Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Liburan Sambil Belajar di 5 Museum Terkenal di Medan Ini

Museum terkenal di Medan ini bantu kamu menambah berbagai wawasan unik!

Museum terkenal di Medan ini bisa jadi pilihan kamu untuk menghabiskan waktu libur maupun akhir pekan kamu. Kamu bisa mengajak teman, sahabat, ataupun keluarga mengunjungi salah satu museum terkenal di Medan untuk menghilangkan penat sekaligus menambah wawasan atas berbagai informasi menarik yang kamu temukan di museum. Wisata museum terkanl di Medan ini bisa dijadikan pilihan alternatif agar libur akhir pekan kamu menjadi lebih berkesan.

Mengunjungi museum terkenal di Medan juga akan menambah referensi kamu khususnya tentang sejarah. Padad kesemoatan kali ini Bob telah merangkum 5 museum terkenal di Medan yang menarik kamu kunjungi dan masing-masing hadir di antaranya dilengkapi dengan berbagai keunikan tersendiri. Ini dia 5 museum terkenal di Medan yang layak masuk ke dalam daftar libur akhir pekan kamu bersama orang terdekat dan tersayang!

1. Museum Terkenal di Medan: Museum Negeri Sumatera Utara

@Museum Negeri Sumatera Utara

Alamat: Jalan HM Joni nomor 51 Medan

Buka: Selasa-Minggu (08.30-12.00 dan 13.30-17.00)

Diresmikan pada 19 April 1982, masyarakat Medan lebih mengenal Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara dengan sebutan Museum Gedung Arca. Museum ini menyimpan kurang lebih 6.799 koleksi dan peninggalan sejarah dari seluruh daerah di Sumatera Utara. Koleksi tersebut berasal dari zaman prasejarah, klasik, perjuangan hingga masa kini.

Kamu cukup merogoh kocek Rp3.000 saja untuk bisa mengamati dan menjelahi keseluruhan koleksinya. Ada banyak temuan budaya seperti sarkofagus, patung batu, tongkat perdukunan, atau koleksi naskah Batak Kuno (Pustaha Laklak) hingga naskah Islam tua yang ditulis dengan tangan. Kamu juga bisa melihat langsung pecahan keramik, mata uang kuno bahkan replika induk dari Candi Bahal I.

Baca Juga: Jika Ke Medan Jangan Lupa Mencicipi 8 Wisata Kuliner Medan Berikut Ini!

2. Museum Terkenal di Medan: Museum Perjuangan TNI

Alamat: Jalan KH Zainul Arifin nomor 8 Petisah Kota Medan

Buka: Minggu-Jum’at (08.00 – 15.30)

Museum terkenal di Medan selanjutnya adalah Museum Perjuangan TNI Medan menyimpan koleksi ratusan senjata peninggalan perang kemerdekaan. Meski sebagian besar hasil rampasan dari Belanda, terdapat beberapa senjata lokal seperti Meriam Tomong yang terbuat dari tiang listrik. Di antara koleksi senjata tersebut, SMR Medzer buatan Swedia dan meriam kanon buatan Amerika Serikat adalah yang paling populer.

Bangunan museum didirikan pertama kali pada 1928 oleh pemerintah Belanda sebagai bangunan Asuransi NV Levensverzekering Mattschappij Arhnehen dan mengalami beberapa kali pergantian fungsi. Kamu juga bisa melihat sejumlah dokumen penting selama masa revolusi fisik, sekaligus membaca pemberitaan-pemberitaan media selama tahun 1971. Museum Perjuangan TNI ini menyimpan semua koleksinya dengan rapi dan jelas.

3. Museum Terkenal di Medan: Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Museum Terkenal di Medan
@Pariwisata Sumut

Alamat: Jalan S Parman nomor 309 Kota Medan

Buka: Selasa – Minggu (09.00 — 17.00 WIB)

Museum terkenal di Medan berikutnya adalah museum bernama Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. DR H Rahmat Shah merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan internasional The Big Five Grand Slam Awards. Di sana kamu bisa melihat langsung kurang lebih 2.600 koleksi spesies yang berasal dari berbagai negara. Uniknya koleksi di sana sudah dibagi berdasarkan tema khusus sesuai jenis dan habitat tiap-tiap binatang.

Berbagai kelompok binatang yang bisa kamu lihat di sana di antaranya adalah African Big Five, Cats of the World, Birds Kingdom, Bear Room, Mountain of Goats Night Safari, Indonesian Species, dan African Room. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp50.000 per orang untuk bisa melihat koleksi barang pribadi para maestro dunia yang sudah ditandatangani.

Baca Juga: Yuk Intip Wisata Rumah Tjong A Fie Medan yang Bersejarah!

4. Museum Terkenal di Medan: Museum Uang Sumatera Utara

Alamat: Lantai 2 Gedung Juang 45, Jalan Pemuda nomor 17 Kota Medan

Buka: Setiap hari (09.00-17.00 WIB)

Museum terkenal di Medan bernama Museum Uang Sumatera ini didirikan oleh Saparudin Barus. Ia merupakan seorang kolektor uang dan diresmikan pada 2 Mei 2017. Museum terkenal di Medan ini memiliki banyak koleksi koin kesultanan seperti koin Kesultanan Aceh, Deli, Batubara, Siak Sri Indrapura, Samudera Pasai dan juga koin kepeng Kerajaan Cina (10-13 M).

Untuk bisa menyaksikan berbagai koleksi museum terkenal di Medan ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp10.000,00 saja. Selain itu kamu  juga akan mendapatkan souvenir berupa koin kuno setelah membeli tiket masuk museum terkenal di Medan ini.

5. Museum Terkenal di Medan: Museum Perkebunan Indonesia

@Medan Wisata

Alamat: Jalan Brigjen Katamso nomor 53 Medan

Buka: Selasa-Minggu (09.00-15.30 WIB)

Museum terkenal di Medan yang terakhir adalah Museum Pekerbunan Indonesia yang diresmikan pada 10 Desember 2016 yang lalu. Perlu kamu ketahui bahwa museum terkenal di Medan ini merupakan museum perkebunan pertama yang menyajikan penjelasan infografis tentang komoditas perkebunan di Indonesia. Jika kamu ingin mengunjungi museum terkenal di Medan ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp8000,00 saja per orang.

Dengan harga tiket yang terjangkau tersebut kamu sudah bisa memperoleh informasi lengkap sejarah perkebunan Indonesia sejak zaman dahulu hingga sekarang. Selain sejarah perkebunan Indonesia, di museum terkenal di Medan ini kamu juga bisa melihat pesawat terbang penyiram tembakau dan lokomotif merek Durco dan Brauns yang dibuat tahun 1940.

Mengingat museum terkenal di Medan ini merupakan bagian dari Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Sumatera Utara, tak heran jika di sana kamu bisa melihat artefak perkebunan berupa alat timbang, perlengkapan perkebunan, dan juga kereta api.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like