Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nikmati Indahnya Pemandangan Kota Pelajar Dengan Suasana Berbeda Di Puncak Sosok

Penikmat senja hingga sepeda bisa menikmati indahnya Kota Pelajar dari Puncak

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia dan pesonanya dapat kamu nikmati dari berbagai sudut termasuk dari ketinggian lewat pemadangan Puncak Sosok. Bagi kamu yang masih asing dengan nama tempat tersebut, Bob akan memberikan sedikit penjelasan tentang lokasi pemandangan Puncak Sosok ini.

Pemandangan Puncak Sosok tepatnya beralamat di Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, tempat ini berada di atas ketinggian atau puncak dengan panorama Kota Yogyakarta sebagai daya tarik utamanya. Sementara kata Sosok merujuk pada daerah tempat wisata itu berada, yang oleh penduduk setempat disebut Sosok. Jadilah sebuah objek wisata bernama Puncak Sosok

Nah, selama berada di Puncak Sosok ini kamu bisa melihat keindahan Kota Yogyakarta dari berbagai sudut. Dengan kata lain, kamu bisa melihat keindahan itu 360 derajat mulai dari pagi sampai pagi lagi. Asyik banget ya, kamu jadi bisa menikmati keselurahan panorama Kota Pelajar ini melalui pemandangan Puncak Sosok.

Puncak Sosok sendiri merupakan tempat wisata yang masih terbilang baru. Tempat ini dibuka untuk umum sejak tahun 2018 dan dulunya hanya bukit biasa di sekitar rumah warga yang sering dikunjungi oleh para pesepeda.

Melihat potensi wisata dari tempat ini, pemuda Karang Taruna setempat pun mencetuskan ide untuk menjadikannya sebagai area wisata. Oleh sebab itu, warga ssetempat pun mulai membangun dan mengelola Puncak Sosok hingga sekarang ini.

Lalu, kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan sambil menikmati pemadangan Puncak Sosok ini? Simak informasinya berikut ini yuk!

Pemandangan Puncak Sosok

@suryojdb

Puncak Sosok menawarkan banyak panorama indah yang bisa kamu nikmati dari ketinggian. Selain menampilkan pemandangan lanskap Kota Yogyakarta serta gemerlap lampu malam di kota tersebut, kamu juga akan disuguhkan dengan panorama hamparan sawah, Puncak Gebang, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Perbukitan Menoreh.

Pemadangan-pemandangan Puncak Sosok tersebut dapat kamu nikmati secara bersamaan terutama saat langit sedang cerah. Keindahan ini tentu wajib banget kamu abadikan dalam kamera kamu. Siapkan pose terbaik kamu ya!

Di sudut lainnya, kamu juga dapat melihat sebuah TPA (tempat pembuangan akhir) Piyungan. Tidak usah khawatir kamu akan merasa jijik, TPA ini terletak cukup jauh sehingga dari Puncak Sosok terlihat seperti bukit pasir.

Mengingat Puncak Sosok bisa diakses sejak pukul 05.00-00.00, kamu juga bisa melihat pemandangan sunrise dan juga sunset dengan hawa dingin khas pegunungan. Dengan jam operasional yang panjang, kamu bisa dengan bebas menantikan momen kemunculan baik sunrise maupun sunset.

Selain itu, Puncak Sosok juga terkenal dengan pemandangan senjanya yang indah. Sambil menunggu matahari terbenam, kamu bisa menikmati keindahan senja serta hamparan pemandangan alam yang ada di depan mata.

Agenda Wajib

@babykanita_

Salah satu agenda yang tidak boleh terlewatkan saat menikmati pemandangan Puncak Sosok adalah berfoto. Di Puncak Sosok sendiri, kamu akan menemukan beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan sebagai latar agar foto kamu semakin Instragammable.

Kamu bisa berfoto di warung makan dengan desainnya yang unik nan estetik serta panggung hingga jembatan estetik yang tidak boleh kamu lewatkan. Hasil foto kamu akan semakin indah dengan latar perbukitan hijau jika kamu berfoto di siang hari.

Buat penikmat senja, kamu bisa datang sekitar pukul 16.00 dan berburu foto senja sebelum tempat wisata ini semakin dipadati pengunjung lainnya.

Saat malam tiba, kamu juga bisa berfoto dengan latar gemerlap cahaya lampu Kota Yogyakarta di bawah sana yang begitu memukau layaknya hamparan bintang. Selain itu, suasana malam di Puncak Sosok dibuat semakin indah dengan lampu hias aneka warna yang tentunya bisa kamu jadikan latar untuk berfoto.

Menikmati Pemandangan Puncak Sosok Sambil Bersepeda

@raras_ayung

Untuk menikmati pemandangan Puncak Sosok, kamu tidak perlu melulu duduk tenang dan terdiam. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan sambil tetap menikmati pemandangan Puncak Sosok.

Salah satunya adalah dengan bersepeda ria. Puncak Sosok ini memang memiliki lahan yang cukup luas. Biar kamu tidak terlalu lelah berjalan, kamu bisa berkeliling sambil menikmati pemadangan Puncak Sosok yang menyejukkan mata dan tubuh dengan bersepeda santai. Akses menuju tempat wisata ini pun cukup mudah sehingga aman digunakan untuk para pecinta sepeda.

Kalau kamu suka yang lebih menantang, kamu juga bisa menikmati pemandangan Puncak Sosok sambil bersepeda di trek sepeda downhill sepanjang 1,5 km yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata tersebut. Agar lebih seru, kamu bisa menjajal kegiatan yang memacu adrenalin ini dengan komunitas kamu.

Berkemah Hingga Menikah

@lensamanual.co.id

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sambil menikmati keindahan Kota Yogyakarta dari Puncak Sosok. Salah satu yang menjadi daya tarik di sana adalah menikmati pemandangan Puncak Sosok sembari menonton pertunjukan musik yang biasanya digelar setiap sore sampai malam.

Puncak Sosok memang dilengkapi dengan panggung musik untuk hiburan di mana pengunjung dapat bernyanyi atau menikmati live music yang digelar di sana. Rasakan sensasi berkaraoke di alam terbuka yang berhiaskan pemandangan alam dan kilauan bintang.

Selain panggung hiburan, pengelola juga menyediakan camping ground supaya kamu lebih puas untuk menikmati pemandangan Puncak Sosok dari malam hingga pagi. Kamu bisa membawa perlengkapan tenda sendiri atau menyewa dari pengelola (sekitar Rp 30.000,00 untuk kapasitas empat orang). Pastikan kamu melapor terlebih dahulu jika ingin berkemah di tempat tersebut.

Lebih menariknya lagi, kamu juga bisa lho mengadakan arisan sambil menikmati pemandangan Puncak Sosok. Di sini, tersedia rumah-rumah dan aula yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Nah, buat kamu yang bingung mencari tempat untuk resepsi pernikahan atau ingin menikah dengan nuansa pegunungan, kamu bisa memasukkan Puncak Sosok ke dalam daftar pilihan tempat untuk mengikat janji suci kamu. Sambil menikah, kamu pun bisa menikmati suasana pegunungan yang indah

Selain itu, wisata kamu ke Puncak Sosok tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba kulinernya. Layaknya tempat wisata pada umumnya, Puncak Sosok juga sudah dilengkapi dengan warung makan. Makanan dan minuman yang dijual pun cukup beraga seperti tahu walik, bakso tusuk, sempol ayam, siomay, satai gajih, cilok krispy, jagung bakar, teh, air jeruk, kopi, dan masih banyak lagi.

Uniknya, warung makan tersebut didesain sedemikian rupa hingga menyerupai rumah bambu lengkap dengan atap jeraminya. Instragammable deh jadinya. Kamu bisa memilih untuk duduk di kursi yang telah tersedia atau menyewa tikar dan makan secara lesehan sambil menikmati pemandangan Puncak Sosok dan live music performance.

Fasilitas

@exploreyogyajateng

Tidak ada biaya masuk resmi untuk menikmati pemandangan Puncak Sosok. Namun, kamu akan diminta untuk memberikan sumbangan seikhlasnya atau semacam uang kontribusi kepada pihak pengelola. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan, pengembangan, serta perawatan fasilitas-fasilitas dalam kawasan Puncak Sosok.

Fasilitasnya sendiri terdiri dari gazebo, tempat duduk (kursi dan lesehan), aula, spot untuk selfie, pendopo, panggung hiburan terbuka dari bambu, area parkir, warung makan, camping ground, musala, dan toilet. Panggung hiburan tersebut dilengkapi dengan set sound dan alat musik.

Dengan begitu, siapapun bisa tampil di atas panggung. Kalau kamu tertarik untuk menampilkan pertunjukan akustik, kamu bisa menghubungi pihak pengelola dan tentukan jadwal dengan pengisi acara lainnya.

Dari posisi penonton, kamu akan tampil dengan latar gemerlap lampu Kota Pelajar. Selain pertunjukan musik, panggung ini juga kerap digunakan untuk pentas tari tradisional.

Nonton Bareng Pertandingan Sepak Bola Puncak Sosok menjadi salah satu lokasi diadakannya acara nonton bareng saat pertandingan besar seperti final Liga Champions atau piala dunia. Jika bingung menentukan lokasi nonton bareng saat di Jogja, obyek wisata ini bisa jadi tujuan.

Pengelola akan mendirikan layar besar sehingga bisa dinikmati pengunjung yang datang untuk nonton bareng. Tentu nonton bareng suatu pertandingan besar akan lebih seru daripada nonton sendiri di rumah.

Sudah Puas Menikmati Keindahan Puncak Sosok? Istirahat Bobobox Malioboro, Yuk!

Setelah puas menikmati pemandangn Puncak Sosok, kamu bisa kembali ke kota dan jangan sampai lupa untuk berwisata di kawasan Malioboro. Tidak lengkap tentunya jika kamu berkunjung ke Jogja tanpa menjelajahi kawasan tersebut.

Biar tidak kamu mudah bergerak, sebaiknya kamu mencari penginapan di kawasan Malioboro saja. Tidak usah bingung-bingung, ke Bobobox yuk!

Datang saja ke Jalan Malioboro No. 39, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DIY. Hotelnya nyaman, harga terjangkau, dan lokasinya prime banget! Yuk segera unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store.

You might also like