Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Tinggal di Luar Negeri dengan Budget Terbatas? Inilah 7 Negara dengan Living Cost Termurah!

Ketujuh negara dengan living cost termurah ini bisa jadi destinasi pindahan kamu!

Waktu kecil, kalian mungkin ingat pernah ditanya apa cita-citanya di sekolah. Sebagian dari kita pasti ada menjawab ingin jadi guru, dokter, atau polisi. Mungkin ada juga yang ingin jadi musisi, artis, atau arsitek. Namun, ada juga sebagian dari kita yang cita-citanya bukan merupakan profesi. Ada dari kita yang ingin beli pesawat terbang, punya banyak uang, atau mungkin menikah dengan artis pujaan. Dan yang jelas, salah satu cita-cita yang sering disebutkan adalah tinggal di luar negeri.
Sampai sekarang mungkin masih ada yang punya cita-cita ini. Tentunya ada banyak alasan yang membuat kamu ingin tinggal di luar negeri. Mungkin kamu ingin menikmati suasana baru dan bertemu orang-orang baru. Kamu mungkin ingin mengejar karier di negara tertentu. Atau mungkin kamu ingin cari jodoh di negara impianmu. Ya, alasannya bisa apa saja, tetapi yang jelas menetap di luar negeri menjadi keinginan kamu.
negara dengan living cost termurah
Credit: Paul Rysz via Unsplash

Baca Juga: Butuh Referensi Destinasi Liburan Luar Negeri? Intip Keseruan 5 Sister City Kota Jakarta Ini!


Sayangnya, salah satu hal yang merintangi keinginan ini adalah living cost. Harus diakui bahwa biaya hidup merupakan faktor yang harus dipertimbangkan matang-matang sebelum kamu memutuskan hijrah ke luar negeri. Indonesia sendiri, dilansir dari Wealthy Gorilla, merupakan salah satu negara dengan living cost termurah di dunia. Bahkan, menurut World Population Review, di tahun 2021 Indonesia menempati urutan ke-47 negara dengan living cost index terkecil di dunia.

Tinggal di luar negeri memang mengharuskan kamu untuk beradaptasi dengan living cost baru. Eits! Jangan putus asa! Bob punya 7 negara dengan living cost termurah di dunia yang kamu bisa lirik. Untuk kamu yang ingin hijrah dengan dana terbatas, ketujuh negara dengan living cost termurah ini mungkin bisa jadi pilihan. Yuk simak apa saja pilihannya!

1. Vietnam

Ingin pindah ke luar negeri? Nggak perlu jauh-jauh! Masih di kawasan Asia Tenggara, Vietnam merupakan salah satu negara dengan living cost termurah di dunia. Negara beribukota Hanoi ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Asia Tenggara. Dilansir dari International Living, harga-harga di Vietnam dapat lebih murah 5-25% dibandingkan harga-harga di negara-negara lain di Asia Tenggara.

negara dengan living cost termurah
Credit: Tron Le via Unsplash

Vietnam punya beberapa kota besar yang kamu bisa pilih, seperti Hanoi, Ho Chi Minh City, dan Da Nang. Dilansir dari Numbeo, biaya hidup di Vietnam sekitar 3% lebih tinggi daripada di Indonesia. Biaya sewa apartemen di pusat kota bisa mencapai 5,8 juta rupiah per bulan. Namun, untuk makan, kamu bisa merogoh kocek mulai dari 18 ribu rupiah, lho! Hmm… Kurang lebih seperti beli makan dari warteg, ya.


Baca Juga: Menyelami Sejarah Pulau Galang Batam, Eks-Kamp Pengungsi dari Vietnam


2. Peru

Mau menikmati kehidupan di Amerika Selatan? Peru adalah negara dengan living cost termurah yang kamu bisa kunjungi. Negara beribukota Lima ini terkenal dengan Machu Piccu, kota kuno suku Inca di pegunungan Andes. Buat kamu penyuka petualangan, tentunya Peru akan menjadi destinasi yang menarik. Apalagi, menurut Numbeo, living cost di Peru 8,96% lebih murah dibandingkan di Indonesia. Wah! Kayaknya bisa hemat lebih banyak nih!

negara dengan living cost termurah
Credit: Dan Gold via Unsplash

Biaya tempat tinggal di Peru pun tidak begitu mencekik. Apartemen atau hunian di pusat kota ditawarkan dengan biaya sewa dari 2,5-12 juta per bulan. Untuk makan pun, kamu masih bisa berhemat. Dilansir dari Along Dusty Roads, harga menu sarapan di Peru dibanderol mulai dari 20 ribu rupiah. Untuk makan siang atau kopi, kamu bisa menyediakan dana sekitar 30-45 ribu rupiah. Ongkos transportasi pun mulai dari 15 ribu rupiah. Lumayan terjangkau, ‘kan?

3. Thailand

Bicara soal negara dengan living cost termurah, nggak lengkap kalau Bob nggak mencantumkan Negeri Gajah Putih. Thailand bisa jadi salah satu destinasi hijrah kamu yang masih nggak begitu jauh dari Indonesia. Beribukota Bangkok, Thailand punya beberapa kesamaan dengan Indonesia, seperti zona waktu dan iklim. Jadi, nggak ada deh istilah jet lag kalau kamu ke Thailand. Dari segi makanan pun, ya, sepertinya masih cocok deh sama lidah kita.

negara dengan living cost termurah
Credit: Geoff Greenwood via Unsplash

Soal biaya hidup, Thailand nggak jauh beda dengan Indonesia. Dilansir dari Go Abroad, biaya sewa apartemen studio mulai dari 150 dolar AS atau sekitar 2,1 juta rupiah. Untuk makan, kamu bisa mendapatkan beragam menu mengenyangkan bermodalkan 15-20 ribu rupiah. Di beberapa kota, biaya hidup bisa jadi lebih terjangkau. Dilansir dari A Little Adrift, di Chiang Mai digital nomad bisa hidup nyaman dengan budget sekitar 9 juta sebulan.


Baca Juga: 7 Lokasi Wisata Wajib di Bangkok ini Bikin Liburanmu Makin Seru!


4. Polandia

Negara-negara Eropa terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Namun, masih ada beberapa negara Eropa dengan biaya hidup yang lebih ramah di kantong, dan Polandia adalah salah satunya. Dilansir dari Nomad Guide, Polandia punya banyak pilihan kota dengan biaya hidup yang lebih terjangkau. Biaya hidup di Polandia berkisar antara 500-1100 euro, atau sekitar 8,5-18,7 juta rupiah.

negara dengan living cost termurah
Credit: Kamil Gliwiński via Unsplash

Negara asal komposer klasik Frederic Chopin ini juga menawarkan biaya tempat tinggal yang relatif “ramah” di kantong. Dilansir dari Numbeo, biaya sewa apartemen satu kamar berkisar 5,5-13 juta rupiah per bulan. Untuk makan, kamu harus merogoh kocek 55-167 ribu rupiah. Di Indonesia, biaya ini memang terbilang mahal sih. Namun, dibandingkan negara-negara Eropa yang lain, Polandia memberimu keringanan finansial yang lebih besar.

5. Meksiko

Negara yang satu ini terkenal sebagai gudangnya telenovela. Tayangan-tayangan yang menemani masa kecil kita seperti Amigos x Siempre, Carita de Angel, hingga Marimar (aw!) berasal dari negara ini. Nggak hanya itu! Meksiko juga ternyata salah satu negara dengan living cost termurah di dunia. Dilansir dari Numbeo, biaya hidup di Meksiko hanya 2,34% lebih tinggi daripada di Indonesia. Masih bisa berhemat? Sipirili!

negara dengan living cost termurah
Credit: Tomas Martinez via Unsplash

Dilansir dari Wealthy Gorilla, biaya hidup di Meksiko mulai dari 587 dolar AS per bulan atau sekitar 8,5 juta rupiah. Di kota-kota yang lebih kecil, biaya sewa apartemen satu kamar mulai dari 3,7 juta rupiah per bulan. Menurut Retirepedia, sebetulnya kita bisa tinggal nyaman di Meksiko dengan biaya hidup di bawah 600 dolar AS. Ada banyak street food dengan harga 15-45 ribu rupiah. Biaya transportasi pun mulai dari 15 ribu rupiah.


Baca Juga: Kembali Kenang Masa Kecil dengan 7 Telenovela 90an Ini!


6. Bulgaria

Benua Biru juga punya beberapa lagi negara dengan living cost termurah. Salah satunya adalah Bulgaria. Dibandingkan negara-negara Eropa lainnya, Bulgaria memang tidak begitu populer. Namun, negara beribukota Sofia ini bisa menjadi tempat tinggal yang terjangkau untuk kamu yang ingin hijrah ke Eropa. Dilansir dari Business Culture, living cost di Bulgaria mulai dari 520 euro atau 8,8 juta rupiah per bulan.

negara dengan living cost termurah
Credit: Alexandr Bormotin via Unsplash

Soal tempat tinggal, Bulgaria bisa memberikan kamu keringanan. Menurut Go Abroad, biaya sewa apartemen satu kamar mulai dari 230 dolar AS per bulan atau sekitar 3,9 juta rupiah. Untuk hitungan negara Eropa, biaya segini masih terbilang terjangkau, lho. Untuk makan, kamu perlu merogoh dana mulai dari 80 ribu rupiah. Biaya transportasi juga cukup terjangkau, lho, yaitu mulai dari 15 ribu rupiah!

7. Argentina

Dan negara dengan living cost termurah terakhir pilihan Bob jatuh ke Argentina. Negara ini terkenal dengan kiprahnya di dunia sepak bola. Beberapa pemain bola profesional seperti Diego Maradona dan Lionel Messi berasal dari negara ini. Beribukota Buenos Aires, Argentina ternyata cukup ramah di kantong untuk kamu yang ingin hijrah ke luar negeri. Dilansir dari Living Cost, biaya hidup per bulan di Argentina mulai dari 453 dolar AS atau sekitar 6,6 juta rupiah.

negara dengan living cost termurah
Credit: Nathalia Segato via Unsplash

Ada yang menarik lagi soal living cost di Argentina. Dilansir dari Expatistan, biaya hidup di Buenos Aires ternyata lebih rendah 19% dibandingkan di Jakarta. Ini artinya pengeluaran sebesar 50 ribu rupiah di Jakarta setara dengan 40 ribu rupiah jika di Argentina. Selain itu, menurut International Living, biaya sewa apartemen satu kamar di Buenos Aires mulai dari 3,5 juta rupiah per bulan.

Apa Negara dengan Living Cost Termurah Pilihan Kamu?

Pindah dan tinggal di luar negeri tentunya membutuhkan pertimbangan yang besar. Namun, kalau kamu memang bercita-cita menetap di luar negeri, dengan usaha dan kerja keras, kamu pasti bisa merealisasikannya. Ketujuh negara dengan living cost termurah dari Bob bisa kamu jadikan referensi. Kalau kamu punya pilihan negara lain yang dicita-citakan, Bob doakan semoga impian kamu terkabul, ya!

Dalam kondisi seperti sekarang, kita mungkin belum bisa bepergian ke luar negeri. Namun, staycation di dalam negeri juga bisa kok. Untuk menghemat budget tanpa menghilangkan keseruan liburan, coba deh berlibur di Bobobox. Kapsul nyaman dengan teknologi yang terintegrasi dengan ponsel, interior bergaya futuristik, dan tempat tidur besar akan bikin kamu betah! Apalagi, ada koneksi WiFi dan Bluetooth speaker. Makin nyaman buat maraton film!

Selain itu, Bobobox juga punya pantry, shared bathroom, communal space, musala, dan vending machine untuk menunjang kebutuhanmu. Banyak juga spot Instagrammable yang kamu bisa jumpai di Bobobox. Oh, ya! Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android. Dan yang jelas, gratis!

You might also like