Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Nama Makanan Kuliner yang Menggelitik Sampai Jijik

Bisa bikinmu tertawa kecil lho!

Bobobox.co.id — Sudah banyak yang mengakui jika makanan kuliner di Indonesia terkenal dengan cita rasanya yang khas dan sedap di lidah. Tak heran mengapa banyak media asing yang menempatkan makanan kuliner khas Indonesia di posisi lima besar makanan terenak di dunia.

Namun, tidak hanya soal cita rasa saja yang membuat kuliner di Indonesia terkenal. Banyak juga makanan kuliner di berbagai daerah yang memiliki nama yang relatif unik. Beberapa contohnya bisa kamu lihat dari makanan yang biasa dijual di Provinsi Jawa Barat.

Di Jawa Barat atau Bandung misalkan, kamu bisa menemukan banyak makanan dengan singkatan-singkatan unik. Semisal cimol atau aci digemol, combro atau oncom di jero, atau yang sekarang-sekarang ini semakin menjamur di mana-mana yaitu cimin atau cilok mini.

Nah, tidak hanya yang berasal dari singkatan layaknya yang biasa dijual di Jawa Barat, ada juga makanan kuliner yang namanya sendiri cukup menggelitik bahkan bisa sampai membuatmu jijik saat mendengar namanya. Penasaran makanan mana saja yang masuk daftar ini? Langsung aja simak berikut ini.

Nasi Kentut

Masakan kuliner pertama adalah nasi kentut. Dari namanya saja, konotasi yang melekat di benakmu tentu gas yang baunya terkadang tidak bisa ditolerir. Namun, siapa sangka jika namanya tidak mencerminkan sama sekali kenikmati kuliner khas ini.

Katanya, nasi kentut ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Sedangkan, kenapa dinamakan nasi kentut. Hal ini didasari oleh penyajian makanannya yang bersamaan dengan daun kentut. Daun kentut ini cukup dikenal karena bau daunnya yang seperti kentut manusia.

kuliner nasi kentut
via travelingyuk.com

Sate Kere

Sepertinya tidak ada yang mau disebut dengan embel-embel ‘kere’. Kere sendiri memiliki artian miskin. Nah, sate satu ini seringkali disebut dengan sate kere. Maksudnya dari sate kere di sini adalah sajian satenya sendiri berbentuk kecil. Biasanya dari satu tusuk sate terdiri dari tempe ampas dan jeroan sapi.

Walaupun terbuat dari bahan baku yang relatif murah, namun jangan salah jika rasa dari sate ini bisa diadu dengan sate-sate yang dijajakan di tempat lain. Perpaduan gurih tempe gembus dengan jeroan kenyal yang berpadu dengan apik saat digigit menjadikan cita rasanya ngangenin. Untuk mencoba kuliner ini, biasanya banyak ditemukan di daerah Solo dan Yogyakarta.

via travelingyuk.com

Mi Gomak

Makanan kuliner selanjutnya adalah mi gomak. Gomak sendiri memiliki arti meraup. Namun, untuk di bahasa Mandailing, gomak seringkali diterjemahkan menjadi Garut. Penamaan makanan ini bisa jadi karena cara makan yang tinggal diraup. Sehingga, akhirnya dinamai seperti itu.

Soal penyajiannya, kamu bisa menikmati mi gomak ini dengan dua penyajian yaitu ditumis dan diberi kuah. Sedangkan, di daerah Mandailing, mi gomak biasanya akan diberi kuah kacang layaknya seperti pecel.

via travelingyuk.com

Nasi Kucing

Nah, kuliner yang namanya cukup menggelitik ini sudah banyak yang mengetahuinya. Nama yang diambil untuk makanan ini berasal dari binatang yang sering nongol di timeline Twitter. Apalagi kalau bukan kucing. Nasi kucing menjadi nama makanan yang masuk daftar Bob kali ini.

Soal namanya, penamaan nasi kucing sendiri termasuk jarang dan tidak lazim. Bukan berarti saat memesan nasinya, kamu akan mendapati seekor kucing di makananmu. Namun, di makanan ini, ukurannya sendiri hanya cukup satu hingga dua kepal tangan saja. Untuk menyantapnya, kamu bisa menambahkan lauk lainnya seperti sate usus.

via pegipegi.com

Onde-Onde Ketawa

Jika biasanya kamu menemukan di pinggir-pinggir jalan onde-onde berbentuk bulat dengan tekstur yang kenyal, lain lagi dengan kuliner satu ini. Namanya sendiri terbilang unik bahkan bisa membuat terheran-heran alasan dibalik nama yang disemat oleh makanan satu ini.

Onde-onde ketawa adalah namanya. Selain unik dari segi nama, makanan ini sendiri memiliki bentuk yang unik juga. Pasalnya, bentuk merekah dari onde-onde ini mirip seperti orang sedang tertawa. Sehingga, tidak heran jadinya jika yang satu ini dinamai dengan onde-onde tertawa.

via langsungenak.com

Sate Kalong

Bisa jadi saat kamu mendengar nama makanan kuliner ini, salah satu hal yang terbayang adalah vampir. Membayangkannya pun bisa membuatmu bergidik. Namun, tidak perlu khawatir karena makanan yang bisa ditemukan di Cirebon ini tidak semenyeramkan itu lho.

Sate kalong biasa orang menyebut makanan sate ini. Dari namanya, mungkin kamu berpikir jika bahan dasarnya terbuat dari kelelawar. Jika iya, tebakanmu kali ini meleset. Asal muasal nama sate ini sendiri karena penjual satenya hanya beroperasi di malam hari saja layaknya seorang kelelawar.

via blog.airyrooms.com

Tahu Gimbal

Namanya sendiri sepertinya cukup menggelitik saat pertama kali didengar. Apalagi saat dibayangkan, kamu akan mengasosiasikannya dengan rambut gimbal. Kuliner yang dimaksud di sini adalah tahu gimbal. Nah, namanya berasal dari goreng dengan nama yang sama sebagai bahan utamanya.

Gimbal sendiri terbuat dari campuran udang dan tepung yang untuk kemudian digoreng hingga kuning kecokelatan. Saat disajikan, kamu akan menemukan potongan tahu goreng, kol, lontong, tauge, dan telor ceplok yang disram dengan saus kacang.

via pegipegi.com

Oseng Mercon

Apakah nama makanan satu ini mengolah mercon sebagai bahan makanannya? Tentu, bukan ya! Mercon di oseng mercon ini sendiri dimaksudkan karena sensasi pedas dari makanannya yang seperti menyantap mercon yang siap meledak kapan saja.

Biasanya, dalam sepiring oseng mercon, kamu akan mendapati daging sapi, tetelan, dan sambal dari bumbu tradisional yang super pedas. Disajikan bersama nasi hangat, kamu akan mendapatkan sensasi pedas yang menggelegar yang juga menjadi daya tarik makanan kuliner ini.

via onejogja.com

Kerupuk Melarat

Sama halnya seperti sate kere, makanan satu ini sering diasosiasikan dengan masyarakat kalangan bawah. Yap, apalagi kalau bukan kerupuk melarat. Sesuai namanya, kerupuk warna-warni ini dulunya memang merupakan makanan yang bisa disajikan oleh masyarakat berekonomi kurang.

Tidak seperti kerupuk lainnya yang digoreng dengan minyak, kerupuk melarat ini digoreng dengan pasir yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Walaupun begitu, rasanya sendiri tidak kalah dengan yang biasa digoreng dengan minyak.

via pantau.com

Kupat Jembut

Makanan kuliner yang terakhir ini bisa jadi membuatmu bertanya-tanya. Pasalnya, dalam bahasa Indonesia, jembut dari kupat jembut ini memiliki arti rambut pubis. Namun, tidak usah khawatir jika kamu akan menemukan rambut tersebut di makanan yang kamu pesan.

Kupat jembut ini merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terkenal akan cita rasanya yang enak. Makanannya sendiri berupa ketupat yang diberi tauge yang mencuat ke luar. Kamu bisa menikmati makanan ini dengan cara dimakan langsung atau bersama opor.

via kopisusu.id

Menikmati Pengalaman Menginap Berbeda di Bobobox

Misalkan jika kamu sudah puas menikmati makanan kuliner dengan nama-nama menggelitik bahkan hingga menjijikan, tidak akan lengkap rasanya jika kamu tidak mencoba menikmati pengalaman menginap berbeda di hotel kapsul satu ini.

Di hotel kapsul ini, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas keren yang membuat acara menginapmu jauh lebih nyaman dan berbeda dibandingkan di tempat lain. Penasaran seperti apa pengalaman yang dimaksud? Langsung aja unduh aplikasi Bobobox di sini dan pod yang kamu inginkan bisa dipesan dengan sangat mudah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.