Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Ngopi? Ini Dia 10 Negara Penghasil Kopi Terbaik di Dunia!

Ternyata bukan Indonesia lho negara penghasil kopi terbaik di dunia

Jangan mengaku suka kopi jika kamu belum tahu dari mana segelas kopi kamu berasal. Dikutip dari situs World Atlas, berikut adalah 10 negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Brazil, negara penghasil kopi terbaik di dunia

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Clint McKoy on Unsplash

Sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia, Brazil memang tidak main-main. Negara di Amerika Selatan ini tercatat menghasilkan 2.592.000 metrik ton pada tahun 2016.

Hal tersebut membuat negara penghasil kopi terbaik di dunia ini menjadi pemasok 30 persen kopi di seluruh dunia. Jenis kopi yang dihasilkan adalah sekitar 70 persen arabika dan 30 persen robusta.

Selain jumlah produksinya yang begitu besar, yang membuat Brazil sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia tentu saja rasanya.

Pada umumnya, kopi yang dihasilkan di Brazil memiliki rasa yang lembut, nutty, dan menawarkan sisa rasa yang manis-pahit seperti coklat. Tiga kebun kopi utama yang populer di Brazil ada di Mogiana, Minas Gerias, dan Sao Paolo.

Vietnam

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Demi DeHerrera on Unsplash

Mungkin kamu sudah terlebih dahulu akrab dengan jenis minuman Vietnam drip. Minuman ini adalah kopi hitam yang diseduh menggunakan dripper khusus yang di bawahnya sudah menunggu susu kental manis yang legit. Di samping kepopuleran minuman tersebut, ternyata Vietnam ada di peringkat kedua sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Pada tahun 2016, Vietnam mampu menghasilkan sebanyak 1.650.000 ton metrik kopi. Padahal, di tahun 1975 Vietnam hanya mampu menghasilkan sebanyak 6.000 ton metrik kopi saja.

Kopi juga memiliki peran penting dalam ekonomi Vietnam. Setelah beras, kopi menjadi komoditas ekspor kedua terbesar di Vietnam. Soal jenis, kopi yang dihasilkan di negara penghasil kopi terbaik di dunia ini paling banyak adalah robusta.

Kolombia, negara penghasil kopi terbaik di dunia

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Marc Narrie on Unsplash

Kopi kolombia memiliki tempat tersendiri di hati pecinta kopi. Kopi yang terkenal di seluruh dunia ini juga sering dijuluki sebagai kopi eksotis. Hal ini dikarenakan kopi Kolombia dinilai memiliki konsistensi dan keseimbangan yang baik.

Rasanya kaya dan nutty, namun juga bright dan fruity. Salah saatu penyebab konsistensi rasa ini adalah cara pemetikkan buahnya. Alih-alih menggunakan mesin, kopi Kolombia dipetik satu demi satu menggunakan tangan. Dengan demikian, tingkat kematangan bisa dijaga dengan baik.

Sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia, Kolombia mampu memproduksi kopi hingga 810.000 ton metrik pada tahun 2016.

Jumlah ini cukup drastis menurun akibat cuaca yang tidak stabil yang dialami Kolombia pada tahun 1980-2010. Temperatur yang perlahan menurun mengakibatkan suhu yang dibutuhkan untuk menghasilkan kopi Kolombia yang khas tidak dapat terpenuhi.

Indonesia, negara penghasil kopi terbaik di dunia

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Delightin Dee on Unsplash

Meskipun secara internasional kopi Indonesia masih kalah pamor dari kopi Brazil dan Kolombia, soal produksi Indonesia mampu menduduki peringkat keempat. Tercatcat Indonesia mampu menghasilkan kopi sebanyak 660.000 ton metrik pada tahun 2016.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang ideal untuk memproduksi kopi karena terletak dekat ekuator dan memiliki banyak sekali gunung yang bisa ditanami kopi. Tak terhitung specialty coffee yang dihasilkan di Indonesia dari Jawa hingga Sumatera.

Rasa dari kopi Indonesia sendiri cenderung kompleks, syrupy, dan memiliki tingkat keasaman yang tidak begitu tinggi. Salah satu teknik pemrosesan kopi tradisional di Indonesia yang cukup terkenal adalah giling basah atau wet hull. Indonesia juga terkenal dengan jenis kopi luwak yang mendunia.

Etiopia, negara penghasil kopi terbaik di dunia

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Katya Austin on Unsplash

Budaya kopi di Etiopia cukup tinggi. Oleh sebab itu negara penghasil kopi terbaik di dunia ini mampu memproduksi sebanyak 384.000 ton metrik kopi di tahun 2016. Dari segi ekonomi, kopi juga memiliki peran besar di Etiopia karena 28 persen ekspor tahunan Etiopia adalah kopi.

Negara penghasil kopi terbaik di dunia ini juga merupakan tempat pertama di mana kopi arabika lahir. Rasa dari kopi Etiopia cenderung fruity dengan tingkat keasaman yang tinggi dan aroma bunga yang semerbak. Saking kuatnya budaya kopi di Etiopia, orang-orang Etiopia memiliki tradisi di mana suatu acara penting akan dibuka dengan upacara minum kopi.

Honduras

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Anastasiia Chepinska on Unsplash

Beberapa tahun lalu, Honduras belum menjadi negara penghasil kopi terbaik. Bahkan, kopi Honduras harus dijual di Guatemala karena infrastruktur yang tidak memadai. Identitas kopi Honduras juga belum begitu dikenal karena seringkali kopi Honduras dijadikan campuran sehingga jarang yang mengenalnya.

Akan tetapi, sekarang Honduras mampu menjadi pemdroduksi kopi nomor satu di Amerika Tengah. Pada tahun 2016, Honduras menghasilkan 348.000 ton metrik kopi.

Pada umumnya, rasa kopi dari negara penghasil kopi terbaik di dunia ini cenderung gelap dan memiliki rasa karamel. Buah-buahan tropis dan beri juga sering muncul di kopi Honduras.

India

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Rodrigo Flores on Unsplash

Selain rempah-rempah, India juga cukup tenar soal kopi. Pada tahun 2016, negara penghasil kopi terbaik di dunia ini memproduksi 348.000 metrik ton kopi. Meskipun begitu, tidak banyak daerah di India yang bisa digunakan untuk menanam kopi. Biji kopi ditanam oleh petani kecil di dekat lahan kapulaga dan kayu manis. Karena tidak banyak penduduk India yang mengonsumsi kopi, 80 persen produksi kopi India adalah untuk ekspor ke Eropa dan Rusia.

Uganda

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Chalo Garcia on Unsplash

Uganda mungkin bukanlah negara penghasil kopi terbaik di dunia yang cukup populer. Meskipun begitu, Uganda merupakan eksportir kopi paling tinggi di Afrika Tengah pada tahun 2016 dengan mengekspor sebanyak 288.000 ton metrik kopi. Industri kopi sangatlah penting bagi ekonomi Uganda karena sebagian besar populasinya bekerja di industri tersebut.

Mexico, negara penghasil kopi terbaik di dunia

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Marc Narrie on Unsplash

Pada tahun 2016, Mexico memproduksi kopi sebanyak 234.000 ton mterik. Dengan kualitas tinggi kopi arabikanya, negara penghasil kopi terbaik ini menjadi salah satu eksportir kopi terbsesar untuk Amerika Serikat. Permintaan stabil dari Amerika Serikat tersebut membuat Meksiko mampu bertahan dari krisis menurunnya produksi kopi di tahun 1990-2000.

Guatemala, negara penghasil kopi terbaik di dunia

negara penghasil kopi terbaik di dunia
Photo by Rodrigo Flores on Unsplash

Sebelum diambil alih oleh Honduras pada tahun 2011, Guatemala merupakan negara penghasil kopi terbaik di dunia dan terbanyak di Amerika Tengah. Kopi dari Guatemala terkenal akan rasanya yang manis dengan body yang medium. Rasa coklat yang dominan juga sering ditemukan di kopi Guatemala.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak

You might also like