Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sedang Tayang di Bioskop, Ini Dia Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Nonton Film the Batman

Asal usul nama hingga manual batmobile

Dua kali mengalami pengunduran di 2021 akibat COVID-19, The Batman akhirnya tayang juga. Nonton film The Batman tentunya menjadi agenda yang tidak boleh kamu lewatkan di bulan Maret ini. Mereka yang sudah menonton pun tidak ragu mengungkapkan kepuasan mereka menonton film The Batman yang kalini dibintangi oleh Robert Pattinson.

Di tengah panasnya popularitas karakter ikonis DC ini, ini mungkin adalah saat yang tepat untuk mengetahui fakta-fakta seputar Batman. Terlebih, jika kamu punya rencana nonton film The Batman dalam waktu dekat. Yuk simak bareng-bareng!

Asal Usul Nama Bruce Wayne?

via brendanfyfe.com

Sebagaimana kamu tahu, Bruce Wayne adalah identitas asli dari Batman. Namun, pernahkah terpikirkan oleh kamu dari mana asal nama Bruce Wayne saat nonton film The Batman? Rupanya, nama tersebut rupanya berasal dari dua tokoh sejarah, yaitu Robert the Bruce dan ‘Mad’ Anthony Wayne.

Robert the Bruce adalah seorang pahlawan nasional Skotlandia yang memimpin pasukan Skotlandia melawan tentara Britania Raya selama perang untuk Kemerdekaan Skotlandia. Sementara itu, ‘Mad’ Anthony Wayne merupakan pahlawan Revolusi Amerika.


Baca Juga: Digadang-Gadang Akan Menjadi Serial Terbaik MCU 2022, Berikut Fakta Seputar Marc Spector Alias Moon Knight


Dulunya Sadis

Kalau nonton film The Batman, kamu akan semakin yakin tentang gambaran penegak hukum yang taat aturan. Batman sudah lama melekat dengan karakter penegak hukum yang berpegangan pada nilai moral.

Dia bisa saja memukul lawan hingga tak berbentuk, namun pantang bagi dirinya untuk bertindak lebih jauh alias membunuh para penjahat. Dia justru meyakini para penjahat harus ditangani oleh sistem hukum yang berlaku.

Namun, di awal kemunculannya, Batman memiliki sifat yang cenderung sadis. Tak hanya membawa senjata dan menembak penjahat, Batman bahkan pernah melempar musuh hingga masuk ked alam tong berisi cairan asam. Selain itu, Batman juga pernah mematahkan leher musuh dengan tendangan karate serta menggantungnya dari batplane yang tengah terbang. Ngeri.

Hal ini kemudian berubah sejak tahun 1970-an dan seterusnya. Sejak saat itu, Batman memiliki aturan untuk tidak membunuh termasuk akan kamu dapati juga saat nonton film The Batman 2022 ini.

Dapat Nama Gotham dari Buku Telepon

Tak hanya nama Bruce Wayne, nonton film The Batman mungkin membuat kamu juga mempertanyakan asal usul nama kota Gotham. Nama tersebut rupanya tercetus saat penulis Batman, Bill Finger, tengah membuka sebuah buku telepon dan meletakkan jarinya secara acak pada toko perhiasan bernama “Gotham Jewelers”. Sementara itu, nuansa kota Gotham terinspirasi dari arsitektur New York dan Chicago.

Terinspirasi Sejumlah Karakter Ikonis

Saat nonton film The Batman, kamu mungkin tidak menyangka bahwa sosok itu terinspirasi dari berbagai karakter ikonis. Saat pertama kali diciptakan pada tahun 1939, kreator Bob Kane dan penulis Bill Finger memadukan beberapa karakter yang sudah terkenal di masanya, yaitu Zorro, The Shadow, dan Dracula.

Andil Bill Finger dalam Karakter Batman

via adhomecreative.com

Meski kredit pencipta jatuh pada Bob Kane, Bill Finger lah yang memiliki andil menambahkan berbagai elemen pada sosok Batman seperti sekarang ini. Tak hanya mencetuskan nama kota Gotham, Finger juga menyumbangkan nama Bruce Wayne serta merombak kostum awal Batman.

Saat nonton film The Batman dengan kostum hitam khasnya, adakah warna lain yang terpikir oleh kamu? Desain awal Batman oleh Bob Kane adalah Bruce Wayne yang tersembunyi dalam balutan kostum berwarna merah plus sebuah topeng domino dan rambut pirang. Finger kemudian menambahkan detail seperti telinga runcing, kombinasi warna hitam serta jubah bergigi.

Kaya Banget!

Pendapat lain yang mungkin kamu tunjukkan saat nonton film The Batman adalah betapa kayanya superhero satu ini. Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat betapa kuat kostum yang ia kenakan serta berbagai peralatan dan kendaraan canggih yang dimilikinya. Karena itu, ia pun menjadi salah satu karakter fiksi terkaya.

Sebuah publikasi berjudul “Batman Unauthorized” menyatakan kamu membutuhkan sekitar 300 juta dolar AS atau Rp 4 triliuan untuk bisa melengkapi diri dengan segala kecanggihan Batman. Namun, angka tersebut tidak mencakup kapal, pesawat, helikopter dan stasiun luar angkasa.

Bahkan, berdasarkan perhitungan Forbes tahun 2015, Bruce Wayne memiliki total aset sebesar 9,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 132 triliun. Hal ini menjadikannya karakter fiksi terkaya keenam.

Pemilik The Daily Planet

Saat nonton film The Batman, kamu mungkin tidak akan terlalu memikirkan tentang The Daily Planet. Penikmat cerita Superman tentu sudah tahu bahwa The Daily Planet merupakan tempat Clark Kent bekerja. Rupanya, The Daily Planet ini adalah bagian dari Wayne Enterprises yang berarti Bruce Wayne secara tidak langsung merupakan bos dari Clark Kent sang Superman.

Pemiliki IQ 192

Melihat aksinya saat kamu nonton film The Batman, kamu tentu tidak kaget dengan kepintaran seorang Bruce Wayne. Namun, yang membuat tercengang adalah fakta bahwa ia memiliki IQ 192 yang bahkan melebihi seorang Albert Einstein.

Batman memang dikenal dengan segudang kemampuannya. Sebut saja kemampuan penggunaan senjata, menguasai 127 macam bela diri serta setidaknya tujuh bahasa, dan memiliki gelar dalam berbagai bidang sains dan teknik mesin. Ia juga ahli dalam power nap. Satu jam tidur saja sudah cukup baginya. Ia pun menjadi salah satu karakter fiksi terpintar yang pernah ada.

Detektif Terhebat

via insider.com

Saat nonton film The Batman, kamu akhirnya bisa menyaksikan fitrah seorang Bruce Wayne sebagai detektif. DC Comics mulanya memang menyajikan tokoh Batman dalam Detective Comics.

Nah, dalam film The Batman 2022 ini, posisi Batman kembali sebagai detektif, bukan superhero layaknya Superman atau Wonder Woman. Batman sendiri memang mendapat julukan Detektif Terhebat Dunia karena kemampuan detektifnya dalam memecahkan masalah kriminal.


Baca Juga: Begitu Dinanti Oleh Jutaan Penonton, Ini Dia 10 Film Paling Ditunggu 2022


Kekasih Batman

Apa nonton film The Batman bikin kamu penasaran siapa sebenarnya pujaan hati sang superhero? Akibat keteguhannya dalam memberantas kejahatan, Bruce Wayne tampak tidak pernah menjalin hubungan serius dengan wanita.

Namun, selama bertahun-tahun, Batman telah terlibat dengan sejumlah wanita termasuk Julie Madison, Vicki Vale, Batwoman, Wonder Woman, Catwoman, dan Thalia Al-Ghul. Ia bahkan memiliki seorang anak laki-laki dari hubungannya dengan Thalia, anak dari gurunya, Ra’s Al-Ghul. Anak tersebut bernama Damian Wayne yang di kemudian hari menjadi Robin.

Tak hanya itu, dalam salah satu serial komik Batman, Bruce Wayne dan Catwoman pernah bertunangan. Ia melamar Catwoman lalu menikah. Tak lama setelah itu, mereka dikaruniai seorang anak perempuan bernama Helena. Helena selanjutnya tumbuh menjadi seorang vigilante di balik nama Huntress.

Batmobile Ada Manualnya

Nonton film The Batman bikin kamu penasara dengan batmobile-nya? Jangan khawatir, Batmobile ternyata memiliki manualnya tersendiri yang bisa kamu beli secara daring di Amazon seharga 9,53 dolar AS atau sekitar Rp 137.000,00.

Di dalam manual tersebut, disebutkan bahwa batmobile memiliki mesin hingga 10.000 tenaga kuda. Kekuatan tersebut lebih dari gabungan satu Honda Civic dan Formlua One. Tak hanya itu, manual tersebut juga berisikan ilustrasi dan diagram dari semua model batmobile dan fungsi-fungsinya.

Jam 10.47

Salah satu cara pintu rahasi untuk memasuki Batcave bisa dibuka oleh Batman dengan menggerakkan tuas jam tua pada pukul 10.47. Angka tersebut rupanya mengacu pada momen orang tua Bruce Wayne meninggal saat pembunuhan. Hal ini menunjukkan betapa traumatis kejadian tersebut dan bisa menjadi pertanda PTSD.

Ada Mata Kuliah tentang Batman

Selain membaca komik dan nonton film The Batman, kamu juga bisa mengikuti kuliah tentang karakter ikonis DC ini. Tepatnya di University of Victoria, Kanada, kamu bisa menjumpai sebuah matkul berjudul “The Science of Batman”.

Mata kuliah ini memberi kesempatan pada  mahasiswa untuk mempelajari tentang bagaimana tubuh manusia dapat beradaptasi, melatih hingga menyiapkan diri untuk mencapai tujuan. Tak hanya itu, mereka juga diajak untuk mendalami sains di balik luka dan proses penyembuhannya. Tema-tema tersebut menggunakan kehidupan Batman sebagai perumpamaan baik dari sisi psikologis maupun fisik.


Baca Juga: Simak Mata Kuliah Paling Unik Dari Kampus-Kampus Di Seluruh Dunia Berkiut Ini!


Butuh tempat staycation biar puas nonton film dan serial favorit kamu tanpa gangguan? Ke Bobobox yuk! Tempatnya nyaman dan higienis, harganya terjangkau, dan Wi-Finya super kencang. Hotel kapsul satu ini juga menyediakan fasilitas moodlamp yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah cahaya di dalam pod sesuai dengan suasana hati dan kenyamanan kamu, baik untuk tidur, berfoto, membaca buku atau menonton. Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like