Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Aneka Nasi Goreng Populer dari Berbagai Penjuru Dunia

Ada yang pernah kamu coba?

Bobobox.co.id — Nasi mungkin bukan merupakan bahan makanan pokok di seluruh dunia. Walaupun begitu, kamu bisa menemukan berbagai kuliner berbahan dasar nasi dari tiap negaranya.

Salah satu cara olahnya dengan cara digoreng atau di Indonesia sendiri terkenal dengan nama ‘nasi goreng’. Banyak hal yang bisa membedakan nasi goreng satu negara dengan negara lainnya.

Mulai dari bahan, cita rasa, dan cara pengolahannya. Setiap negara memiliki keunikannya masing-masing. Jadi, tidak perlu heran jika ada nasi goreng yang disajikan dengan bahan makanan tertentu.

Nah, jika kamu penasaran aneka nasi goreng apa saja yang ada di dunia, yuk langsung saja simak 10 aneka nasi goreng populer dari berbagai penjuru dunia berikut ini.

Paella (Spanyol)

Kuliner yang pertama dalam list Bob kali ini ada Paella. Makanan khas Spanyol ini cukup populer di negeri matador tersebut. Paella sendiri bisa dibilang sebagai nasi goreng versi Spanyol.

Walaupun kuliner satu ini berasal dari Valencia, banyak yang menggangap bahwa Paella merupakan makanan nasional Spanyol. Popularitas dari kuliner ini menjadikan banyak orang beranggapan seperti itu.

Paella dimasak dengan beberapa bahan seperti kunyit dan paprika. Makanan laut seperti udang, kerang, daging ayam, dan sayuran menjadi pelengkap dari makanan yang memiliki kemiripan dengan Jambalaya New Orleans.

nasi goreng paella
via fooby.ch

Arroz Chaufa (Peru)

Kuliner selanjutnya adalah Arroz Chaufa atau juga dikenal dengan nama Arroz de chaufa. Hidangan nasi goreng Arroz Chaufa ini sendiri berasal dari negara Peru.

Walaupun merupakan kuliner dari Peru, Arroz Chaufa termasuk hidangan yang cukup kental akan nuansa Tiongkok. Hal ini terjadi karena dulunya nasi goreng ini berasal dari Tiongkok yang dibawa oleh imigran Tiongkok ke Peru.

Arroz Chaufa dimasak dengan potongan telur ayam dan daging ham serta dibumbui dengan bumbu rempah-rempah khas Peru. Biasanya, di beberapa daerah di Peru, bahan nasinya diganti dengan gandum atau dicampur mi.

via thespruceeats.com

Kimchi Bokkeumbap (Korea Selatan)

Kuliner yang satu ini mungkin menjadi salah satu aneka nasi goreng yang popularitasnya di Indonesia sudah cukup tinggi. Pasalnya, kuliner khas Korea Selatan ini mudah ditemukan di berbagai acara seperti drama korea.

Kimchi fried rice atau biasa disebut kimchi bokkeumbap biasanya dibuat dari nasi sisa atau kimchi yang terlalu matang. Sehingga, nasi goreng ini biasa dimasak oleh mahasiswa yang sedang ngekos.

Soal pelengkapnya, kimchi bokkeumbap dihidangkan bersama berbagai jenis bahan makanan. Mulai dari daging sapi, ayam, ham, tuna, dan udang. Tidak lupa juga menambahkan telur goreng di atas nasi gorengnya.

via koreanbapsang.com

Hokkien Fried Rice (Tiongkok)

Bergeser sedikit dari Korea Selatan dan menuju salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Yap, negara mana lagi kalau bukan Tiongkok. Di sini, kamu bisa menemukan Hokkien fried rice.

Walaupun sebutannya nasi goreng, kuliner khas Tiongkok ini tidaklah sama dengan nasi goreng yang biasa disajikan di Indonesia. Pasalnya, Hokkien fried rice ini tidak menggunakan kecap saat digoreng.

Jadi, Hokkien fried rice disajikan dengan campuran daging, sayuran, kacang polong, dan bahan makanan lainnya yang disiram dengan saus kental. Sehingga, tampilannya seperti berkuah.

via mirandachinese.com.au

Pineapple Fried Rice (Thailand)

Bisa jadi aneka nasi goreng di Thailand menjadi yang paling unik di antara nasi goreng lainnya yang ada di daftar Bob kali ini. Pasalnya, kuliner berbahan dasar nasi di negeri gajah ini menggunakan potongan nanas sebagai pelengkapnya.

Hal tersebut tentunya terdengar aneh. Di Indonesia, nasi goreng biasanya akan diberi tambahan pelengkap seperti bakso, potongan sosis ayam atau sapi, daging, dan seafood.

Sehingga, bisa kamu bayangkan bukan bagaimana rasa yang diciptakan dari pineapple fried rice dari Thailand. Pastinya, sensasi rasa asam dan gurih menjadikan nasi goreng ini sangat segar untuk dicicipi.

via itsmydish.com

Pattaya Fried Rice (Malaysia)

Tidak jauh dari Indonesia, negara serumpun, Malaysia memiliki nasi goreng khasnya sendiri. Kuliner khas tersebut bernama pattaya fried rice. Saat sekilas dilihat, kulinernya hanya telur dadar biasa.

Namun, jika kamu buka, maka kamu akan menemukan nasi goreng di dalamnya. Sebenarnya, kamu pun bisa menemukan kuliner tersebut di Thailand, Singapura, hingga Indonesia dengan nama yang berbeda.

Nama ‘pattaya’ untuk nasi gorengnya diyakini berasal dari sebuah resor pantai yang cukup terkenal yang ada di Thailand. Walaupun begitu, kuliner ini justru lebih banyak ditemukan di Malaysia daripada di Thailand.

via pinterest.com

Omurice (Jepang)

Pit stop selanjutnya berada di Jepang. Di negeri sakura, kamu bisa menemukan aneka nasi goreng yang biasa disebut omurice. Omurice sendiri berasal dari kata omelet dan rice.

Saat melihat tampilannya, kamu mungkin akan teringat dengan pattaya fried rice yang bisa ditemukan di Malaysia. Usut punya usut, omurice diduga pertama kali tercipta di Namba, Osaka.

Nasi untuk omurice biasanya diberi daging ayam, cumi, udang, jamur, dan bawang bombay. Variasi lain dari omurice adalah omurice dengan kuah kari dan omurice dengan saus hayashi.

via japanesecooking101.com

Pelau (Trinidad dan Tobago)

Jika dari tadi hanya berkutat di benua Asia, dua kuliner selanjutnya ini hanya bisa temukan di benua Afrika. Kuliner pertama datang dari Trinidad dan Tobago yakni pelau.

Hidangan ini merupakan salah satu warisan budaya multikultural dari negara Trinidad dan Tobago. Bahan utama dari pelau adalah daging sapi atau ayam, beras, kacang polong, santan dan gula.

Sedangkan bahan lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah sayuran dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang biasa digunakan untuk pelau antara lain cengkeh, jintan, dan ketembar.

via thespruceeats.com

Jollof Rice (Ghana)

Masih berada di benua Afrika, kamu pun bisa menemukan kuliner berbahan dasar nasi yakni jollof rice. Jollof rice, atau  juga disebut benachin, ini sering disajikan pada acara-acara besar di Ghana.

Tidak hanya bisa ditemukan di Ghana, jollof rice ini umum untuk ditemui di negara-negara Afrika barat seperti Nigeria, Senegal, Gambia dan beberapa negara yang berada di Afrika barat.

Jollof rice sendiri dimasak dari nasi yang ditumis dengan bawang, cabai, pala, jinten, jahe, dan pasta tomat. Terkadang, untuk menambah cita rasa, jollof rice juga dapat ditambah dengan sayuran atau daging.

via africanbites.com

Nasi Goreng (Indonesia)

Olahan nasi terakhir jatuh kepada nasi goreng yang mudah ditemui di Indonesia. Kuliner khas Indonesia ini pernah menempati posisi kedua sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN.

Seperti yang sudah kamu ketahui, kuliner ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan orang-orang. Hal ini terjadi karena cara pembuatannya yang super mudah dan bisa dibuat dengan bahan seadaanya.

Sekarang ini, kamu bisa menemukan banyak varian nasi goreng yang dijual. Sehingga, jika sudah bosan dengan resep yang biasa, kamu bisa menikmati nasi goreng dengan resep dari varian yang berbeda.

via bloomberg.com

Menginap dengan Santai? Datang saja Langsung ke Bobobox

Sedang ingin bersantai di kala physical distancing ini? Jika iya, langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul satu ini menyediakan fasilitas yang keren namun dengan harga yang murah.

Informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

kamar bobobox