Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mematahkan Dominasi Barat, Ini Dia Musisi Asia Mendunia sekaligus Melegenda

Ada musisi favoritmu?

Bobobox.co.id — Industri musik tak hanya didominasi oleh musisi asal Amerika Serikat saja. Ada juga musisi Asia yang bisa dikategorikan sebagai musisi Asia mendunia dengan sederet prestasi yang membanggakan.

Kira-kira siapa sajakah mereka? Tak usah berlama-lama langsung saja simak ulasan mengenai daftar musisi Asia mendunia versi Bob berikut ini.

Berikut adalah Musisi Asia Mendunia versi Bob

1. G-Dragon

Nama musisi Asia mendunia pertama adalah G-Dragon. Pentolan dari Big Bang ini memiliki peranan yang cukup penting di dunia industri musik Korea. Pasalnya, ia menjadi salah satu yang berjasa mengenalkan Kpop.

Di samping kesuksesan bersama Big Bang, G-Dragon memiliki sederet prestasi solo. G-Dragon tercatat pernah menuliskan beberapa lagu untuk penyanyi-penyanyi besar kelas dunia dan masuk chart Billboard.

Hal yang membuat G-Dragon semakin menarik adalah soal stylenya. Tak mengherankan jika style dari penyanyi kelahiran Seoul ini kerap kali menjadi trend-setter yang ditiru oleh jutaan orang di dunia.

G-Dragon musisi Asia mendunia
G-Dragon via soompi.com

2. hyde L’Arc-en-Ciel

Berbicara soal band Jepang yang melegenda, L’Arc-en-Ciel jadi nama terdepan. Band yang pertama kali dibentuk pada tahun 1991 ini adalah band Jepang pertama yang menjadi headline di Madison Square Garden.

Namun, prestasi mencengangkan datang dari sang vokalis. Pasalnya, popularitasnya dari Hyde menjadikannya didapuk sebagai musisi Asia mendunia yang masuk banyak nominasi dari berbagai media.

Misalkan saja, Hyde menempati peringkat ke-33 untuk greatest singer of all time. Tak hanya itu, ia pun menempati posisi ke-15 untuk greatest living musician dan ke-12 untuk most unique singing voice.

Hyde L'arc-en-ciel musisi Asia mendunia
Hyde L’arc-en-ciel via Billboard Japan

3. BoA

Bisa dibilang, BoA merupakan salah satu penyanyi Asia tersukses. Bagaimana tidak, wanita yang dijuluki queen of K-Pop ini menjadi penyanyi Korea Selatan pertama yang mampu menakluk pasar musik Jepang.

Untuk pasar Amerika, BoA sendiri memiliki single yang berhasil menduduki peringkat ke-9 chart Hot Dance Club Play Billboard. Pada 28 Juni 2009, ia menjadi headline pada San Fransisco Pride Festival.

BoA musisi Asia mendunia
BoA via soompi.com

4. Utada Hikaru

Lahir di New York, Amerika Serikat, tak lantas membuat Utada Hikaru melakukan debut di negeri Paman Sam. Ia justru kembali ke Jepang dan menuai kesuksesan setelah merilis album First Love.

Pada tahun 2004, ia pun merilis album Exodus. Album inilah yang melejitkan namanya sebagai salah satu musisi Asia mendunia di mana albumnya memuncaki chart Billboard Hot Dance/Club Airplay.

Utada Hikaru musisi Asia mendunia
Utada Hikaru via aramajapan.com

5. Ayumi Hamasaki

Satu lagi penyanyi asal Jepang yang bisa dikategorikan sebagai musisi Asia mendunia. Penyanyi tersebut adalah Ayumi Hamasaki yang terbilang sukses karena memiliki penjual tertinggi untuk album-albumnya.

Kesuksesan tersebut membuat namanya harum di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk urusan pasar America, albumnya yang berjudul Colours mendapatkan debut menjanjikan dengan menduduki Top 3 Oricon charts.

Ayumi Hamasaki musisi Asia mendunia
Ayumi Hamasaki via Ayumi Hamasaki/Instagram

Baca Juga: Berikut Sejumlah Musisi Yang Memiliki Cover Album Musik Kontroversial


6. Siti Nurhaliza

Generasi 90an tentu tak asing dengan musisi Asia mendunia satu ini. Pasalnya, Siti Nurhaliza yang dikenal dengan tembang Bukan Cinta Biasa mencapai popularitas tertinggi pada tahun 2000an.

Penyanyi kondang asal negeri Jiran tersebut tak hanya populer di Asia. Konser pertama di luar Malaysia terjual habis dan mampu mengalahkan konser Mariah Carey walau harga tiketnya lima kali lipat lebih mahal.

Di samping itu, sebelumnya pun, ia berhasl menyabet Gold Award dan Best Female Vocal Performance. Kedua gelar tersebut yang membuatnya mampu tampil di berbagai negara termasuk UK dan Australia.

Siti Nurhaliza musisi Asia mendunia
Siti Nurhaliza via republika.co.id

7. Anggun

Anggun menjadi musisi Asia mendunia dan melegenda. Penyanyi kelahiran Jakarta ini terbilang sukses dan dinominasikan dalam beberapa kategori baik saat masih berkarier di Indonesia dan juga setelah pindah ke Prancis.

Misalkan saja, Anggun menempati posisi keenam dalam daftar Sexiest Women of Asia oleh majalah FHM pada 2001. Tak berhenti sampai disitu, Anggun pun menempati posisi ke-18 pada daftar Sexiest Women in the World pada tahun 2010.

Untuk urusan musik, berbagai nominasi pun diraih oleh Anggun. Beberapa di antaranya antara lain World Music Award untuk World’s Best-Selling Indonesian Artist dan Asian Television Awards untuk Outstanding Contribution to Asian Television Performing Arts.

Anggun musisi Asia mendunia
Anggun via instagram.com/@anggun_cipta

8. Rain

Bagi penikmat drakor sekarang ini, kamu mungkin mengenal Rain sebagai seorang aktor. Padahal, awal karier yang ambil sendiri sebenarnya adalah seorang penyanyi dengan debut pada tahun 1998.

Selama berkarier sebagai penyanyi, Rain digancar berbagai daftar nominasi yang membuatnya patut dikategorikan sebagai musisi Asia mendunia. Beberapa daftarnya sendiri terbilang mencengangkan.

Majalah Time menyebut Rain sebagai 100 Most Influential People Who Shpae the World pada tahun 2006. Selain itu, Rain pun terdaftar sebagai Most Beautiful People yang dirilis oleh People pada tahun 2007.

Rain musisi Asia mendunia
Rain via soompi.com

9. PSY

Jika mengingat awal 2010an, goyang Gangnam Style tentu jadi salah satu yang paling diingat. Kepopuleran goyangan ini membuat hampir setiap televisi berusaha menghadirkan goyangan pada acara musik yang mereka miliki.

PSY adalah musisi yang berhasil membuat demam Gangnam Style menjangkit seluruh dunia. Tak heran jika video klip Gangnam Style sempat menjadi video yang paling banyak ditonton sebelum akhirnya kini menempati posisi ke-10.

PSY musisi Asia mendunia
PSY via Mike Coppola/Getty Images

10. Jay Chou

Soal serba bisa, Jay Chou adalah salah satunya. Pria kelahiran Linkou, Taipei County ini tak hanya dikenal sebagai musisi kondang saja tetapi juga sebagai salah satu aktor papan atas Taiwan.

Ia sendiri sempat beberapa kali berkolaborasi dengan Kobe Bryant. Kolaborasi pertama bersama dengan pebasket tenar NBA terjadi saat ia mempromosikan The Heaven and Earth Challenge pada tahun 2011.

Jay Chou musisi Asia mendunia
Jay Chou via @jay/Facebook

Baca Juga: Arti Plagiarisme Lagu Dan Deretan Kasusnya Di Indonesia


11. BTS

Saat ini, tak ada yang memungkiri popularitas yang dimiliki oleh BTS. Bahkan, bisa dibilang boyband Korea Selatan ini tengah mencapai puncak karier yang mereka perjuangkan sejak tahun debut pada tahun 2013.

Popularitas yang diraih tersebut menjadikan BTS sebagai musisi Asia mendunia. Buktinya adalah konser yang diselenggarakan di seluruh dunia serta penampilan di berbagai acara TV populer.

Salah satu yang paling diingat tentu saja adalah penampilan mereka di Grammy. Kabar terbaru dari BTS adalah mereka sedang berkolaborasi dengan salah satu musisi papan atas asal Inggris, Ed Sheeran.

BTS musisi Asia mendunia
BTS via soompi.com

12. Kris Wu

Setelah sempat bergabung bersama boyband EXO, ia pun akhirnya hengkang pada tahun 2014. Namun, hengkangnya dari SM Entertainment justru menjadi berkah tersendiri bagi rapper asal Tiongkok.

Pasalnya, namanya terbilang makin benderang setelah keluar dari grup yang membesarkan namanya. Buktinya adalah kolaborasi yang ia lakukan bersama dengan rapper tenar Amerika seperti Travis Scott dan Trippie Redd.

Kris Wu musisi Asia mendunia
Kris Wu via soompi.com

13. Rich Brian

Musisi Asia mendunia lainnya adalah Rich Brian. Musisi asal Indonesia menghentak perindustrian musik Amerika Serikat lewat musik hip hop yang ia usung pada album perdana di bawah label 88Rising.

Tak mengherankan jika ia akhirnya berteman dengan rapper terkenal Paman Sam. Post Malone, 21 Savage, Khalid, dan masih banyak lainnya menjadi bukti ketenaran yang kini dimiliki oleh Rich Brian.

Rich Brian musisi Asia mendunia
Rich Brian via Press

14. Niki

Satu lagi musisi rising star yang seperti bakal mendapatkan gelar musisi Asia mendunia beberapa tahun ke depan. Sama seperti halnya Rich Brian, musisi satu ini berasal dari Indonesia juga, lho.

Ia adalah Niki. Ia sendiri memutuskan untuk tinggal di Los Angeles sejak tahun 2017. Mengusung aliran R&B, Niki saat ini bergabung dengan label 88Rising. Niki pernah dinominasikan sebagai The Best New Artist of 2018 pada media Complex.

Nikki musisi Asia mendunia
Nikki via Instagram.com/@nikizefanya

Baca Juga: Ini Dia 10 Musisi Yang Wajib Masuk Ke Playlist Indie Terbaik Kamu!


15. Warren Hue

Musisi Asia mendunia terakhir di daftar Bob adalah Warren Hue. Untuk nama satu ini, penyanyi kelahiran Jakarta ini siap menembus industri musik internasional bersama label 88Rising, yang juga label dari Rich Brian.

Ia sendiri sudah merintis karier sejak tahun 2018. Tiga tahun berselang, ia pun akhirnya resmi dikontrak oleh Rising88 dan mengeluarkan single Freaks dan Too Many Tears sebagai debutnya bersama label berbasis New York tersebut.

Warren Hue musisi Asia mendunia
Warren Hue via traxonsky.com

bisa dimasukkan: G-Dragon, hyde (L’arc-en-ciel), BoA, Utada Hikaru, Ayumi Hamasaki, Siti Nurhaliza, Anggun, Rain, Psy, Jay Chou, dll. (Bisa di mention Rich Brian, Niki, Warren Hue sebagai rising star)

Rilekskan Diri di Bobobox

Penat dengan beban pekerjaan yang menumpuk? Tak usah bingung. Coba untuk rilekskan dirimu dengan menginap semalam dengan fasilitas mewah dengan harga terjangkau di Bobobox.

Penasaran seperti apa fasilitas yang ditawarkan? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut!

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasinya dan rilekskan dirimu untuk dapatkan ketenangan yang kamu dambakan di Bobobox!

bobobox luas

You might also like