museum

Museum Nasional Gunung Merapi: Tempat Rekreasi Edukatif Tentang Gunung Berapi

Museum memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang warisan sebuah budaya. Gunung Merapi merupakan salah satunya.

Museum Nasional Gunung Merapi didirikan pada tahun 2009 ini memuat informasi-informasi mengenai Gunung Merapi termasuk aspek ilimah dan sosial-budayanya. Keberadaan museum ini dirasa perlu mengingat Gunung Merapi adalah gunung paling aktif yang ada di Indonesia.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Gunung Merapi supaya kamu bisa lebih mengenal gunung berapi yang masih aktif ini. Penasaran apa aja yang ada di dalam Museum Nasional Gunung Merapi? Simak terus di sini ya!

Museum bersejarah di Yogyakarta

museum

http://mgm.slemankab.go.id/

Indonesia adalah negara yang berada dalam cincin api. Seratus dua puluh sembilan gunung berapi aktif mengelilingi negara tropis ini dan menyimpan bahaya yang tak bisa diabaikan.

Meskipun begitu, pengetahuan masyarakat Indonesia tentang kegunungapian dan kebencanaan masihlah kurang. Oleh karena itu, Museum Nasional Gunung Merapi didirikan untuk tujuan tersebut sekaligus meningkatkan geowisata yang edukatif khususnya di Yogyakarta.

Museum ini didirikan atas kerjasama kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pemerintah Propinsi DIY dan Pemerintah Kabupaten Sleman sejak tahun 2005.

Setelah selesai dibangun, museum ini diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro pada tanggal 1 Oktober 2009. Bangunannya memiliki luas 4.470 meter persegi dan berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare.

Bosan Dengan Destinasi Wisata Yogyakarta Yang Mainstream? Kunjungi 5 Destinasi Bersejarah Ini!

Area-area Museum Nasional Gunung Merapi

museum

http://mgm.slemankab.go.id/

Museum Nasional Gunung Merapi dibagi menjadi enam bagian. Area I yaitu area parkir kendaraan termasuk mobil dan bus. Di Area II terdapat Gedung A atau gedung utama. Area III terletak di sayap kanan dan kiri gedung utama.

Area IV yang merupakan Gedung C terletak di belakang gedung utama. Area V adalah area teater terbuka yang berada di bagian belakang gedung. Area VI merupakan area teater tertutup yang menyajikan informasi tentang Gunung Merapi dan mampu menampung 100 penonton.

museum

http://mgm.slemankab.go.id/

Selain dibagi berdasarkan area, Museum Nasional Gunung Merapi juga dibagi berdasarkan lantai. Di lantai 1 gedung terdapat informasi tentang filosofi gunung berapi dan alat peraga kegempaan. Lantai 1 juga merupakan tempat di mana benda berharga tentang kegunungapian dikumpulkan dan diarsipkan.

Beberapa informasi yang ada di lantai 1 gedung yaitu peta kawasan gempa bumi, mitos-mitos gunug berapi, koleksi batu dari beberapa gunung berapi di Indonesia, mitologi Gunung Merapi, dan informasi rinci lainnya tentang gunung berapi.

Di samping itu, kamu juga bisa belajar mengenai cara penyelematan diri dari ancaman gunung berapi. Yang pertama adalah cara persiapan dalam menghadapi leetusan gunung berapi. Di sini kamu akan dijelaskan tentang cara mengenali daerah untuk mencari tempat aman, membuat perencanaan, dan mempersiapkan pengungsian dan kebutuhan dasar.

Yang kedua adalah jika terjadi letusan gunung berapi. Yang perlu kamu lakukan di saat-sasat ini adalah pergi menjauh dari area gunung, lindungi diri dari abu dan letusan awan panas, dan kenakan pakaian yang melindungi tubuh termasuk hidung dan mulut.

Setelah itu, barulah kamu akan belajar apa yang harus dilakukan setelah terjadi letusan gunung berapi. Yang harus kamu lakukan adalah menjauhi wilayah yang terkena hujan abu, membersihkan atap dari timbunan abu karena beratnya dapat merusak dan meruntuhkan atap bangunan, dan menghindari berkendara dengan mobil di daerah yang terkena hujan abu karena abunya bisa merusak mesin mobil.

museum

http://mgm.slemankab.go.id/

Untuk di lantai 2 gedung, kamu akan menemukan informasi yang meliputi tampilan-tampilan letusan Gunung Merapi, alat peraga Tsunami, dan ruang pemutaran film tentang kegunungapian.

Di lantai 2 juga kamu akan menemukan informasi tentang gaya-gaya geologi, bola dunia, tsunami, miniatur erupsi Gunung Merapi, dan koleksi foto Gunung Merapi sejak tahun 1900.

Fasilitas Museum Nasional Gunung Merapi

museum

http://mgm.slemankab.go.id/

Fasilitas yang disediakan di museum ini cukup lengkap. Fasilitas umum seperti kamar mandi, tempat parkir, toko suvenir, kantin, dan musala bisa kamu temukan.

Selain itu, museum ini juga memiliki home theater untuk melihat film dokumenter erupsi Gunung Merapi yang memuat 100 orang. Ada juga ruang auditorium untuk berbagai acara perkumpulan, dan teater terbuka tempat pagelaran seni diselenggarakan.

Teater terbuka ini terletak di bagian belakang gedung dan dikelilingi oleh panorama alam yang indah. Tempat ini juga bisa kamu gunakan untuk acara family gathering atau kegiatan sosial.

Benteng Pendem, Tempat Wisata Di Semarang Yang Instagrammable

Kegiatan yang diadakan museum

museum

http://mgm.slemankab.go.id/

Museum Nasional Gunung Merapi tidak hanya ada sebagai tempat rekreasi edukatif semata. Lembaga ini juga memiliki kegiatan-kegiatan kontribusi terhadap masyakarat. Kegiatan yang pernah diadakan antara lain adalah kerja sama penguatan literasi dengan sekolah, kemah budaya, dan edukasi kesiapsiagaan bencana untuk anak.

Akses informasi yang lebih mudah

Sejak Januari 2019 lalu, Museum Nasional Gunung Merapi dilengkapi dengan barcode yang bisa kamu pindai. Melalui barcode ini kamu bisa mengakses informasi seputar Gunung Merapi melalui telepon genggam. Mudah dan cepat.

Barcode ini terletak di seluruh koleksi Museum Gunung Nasional Gunung Merapi yang ada di lantai 1 dan lantai 2. Kamu bisa menemukan barcode-nya tertempel di setiap pojok koleksi. Fasilitas ini gratis dan tersedia bagi semua pengunjung.

Kamu cukup mengunduh aplikasi QR Reader di telepon genggam kamu. Setelah itu, pindai barcode yang ada dan kamu akan diarahkan ke situs web museum.

Harga tiket dan jam operasional Museum Nasional Gunung Merapi

Jam operasional

  • Selasa-Minggu pukul 08.00—15.30
  • Jumat pukul 08.00—14.30
  • Senin tutup

Harga tiket

  • Umum: Rp5.000,00 per orang
  • Wisatawan mancanegara: Rp10.000,00 per orang
  • Tiket masuk ruang audio visual umum: Rp5.000,00 per orang
  • Tiket masuk ruang audio visual wisatawan mancanegara: Rp10.000,00 per orang

Alamat

Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Yuk Main Ke 5 Tempat Wisata Film Indonesia Yang Instagenic Ini!

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Desain kamarnya futuristik dan teknologi yang digunakan juga canggih lho. Untuk memesan kamar kamu bisa melakukannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan juga pengatur lampu led. Selain itu, buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul.

Di Bobobox, kamu akan tidur di atas kasur berukuran king size yang empuk dan nyaman. Ada dua jenis kamar yang bisa kamu pilih saat menginap di Bobobox, yaitu earth dan sky.

Di Bobobox juga ada ruang komunal yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong lho. Karena tema yang diusung adalah travel more, jadi kamu bisa bertemu rekan sesama traveler dan bertukar cerita.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan kamu kali ini dengan menginap di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles