Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kuat Nggak? Coba Tahan Lapar dan Haus di 5 Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia!

Di negara dengan durasi puasa terlama ini, tahan lapar dahaganya nggak main-main!

Lihat jam, masih jam satu siang. Kerja sebentar dan lihat jam lagi, eh ternyata baru jam dua. Aduh! Buka puasa rasanya masih lama! Kalau lapar dahaga sudah menyerang, kerja pun jadi nggak fokus. Rasanya kamu ingin tidur atau rebahan aja karena lesu. Well, fenomena ini pasti nggak asing buat kamu yang berpuasa. Bob paham kok kalau kamu ngerasa lebih cepat lelah pas puasa, terutama di siang hari. Apalagi, di beberapa daerah cuaca mulai terasa lebih panas. Makin mager deh!

Umat Muslim berpuasa sejak fajar hingga matahari terbenam. Selama berpuasa, kita dilarang makan dan minum, dan harus melawan hawa nafsu. Mungkin yang paling sulit sih menahan lapar dan haus. Apalagi kalau kamu masih harus beraktivitas atau bekerja. Duh! Lemes rasanya! Padahal, dilansir dari Cermati, ada beberapa trik yang bisa bantu kamu jaga stamina saat puasa. Kamu bisa mengurangi konsumsi makanan berminyak dan meminum banyak air supaya tidak dehidrasi. Dengan tubuh yang fit, puasa dan ibadah lainnya akan lebih lancar deh!

negara dengan durasi puasa terlama
Credit: Ibrahim Abdullah via Unsplash

Meskipun jam puasa terasa lama, ternyata durasi puasa di Indonesia itu nggak seberapa, lho! Dilansir dari Kompas, durasi puasa di Indonesia adalah sekitar 13 jam. Sementara itu, di negara tetangga, Singapura dan Malaysia, waktu puasanya mencapai 13,5 jam. Ya, beda setengah jam lah. Nah! Bob punya informasi tentang beberapa negara dengan durasi puasa terlama di dunia. Kalau dibandingkan, durasi puasa di Indonesia nggak ada apa-apanya deh! Kira-kira, kamu tahan nggak kalau berpuasa di negara-negara ini? Check these out!

1. Islandia

Dikelilingi oleh laut, Islandia adalah salah satu negara dengan durasi puasa terlama di dunia. Negara pulau Nordik ini terkenal dengan bentang alamnya yang unik dan menakjubkan. Dilansir dari Visit Iceland, Islandia dikenal dengan sebutan “tanah air dan api” karena memiliki gletser terbesar di Eropa. Negara ini juga punya salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Selain itu, Islandia juga terkenal dengan musim panasnya yang panjang. Pasalnya, matahari bisa bersinar selama hampir 24 jam, lho!

negara dengan durasi puasa terlama
Credit: Tim Trad via Unsplash

Akibat kondisi geografisnya, Islandia jadi negara dengan durasi puasa terlama. Nggak tanggung-tanggung, lho! Dilansir dari Morocco World News, di tahun 2021 ini, para Muslim di Islandia harus berpuasa selama 19-20 jam. Waduh! Berarti cuman ada waktu 4 jam buat makan dan minum. Ini belum seberapa! Dari liputan BBC di tahun 2018, umat Muslim Islandia bahkan harus berpuasa selama sekitar 22 jam! Wah! Tantangannya benar-benar berat, nih!

2. Greenland

Negara dengan durasi puasa terlama yang berikutnya masih berada di kawasan utara nih. Berada di antara Samudra Atlantik dan Samudra Arktik, Greenland jadi negara yang kamu mungkin perlu hindari di bulan Ramadan. Pasalnya, dilansir dari VOI, durasi puasa di tahun 2021 di Greenland bisa mencapai 20 jam! Wow! Kok bisa ya puasanya selama itu? Ternyata, dilansir dari Visit Greenland, di musim panas ada fenomena midnight sun atau matahari tengah malam. Jadi, kalau Ramadan jatuh di musim panas, well, siap-siap puasanya lebih lama, ya.

negara dengan durasi puasa terlama
Credit: Aningaaq Rosing Carlsen via Unsplash

Meskipun demikian, Greenland bisa jadi negara tujuan wisata yang keren. Dilansir dari Greenland Travel, 80% lahan di negara ini tertutupi oleh es. Lapisan es ini menutupi kawasan tengah pulau dan ternyata, merupakan gletser terbesar di dunia, lho! Selain itu, Greenland juga terkenal dengan bentang alamnya yang masih asri. Di sini, kamu bisa melihat pesona pegunungan dan perbukitan yang akan memanjakan mata. Buat kamu yang senang hiking, sepertinya Greenland harus masuk bucket list kamu nih!

3. Finlandia

Masih dari kawasan utara, khususnya Eropa Utara, ada Finlandia sebagai negara dengan durasi puasa terlama. Negara Nordik ini terkenal, salah satunya karena sistem pendidikannya. Dilansir dari New Nordic School, sistem pendidikan Finlandia menjadi salah satu yang terbaik di dunia, meskipun bukan di posisi pertama. Para siswa di Finlandia bahkan memiliki kecakapan membaca dan kepuasan hidup yang tinggi. Wah! Bisa nih bawa si kecil ke Finlandia buat sekolah di sana!

negara dengan durasi puasa terlama
Credit: Tapio Haaja via Unsplash

Rekor hebat tidak hanya dipegang Finlandia di aspek pendidikan. Di aspek agama dan budaya, Finlandia jadi salah satu negara dengan durasi puasa terlama di dunia. Nggak main-main, lho! Dilansir dari Gulf News, para Muslim di Helsinki harus berpuasa selama sekitar 17 jam. Rekor ini harus dibagikan dengan ibukota negara asal Ikea, Stockholm. Namun, beberapa sumber seperti The National News dan Wego menyebutkan bahwa durasi puasa Finlandia bisa mencapai 19-20 jam. Aduh! Semoga kuat, ya, puasanya.

4. Jerman

Negara asal BMW dan Adidas ini jadi negara dengan durasi puasa terlama berikutnya. Jerman menjadi negara di Eropa dengan jumlah Muslim yang cukup besar, lho! Dilansir dari Goethe Institut, ada lebih dari 4 juta Muslim di Jerman, setara dengan 5% dari total populasi. Selain itu, di kota-kota besar di Jerman pun didirikan beberapa masjid. Di ibukota Jerman, Berlin, ada beberapa masjid yang kamu bisa sambangi. Masjid Berlin, misalnya, menjadi salah satu masjid tertua di Jerman.

negara dengan durasi puasa terlama
Credit: Igor Flek via Unsplash

Soal puasa, durasinya jelas lebih lama dibandingkan durasi di Indonesia. Dilansir dari Daily Sabah, Jerman merupakan salah satu negara dengan durasi puasa terlama di dunia, yaitu 16-17 jam. Dalam sebuah artikel di InterNations, bahkan durasi puasa di Jerman terkadang bisa mencapai hampir 19 jam. Waduh! Jelas berat sih, terutama saat kamu berpuasa dalam waktu lama di luar negeri! Semoga pada kuat ya puasanya! Sambil ngabuburit, bisa lah sambil nonton Bundesliga!

5. Inggris

Dan negara dengan durasi puasa terlama yang terakhir adalah Inggris. Negara kerajaan ini juga menjadi salah satu negara dengan populasi Muslim yang signifikan di Eropa. Dilansir dari The Sun, populasi Muslim di Inggris mencapai 3,1 juta orang atau sekitar 5 persen dari total populasi. Nggak heran kalau di kota-kota besar di Inggris, kita bisa menjumpai masjid dengan cukup mudah. Salah satu masjid yang layak disambangi saat kamu berlibur ke Inggris adalah London Central Mosque.

negara dengan durasi puasa terlama
Credit: Giammarco Boscaro via Unsplash

Bicara soal bulan Ramadan, Inggris punya durasi puasa yang cukup lama. Dilansir dari Aljazeera, umat Muslim di Inggris harus berpuasa selama 16-17 jam. Dibandingkan dengan Islandia dan Greenland, durasi ini mungkin terbilang lebih singkat. Namun, dibandingkan dengan Indonesia, duh, pastinya lebih panjang. Jadi, selama 16-17 jam, tahan diri deh buat nggak minum teh atau makan fish and chips. Sambil ngabuburit di London, kamu bisa lihat pesona Big Ben atau London Bridge. Kamu juga bisa naik London Eye buat menikmati pesona kota London dari ketinggian.

Tertarik Berpuasa di Negara dengan Durasi Puasa Terlama?

Itulah lima negara dengan durasi puasa terlama di dunia versi Bob. Tentunya, berpuasa di luar negeri dalam durasi yang panjang jadi tantangan yang berat. Apalagi kalau kamu tinggal atau berkunjung sebagai minoritas. Duh! Tantangannya makin sulit, ya. Namun, dengan kondisi tubuh yang fit dan keteguhan hati, puasa dan ibadah lainnya bisa kamu lakukan dengan baik. Sebagai orang yang tinggal di Indonesia, kita perlu bersyukur karena durasi puasa kita relatif lebih singkat. Semoga ini bisa jadi penyemangat puasa kamu, ya!

Staycation di Bulan Ramadan? Ke Bobobox Dong!

Siapa bilang kamu nggak bisa liburan di bulan puasa? Di Bobobox, kamu bisa menikmati staycation aman dan nyaman dengan biaya terjangkau. Setiap pod dilengkapi tempat tidur yang nyaman dan interior bergaya futuristik yang Insta-worthy. Teknologi di dalam pod juga sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler. Pas banget buat kamu yang anti banget sama ribet-ribet! Mau masuk ke pod, mengunci pintu, sampai ganti pencahayaan, semua bisa lewat ponselmu!

Bobobox juga bukan sembarang hotel kapsul! Fasilitas mumpuni seperti pantry, shared bathroom, dan vending machine tersedia buat memenuhi kebutuhanmu. Tersedia juga musala sebagai fasilitas ibadah, serta communal space buat bersantai atau ngobrol dengan teman. Bisa juga lah dipakai untuk diskusi atau kerja. Oh, ya! Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android, dan bisa diunduh secara gratis!

You might also like