Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ampuh Turunkan Gula Darah, Ini Dia 10 Tanaman Obat Diabetes Alami

Jangan lupa konsultasikan kepada dokter

Bobobox.co.id — Beberapa tanaman yang mungkin biasa kamu jumpai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu adalah kemampuan tanamannya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami.

Kandungan-kandungan yang baik dalam tanaman tersebut yang berperan aktif dalam menurunkan gula darah seseorang. Pasalnya, kerja hormon insulin berlebih adalah salah satu penyebab penyakit diabetes.

Daripada penasaran, cari tahu tanaman apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami diabetes di bawah ini.

Obat Diabetes Alami yang Terbukti Ampuh

1. Jahe

Obat diabetes alami pertama adalah jahe. Jahe sendiri merupakan rempah-rempah yang telah lama dikenal memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Menurunkan kadar gula darah adalah salah satunya.

Hal tersebut bisa terjadi karena rempah satu ini dinilai berpotensi dalam mengatasi resistensi insulin yang kerap dialami oleh penginap diabetes. Manfaat dari obat alami ini pun didapat dari hasil penelitian.

Penelitian tersebut terbit di Journal of Ethnic Foods pada tahun 2015. Pada penelitiannya, jahe mampu menurunkan gula darah tanpa memengaruhi kadar insulin. Namun, penelitian tersebut masih belum tahu bagaimananya.

Jahe obat diabetes alami
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

2. Lidah Buaya

Jika kamu memiliki permasalahan pada kesehatan kulit, lidah buaya adalah bahan alami yang direkomendasikan untuk dimanfaatkan gelnya. Namun, banyak yang tak tahu bahwa ada manfaat lain dari lidah buaya.

Manfaat yang dimaksud adalah sebagai obat diabetes alami. Senyawa aktif yang ada dalam lidah buaya dipercaya mampu mengurangi endapan lemak di dalam darah sehingga kadar glukosa berkurang.

Dengan kondisi tersebut, laju darah pun akhirnya kembali normal. Untuk membantu menurunkan gejala dan komplikasi, peneliti yakin bahwa obat diabetes alami ini dapat dikombinasikan dengan obat konvensional.

Lidah Buaya obat diabetes alami
Lidah buaya via unsplash.com/@pisauikan

3. Kayu Manis

Kayu manis merupakan obat diabetes alami lainnya yang terbukti ampuh. Mengonsumsi kayu manis secara teratur dalam jumlah tertentu dipercaya dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah dan kolestrol.

Tak hanya itu, tanaman tersebut dapat mengoptimalkan sensitivitas insulin. Manfaat dari obat diabetes alami tersebut pun sesuai dengan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 di Annals of Family Medicine.

Penelitian lain yang mendukung dimuat dalam Journal of Diabetes Science and Technology. Penelitian tersebut menyebut bahwa kayu manis dapat mencegah komplikasi diabetes berupa stroke dan penyakit jantung.

Kayu manis obat diabetes alami
Kayu manis via pexels.com/@mareefe

Baca Juga: Buang Air Besar Kelewat Lancar? Ini Dia Obat Diare Alami Yang Mudah Kamu Temui


4. Ginseng

Sudah sejak zaman dahulu bahwa ginseng terkenal akan segudang manfaatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dari berbagai macam penyakit tersebut, diabetes adalah salah satunya.

Obat diabetes alami ini mampu mencegah gula darah melonjak tiba-tiba berkat senyawa alami dalam tanaman tersebut. Senyawa tersebut dipercaya mampu membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Plants Research memperkuat argumen tersebut. Baik akar, buah, dan daun ginseng disebut dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Ginseng obat diabetes alami
Ginseng via news.cgtn.com

5. Pare

Pare merupakan tumbuhan yang mudah ditemukan dijual oleh penjual baso tahu. Rasanya yang pahit membuat sebagian orang tak menyenangi pare. Namun, dibalik rasa pahit, terselip manfaat untuk kesehatan.

Salah saunya adalah ampuh untuk atasi penyakit diabetes melitus tipe 2. Sifat antidiabetes pada obat diabetes alami ini bekerja untuk menurunkan kadar gula darah berlebih pada penderita penyakit tersebut.

Tak hanya itu, kandungan lain seperti peptide, alkaloid, charantin, dan vicine berperan aktif dalam manfaat kesehatan ini. Pasalnya, kandungan tersebut mampu mengatasi kondisi tubuh yang tak sensitif terhadap insulin.

Pare obat diabetes alami
Pare via Shutterstock/Emily Li

6. Daun Sirsak

Buah sirsak dikenal sebagai buah yang baik untuk menstabilkan tekanan darah. Namun, di samping bagian daging buah sirsak, bagian daun dari buah berwarna hijau ini pun turut memberikan khasiat kesehatan.

Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan daunnya sebagai obat diabetes alami. Dalam sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2017, ekstrak daun sirsak diketahui mengandung polifenol dan flavonoid.

Keduanya berperan aktif dalam potensi untuk mengendalikan gula darah ppada penderita diabetes. Oleh karena itu, daun sirsak pun kerap dipilih sebagai salah satu obat diabetes alami alternatif yang terbukti ampuh.

Daun sirsak obat diabetes alami
Daun sirsak via pixabay.com/users/najibzamri-7973793/

Baca Juga: Mag Kerap Kambuh? Coba 10 Obat Mag Alami Ini Yang Aman Di Perut


7. Sambiloto

Sambiloto merupakan tumbuhan terna tegak yang dikenal akan bermacam khasiatnya untuk kesehatan. Dari sekian banyak khasiat tumbuhan tersebut, sambiloto bisa digunakan sebagai obat diabetes alami.

Tumbuhan tersebu mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. Zat aktif yang bisa ditemukan pada bagian batang dan daun sambiloto tersebut adalah zat yang berperan aktif dalam menyuguhkan khasiat kesehatan.

Salah satunya adalah dapat menurunkan kadar glukosa pada darah. Namun, obat diabetes alami tersebut memiliki rasa yang terbilang pahit seperti halnya pare sehingga banyak orang yang tak terlalu suka.

Sambiloto obat diabetes alami
Sambiloto via pyfahealth.com

8. Daun Salam

Sejak dahulu, daun salam lebih sering dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan. Namun, banyak yang tahu jika daun salam bisa digunakan juga sebagai obat-obatan herbal alami seperti untuk diabetes.

Kandungan minyak atsiri pada obat diabetes alami ini merupakan kandungan yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh. Hal tersebut yang menjadikannya obat herbal diabetes yang terbilang efektif.

Namun, ada baiknya jika pengonsumsian daun salam untuk obat diabetes alami diperhatikan. Sebab, tidak semua orang cocok untuk mengonsumsi daun salam. Untuk itu, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Daun salam obat diabetes alami
Daun salam via delsvend.com

9. Pepaya

Pepaya merupakan buah dengan rasa manis yang digandrungi oleh banyak orang. Dibalik rasanya yang manis, buah dengan daging buahnya berwarna oranye tersebut memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Salah satunya adalah sebagai obat diabetes alami. Kandungan glukosa alami dan antioksidan yang terdapat dalam buah pepaya ini dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh termasuk imun darah.

Tak hanya itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun dan biji pepaya dapat menunrunkan kadar gula darah saat dilakukan pada hewan uji. Di samping itu, kandungan tersebut pun baik untuk menurunkan lemak.

Pepaya obat diabetes alami
Pepaya via pexels.com/@alleksana

Baca Juga: Menderita Pilek Tak Sembuh-Sembuh? Konsumsi Obat Pilek Alami Berikut Ini


10. Kunyit

Tak hanya bisa berguna sebagai penyedap masakan, kunyit juga dianggap berpotensi sebagai obat diabetes alami. Kandungan antioksidannya dipercaya mampu untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh.

Penelitian pada jurnal Diabetes Care membuktikannya. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa konsumsi 1,5 gram kunyit setiap hari selama sembilan bulan dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu, kunyit pun terbukti dapat mencegah terjadi komplikasi diabetes. Untuk mengonsumsinya, kamu cukup konsumsi racikan dari rebusan kunyit dan garam dalam setengah gelas sebanyak dua kali seminggu.

Kunyit obat diabetes alami
Kunyit via medicalnewstoday.com

Itulah tadi 10 obat diabetes alami yang terbukti ampuh untuk turunkan kadar gula darah dalam tubuh. Walaupun terbukti ampuh, ada baiknya konsultasikan kepada dokter saat akan mengonsumsi obat alami di atas.

Pasalnya, obat diabetes alami tersebut sejatinya hanya sebagai obat pelengkap yang digunakan bersama dengan obat diabetes medis.

Nah, semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Cek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Kabur Sebentar Untuk Dapatkan Ketenangan di Bobocabin

Ingin menenangkan diri yang berkualitas untuk momen me timemu? Tenangkan dirimu dengan staycation di Bobocabin. Berdekatan dengan alam dengan teknologi mumpuni bakal membuat pikiranmu kembali segar.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

You might also like