Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ibadah yang bikin sehat!

Bagi pemeluk agama Islam, niat puasa Senin Kamis tentu sudah tidak asing lagi mengingat puasa Senin Kamis sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah sunah yang bisa dilakukan setiap hari Senin dan Kamis setiap pekannya. Pelaksanaannya juga sama saja dengan puasa lainnya, yakni dimulai ketika masuk waktu subuh dan diakhiri saat matahari terbenam atau terdengarnya suara azan salat magrib.

Meskipun sifatnya sunah, kegiatan puasa ini juga dianggap istimewa karena seringkali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan riwayat hadis, kedua hari ersebut dianggap istimewa karena pada hari Senin dan Kamis amalan-amalan manusia akan diajukan oleh malaikat kepada Allah  SWT.

Maka dri itu, Rasulullah memilih hari-hari tersebut untuk berpuasa. Selain itu, hari Senin juga memiliki keistimewaan tersendiri lainnya. Hari tersebut merupakan hari kelahiran Nabi, hari di mana Nabi diutus untuk menyampaikan Islam, serta hari di mana Nabi menerima wahyu.

Selain istimewa, kamu tentu akan mendapatkan pahala, dijauhkan dari neraka, dan lebih bisa menahan diri terhadap hawa nafsu. Karenanya, banyak umat muslim yang juga mengikuti kebiasaan berpuasa Senin Kamis.

Namun, selain sebagai bentuk ibadah dan merupakan kebiasaan Rasulullah, puasa Senin Kamis juga memiliki manfaat kesehatan lho. Niat puasa Senin Kamis kamu jadi tidak sia-sia! Ibadah iya, sehat iya!

Nah, kalau kamu penasaran apa saja manfaat kesehatan dari puasa Senin Kamis, berikut Bob sudah merangkum beberapa manfaat kesehatan yang akan kamu dapat. Selain itu, Bob juga akan memberikan bacaan niat puasa Senin Kamis biar lebih afdal. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Niat Puasa Senin Kamis

freepik

Sebelum mulai rutin melakukan puasa, kamu tentu harus mengetahui bahkan menghapal bacaan niat puasa Senin Kamis. Bacaannya sendiri tidak panjang sehingga dapat kamu hafal dengan mudah.

Untuk hari Senin, bacaannya adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatal lillaahi ta’aalaa (Sayat niat puasa hari Senin sunah karena Allah ta’ala)

Lalu, berkut ini adalah bacaan niat puasa hari Kamis:

Nawaitu shauma yaumal khomiisi sunnatal lillaahi ta’aalaa (Saya niat puasa hari Kamis sunah karena Allah ta’ala)

Niat puasa Senin Kamis tersebut bisa kamu baca di malam hari atau sebelum fajar terbit. Membaca niat puasa Senin Kamis di malam hari tidak wajib seperti puasa Ramadan. Karenanya, jika kamu lupa, kamu bisa membaca niat puasa Senin Kamis tersebut di pagi hari asalkan puasa kamu belum batal.

Untuk masalah sahur, tentu kamu dianjurkan untuk mengisi perut kamu saat dini hari untuk alasan kesehatan. Namun, jika tidak sahur pun kamu masih bisa tetap berpuasa.

Detoksifikasi

freepik

Setelah menghafal bacaan niat puasa Senin Kamis, sekarang Bob akan menjelaskan beberapa manfaat kesehatan yang kamu dapat dari kegiatan puasa tersebut. Salah satunya adalah detoksifikasi atau proses pembuangan racun dari dalam tubuh kamu.

Bagaimana caranya? Saat berpuasa, tubuh kamu tidak akan menerima makanan ataupun minuma. Sebagaimana kamu tahu, racun dalam tubuh sebagian berasal dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Racun tersebut kemudian akan bercampur dalam darah, lemak serta bagian lainnya.

Saat berpuasa, racun dalam tubuh kamu akan lebih mudah untuk dilarutkan lalu dikeluarkan karean kerja saluran usus serta organ hati akan meningkat. Organ-organ tersebut pun dapat lebih mudah membersihkan dirinya dari racun yang tertimbun dalam tubuh.

Agar niat puasa Senin Kamis kamu lebih maksimal, pastikan juga kamu mengonsumsi sayuran seperti brokoli, bayam, bawang putih, dan the hijau. Lakukan juga olahraga rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Menurunkan Berat Badan

freepik

Niat puasa Senin Kamis kamu mungkin akan  semakin menggebu saat kamu tahu bahwa puasa ini dapat membantu menurunkan berat badan. Saat berpuasa, tubuh kamu tidak mendapatkan asupan energi dari makanan.

Cadangan energi yang berasal dari makanan sahur kamu akan disimpan dalam bentuk glukosa pada hati dan otot. Setelah sekitar 12 jam kamu lalaui tanpa makanan, cadangan energi tersebut akan habis dan tubuh pun mulai membakar lemak sebagai sumber energi. Pembakaran lemak tersebutlah yang membantu menurunkan berat badan kamu.

Biar niat puasa Senin Kamis kamu untuk menurunkan berat badan tidak sia-sia, kamu harus melakukannya secara rutin. Selain itu, kamu juga perlu membarenginya dengan pola makan yang sehat serta olahraga teratur.

Mengontrol Gula Darah

freepik

Niat puasa Senin Kamis kamu juga dapat berbuah mengurangi risiko penyakit diabetes mellitus tipe dua. Saat kamu berpuasa, tubuh akan memecah glukosa untuk memperoleh energi, yang kemudian akan mengurangi produksi insulin. Glukagon juga akan diproduksi untuk melakukan pemecahan tersebut. Karenanya, kadar insulin dalam tubuh kamu akan lebih terkendali.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

freepik

Agar niat puasa Senin Kamis kamu semakin mantap, kamu juga perlu tahu bahwa puasa memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini berkaitan dengan menurunnya kadar kolesterol jahat (LDL) saat kamu berpuasa.

Jika terlalu banyak LDL yang menumpuk pada dinding arteri kamu, maka kemungkinan kamu terkena peyakit jantung semakin tinggi. Sementara itu, semakin rendah jumlah LDL kamu, semakin rendah pula risiko kamu terkena penyakit jantung.

Agar hasilnya maksimal, kamu juga juga perlu memerhatikan asupan makanan kamu saat puasa agar niat puasa Senin Kamis kamu tidak berakhir sia-sia. Dalam hal ini, kamu perlu mementingkan kualitas dibandingkan kualitas. Hal ini sering terjadi saat puasa karena kamu mungkin seringkali lapar mata.

Mengistirahatkan Organ Pencernaan

freepik

Saat berpuasa, kamu memberikan waktu pada organ pencernaan kamu untuk beristirahat karena  biasanya organ pencernaan akan terus bekerja karena kamu terus mengonsumsi makanan dan minuman. Organ yang bekerja terus menerus juga memiliki sedikit waktu untuk mengatasi gejala gangguan pencernaan yang kamu alami.

Dengan berpuasa, organ pencernaan pun dapat bekerja secara maksimal. Karenanya, kamu pun dapat terhindar dari peyakit lambung, sembelit, diare, dan lain-lain.

Meningkatkan Sistem Imun

freepik

Saat kamu berpuasa, tubuh akan memproduksi sel-sel darah putih yang berfungsi untuk melawan berbagai macam infeksi penyakit dan merupakan dasar dari regenerasi sitem kekebalan tubuh. Selain itu, tubuh kamu juga akan menyingkirkan sel-sel yang sudah rusak, tua atau tidak efisien lagi.

Sistem kekebalan tubuh juga berkaitan dengan sistem pencernaan, yang mana puasa dapat meningkatkan regenerasi dalam usus. Dengan begitu, tubuh dapat melawan penyakit yang menyerang usus seperti infeksi atau kanker.

Agar niat puasa Senin Kamis kamu ini membuahkan hasil, kamu juga perlu memastikan agar waktu tidur kamu cukup. Kalau kamu ingin tidur dengan suasana baru, kamu bisa mendapatkannya dengan menginap di Bobobox.

Selain hotelnya nyaman dan harganya terjangkau, fasilitasnya pun akan membuat kamu terpukau. Salah satu yang mungkin menarik perhatian kamu dan dapat membantu kamu memperoleh kualitas tidur yang baik adalah fitur moodlamp.

Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur warna cahaya lampu dalam kamar sesuai keinginan kamu. Di dalamnya, ada sekitar 16 warna yang bisa kamu pilih. Selain meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur kamu, warna cahaya tersebut juga bisa kamu gunakan untuk memperoleh foto dengan latar Instragammable.

Fitur tersebut bisa kamu atur lewat aplikasi Bobobox pada ponsel kamu atau melalui fitur B-Pad, semacam panel yang terletak di dekat jendela kamar kamu. Yuk segera unduh aplikasinya dan dapatkan pengalaman menginap yang nyaman di Bobobox!

You might also like