Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Travelers, 5 Negara Bebas Visa Ini Bisa Jadi Next Destination Kalian!

Kelima negara bebas visa ini cocok buat yang nggak mau ribet ngurus dokumen visa!

Liburan ke luar negeri memang seru! Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati dari liburanmu di negara asing. Selain melihat pemandangan dan mengunjungi tempat-tempat unik, kamu juga bisa bertemu orang-orang dan mempelajari budaya baru. Jadi, selain menghibur, ada manfaat edukatif juga yang kamu bisa dapatkan. Yang pasti, kamu akan dapat banyak pengalaman baru dan, tentunya, banyak foto sebagai kenang-kenangan. Siap-siap deh Instagram kamu dipenuhi banyak foto liburan baru!

Namun, terkadang ada aja hal yang menghambat rencanamu untuk liburan ke luar negeri. Salah satunya adalah urusan visa. Ya, sebagai pemegang paspor Indonesia, kita mesti bersabar karena jumlah negara yang bisa dikunjungi tanpa visa masih terbatas. Visa sendiri merupakan dokumen izin masuk ke suatu negara dan memiliki masa berlaku tertentu. Beberapa negara mewajibkan warga negara asing untuk mendapatkan visa sebelum kedatangan (pre-arrival). Namun, ada juga yang menawarkan visa saat kedatangan (on arrival).

negara bebas visa
Credit: Steven Lewis via Unsplash

Bob ngerti kok. Pasti rasanya malas mengurusi berkas-berkas untuk dokumen visa. Belum lagi, kamu harus datang ke kedutaan atau konsulat negara destinasi liburanmu. Dan yang bikin bete lagi adalah saat permohonan visa kamu ditolak! Kesal banget pasti rasanya! Eits! Kamu masih bisa kok main ke negara-negara ASEAN. Sebagai pemegang paspor Indonesia, semua negara ASEAN merupakan negara bebas visa. Dilansir dari Wikipedia, kamu bisa berlibur di Brunei dan Myanmar selama 14 hari bebas visa. Di negara-negara lainnya, kamu bisa bersantai lebih lama, yaitu 30 hari.

Selain negara-negara ASEAN, ternyata masih ada lagi beberapa negara bebas visa yang kamu bisa kunjungi. Nah, Bob punya 5 pilihan negara bebas visa yang bisa kamu jadikan destinasi liburan berikutnya. Namun, tetap ingat batas waktu kunjungan kamu supaya nggak sampai dideportasi. Yuk lihat apa saja negaranya!

1. Hong Kong

Sebenarnya, Hong Kong bukanlah sebuah negara, melainkan daerah administratif khusus. Pasalnya, Hong Kong masih berada dalam naungan Republik Rakyat Tiongkok. Namun, Hong Kong bisa memiliki sistem pemerintahan dan daerah otonominya sendiri. Dilansir dari situs Departemen Imigrasi Hong Kong, pemegang paspor Indonesia bisa berkunjung ke Hong Kong tanpa visa selama 30 hari. Wah! Lumayan lama, ya! Bisa lebih santai nih liburannya!

negara bebas visa
Credit: Dan Freeman via Unsplash

Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di negara bebas visa ini (lebih tepatnya, daerah sih). Salah satu destinasi wisata keluarga yang sayang dilewatkan adalah Disneyland Hong Kong di Pulau Lantau. Ingin menikmati pemandangan Hong Kong dari ketinggian? Coba main ke The Peak. Diansir dari Time, The Peak merupakan titik tertinggi di Hong Kong yang berada sekitar 396 meter di atas permukaan laut. Jangan lewatkan juga Avenue of Stars. Jalur  sepanjang 440 meter ini menawarkan panorama Pulau Hong Kong dan patung Bruce Lee yang ikonik!

2. Jepang

Calling all anime and J-Pop lovers! Buat kamu penyuka anime, J-Pop, dan dorama, kamu berkesempatan main ke negara asal idol kamu! Pasalnya, Jepang udah jadi salah satu negara bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia, lho! Namun, dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri Jepang, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi. Kamu harus punya paspor elektronik terlebih dahulu. Setelah itu, kamu harus mengajukan visa waiver di Kedutaan Jepang. Masih tetap harus daftar ini itu sih, tapi seenggaknya bisa bebas visa, ‘kan?

negara bebas visa
Credit: Shawn Tung via Unsplash

Liburan ke Jepang nggak lengkap tanpa main ke ibukotanya, Tokyo. Ingin upgrade style kamu? Coba kunjungi dan berbelanja di kawasan Shibuya. Dilansir dari Japan Guide, Shibuya merupakan kiblatnya budaya dan fesyen anak muda Jepang yang melahirkan banyak tren hiburan. Butuh ngadem? Naik kereta ke Kyoto. Dilansir dari JW Webmagazine, Kyoto punya lebih dari 4.000 monumen bersejarah, termasuk kuil. Di sini kamu bisa menikmati kehidupan tradisional Jepang dan lingkungan alam yang masih asri. Kyoto ni ikou ka?

3. Qatar

Negara bebas visa berikutnya untuk pemegang paspor Indonesia adalah Qatar. Dilansir dari situs resmi Kementerian Dalam Negeri Qatar, pemegang paspor Indonesia bisa berada di Qatar selama maksimal 30 hari. Tanpa visa, lho! Namun, pastikan paspor kamu masih berlaku minimal 6 bulan. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan tiket pulang. Persyaratannya masih relatif mudah diikuti, ‘kan? Kalau bicara soal liburan ke Qatar, tentunya kota utama yang harus dikunjungi adalah Doha.

negara bebas visa
Credit: Proriat Hospitality via Unsplash

Kota terbesar dan terpadat di Doha ini terkenal dengan bangunan-bangunan pencakar langitnya yang keren. Fasad-fasad bangunan bergaya modern dan futuristik bikin kamu seperti berada di kota masa depan, deh! Untuk kamu yang hobi belanja, coba deh mampir ke Souq Waqif. Dilansir dari Lonely Planet, Souq Waqif merupakan salah satu pasar tradisional paling terkenal di Doha. Tertarik dengan beach party? Main ke TaliaMare Beach Club. Kamu bisa merasakan suasana senja sambil menikmati shisha dan sajian mocktail yang segar!

4. Peru

Kamu mungkin merasa sedih saat harus pulang setelah liburan di luar negeri. Rasanya kamu masih ingin berlibur, tapi apa daya, batas waktu kunjungan kamu berkata lain. Eits! Peru punya cerita yang beda! Dilansir dari Visalist, di negara bebas visa yang satu ini, kamu bisa berlibur hingga maksimal 183 hari! Bob serius! Duh! Bakalan puas banget tuh kayaknya liburan di Peru selama 6 bulan! Mungkin bisa sambil kuliah online satu semester juga.

negara bebas visa
Credit: Adrian Dascal via Unsplash

Berkunjung ke Peru, nggak lengkap kalau kamu nggak main ke situs Machu Picchu. Dilansir dari UNESCO, citadel Machu Picchu dibangun di abad ke-15 oleh kekaisaran Inca. Reruntuhan kota kuno ini berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Harus siap-siap fisik deh kalau mau ke sini! Di ibukota Peru, Lima kamu bisa mengunjungi kompleks gereja dan biara San Francisco. Dilansir dari Planetware, tempat ini terkenal dengan katakombanya yang menyimpan tulang belulang dari 10.000 orang! Duh! Buat yang satu ini sih, Bob skip kayaknya. Takut!

5. Brasil

Brasil menjadi negara bebas visa berikutnya yang bisa kamu sambangi. Negara di Amerika Selatan ini bisa dibilang gudangnya pemain bola ternama. Kakà, Ronaldinho, Neymar, dan Thiago Silva dilahirkan di negara Samba ini. Dilansir dari dokumen resmi Kementerian Hubungan Luar Negeri Brasil, pemegang paspor Indonesia bebas masuk Brasil tanpa visa. Kunjungan bebas visa ini punya batas waktu selama 30 hari. Ya, lumayan lama buat keliling-keliling dan nonton pertandingan bola!

negara bebas visa
Credit: Agustin Diaz Gargiulo via Unsplash

Brasil punya banyak banget tempat yang wajib dikunjungi. Namun, yang paling sayang dilewatkan adalah patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro. Dilansir dari Britannica, patung ini berdiri di Gunung Corcovado dan selesai dibangun pada tahun 1931. Patung ini memiliki tinggi 30 meter, dengan lebar rentang kedua tangan 28 meter. Di Parque Nacional de Brasília, kamu bisa bertemu dengan si gemas capybara. Jangan lewatkan Museu de Arte Contemporânea di São Paulo. Museum ini menyimpan lebih dari 8.000 koleksi karya seni kontemporer.

Itulah 5 negara bebas visa untuk kita pemegang paspor Indonesia. Kalau kamu sudah pernah menyambangi negara-negara ASEAN atau ingin cari destinasi lain, kelima negara di atas layak kamu pertimbangkan. Yang jelas, selalu mengikuti peraturan yang berlaku di negara kunjunganmu ya. Pastikan kamu juga tidak sampai overstay di negara destinasi liburanmu. Dan yang terpenting, selalu jaga kesehatan dan keselamatan diri saat berlibur!

Liburan Aman dan Nyaman? Di Bobobox, Dong!

Kalau bicara soal kesehatan dan keselamatan selama staycation, kamu bisa percayakan pada Bobobox. Setiap pod dibersihkan secara menyeluruh mengikuti protokol kebersihan dan kesehatan yang ketat. Selain itu, semua pod juga dilengkapi kasur yang nyaman dan teknologi yang terintegrasi dengan ponsel. Mau tiduran, nonton drakor, atau kerja, dijamin nyaman dan aman deh!

Fasilitas seperti shared bathroom, pantry, musala, dan communal space juga tersedia untuk memenuhi kebutuhanmu selama staycation. Banyak spot Instagrammable juga, lho, di Bobobox! Sebelum datang, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi gratis ini bisa kamu gunakan untuk memesan pod, mengatur pencahayaan, dan mengakses pod. Say goodbye to old room cards and keys! Unduh aplikasinya sekarang dan nikmati beragam promosi menarik dari Bobobox!

You might also like