Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Kenal Lebih Jauh Soal Korea Selatan, Kunjungi 10 Museum Sejarah Korea Selatan Terbaik Ini

Langsung masuk bucket list!

Bobobox.co.id — Jika kamu termasuk orang senang dengan budaya dan sejarah Korea Selatan, ada baiknya simak ulasan Bob kali ini. Pasalnya, Bob akan membahas mengenai museum sejarah Korea Selatan terbaik.

Museum yang masuk dalam daftar Bob ini sendiri bakal memberi insight lebih soal negeri gingseng. Kamu pun bakal mengetahui lebih dalam lagi soal sejarah, baik itu soal peperangan ataupun kehidupan dari masa ke masa.

Tak usah berlama-lama lagi, simak ulasan Bob mengenai 10 museum sejarah Korea Selatan wajib dikunjungi berikut ini. Kamu tak usah ragu untuk memasukkan museum ini ke daftar bucket list di liburan Koreamu!

Berikut adalah Museum Sejarah Korea Selatan

1. National Palace Museum of Korea

Museum sejarah Korea Selatan terbaik pertama adalah National Palace Museum of Korea. Kamu bisa mempelajari hampir sebagian besar sejarah dinasti Korea Selatan karena jumlah artefak yang berjumlah puluhan ribu.

Kurang lebih sekitar 40.000 artefak yang mencakup seni, sains, dan musik di era dinasti Joseon bisa kamu lihat. Dinasti Joseon sendiri merupakan dinasti Konfuanisme yang berkuasa selama lima abad di Korea Selatan.

Didirikan pada September 1908, National Palace Museum of Korea bakal memberi gambaran menarik dari dinasti yang kerap jadi setting tempat drakor saeguk. Jadi, jangan sampai tidak mengunjungi museumnya, ya!

National Palace Museum of Korea museum sejarah Korea Selatan
National Palace Museum of Korea via Garam/Commons Wikimedia

2. National Museum of Korea

Museum sejarah Korea Selatan terbaik berikutnya adalah National Museum of Korea. Museum berskala internasional tersebut memamerkan setidaknya 300.000 artefak dan relief dari seluruh periode sejarah Korea Selatan.

Museum ini memiliki tiga lantai yang di mana peninggalan bersejarah Korea terbagi dalam beberapa periode serta jenis artifak yang ditampilkan. Penjelasan soal sejarahnya bakal lebih menarik jika menggunakan pemandu.

Pasalnya, kamu bakal diajak berkeliling sembari mendengarkan penjelasan dari sang pemandu dalam bahasa Inggris. Sambil mendengarkan pemandu, kamu bisa mengamati dengan cermat artefak yang ada di museumnya.

National Museum of Korea museum sejarah Korea Selatan
National Museum of Korea via twitter.com/KoreanTravel

3. Museum The War Memorial of Korea

Jika kamu tertarik mendalami sejarah masa perang Korea Selatan, Museum The War Memorial of Korea adalah jawabannya. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan pengetahuan berharga mengenai Perang Korea.

Perang Korea sendiri merupakan konflik yang terjadi di Korea Selatan pada tahun 1950 hingga 1953. Museum yang dibuka sejak 1994 ini dibangun untuk mengingat masa-masa kelam yang terjadi pada peperangan tersebut.

Dengan luas kurang lebih 20.000 meter persegi, museum ini memarerkan setidaknya 13.000 memorabilia perang dan perlengkapan perang. Ada juga The Korean War Room yang khusus menceritakan Perang Korea.

Museum The War Memorial of Korea museum sejarah Korea Selatan
Museum The War Memorial of Korea via whattodoinkorea.com

Baca Juga: Bagaikan Surga, Ini Dia 7 Kebun Raya Terindah Di Dunia


4. The National Folk Museum of Korea

The National Folk Museum of Korea merupakan museum sejarah Korea Selatan terbaik wajib dikunjungi lainnya. Museum ini dibangun sebagai dedikasi dalam menampilkan cara hidup tradisional masyarakat Korea Selatan.

Tak hanya cara hidup masa kini, museum ini memberikan gambaran secara lengkap cara hidup era pra-sejarah. Tak mengherankan jika kamu bakal menjumpai replika benda seperti alat penggiling dan tempat simpan beras.

Di samping itu, museum ini bakal memberikan sejarah Korea Selatan lainnya. Salah satunya adalah pengetahuan mengenai siklus hidup orang Korea dari kelahiran hingga kematian pada ruangan ketiga museum.

The National Folk Museum of Korea museum sejarah Korea Selatan
The National Folk Museum of Korea via theseoulguide.com

5. Museum Historic Park of Geoje POW Camp

Selain Museum The War Memorial of Korea, kamu bisa mengulik lebih lanjut soal tempat bersejarah bertemakan perang di Museum Historic Park of Geoje POW Camp. Museum ini sendiri berada di Pulau Geoje.

Museum sejarah Korea Selatan ini dulunya merupakan bagian dari camp tahanan yang didirikan oleh PPB pada tahun 1951. Pada tahun 1953, tercatat ada 170.000 tahanan yang menghuni 28 fasilitas campnya.

Taman bersejarah ini menawarkan pengalaman menarik dengan film perang format 4D. Film tersebut mampu memvisualisasikan keadaan perang masa lalu yang berpadu dengan kecanggihan teknologi.

Museum Historic Park of Geoje POW Camp museum sejarah Korea Selatan
Museum Historic Park of Geoje POW Camp via Kang Byeong Kee/Commons Wikimedia

6. Museum Kimchikan

Kimchi merupakan salah satu sajian Korea yang populer berkat melejitnya popularitas drakor. Jika kamu termasuk salah satu pengemar makanan fermentasi tersebut, ada baiknya jika kamu mengunjungi Museum Kimchikan.

Museum sejarak Korea Selatan ini menampilkan relik sejarah yang berkaitan dengan kimchi. Tak hanya sejarahnya, kamu bisa melihat jenis kimchi, proses pembuatan, dan informasi tentang efisiensi proses fermentasi kimchi.

Dibangun pada tahun 1986, Museum Kimchikan sempat mengalami relokasi tempat ke Insa-dong, Seoul. Untuk itu, museum ini tentu wajib masuk daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi jika liburan ke Seoul.

Museum Kimchikan museum sejarah Korea Selatan
Museum Kimchikan via klook.com

Baca Juga: 5 Wisata Murah Museum Di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi


7. National Contemporary Museum of Art

Menikmati berbagai koleksi seni Korea Selatan dari setiap zamannya? National Contemporary Museum of Art bakal memuaskan keinginanmu dalam menikmati keindahan dari koleksi seni Korea Selatan.

Dengan luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi, berbagai koleksi ditampilkan dengan unik dan simpel oleh museum sejarah Korea Selatan ini. Hal ini dijamin bakal membuatmu betah berlama-lama di museum ini.

Ada tiga ruangan yang bisa kamu kunjungi di museum yang berlokasi di Seoul . Ketiga ruangan dibagi berdasarkan urutan sejarah. Ruangan pertama adalah sejarah tertua, dan ruangan ketiga adalah sejarah 1960-1980an.

National Contemporary Museum of Art museum sejarah Korea Selatan
National Contemporary Museum of Art via archdaily.com

8. Cheongwadae Sarangchae

Ingin mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Korea Selatan khususnya di bidang budaya dan politik? Cheongwadae Sarangchae adalah museum sejarah Korea Selatan terbaik yang tak boleh terlewatkan begitu saja.

Museum yang dibuka pada Januari 2010 tersebut memiliki ruangan pameran dan museum yang sengaja dirancang agar lebih ramah lingkungan. Energi matahari dan panas bumi adalah sumber yang dimanfaatkan.

Lantai dua adalah lantai yang kamu cari. Pasalnya, dii lantai tersebut, kamu bisa mengunjungi Aula Kepresidenan yang membahas mengenai peristiwa politik dan ekonomi Korea Selatan dari masa lalu hingga saat ini.

Cheongwadae Sarangchae museum sejarah Korea Selatan
Cheongwadae Sarangchae via Korea.net

9. Seodaemun Prison History Hall

Museum sejarah Korea Selatan lainya adalah Seodaemun Prison History Hall. Museum ini merupakan tempat di mana para aktivitis penggerak kemerdekaan Korea Selatan ditahan selama penjajahan Jepang.

Dengan luas area kurang lebih 29.216 meter persegi, tempat ini memiliki tujuh bangunan. Ketujuh bangunan tersebut pada masanya dijadikan sebagai tempat di mana penyiksaan aktivitis-aktivitis Korea Selatan.

Sekarang ini, bangunannya dijadikan sebagai museum guna mengenang pengorbanan para pejuang yang gugur. Dengan sejarah singkat tersebut, Seodaemun Prison History Hall layak untuk kamu kunjungi nantinya.

Seodaemun Prison History Hall museum sejarah Korea Selatan
Seodaemun Prison History Hall via justgola.com

Baca Juga: 10 Museum Teraneh Yang Ada Di Seluruh Dunia


10. Ewha Womans University Natural History Museum

Museum sejarah Korea Selatan terbaik lainnya wajib dikunjungi adalah Ewha Womans University Natural History Museum. Museum ini bakal cocok sebagai destinasi liburan jika kamu termasuk orang suka dengan alam.

Faktanya adalah museum ini bisa disebut sebagai museum sejarah alam pertama di Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1969, museum ini menyuguhkan koleksi spesies endemik, langka, ataupun baru ditemukan.

Di samping itu, ada pula koleksi burung yang dilindungi yang sudah diawetkan. Untuk semakin menarik pengunjung, ada audio visual dan diorama yang memudahkan pengunjung untuk belajar tentang ekosistem alam.

Ewha Womans University Natural History Museum museum sejarah Korea Selatan
Ewha Womans University Natural History Museum via ewhagsis.home.blog

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Kenyamanan adalah faktor penting dalam memilih sebuah penginapan. Pasalnya, kenyamanan bakal memengaruhi kualitas tidur dalam mengisi kembali energi yang habis setelah bekerja seharian.

Dari sekian banyak penginapan, Bobobox adalah penginapan yang mampu memberi kenyamanan yang kamu butuhkan. Fasilitas mumpuni yang ada bakal menjamin kualitas tidur mumpuni yang bakal kamu dapatkan.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya sekarang juga.

You might also like