Capture

10 Museum Teraneh yang Ada di Seluruh Dunia

Bobobox.co.id — Bagi kamu yang senang mendapatkan pengetahuan lebih saat liburan, museum menjadi tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Selama di museum, ada beragam informasi menarik yang bisa didapat.

Biasanya, museum lebih dikenal sebagai tempat di mana barang seperti barang bersejarah, karya seni, dan benda yang memiliki makna tertentu. Namun, tidak selamanya museum di dunia seperti itu.

Beberapa museum menawarkan koleksi museum yang lain daripada lainnya. Pasalnya, koleksi benda-benda di museum teraneh tersebut terbilang unik dan tidak terpikirkan sebelumnya.

Jika kamu termasuk orang yang senang dengan hal-hal yang unik, berikut merupakan daftar 10 museum teraneh yang ada di seluruh dunia yang bisa menjadi destinasi liburan yang tidak membosankan.

Avanos Hair Museum, Turki

Museum teraneh pertama yang ada di dunia adalah Avanos Hair Museum. Museum teraneh yang seringkali dikenal dengan nama Chez Galip Hair Museum ini menyimpan kurang lebih 16 ribu jenis rambut.

Ribuan jenis rambut tersebut diambil dari 16 ribu wanita di seluruh dunia. Ribuan helai rambut tersebut dipajang beserta nama dan juga alamat penyumpang yang berada di langit-langit dan dinding salah satu museum teraneh ini.

Dibalik keunikan museumnya, Avanos Hair Museum memiliki cerita mengharukan di balik museumnya. Demi mengurangi rasa sedih saat meninggalkan Avanos, sahabat perempuannya memotong rambutnya dan menyimpan rambutnya di dalam tembikar.

via theculturetrip.com

Museum Kunstkamera, Rusia

Apa jadinya jika sebuah museum menawarkan unik sekaligus menyeramkan? Hal tersebut tentunya akan sangat menyenangkan untuk dicoba sekali seumur hidup. Kamu bisa mendapatkannya saat mengunjungi Museum Kunstkamera.

Museum teraneh yang berada di Saint Petersburg menyimpan berbagai jenis makhluk hidup yang sudah diawetkan di dalam botol atau toples kaca. Makhluk yang diawetkan di sini merupakan makhluk yang terlahir tak sempurna.

Kamu bisa melihat berbagai bentuknya mulai dari hewan berkepala dua hingga bayi yang memiliki struktur tubuh yang tidak lengkap. Dijamin kamu bakal berdecak kagum sekaligus ngeri saat melihat koleksi museum teraneh ini.

via lidenz.ru

Museum Momofuku Ando Instant Ramen, Jepang

Mi instan menjadi makanan pengganjal perut yang mudah untuk dibuat. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai mi instan. Jika kamu salah satunya, ada baiknya memasukkan Museum Momofuku Ando Instant Ramen ke dalam wishlistmu.

Pasalnya, museum teraneh ini menampilkan berbagai koleksi mi instan. Saat kamu berkeliling di sepanjang lorongnya, kamu bisa melihat gambaran evolusi rame dalam beberapa dekade belakangan.

Tidak hanya itu saja, museum teraneh yang berada di Ikeda, prefektur Osaka, memiliki workshop pembuatan ramen dan juga teater drama yang berkaitan erat dengan mi instan.

via osaka-info.jp

Museum of Failure, Swedia

Bagaimana jadinya jika sebuah museum justru menyimpan berbagai barang yang dianggap sebagai inovasi gagal? Daya tarik museum teraneh selanjutnya ini justru hal tersebut.

Museum teraneh yang Bob maksud adalah Museum of Failure. Berada di Helsingborg, Swedia, museum ini menyimpan berbagai inovasi gagal dari berbagai perusahaan ternama di dunia.

Gagasan unik dari Samuel West ini membuat Museum of Failure memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan museum pada umumnya. Di sini, kamu bisa melihat barang-barang seperti Nokia N-Gage, Twitter Peek, dan inovasi gagal lainnya.

museum of failure

via dailytitan.com

Icelandic Phallological Museum, Islandia

Museum teraneh berikutnya adalah Icelandic Phallological Museum. Museum yang didirikan pada tahun 1997 ini sekilas terasa memiliki tema yang sama dengan Museum of Sex di Kota New York.

Namun, hal yang membedakan di antara keduanya adalah museum yang berlokasi di Reykjavik, Islandia ini hanya menyajikan segala hal yang berkaitan dengan penis.

Tidak pelak selama di sini, kamu akan menemukan berbagai jenis penis dari hewan yang ada di dunia. Museum teraneh ini memiliki kurang lebih 215 penis hewan laut dan darat yang mampu menarik 11 ribu orang setiap tahunnya.

via grapevine.is

Museum of the Mummies of Guanajuato, Meksiko

Museum of the Mummies of Guanajuato menjadi museum teraneh selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Museum ini sendiri menjadi satu-satunya yang termasuk situs Warisan Dunia UNESCO di daftar Bob kali ini.

Museum teraneh ini menyajikan berbagai macam mumi yang menjadi peninggalan 27 kerajaan Firaun. Dari salah satu koleksinya, ada yang diduga sebagai mumi Firaun yang tenggalam di Laut Merah dalam kisah Nabi Musa.

Selain menyajikan koleksi mumi, kamu bisa melihat berbagai macam artefak seperti patung, meja, hingga sarkofagus dan koleksi kuburan Firaun Thutmosis III, Amenophis II, dan maish banyak lainnya.

via expatexperiment.com

Sulabh International Museum of Toilets, India

Jika biasanya toilet berada di tempat yang memberikan privasi, hal tersebut tidak berlaku di Sulabh International Museum of Toilets yang berada di New Delhi, India.

Pasalnya, di museum yang berdiri sejak tahun 1992, kamu bisa melihat berbagai macam dan bentuk toilet dari berbagai zaman. Tidak hanya menampilkan bentuk dan macam toilet, museum teraneh ini pun menyajikan informasi lengkap dari toilet yang ditampilkan.

Museum teraneh ini sendiri diabngun oleh sebuah organisasi layanan sosial yang berbasis di India. Tujuan dari pembangunan museum ini adalah untuk mengajarkan bahwa buang air di tempat yang disediakan itu penting.

via travel.earth

Museum of Broken Relationships, Kroasia

Rasa sedih pastinya akan sangat terasa apabila diputuskan oleh orang yang disayang. Museum teraneh di Zagreb, Kroasia ini justru memamerkan barang-barang yang menjadi kenangan dari pasangan yang sudah putus.

Di Museum of Broken Relationships ini, kamu bisa menemukan barang-barang mulai dari suvenir, foto, surat, dan benda lainnya yang menyimpan kenangan tertentu. Hal unik lainnya sendiri ada pada penggagasnya.

Olinka Vistica dan Drazen Grubisic yang menjadi penggagas museum teraneh ini pun merupakan pasangan yang sudah berpisah. Pendirian museum ini dilakukan setelah hubungan mereka kandas setelah empat tahun terajut.

Museum of Broken Relationships museum teraneh

via downtownzagreb.com

Cancún Underwater Museum, Meksiko

Jika pada umumnya sebuah museum berada di daratan, museum teraneh berikutnya ini justru berada di bawah air. Tak pelak jika kamu memutuskan untuk mengunjungi museum ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang menarik.

Museum yang dimaksud adalah Cancun Underwater Museum yang berada di Cancun, Meksiko. Lebih dari 500 patung berukuran manusia bisa kamu saksikan secara langsung saat menyelam di museum ini.

Dibangun pada tahun 2009, Cancun Underwater Museum ditujukan untuk seni konservasi. Patung yang menjadi koleksi museum ini terbuat dari beton laut dan tanah liat yang memiliki pH netral.

via playadelcarmen.com

International Spy Museum, Amerika Serikat

Museum teraneh yang ada di daftar Bob kali ini adalah International Spy Museum. Museum yang berlokasi di Washington D.C. ini berusaha menunjukkan bahwa profesi sebagai spy sudah bukan rahasia lagi.

Bagaimana tidak, di museum ini, fakta mengenai seorang spy atau mata-mata diungkap. Tidak hanya itu, benda-benda yang menjadi pendukung mata pun bisa dengan mudah ditemukan di sini.

Jika kurang puas dengan hanya melihat-lihat saja, kamu pun bisa berpartisipasi secara langsung dalam petualangan interaktif mata-mata yang disediakan oleh pengelola museum.

via thedcpost.com

Menginap dengan Nyaman? Datang saja Langsung ke Bobobox

Selama liburan, kamu tentunya membutuhkan penginapan yang nyaman untuk diinapi. Salah satu yang recommended adalah Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung tema futuristik ini menawarkan fasilitas yang memanjakanmu saat menginap di tiap podnya.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, kamu bisa mendapatkan di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh dengan mengklik link ini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles