Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Arti New Normal di Indonesia Setelah Pandemi Berakhir

Yuk hidup disiplin agar new normal di Indonesia dapat segera diterapkan.

New normal di Indonesia akan dimulai setelah virus corona dapat dikendalikan dengan baik. Beberapa bulan telah berlalu sejak virus corona mulai mewabah di  Indonesia. Setelah new normal di Indonesia di mulai maka masyarakat tak lagi perlu berdiam diri saja di rumah. Masyarakat diperbolehkan untuk beraktivitas di luar rumah saat new normal di Indonesia terjadi dan untuk mulai mencoba berdamai dengan virus corona.

Berdamai dengan virus corona memiliki arti kita dapat kembali melakukan rutinitas di luar rumah seperti biasa namun tetap harus menjaga diri dari kemungkinan penularan virus corona. Sampai vaksin corona ditemukan maka kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan untuk menghindari terjadinya gelomban baru penyebaran virus corona. Saat new normal di Indonesia dimulai maka kegiatan ekomoni, pendidikan, maupun sektor-sektor lain dalam kehidupan dapat kembali bergeliat.

new normal untuk kafe
Photo by engin akyurt on Unsplash

Tentunya kita semua perlu mempersiapkan banyak hal agar kita siap menghadapi situasi new normal di Indonesia. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan beberapa modifikasi tertentu agar penyebaran virus corona ini bisa tetap berkurang. Para ahli memprediksi bahwa vaksin corona baru akan tersedia paling cepat pada pertengahan tahun 2021. Oleh karena itu sampai vaksin corona ditemukan kita harus mulai membiasakan diri hidup dengan kebiasan baru.

Pada dasarnya new normal di Indonesia baru dapat dilakukan jika kurva infeksi sudah menurun. Hal ini menandakan jumlah kasus virus corona berangsur berkurang dan dapat dikendalikan. Namun sayangnya pada saat ini belum ada penurunan yang signifikan. Jika tiba waktunya new normal di Indonesia diterapkan lalu seperti apakah skema dan pengaplikasiannya? Bob akan jelaskan informasinya seperti beikut ini.

Wacana New Normal di Indonesia

Ketika beberapa negara lain termasuk salah satunya negara Tiongkiok menerapkan kebijakan lockdown, Indonesia memilih menerapkan kebijakan PSBB. PSBB atau pembatasan sosial berskala besar dipilih Presiden Joko Widodo atas pertimbangan kepentingan perekonomian sehingga opsi lockdown dikesampingkan. Kebijakan PSBB ini membantu roda ekonomi berjalan meskipun tidak selancar sebelum pandemi.

Saat PSBB dijalankan maka beberapa aktivitas rutin masyarakat bisa tetap berjalan seperti pergi ke supermarket, pasar, toko penjualan obat-obatan dan alat medis, dan lain sebagainya. Tentunya semua aktivitas yang dilakukan selama masa PSBB tersebut harus tetap berpedoman pada kebijakan physical distancing dan protokol kesehatan lainnya.

Setelah PSBB dilakukan maka new normal di Indonesia diterapkan sebagai salah satu praktik dari wacana relaksasi PSBB. Dengan mulai berlakunya new normal di Indonesia ini maka aktivitas ekonomi terutama perkantoran dan industri akan berjalan meski dalam masa PSBB.

New Normal di Indonesia Bergantung Pada Kurva Angka Penularan

Pemerintah Indonesia menggunakan sebuah parameter untuk menentukkan kapan new normal di Indonesia mulai diterapkan. Parameter ini berdasarkan kurva angka penularan yang menargetkan mengalami penurunan reproduction rate (RO) atau daya tular virus virus corona di bawah angka satu. Kondisi ini menggambarkan satu orang penderita virus corona yang tidak menularkan infeksi virus ke orang lainnya.

Penetepan parameter ini sesuai dengan standar yang ditawarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan syarat RO di bawah 1. Standar ini ditawarkan WHO kepada negara atau daerah yang akan menuju new normal atau kelaziman baru. Saat ini angka RO di Indonesia mencapai angka 2,5. Hal ini memiliki arti seorang penderita virus ccorona menularkan infeksi virus ke 2,5 orang di Indonesia lainnya.

Salah satu daerah yang diperkirakan siap menghadapi new normal di Indonesia dengan angka RO di bawah 1 adalah Kota Bekasi di Jawa Barat. Mayoritas daerah di tingkat Provinsi Jawa Barat angka RO masih menunjukkan angka 1,09. Kunjungan Presiden Jokowi ke Summarecon Mal Bekasi pada 26 Mei lalu mengindikasikan mulainya dijalankann skenario new normal di Indonesia agar angka RO nasional dan daerah berada di bawah angka 1.

Terdapat setidaknya 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota pilihan yang akan menjalankan skenario new normal di Indonesia. Keempat provinsi tersebut di antaranya adalah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Gorontalo. Sedangkan untuk tingkat kota di antaranya adalah Kota Surabaya dan Kota Malang.

new normal di Indonesia

Skenario New Normal di Indonesia

Saat menjalani new normal di Indonesia kita perlu menjaga diri agar tidak tertular atau menularkan infeksi virus corona kepada orang lain. Seorang dokter bernama Anandika Pawitri mengemukakan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu kita semua perhatikan saat menjalani skenario new normal di Indonesia. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan lupa untuk tetap menerapkan kebiasan physical distancing terutama saat kamu berada di tempat yang ramai.

Jangan lupa juga untuk mencuci tangan kamu dengan sabun dan hindai menyentuh wajah dengan tangan kamu. Biasakan untuk selalu menggunakan masker meskipun kamu tidak sakit. Kamu bisa menggunakan masker N95, masker bedah, atau masker berbahan dasar kain yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Jika kamu kesulitan untuk mencuci tangan dengan sabun saat berada di transportasi umum atau tempat lainnya pastikan untuk membawa dan menggunakan hand sanitizer.

Meskipun new normal di Indonesia dimulai sebaiknya untuk hindari berada di temapt umum dan ramai jika tidak diperlukan. Untuk mensiasati agar tidak terlalu seing pergi ke suparmarket kamu bisa melakukan belanja setidaknya satu minggu sekali atau beberapa minggu sekali. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan belanja online agar dapat terhindar dari keramaian di supermarket atau di pasar.

Dengan menjalani beberapa skenario di atas secara disiplin diharapkan seluruh masyarakat di Indonesia dapat bersiap untuk mulai beradaptasi dengan kondisi yang baru. Selain menyiapkan kesehatan fisik, dr. Anandika juga menyatakan bahwa penting bagi kita semua untuk juga memperhatikan pentingnya kesehatan mental. Masa pandemi ini memang terasa sulit untuk dihadapi tapi jangan sampai kita malah menjadi putus asa dan jatuh sakit.

Disiplin adalah Kunci New Normal di Indonesia

Semoga Indonesia siap menghadapi era new normal dan kita berhasil mengendalikan angka penyebaran virus corona dengan baik. Selama petugas medis bekerja di garda terdepan dalam kondisi prima dan kita semua disiplin beraktivitas sesuai protokol kesehatan fasilitas maka risiko lonjakan kasus infeksi virus corona akan mampu diminimalisir.

Pemantuan penularan harus secara ketat dilakukan dan masyarakat harus dilibatkan untuk memberi pendapat dan masukan dalam transisi menuju new normal. Ingat untuk selalu ikuti protokol kesehatan dengan rutin mencuci tangan dan menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona.

Penting juga bagi kamu untuk senantiasa menjaga daya tahan tubuh agar dalam kondisi yang baik. Daya tahan tubuh yang baik bisa kamu dapatkan salah satunya dengan beistirahat cukup. Tidur yang cukup bisa kamu dapatkan dengan kualitas terbaik saat kamu tidur di tempat yang nyaman senyaman Bobobox. Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut.