Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Inilah Negara-Negara yang Ajarkan Bahasa Indonesia Sebagai Mata Pelajaran

Jadi makin bangga, kan, dengan Bahasa Indonesia!

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang pasti dipelajari di seluruh dunia, sejak tingkat sekolah dasar bahkan taman kanak-kanak. Namun, ternyata ada beberapa negara yang pelajari Bahasa Indonesia secara formal, bahkan menjadikannya sebagai mata pelajaran wajib. Yuk, langsung cek aja di bawah ini negara-negara yang pelajari Bahasa Indonesia di seluruh dunia!

Australia

negara yang pelajari bahasa Indonesia

(Image by @australia via Instagram)

Mungkin cukup banyak yang sudah tahu bahwa negara yang dijuluki sebagai negeri kangguru ini merupakan salah satu negara yang pelajari Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Bahasa Indonesia bahkan menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa di Newport Lakes Primary School (NLPS).

Newport Lakes Primary School (NLPS) merupakan sekolah yang setara dengan tingkat sekolah dasar. Inilah sebabnya mengapa banyak anak-anak di sana yang ternyata bisa berbahasa Indonesia.

Selain itu, tak hanya Newport Lakes Primary School (NLPS) saja yang menetapkan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Ternyata program studi Bahasa Indonesia jenjang S1 pun tersedia di University of Shouthern Queensland.

Jepang

negara yang pelajari bahasa Indonesia

(Image by @tsunagujapan via Instagram)

Selain Australia, Jepang juga ternyata menjadi salah satu negara yang pelajari Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya program studi Bahasa Indonesia di Tokyo University of Foreign Studies (TUFS).

Bahkan, Bahasa Indonesia menjadi program studi yang paling diminati di kampus yang khusus mempelajari bahasa dan budaya asing ini. Namun, nggak semua orang bisa masuk dan diterima di program studi Bahasa Indonesia yang ada di kampus TUFS ini.

Negara yang pelajari Bahasa Indonesia satu ini terbilang sangat ketat dalam menyeleksi calon mahasiswa. Sehingga, hanya ada 18 orang saja yang berhasil lolos dalam program studi satu ini setiap tahunnya.

Korea Selatan

negara yang pelajari bahasa Indonesia

(Image by @bigg_jun via Instagram)

Derasnya arus gelombang Korean-wave di Indonesia, membuat banyak warga Indonesia menggandrungi segala hal tentang Korea, mulai dari makanan, fashion, hingga niat untuk mempelajari Bahasa Korea. Namun, para K-popers sudah tahu belum, kalau Korea Selatan ternyata merupakan salah satu negara yang pelajari Bahasa Indonesia juga, loh.

Salah satu universitas di negara yang pelajari Bahasa Indonesia ini, yakni Hankuk University of Foreign Studies, menyediakan program studi Bahasa Indonesia pada departemen Malaysia-Indonesia dan Departement Interpretasi dan Terjemahan Malaysia-Indonesia di kampus tersebut.

Bahkan, salah satu pengajarnya pun didatangkan langsung dari Indonesia, yakni Tengsoe Tjahjono. Beliau juga merupakan salah satu dosen di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Surabaya.

Ukraina

negara yang pelajari bahasa Indonesia

(Image by @knu_official via Instagram)

Negara yang pelajari Bahasa Indonesia selanjutnya adalah Ukraina. Ukraina menjadi salah satu dari negara yang pelajari Bahasa Indonesia dikarenakan upaya Indonesia untuk membangun hubungan bilateral dengan cara mengenalkan bahasa dan budaya Indonesia pada Ukraina.

Hal ini tentu saja disambut baik oleh Ukraina yang juga merasa bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang penting untuk dipelajari. Maka, sejak tahun 2012, salah satu universitas terkemuka dan tertua di Ukraina, yakni Taras Shevchenko National University of Kyiv menyediakan Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia serta jurusan Bahasa Indonesia sebagai salah satu program studinya.

Sebenarnya, program studi Bahasa Indonesia ini telah dibuka sejak tahun 1997. Namun, dikarenakan kurangnya tenaga pengajar, program studi kebanggaan tanah air ini harus ditutup sementara hingga tahun 2012. Tak hanya itu, pemerintah Indonesia pun tak segan untuk memberikan beasiswa pada mahasiswa-mahasiswa yang masuk program studi tersebut.

Vietnam

negara yang pelajari bahasa Indonesia

(Image by @vietnamtravelaway via Instagram)

Negara berikutnya yang masuk dalam daftar negara yang pelajari Bahasa Indonesia ini adalah salah satu negara tetangga yang berasal dari Asia Tenggara, yakni Vietnam. Tak hanya menjadi negara yang pelajari Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran atau program studi di sekolah dan kampus mereka, pemerintah Vietnam bahkan juga telah menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di kota Ho Chi Minh sejak tahun 2007.

Hal ini disebabkan oleh terus meningkatnya hubungan bilateral di antara kedua negara ini. Tak hanya itu, banyak orang dari negara yang pelajari Bahasa Indonesia satu ini pun tertarik akan banyak hal tentang Indonesia, mulai dari tempat-tempat wisata, seni dan budaya, hingga kuliner tanah air.

Hawaii

negara yang pelajari bahasa Indonesia

(Image by @hawaiistagram via Instagram)

Negara yang satu ini mungkin nggak pernah terlintas di benakmu masuk dalam daftar negara yang pelajari Bahasa Indonesia di dunia. Satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang terpisah dari benua Amerika ini ternyata mempelajari dan memiliki kurikulum Bahasa Indonesia di beberapa, bahkan banyak universitasnya.

Hal ini tentu saja dikarenakan oleh banyaknya warga Hawaii yang tertarik untuk mempelajari budaya dan bahasa Indonesia. Tak tanggung-tanggung, negara yang pelajari Bahasa Indonesia satu ini bahkan sampai menerbangkan tim pengajar mereka jauh-jauh ke Indonesia untuk mempelajari langsung budaya dan bahasa Indonesia secara lebih mendalam.

Belanda

negara yang pelajari bahasa Indonesia

(Image by @divine.worldplaces via Instagram)

Negara yang pelajari Bahasa Indonesia terakhir adalah negara yang memiliki sejarah panjang dengan tanah air. Apa lagi kalau bukan negeri kincir angin, yaitu Belanda!

Bahkan, orang-orang dari negeri kincir angin ini telah mulai mempelajari Bahasa Indonesia, budaya, seni, dan bahasa daerah lainnya sejak zaman kolonial ratusan tahun silam. Maka, tak heran jika Belanda masuk dalam jajaran negara yang pelajari Bahasa Indonesia terlama di dunia.

Tak hanya itu, Belanda juga bahkan sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap Bahasa Indonesia. Sehingga, terdapat banyak kosakata Bahasa Indonesia yang terkesan mirip dengan Bahasa Belanda, karena memang kosakata tersebut berasal dari Bahasa Belanda.

Program studi Bahasa Indonesia pun dapat kamu temukan di universitas ternama di Belanda, yakni Universitas Leiden. Bahkan, di sana juga terdapat program studi Bahasa Jawa, loh. Selain sebagai salah satu negara yang pelajari Bahasa Indonesia, Belanda juga menjadi salah satu negara yang paling diminati oleh bangsa kita untuk mengenyam studi di luar negeri.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang amat kaya. Tak hanya bahasa, Indonesia juga terkenal akan kekayaan budaya, kuliner, ragam suku, dan tentu saja kekayaan alam yang luar biasa. Banyak orang yang menganggap Indonesia bagaikan surga kecil di dunia.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati panorama alam Indonesia dan menyatu dengannya. Salah satunya adalah dengan mencoba sensasi menginap di cabin dengan pemandangan alam yang asri dan menyegarkan namun tetap dilengkapi fasilitas canggih dan futuristik.

Kabar baik untuk kamu, sebab sebentar lagi ada Bobocabin yang akan segera launching! Salah satu terobosan baru milik Bobobox ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Kamu bisa merasakan sensasi perpaduan dari ketenangan alam dan sentuhan teknologi mumpuni.

So, langsung download aja aplikasinya, dan jadilah orang pertama yang merasakan serunya bobo di Bobocabin. Pssstt, kamu juga bisa mendapatkan promo menariknya, loh!

You might also like