Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2020 Versi PBB

Negara mana yang kamu idam-idamkan?

Bobobox.co.id — Setiap tahunnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan laporan tahun yang memberikan indikasi bahagia atau tidaknya sebuah negara. Hal tersebut terangkum dalam World Happiness Report.

World Happiness Report atau Laporan Kebahagiaan Dunia merangkum kurang lebih 156 negara di dunia yang disurvei berdasarkan kebahagian penduduknya dalam laporan tersebut.

Dalam melakukan survei tersebut, PBB menetapkan beberapa tolak ukur penilian yang meliputi delapan faktor. Kedelapan faktor tersebut di antaranya pendapatan per kapita, kesehatan masyarakat, dukung sosial, dan masih banyak lainnya.

Nah, di tahun 2020 ini, ada beberapa negara yang naik dan turun dalam Laporan Kebahagian Dunia yang dirilis oleh PBB. Berikut ini merupakan 10 besar negara paling bahagia di dunia versi PBB di tahun 2020 ini.

Finlandia

Negara yang berada di peringkat pertama adalah Finlandia. Finlandia sendiri bercokol di peringkat pertama untuk tiga tahun secara berturut-turut sebagai negara paling bahagia di dunia.

Banyak alasan yang mendasari mengapa Finlandia bisa menduduki peringkat pertama dalam daftar kali ini. Dengan total poin 7,769, Finlandia memberi kenyamanan bagi para penduduknya.

Selain itu, faktor di mana kepuasan dan kepercayaan diri yang kuat di mana para penduduk Finlandia hidup menjadikan negara Skandinavia ini begitu menyenangkan. Hal tersebut ditambah dengan Helsinski sebagai kota paling bahagia di dunia.

negara finlandia

Denmark

Posisi kedua dihuni oleh Denmark, yang tidak terlalu berbeda jauh dalam peroleh dari Finlandia. Denmark sendiri meraih 7,6 di Laporan Kebahagian Dunia yang dirilis oleh PBB beberapa waktu yang lalu.

Salah satu alasan kuat yang menjadikan Denmark mampu memeroleh jumlah poin tersebut adalah tingkat korupsinya yang rendah. Bahkan, negara ini pun masuk sebagai salah satu yang paling rendah soal korupsi.

Penerapan sistem hukum yang tidak memandang status membuat penduduk di Denmark merasa aman dan senang. Tidak heran jika penduduk Denmark terkenal akan sikapnya yang santai dalam menjalani hidup.

Swiss

Sebelum Finlandia berhasil meraih posisi pertama sebagai negara paling bahagia di dunia versi PBB, negara lainnya yang pernah mencicipi posisi pertama tersebut adalah Swiss pada tahun 2015 yang lalu.

Walaupun pada laporan terbaru di tahun 2020 ‘hanya’ menduduki posisi ketiga, Swiss masih layak dianggap sebagai tempat yang amat menyenangkan untuk dihuni atau hanya sekadar dikunjungi saat liburan.

Salah satu alasannya adalah warga di Swiss sendiri yang dikenal menghargai waktu. Tidak hanya itu, destinasi wisata pegunungannya yang begitu menawan siap membuatmu takjub dan betah berlama-lama di rumah cokelat ini.

Islandia

Negara skandinavia memang cukup mendominasi di daftar negara paling bahagia di dunia. Setelah sebelumnya sudah ada Finlandia, negara skandinavia lainnya yang masuk di daftar ini adalah Islandia.

Memeroleh total poin 7,494 dari 10, Islandia memiliki tingkat korupsi yang paling rendah di daftar rilisan PBB ini. Walaupun begitu, hal tersebut tidak memberikan efek signifikan soal peringkat Islandia.

Bagi kamu yang mendambakan pendidikan yang berkualitas dan pajak yang rendah, Islandia menjadi negara yang patut didambakan. Pasalnya, warga Islandia sendiri mendapatkan hal tersebut setiap harinya.

Norwegia

Tahun 2017 pernah menjadi tahun yang menjanjikan bagi Norwegia. Bagaimana tidak, pada tahun tersebut, Norwegia menyabet gelar sebagai negara paling bahagia di dunia yang dirilis oleh PBB.

Namun, hal tersebut tidak berlaku lagi pada tahun 2020. Di tahun 2020 ini, Norwegia harus mengakui Finlandia sebagai pemuncak daftar rilisan PBB tersebut dan menghuni peringkat kelima dengan perolehan poin 7,554.

Hal yang menjadikan Norwegia negara yang banyak disukai oleh orang-orang adalah soal keberagamannya. Sama seperti negara skandinavia lainnya, layanan kesehatan di Norwegia termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya.

Belanda

Belanda menjadi negara selanjutnya yang masuk ke dalam 10 besar paling bahagia di dunia versi PBB. Berada di posisi kelima, Belanda memeroleh poin sebesar 7,488 dari total 10 poin maksimal.

Salah satu hal yang cukup dikenal dari negeri kincir angin ini adalah soal fasilitas publiknya yang cukup lengkap. Hal tersebut menyebabkan banyak warganya yang terbiasa menggunakan fasilitas publik saat berpergian.

Tidak hanya fasilitas publiknya saja yang terbilang cukup lengkap yang terkenal dari Belanda, warga Belanda pun dikenal ramah terhadap warga lainnya maupun para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Swedia

Posisi keenam dihuni oleh Swedia. Negara yang diapit oleh Norwegia dan Finlandia ini memeroleh 7,353 dan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan Belanda yang menempati satu peringkat di atas Swedia.

Swedia sendiri memiliki salah satu sistem kesejahteraan paling baik di dunia. Bukti konkritnya adalah warga Swedia menerima tunjangan seperti perawatan prenatal bersubsidi, cuti berbayar 480 hari ketika anak dilahirkan, dan masih banyak lainnya.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan Stockholm yang menjadi kota metropolitan yang menawarkan pengalaman hidup yang menyenangkan dan sistem pendidikan yang cukup mentereng.

Selandia Baru

Posisi sepuluh besar memang didominasi oleh Benua Eropa. Selandia Baru bisa dibilang menjadi satu-satunya negara di luar benua biru tersebut yang mampu menembus sepuluh besar tepatnya di peringkat kedelapan.

Baru-baru ini, Selandia Baru sendiri mendapatkan sorotan dunia. Pasalnya, Selandia Baru menjadi negara yang mengonfirmasi ketiadaan kasus baru yang disebabkan oleh penularan virus corona atau COVID-19.

Hal tersebut terjadi karena Selandia Baru memiliki pelayanan birokrasi yang sangat baik dan membuat penanganan virus corona pun begitu baiknya. Nilai tambah dari Selandia Baru adalah pemandangan alamnya yang memukau.

Austria

Masuk ke posisi sembilan, ada Austria yang menempati posisi tersebut. Austria merupakan negara di Eropa yang tersohor akan arsitekturnya yang bertaraf kelas dunia dan salah satu yang terbaik.

Kombinasi arsitektur kelas dunia pun semakin dipercantik dengan pemandangan alam Austria yang begitu menakjubkan. Hal tersebut akan semakin menyenangkan untuk dinikmati dengan kuliner khas Austria.

Soal keamanan warganya, pemerintah Austria sendiri menjamin hal tersebut untuk diterima oleh semua warga. Tidak hanya itu, Austria pun menjamin kesehatan dan pendidikan warganya.

Luksemburg

Negara terakhir yang masuk ke dalam 10 besar di daftar Laporan Kebahagian Dunia adalah Luksemburg. Luksemburg sendiri menjadi newcomer di tahun 2020 yang menggusur Kanada ke posisi sebelas.

Hal tersebut pun sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, Luksemburg sendiri terkenal akan pengalaman budaya yang kaya dan menjadikan Luksemburg sebagai salah satu destinasi di Eropa yang patut masuk wishlist liburan.

Pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan tersebut pun ditunjang oleh berbagai kemudahan yang ditawarkan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah seluruh transportasi publik yang gratis bagi warga lokal dan wisatawan.

Menginap yang Bikin Bahagia? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox.

Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.