image_2022-09-18_003047572

Ini Arti Telinga Berdenging pada Waktu Tertentu Menurut Primbon!

Telinga berdenging punya banyak arti menurut mitos, legenda, dan primbon. Salah satunya adalah berdasarkan waktu dan posisi telinga.

Primbon sendiri adalah sebuah kitab warisan leluhur Jawa yang fokus pada relasi kehidupan manusia dan alam semesta. Selain umum digunakan oleh masyarakat Jawa kuno, primbon saat ini juga digunakan sebagai pedoman menentukan sikap dan tindakan kehidupan.

Nah, kitab ini juga memberi penjelasan mengenai mitos telinga berdenging. Sebagian orang mengartikan telinga berdenging sebagai pertanda sial, dan sebagian lainnya sebagai pertanda baik. Yuk, langsung saja simak infonya berikut ini.

Arti Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa

1. Telinga Berdenging Jam 01.00–02.00

Jika telinga kiri berdenging sekitar pukul satu hingga dua pagi, ini adalah pertanda kabar buruk, yakni salah seorang anggota keluargamu akan meninggal dunia dalam waktu dekat.

Jika telinga kanan yang berdenging, ini menjadi pertanda adanya pesta besar yang akan kamu temui.

Tinnitus | Lorna Vanderhaeghe

Sumber: Lorna Vanderhaeghe

2. Telinga Berdenging Jam 02.00–03.00

Jika telinga kiri berdenging pada waktu ini, ini pertanda bahwa kamu akan kedatangan tamu yang tak terduga-duga. Jika yang berdenging adalah telinga kanan, ini pertanda akan ada bahaya yang menghampiri kamu, sehingga kamu dituntut untuk berhati-hati.


Baca Juga: Doorway Effect: Ketika Masuk Ruangan Tapi Lupa Mau Ngapain


3. Telinga Berdenging Jam 03.00–04.00

Jika telinga kirimu berdenging pada sekitar pukul tiga hingga empat pagi, ini pertanda bahwa akan ada seseorang yang mengajak kamu bepergian. Jika telinga kanan yang berdenging, tandanya kamu akan mendengar sebuah kabar besar dari keluarga besar.

4. Telinga Berdenging Jam 04.00–05.00

Jika telinga kiri yang berdenging, ini tandanya akan ada keluarga jauh yang datang menemuimu. Lain jika telinga kanan yang berdenging, ini menandakan kamu akan bertemu dengan seseorang yang telah lama hilang dari kehidupanmu.

5. Telinga Berdenging Jam 05.00–06.00

Jika telinga kirimu berdenging pada waktu ini, kamu akan mendapatkan rezeki yang tidak kamu duga sebelumnya. Sedangkan jika dengingannya ada di telinga kanan, tandanya kamu sedang menjadi bahan pembicaraan orang.

telinga berdenging menandakan kamu sedang dibicarakan orang

Sumber: iStock

6. Telinga Berdenging Jam 06.00–07.00

Jika telinga kiri yang berdenging, tandanya kamu akan kedatangan tamu yang berniat buruk. Jika telinga kanan yang berdenging, kamu akan kehilangan sesuatu yang kamu cintai. Duh, mau kanan atau kiri, harus hati-hati nih.

7. Telinga Berdenging Jam 07.00–08.00

Jika telinga kiri kamu berdenging pada waktu ini, tandanya bahwa kamu akan dibawa menempuh perjalanan jauh dalam waktu dekat. Jika telinga kanan kamu yang berdenging, ini pertanda bahwa kamu akan menjadi bahan gunjingan orang.

8. Telinga Berdenging Jam 08.00–09.00

Jika telinga kiri yang berdenging, tandanya kamu akan kedatangan seseorang yang pernah mengecewakanmu sebelumnya. Jika telinga kanan yang berdenging, tandanya kamu akan kedatangan musibah kecil yang tidak terduga.

Telinga Berdenging pada Siang dan Malam Hari? Ini Artinya!

1. Telinga Berdenging Jam 13.00–14.00

Jika telinga kiri berdenging pada waktu ini, ini pertanda kamu akan mendapatkan kabar yang sangat kamu nanti-nantikan. Jika telinga kanan yang berdenging, tandanya akan ada sebuah perselisihan dengan orang terdekat kamu.

2. Telinga Berdenging Jam 14.00–15.00

Jika telinga kiri kamu berdenging sekitar jam dua hingga tiga sore, ini menandakan bahwa kamu akan kehilangan rezeki yang sudah susah payah kamu dapatkan. Jika telinga kanan yang berdenging, tandanya akan ada salah satu anggota keluarga yang akan menjadi seorang pemimpin.

3. Telinga Berdenging Jam 15.00–16.00

Jika telinga kiri berdenging pada waktu ini, ini adalah pertanda bahwa kamu akan diterima kerja di tempat impian. Jika telinga kanan yang berdenging, kamu akan mendapatkan kabar baik yang tidak disangka-sangka.

arti telinga berdenging, ilustrasi laki-laki berada di tengah jalan yang sepi

Sumber: Unsplash

 4. Telinga Berdenging Jam 16.00–17.00

Jika telinga kiri kamu berdenging pada sore pukul empat sampai lima, ini merupakan pertanda bahwa kamu akan mengalami sebuah musibah kecelakaan. Jika telinga kanan yang berdenging, tandanya kamu akan kedatangan tamu dari jauh yang akan menolong masalahmu.

5. Telinga Berdenging Jam 17.00–18.00

Jika telinga bagian kiri kamu berdenging di sektar jam lima hingga enam sore, ini pertanda bahwa seseorang akan mengirimkan pelet atau santet kepadamu. Jika telinga kanan yang berdenging, tandanya akan ada mahkluk halus yang mengikutimu. Waduh…

6. Telinga Berdenging Jam 18.00–19.00

Jika telinga kiri berdenging pada waktu ini, kamu akan kehilangan anggota keluarga yang kamu sayangi. Tapi jika telinga kanan yang berdenging, tandanya kamu akan menjadi seorang pemimpin yang disegani.

7. Telinga Berdenging Jam 19.00–20.00

Jika telinga kiri kamu berdenging pada waktu ini, ini pertanda bahwa seorang yang sangat kamu percayai akan mengkhianati kamu. Jika telinga kanan yang berdenging, tandanya kamu akan tertipu seseorang bermulut manis.

8. Telinga Berdenging Jam 19.00–20.00

Jika telinga sebelah kiri kamu berdenging pada waktu ini, ini pertanda bahwa kamu akan mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan secara tidak disangka-sangka. Jika telinga kanan berdenging, maka memiliki arti yang berbeda. Dengingan di telinga kanan pada jam ini tandanya kamu akan mendapatkan rejeki tak diduga-duga.

Bagaimana, apakah kamu percaya dengan arti telinga berdenging berdasarkan primbon di atas? Percaya atau tidak, primbon merupakan salah satu warisan budaya leluhur kita, khususnya leluhur masyarakat Jawa, yang harus kita jaga. Kita pun harus menghormati saudara-saudara kita yang masih menggunakan primbon sebagai pedoman hidupnya sampai saat ini.

Tidak ada salahnya bagi kamu untuk mempelajari isi dari kitab primbon ini. Indonesia memang kaya akan budaya, bukan?

Bagaimana dengan Penjelasan Medisnya?

Setelah mengamati arti telinga berdenging menurut primbon Jawa, mari melihat penjelasan dari sisi medisnya. Telinga berdenging dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti:

  • Infeksi pada saluran telinga
  • Gangguan pada gendang telinga
  • Penumpukan kotoran atau cairan di dalam telinga
  • Mendengarkan suara yang sangat keras dalam waktu panjang (misal pekerja pabrik, konstruksi, musisi, pilot, dan tentara)
  • Otosklerosis (perubahan struktur tulang telinga di mana terjadi pertumbuhan tulang yang tidak biasa pada telinga bagian tengah)
  • Penyakit Meniere (gangguan pendengaran akibat adanya kelebihan cairan, infeksi virus, gangguan sistem imun, cedera kepala, migrain hingga alergi)
  • Pengaruh obat-obatan tertentu (misal aspirin, antimalaria, antibiotik tertentu, obat kanker, obat diuretik, antidepresan, dan kina)
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Cedera kepala atau leher
  • Tumor jinak (neuroma akustik)
  • Gangguan pembuluh darah
  • Faktor usia

Terkadang, telinga juga bisa berdenging tanpa akibat atau masalah yang jelas. Tetapi, selama dengingan cepat hilang, tidak sakit, dan tidak mengganggu aktivitas, maka kamu tidak perlu khawatir. Sebaliknyak, jika telinga sering berdenging dalam waktu yang lama dan menyebabkan rasa sakit, maka kamu harus memeriksakannya ke dokter THT!


Liburan Singkat dengan Staycation di Bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bertujuan agar kamu bebas stres. Begitu masuk ke pod kapsulnya, suasana tenang dan nyaman akan melingkupimu seketika. Selain desain modern, Bobobox memiliki sentuhan futuristik, termasuk teknologi dan fasilitas canggih di dalamnya.

Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Selain reservasi, aplikasi ini juga berfungsi sebagai kunci kamar, lho! Dengan memindai kode QR untuk masuk ke pod, pod kamu pun aman dari gangguan orang lain.

Selain hotel kapsul, ada juga yang baru: Bobocabin, Mengusung konsep glamping, kabin di tengah alam ini cocok buat kamu yang ingin staycation dikelilingi panorama hijau dan sejuk!

bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles