lebih harum, kencur kerap jadi pilihan. Tak hanya itu, kencur pun selalu menjadi pilihan utama untuk dijadikan sebagai bahan pelengkap bumbu pecal atau urap sayur.

Di samping itu, manfaat kencur untuk kesehatan pun tak boleh diremehkan. Obat herbal dari bumbu dapur ini sudah sejak lama dikenal sebagai jamu karena manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu saja, beragam manfaat kesehatan bisa didapat dari bumbu masak satu ini. Kencur biasa digunakan untuk mengatasi sakit batuk, sakit kepala, dan gangguan pencernaan seperti diare.

Kencur Obat herbal dari bumbu dapur
Kencur via ecplaza.net

8. Jeruk Purut

Berbicara soal bau amis pada daging, jeruk perut kerap digunakan untuk menghilangkan bau tersebut. Selain buahnya, daunnya pun tak luput digunakan untuk menambah cita rasa suatu masakan.

Jeruk perut pun sebenarnya termasuk salah satu obat herbal dari bumbu dapur. Pasalnya, jeruk perut bisa kamu manfaatkan sebagai obat herbal alami untuk atasi sakit flu.

Selain itu, jeruk perut menawarkan manfaat lainnya untuk kesehatan. Sebut saja menghilangkan bau pada rambut, menyegarkan badan, dan juga melembabkan kulit jadi beberapa di antaranya.

Jeruk purut Obat herbal dari bumbu dapur
Jeruk purut via kampustani.com

9. Pala

Obat herbal dari bumbu dapur lainnya adalah pala. Pala kerap difungsikan sebagai pemberi aroma harum dan penguat rasa. Masakan seperti semur daging, gulai, dan kari biasa menggunakan bubuk pala.

Khasiat pala untuk kesehatan pun terbilang beragam. Kandungan zat magnesium dan macelignan yang terkandung dalam pala dipercaya mampu mengurangi kerusakan sistem saraf pada otak,

Jika kamu sedang mengalami bau mulut, kamu bisa menggunakan pala untuk menghilangkan bau tersebut. Tak hanya itu, pala pun berkhasiat untuk menguatkan gusi dan juga gigimu, lho!

Pala Obat herbal dari bumbu dapur
Pala via The Spruce / Anatasiia Tretiak

Baca Juga: Pelupa? Coba 10 Minuman Dan Makanan Yang Membantu Ingatan Agar Lebih Tajam


10. Cabai Merah

Obat herbal dari bumbu dapur terakhir adalah cabai merah. Cabai merah sendiri adalah primadona utama bagi para pencinta pedas dan kerap digunakan juga sebagai pewarna makanan alami.

Bumbu masak ini pun memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut antara lain mampu mengurangi hipertensi, menyembuhkan rematik, sariawan, masuk angin, dan tingkatkan nafsu makan.

Walaupun begitu, ada baiknya untuk tidak terlalu berlebihan dalam memakan cabai merah ini. Jika berlebihan, lambungmu bisa terluka bahkan bisa saja kamu menderita diare akibat kebanyakan makan cabai merah.

Cabai merah Obat herbal dari bumbu dapur
Cabai merah via unsplash.com/@elletakesphotos

Relaksasi Dirimu dengan Staycation di Bobobox

Relaksasi dirimu dari pikiran yang semrawut dengan staycation di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren yang bakal berikan kualitas mumpuni untuk beristirahat.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like