Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Buang Air Besar Kelewat Lancar? Ini Dia Obat Diare Alami yang Mudah Kamu Temui

Tak hanya mudah ditemukan tetapi efektif juga!

Bobobox.co.id — Diare merupakan penyakit yang biasanya berlangsung selama satu hingga dua hari. Namun, beberapa orang kerap mengalami dalam jangka waktu yang lama sehingga membutuhkan obat diare alami.

Obat diare alami dipilih karena mudah ditemukan di pasaran. Bahkan, beberapa obat diare alami tersebut kemungkinan besar ada di hampir setiap dapur rumah keluarga di Indonesia.

Kira-kira bahan apa saja yang masuk dalam daftar obat diare alami? Simak ulasan Bob mengenai obat-obat alami ini yang bisa kamu konsumsi jika kamu mengalami buang air besar yang kelewat lancar.

Berikut adalah Obat Diare Alami Mudah Ditemukan

1. Jahe

Obat diare alami pertama yang bisa kamu konsumsi adalah jahe. Jahe sendiri dikenal sebagai bahan alami yang terkenal dalam menawarkan berbagai khasiat untuk kesehatan dan mengatasi diet adalah salah satunya.

Sifat antibakteri dalam jahe yang menjadikan bahan alami ini mampu mengobati diare. Sifat antibakteri ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan juga mencegah cairan menumpuk dalam usus.

Oleh karenanya, setelah mengonsumsi jahe, gejala diare seperti mual, muntah, atau kejang perut akan berkurang. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa merebusnya dengan air dan mencampurkannya dengan teh atau madu.

Jahe obat diare alami
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

2. Yoghurt

Bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan badan, yoghurt adalah makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Di samping baik untuk diet, manfaat lain dari yoghurt adalah mengatasi diare.

Yoghurt adalah makanan yang kaya akan probiotik. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang ada dalam sistem pencernaan dan berfungsi untuk memelihara kesehatan saluran pencerna dari infeksi bakteri.

Untuk itu, mengonsumsi yoghurt baik untuk mengobati diare. Jika kamu sedang mengalami diare beberapa waktu ke belakang yang belum sembuh, kamu bisa mengonsumsi obat diare alami satu ini.

Yoghurt obat diare alami
Yoghurt via unsplash.com/@mateusz_feliksik

3. Teh Kamomil

Obat diare alami berikutnya adalah teh kamomil. Salah satu jenis teh ini memiliki wangi yang sangat harum. Wangi inilah yang kerap dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjadikan teh ini sebagai minuman pengantar tidur.

Di samping sebagai pengantar tidur, teh kamomil pun dipercaya mampu menjadi obat diare alami. Sifat antiradang dan antidiare dalam segelas teh kamomil mampu menjaga usus tetap sehat dan menenangkan kram usus.

Cara mengonsumsinya sendiri mudah. Kamu tinggal meresbus beberapa tangkai bunga kamomil kering. Tuangkan dan tunggu hingga dingin untuk diminum. Tambahkan madu dan perasan lemon jika dibutuhkan.

Teh kamomil obat diare alami
Teh kamomil via Maryna Pleshkun/123rf

Baca Juga: Ini Dia 10 Cara Mengatasi Sakit Perut. Mudah Dilakukan Dan Terbukti Ampuh!


4. BRAT (Banana, Rice, Applesauce, and Toast)

Banyak metode yang biasa direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Diet BRAT adalah salah satu di antaranya. Diet ini membatasi konsumsi dengan jenis makanan yang berserat padat tapi mudah dihaluskan.

Hal ini pula yang menjadikan diet ini sebagai salah satu obat diare alami. Kamu bisa mencoba diet BRAT ini jika menderita diare. Efek yang didapat adalah membantu dalam meringankan diare yang mereka derita.

Untuk mendapatkan hasil optimal guna menghilangkan nyeri pada perut, ada pantangan yang wajib kamu hindari. Pantangan tersebut adalah mengonsumsi makanan bercita rasa pedas dan kuat.

BRAT obat diare alami
BRAT via Oleksandra Naumenko/Shutterstock

5. Cairan Rehidrasi Oral

Meminum cairan rehidrasi oral merupakan cara lain dalam mengatasi diare berkelanjutan. Kamu mungkin kerap melihat cairan ini namun tidak tahu namanya. Oralit adalah jenis cairan yang termasuk jenis cairan ini.

Pemberian satu gelas oralit setiap kali mencret atau muntah bisa jadi solusi untuk diare. Jangan lupa juga untuk menyelingi meminum satu gelas cairan tersebut dengan air putih sebanyak 1,5 liter per hari.

Sebenarnya, kamu bisa membeli langsung ke apotek terdekat. Namun, kamu pun bisa meracik obat diare alami sendiri dengan melarutkan enam sdt gula pasir dan 1/2 sdt garam 1 liter air. Minum segelas tiap enam jam sekali.

Larutan oralit obat diare alami
Larutan oralit via tarladal.com

6. Lada Putih

Ada beberapa pantangan yang wajib kamu hindari saat menderita diare. Memakan makanan pedas adalah salah satunya. Namun, jangan salah karena lada putih justru berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai obat diare alami.

Lada putih sendiri mengandung piperine. Bagi kamu yang tidak tahu, piperin adalah nutrisi yang terkandung dalam lada yang biasanya bermanfaat sebagai bahan alami dalam mengobati sakit perut, diare, dan kolera.

Hal tersebut yang menjadikan lada putih dianjurkan sebagai obat diare alami. Meskipun begitu, dibalik manfaatnya tersebut, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitas lada putih untuk atasi diare.

Lada putih obat diare alami
Lada putih via angorius/123rf

Baca Juga: Menderita Pilek Tak Sembuh-Sembuh? Konsumsi Obat Pilek Alami Berikut Ini


7. Air Putih

Mengonsumsi air putih yang banyak bisa jadi obat alami diare sekaligus mencegah dehidrasi. Pasalnya, selama diare, cairan dalam tubuh berkurang secara drastis dan membutuhkan asupan yang setimpal.

Oleh karena itu, konsumsi air putih menjadi pilihan yang mudah untuk dilakukan. Lakukan secara perlahan dalam meningkatkan porsi cairan yang diminum setidak satu liter per jam selama satu hingga dua jam.

Untuk cairannya, alangkah baiknya jika kamu memilih air putih saja. Hindari minuman beralkohol, kafein, dan susu karena justru bakal membuatmu lebih sering buang air kecil yang malah memperparah gejala diare.

Air putih obat diare alami
Air putih via pexels.com/@daria

8. Cuka Apel

Cuka sari apel bisa kamu pilih sebagai salah satu obat alami diare. Bisa dibilang cuka buah satu ini sudah dikenal sebagai obat alami pilihan bagi orang-orang yang menderita diare tak sembuh-sembuh.

Cuka sari apel sendiri mampu menyembuhkan diare karena satu hal. Kemampuan cuka apel dalam membersihkan kotoran di usus dan juga mampu menjaga pencernaan dari gangguan kesehatan.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok cuka sari apel dengan air putih dan satu sendok makan madu. Setelah tercampur, barulah minum ramuan tersebut secara perlahan-lahan.

Cuka apel obat diare alami
Cuka apel via Madeleine_Steinbach/istockphoto

9. Pisang

Jika BRAT dirasa terlalu memberatkanmu, kamu bisa mengonsumsi pisang sebagai solusi dalam mengatasi diet. Obat diare alami ini pun kerap dianjurkan oleh dokter bagi pasien yang menderita penyakit tersebut.

Tujuannya tentu agar sang pasien bisa cepat sembuh. Ada alasan dibalik mengapa pisang dianggap baik untuk atasi diare. Kadnungan pektin yang tinggi pada pisang berperan penting dalam mengatasi diare.

Pektin adalah serat larut dalam air yang membantu dalam memadatkan feses yang membuatnya mampu mengatasi diare. Selain itu, ada pula kalium pada pisang yang membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Pisang obat diare alami
Pisang via unsplash.com/@louishansel

Baca Juga: Mag Kerap Kambuh? Coba 10 Obat Mag Alami Ini Yang Aman Di Perut


10. Kentang

Obat diare alami terakhir yang mudah kamu temukan adalah kentang. Kentang sendiri lebih dikenal sebagai alternatif nasi karena mengandung karbohidrat yang hampir setara dengan makanan pokok orang Indonesia tersebut.

Namun, banyak orang yang tidak tahu jika kentang bermanfaat juga dalam menghentikan gejala diare. Kandungan kalium dan pati dapat mengatasi diare dengan cara mengeraskan feses sehingga diare tak parah.

Untuk mengonsumsinya, kamu cukup mengukus kentang tersebut. Kamu bisa menambah sedikit garam agar rasanya tak terlalu hambar. Namun, hindari menambahkan mentega, margarin, atau saus pedas, ya!

Kentang obat diare alami
Kentang via unsplash.com/@jeshoots

Menginap dengan Aman di Bobobox

Saat menginap di sebuah penginapan, kamu mungkin kerap khawatir dengan barang bawaanmu. Namun, kekhawatiranmu soal barang hilang tak akan terjadi selama menginap di Bobobox.

Penggunaan QR Code untuk akses masuk pod jadi alasannya. Hanya pemilik QR Code saja yang bisa keluar masuk pod yang menjadikan barang berharga yang kamu bawa tetap aman selama menginap.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

You might also like