Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Keren, Ini Dia 10 Kejadian Netizen Bantu Memecahkan Kasus Kriminal!

Semua kejadiannya keren-keren lho!

Bobobox.co.id — Netizen seringkali dicap negatif oleh kebanyakan orang. Pasalnya, stigma negatif ini tak lepas dari kebanyakan netizen yang justru membuat onar seperti melakukan cyber bullying.

Namun, tak semua netizen seperti itu. Banyak kejadian yang justru menunjukkan bahwa netizen bantu memecahkan kasus kriminal pun ada bahkan beberapa di antaranya pernah viral pada zamannya.

Beberapa kasus yang berhasil terpecahkan tersebut sulit untuk dilepaskan dari peranan netizen. Jika tidak ada netizen, kemungkinan besar kasus tersebut bakal sulit untuk terpecahkan karena kurangnya bukti.

Bob sudah merangkum 10 kejadian netizen bantu memecahkan kasus kriminal yang dirangkum dari berbagai sumber.  Ada kasus yang akhirnya terselesaikan setelah tak menemui titik temu selama 41 tahun.

Kasus Pencurian Laptop di New York

Kejadian netizen bantu memecahkan kasus kriminal pertama datang pada tahun 2011. Pada saat itu, konsultan web asal Kanada, Sean Power, mendapati tasnya digondol oleh maling saat berada di New York.

Tas tersebut sendiri berisikan barang-barang berharga yang ia miliki. Selain MacBook Pro, telepon genggam, kartu kesehatan, dan dua buah kopi akta lahir tentu bukan barang yang mudah diurus saat hilang.

Empat hari setelah kejadian, aplikasi pelacak gratis, Prey, mengirimkan lokasi bahwa laptopnya berada di Manhattan. Hal tersebut mencuitkan kejadian ini hingga followersnya di New York membawa pencuri tersebut ke kantor polisi.

netizen bantu memecahkan kasus laptop hilang
@divinetechygirl via pexels.com

Kasus Kaburnya Seorang Anak

Masih pada tahun yang sama, kejadian netizen bantu memecahkan kasus kriminal pun kembali terjadi. Kali ini, netizen bantu memecahkan kasus kaburnya Haley Wilson, gadis berusia 17 tahun asal Amaraillo, Texas.

Setelah meninggal pesan untuk ayahnya tepat setelah Natal, Ray, ayah gadis tersebut, pasrah karena tak kunjung menemukan anaknya. Ia justru menggunakan semua media sosial alih-alih ke kantor polisi.

Postingan videonya di YouTube, Facebook, dan Twitter kala itu pun viral. Tak lama setelah viralnya postingan tersebut, Haley pun berhasil ditemukan dalam kondisi sehat di Carlsbad, California, berkat netizen.

@jwwhitt via unsplash.com

Kasus Tabrak Lari

Sebuah kasus tabrak lari seringkali sulit untuk dipecahkan. Apalagi jika barang bukti atau saksi mata tak mampu memberikan dampak yang signifikan untuk pemecahan kasus tabrak lari tersebut.

Namun, ada satu kejadian di mana netizen bantu memecahkan kasus tersebut. Kali ini, forum di situs otomotif Jalopnik membantu kepolisian dengan mengidentifikasi bagian tertentu dari kendaraan penabrak.

Bagian yang menjadi barang bukti tersebut berasal dari truk pick-up Ford F-150 keluaran tahun 2000. Setelah informasi tersebut didapat, dua pelaku kasus tabrak lari tersebut berhasil ditangkap.

@michaeljinphoto via unsplash.com

Kasus Pengeroyokan di Philadelphia

Kasus pengeroyokan tak luput dari netizen bantu memecahkan kasus. Kasus pengeroyokan ini terjadi di Philadelphia di mana dua pria terluka parah akibat pengeroyokan yang dilakukan oleh sekelompok orang.

Pengeroyokan tersebut dilakukan oleh sekelompok orang karena mengetahui kedua orang berbeda soal orientasi seksual. Salah satu korbannya menderita luka yang sangat parah hingga harus dioperasi.

Untuk melacak pelaku, pihak berwenang merilis video tersebut. Tak lama berselang, netizen bantu memecahkan kasus dari Twitter. Dengan cukup bukti, netizen akhirnya memberi tahu pihak kepolisian.

@single_lens_reflex via unsplash.com

Kasus Pembunuhan Ellen Leach

Tahun 2001, Ronald Telfer, melihat ember plastik yang nampak ditinggalkan di halte truk Missouri. Sebulan berselang, ember tersebut masih ada hingga akhirnya ia memutuskan untuk menyelidik ember tersebut.

Hal tak terduga pun terjadi. Ember tersebut berisikan kepala manusia. Setelah diusut, kepala tersebut adalah kepala dari Gregory May. Sontak, penemuan mayat kepala ini pun masuk berita termasuk The Washington Times.

Ellen Leach, seorang yang masuk web sleuth, mampu mengidentifikasi tengkorak tersebut. Penyelidikan pun akhirnya dilakukan dan menetapkan Doug DeBruin sebagai tersangka dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

@mark-d-aiuto-208201 via pexels.com

Kasus Hilangnya Paulette Jaster

Tidak pernah mendapatkan kabar terkait kasus hilangnya anggota keluarga tentu menjadi beban tersendiri. Namun, kasus tersebut akhirnya berhasil mendapatkan titik terang setelah netizen bantu memecahkan kasus.

Hal ini terjadi pada Keluarga Jaster di mana mereka kehilangan Paulette Jester pada tahun 1979. Setelah menunggu cukup lama, keluarga tersebut mendapatkan kabar terkait Paulette pada tahun 2014.

Sharon Derrick, antropolog forensik menerima informasi dari internet tentang ditemukan sosok mayat wanita di Harris County, Texas. Derrick akhirnya mampu mengonfirmasi bahwa mayat tersebut adalah Paullette.

@lunarts via unsplash.com

Kasus Percobaan Bunuh Diri

Kejadian netizen bantu memecahkan kasus lainnya ini cukup berbeda. Pasalnya, kali ini, netizen justru membantu dalam mencegah terjadinya percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang gadis berusia 16 tahun.

Pada tahun 2013, Jackie Rosas merupakan salah satu follower gadis tersebut di Tumblr. Namun, dengan seringnya mengunggah postingan tentang mental depresi, Rosas sadar bahwa gadis tersebut ingin bunuh diri.

Berkat bantuan dari banyak netizen, kota tempat tinggal gadis tersebut berhasil diketahui. Polisi pun akhirnya menemukan gadis tersebut tak sadarkan diri. Walaupun begitu, gadis tersebut berhasil diselamatkan.

@evablue via unsplash.com

Kasus Pembunuhan Abraham Shakespeare

Seperti sebuah urban legend di mana pemenang lotere akan mendapatkan kutukan. Kutukan tersebut justru harus menimpa Abraham Shakespsare yang secara misterius dibunuh setelah memenangkan lotere.

Kasus terbunuhnya tersebut membuat pengguna web sleuths, komunitas yang fokus untuk memecahkan kriminal dan orang hilang, mulai menyelidiki. Akhirnya, netizen bantu memecahkan kasus kriminal lainnya.

Polisi pun akhirnya meringkus Moore, penasehat keuangan Shakespeare. Hal ini setelah pengguna web sleuth mampu meretas alamat IP yang dimiliki oleh Moore sebagai barang bukti atas tindak kejahatannya.

@kat-wilcox-329096 via pexels.com

Kasus Pakta Bunuh Diri yang Menyeramkan

Jika netizen bantu memecahkan kasus sebelumnya mencegah kasus bunuh diri, berbeda dengan kejadian ini. Pasalnya, kejadian netizen bantu memecahkan kasus ini justru soal kasus bunuh diri yang telah terjadi.

Pada tahun 2008, Nadia Kojouji, gadis berusia 18 tahun ditemukan tewas. Ia sendiri tewas setelah menyetujui perjanjian bunuh diri dengan seorang wanita bernama ‘Cami D’. Masalahnya, Cami D tidak benar-benar ada.

Pihak kepolisian mungkin tak akan memecahkan kasus ini jika tanpa bantuan Celia Blay. Celia Blay berhasil menguak fakta tersebut setelah memberikan konseling online kepada pelakunya yakni Melchert-Dinkel.

@rebcenter-moscow-6351207 via pixabay.com

Kasus Predator Anak

Netizen bantu memecahkan kasus kriminal terakhir adalah kasus predator anak. Pemecahan kasus predator anak ini layak untuk diberikan kepada Brad Williams yang menulis program virus koda Troya.

Program virus yang ia buat sendiri memungkinkannya untuk mengontrol komputer di mana saja yang tak cukup beruntung untuk mengunduh program virus tersebut. Nyatanya, hal yang tidak disangka-sangka terjadi.

Setelah terpasang, ia menghabiskan tiga tahun untuk melacak predator anak berdasarkan tingkat risiko. Dengan informasi dan bantu dari komunitas lainnya, polisi berhasil meringkus beberapa pedofil online.

@klaushausmann-1332067 via pixabay.com

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

promo bobobox

You might also like