Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menguak 10 Mitos Seram the Dark Web yang Akhirnya Terungkap | Jangan Sampai Salah Kaprah.

Wajib kamu simak!

Bobobox.co.id — Kamu tentu pernah mendengar dark web. Dari namanya, dark web memang memberikan kesan yang begitu menyeramnya. Faktanya memang mengindikasikan hal yang sama seperti namanya.

Dark web adalah sebuah bagian dari internet yang menyimpan beragam informasi yang begitu disembunyikan. Bahkan, untuk mengaksesnya, kamu memerlukan browser khusus yang membuatmu anonim.

Dengan stigma tersebut, banyak mitos seram the dark web yang beredar di ranah publik yang sebenarnya sebuah rumor belaka. Mitos seram the dark web tersebut akhirnya banyak yang terungkap.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan 10 mitos seram the dark web yang akhirnya terungkap dan berakhir menjadi rumor belaka. Jangan sampai salah sangka ya untuk mitos-mitos seramnya!

Dark Web dan Deep Web adalah Satu Hal yang Sama

Mitos seram the dark web yang pertama adalah dark web dan deep web merupakan satu entiti yang sama. Mitos seram the dark web ini kerap kali menjadi miskonsepsi untuk hampir sebagian besar orang.

Nyatanya, keduanya berbeda satu sama lain. Deep web adalah bagian dari internet yang tidak terindeks oleh mesin pencari seperti Google. Misalkan saja bagian situs web yang dilindungi dengan kata sandi.

Sedangkan, dark web adalah bagian kecil dari deep web namun memiliki lebih banyak lapisan keamanan. Oleh karena itu, situs dark web memiliki alamat server yang tersembunyi dan hanya bisa diakses melalui browser khusus.

via hellosoda.com

Pengguna Dark Web adalah Orang Jahat

Mitos seram the dark web berikutnya adalah semua pengguna atau orang yang mengakses dark web merupakan orang-orang jahat. Faktanya adalah tak semua pengguna dari dark web merupakan orang jahat.

Walaupun terdapat kriminal yang berkeliaran, banyak orang-orang berprofesi seperti jurnalis, dokter, hingga orang pemerintahan. Bahkan, Angkatan Laut Amerika Serikat kerap menggunakan dark web.

Namun, hal penting yang kamu ketahui adalah dark web seringkali disalahgunakan. Sebuah studi menyebutkan bahwa dark web sering digunakan untuk kegiatan ilegal seperti pedofilia dan konten pembunuhan.

mitos seram the dark web penjahat
@tar1k via unsplash.com

Semua Kejahatan Siber Terjadi di Dark Web

Semua kejahatan siber terjadi di dark web adalah salah satu mitos the dark web yang paling mudah untuk terungkap. Pasalnya, kejahatan siber pun seringkali terjadi di web yang biasa kamu gunakan atau clearnet.

Dark web memang kerap kali digunakan oleh pejahat siber untuk saling bertukar dan mengumpulkan informasi. Pasalnya, banyak forum underground, marketplace ilegal yang ada di dark web sebagai tempat informasi.

Namun, tetap saja, hal tersebut bukanlah sebuah jaminan bahwa semua kejahatan siber terjadi di dark web. Banyak kasus yang membuktikan bahwa clearnet yang kamu gunakan pun kerap kali terjadi kriminal siber.

D-Keine / Getty Images via csoonline.com

Dark Web Sulit Untuk Diakses

Banyak orang beranggapan bahwa dark web termasuk hal yang benar-benar tersembunyi dan hanya bisa diakses oleh sebagian orang. Hal tersebut nyatanya merupakan salah satu dari banyak mitos seram the dark web.

Fakta dari mitos seram the dark web tersebut adalah semua orang bisa dengan mudah mengakses dark web. Kamu hanya memerlukan browser khusus untuk mengaksesnya, yakni Tor Browser.

Browser tersebut merupakan hasil modifikasi dari Firefox namun dengan tambahan ekstensi untuk privasi dan keamanan. Walaupun begitu, bagi orang awam sangat disarankan untuk tidak mengaksesnya secara sembarangan.

@sora-shimazaki via pexels.com

Mengakses Dark Web Termasuk Hal Ilegal

Dengan cap hal-hal ilegal yang ada di dark web, mitos seram the dark web lainnya adalah mengakses dark web termasuk hal ilegal. Padahal, kamu diperbolehkan untuk mengakses dark web layaknya mengakses clearnet.

Walaupun begitu, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan baik-baik sebelum mengakses dark web. Salah satunya adalah terkait privasi datamu yang bisa dicuri oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

Risiko yang timbul dari mengakses dark web pastinya harus diperhitungkan matang-matang. Kamu tentu tidak ingin terjerat kasus kriminal siber saat kamu memutuskan untuk mengakses dark web.

@sora-shimazaki via pexels.com

Privasi Datamu Aman

Mitos seram the dark web berikutnya adalah privasi datamu bakal benar-benar aman. Hal ini mungkin seringkali disalahartikan khususnya bagi orang-orang awam yang penasaran untuk mengakses dark web.

Memang benar jika dark web menggunakan enkripsi dan ekstensi yang mampu meningkatkan privasi dan keamanan orang yang mengakses. Namun, data pribadimu sendiri tak sepenuhnya terproteksi.

Kamu harus ingat jika dark web dihuni oleh banyak hacker berkeliaran. Mereka bisa dengan mudah mengetahui data pribadimu dan bisa saja mengancam hingga memerasmu dari data-data pribadimu tersebut.

@pixabay via pexels.com

Dark Web adalah Bagian dari Internet yang Sangat Besar

Mitos seram the dark web lainnya adalah anggapan bahwa dark web memiliki jumlah situs yang benar-benar banyak. Beberapa beranggapan bahwa jumlahnya mampu melampaui situs yang ada di clearnet.

Nyatanya, dark web hanyalah bagian kecil dari internet secara keseluruhan. Jumlah situs yang ada di dark web pun tidak sebanyak yang kamu bayangkan. Hanya ada sekitar 7 hingga 30 ribu saja.

Angka tersebut tentu sangatlah kecil jika dibandingkan dengan jumlah situs di clearnet atau surface web. Jumlah situs di clearnet sendiri mencapai lebih dari satu miliar situs yang bisa dijelajahi.

via medium.com

Saat Mengakses Dark Web, Semua Konten Ilegal Bisa Terbuka

Kamu mungkin bisa mengakses dark web dengan mudah menggunakan Tor Browser. Namun, bukan berarti kamu akan secara otomatis mampu mengakses konten-konten ilegal yang ada di dark web.

Hal tersebut menjadi salah satu mitos seram the dark web yang terbukti salah kaprah. Pasalnya, pembuat situs benar-benar memproteksi dan membatasi akses masuk untuk situs yang mereka buat.

Kemungkinan besar mereka akan melindungi situs mereka dengan kata sandi tertentu. Bahkan, beberapa situs hanya mengizinkan orang yang mengakses situs tersebut dari daftar alamat IP tertentu.

@lennart-wittstock-94105 via pexels.com

Tujuan Utama dari Dark Web untuk Membantu Kriminal

Stigma negatif soal kriminal siber dan aktivitas ilegal di dark web menjadikan banyak orang menyangka bahwa tujuan utama pembuatan dark web adalah untuk membantu para kriminal dalam melakukan kejahatan.

Padahal, hal tersebut termasuk salah satu mitos seram the dark web saja. Dengan disembunyikannya alamat IP pengguna, dark web memang kerap kali dianggap mempermudah tindak kejahatan siber.

Walaupun begitu, dark web tak hanya diisi oleh kriminal seperti yang sudah disebutkan. Ada jurnalis, agen FBI, dan lainnya yang bisa mempublikasikan tindak kejahatan tersebut ke clearnet.

@hirmin via unsplash.com

Harus Mengakses Dark Web untuk Mencari Aktivitas Ilegal

Mitos seram the dark web terakhir adalah kamu harus mengakses dark web untuk mencari aktivitas ilegal. Hal ini mungkin menjadi stigma di kepala banyak orang saat memikirkan sebuah aktivitas ilegal.

Dark web memang sering menarik banyak kriminal untuk melakukan aktivitas ilegal. Mulai dari menjual obat-obatan terlarang hingga melakukan penyelundupan manusia yang tentunya sangatlah ilegal.

Namun, banyak situs yang bisa diakses oleh khalayak umum yang melakukan aktivitas ilegal. Untungnya, situs-situs tersebut sudah ditutup berdasarkan laporan Internet Watch Foundation pada tahun 2014.

@artem_kniaz via unsplash.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Sedang mencari tempat menginap yang nyaman? Jika iya, tidak perlu pusing-pusing. Pasalnya, kamu tinggal memacu kendaraanmu ke Bobobox.

Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren yang dijamin bisa membuatmu nyaman selama menginap di dalam podnya. Untuk informasi lebih lanjut, unduh aplikasi Boboboxnya di sini.

10 Rekomendasi Masker Cantik Merek Lokal

You might also like