Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hati-Hati! Ini Dia Jenis-Jenis Pohon yang Dipercaya Menjadi Sarang Hantu!

Bikin banyak orang lari terbirit-birit

Sebagian masyarakat meyakini bahwa manusia hidup berdampingan dengan hantu atau makhluk halus. Mereka berada di sekitar dan mendiami tempat-tempat tertentu. Salah satunya adalah pepohonan. Namun, tentu tidak semuanya termasuk pohon berhantu.

Pohon-pohon tersebut mungkin seringkali kamu jumpai atau bahkan ada di sekitar halaman atau kebun rumah kamu. Apa saja sih pohon berhantu itu? Yuk simak lebih lengkap bersama Bob!

Pohon Beringin

Jeremy Bezanger

Masyarakat sudah sejak lama meyakini beringin sebagai pohon berhantu. Batangnya yang besar dan tinggi menjulang, tangkainya yang mlimpah, daun yang lebat serta akar gantung yang menjuntai memang membuatnya terkesan misterius dan menyeramkan.

Konon, pohon beringin, terutama yang sudah tua, menjadi tempat favorit bagi para jin dan hantu genderuwo. Sebagai rumah bagi makhluk halus, manusia sangat dilarang mengencingi pohon satu ini. Jika melanggar, ia kemungkinan akan terkena sawanen, sejenis penyakit akibat gangguan makhluk halus.

Ada juga mitos yang menyebutkan seseorang akan jatuh sakit jika mematahkan akar gantung baik sengaja atau tidak. Untuk mengatasinya, orang itu harus segera mintai bantuan orang pintar sebelum nyawa jadi taruhan.

Orang zaman dulu bahkan menyediakan tempat khusus sesajen di dekat pohon tersebut. Selain itu, pohon satu ini juga sangat pantang untuk ditebang tanpa melakukan ritual khusus. Jika nekat, pelakunya bisa terkena musibah sebab telah mengundang kemarahan si penghuni.

Pohon Bambu

Marine Sintes/Unsplash

Pohon bambu termasuk pohon yang kaya manfaat, seperti untuk penyerapan air, pencegah erosi hingga bahan baku industri. Batang-batangnya yang tinggi dan berimpitan juga kerap memberikan keteduhan dan ketenangan untuk lingkungan sekitar.

Meski begitu, banyak masyarakat percaya bahwa bambu merupakan pohon berhantu. Deretan pohonnya yang rindang konon menjadi tempat favorit makhluk halus, mulai dari jin bermata merah dan bertubuh besar, wewe gombel hingga kuntilanak.

Mitosnya, jika pohon tampak berayun-ayun saat manusia melewatinya, mungkin ada hantu yang tengah usil. Makhluk tak kasat mata itu konon hanya akan menampakkan diri pada manusia iseng atau bertingkah tidak sopan di wilayah kekuasan mereka sebagai bentuk teguran.

Pohon bambu juga identik dengan sarana menculik anak, terutama bagi mereka yang masih berkeliaran menjelang magrib hingga malam hari. Pelaku penculikan anak ini biasanya mengarah pada hantu wewe gombel yang terkenal memiliki payudara besar.

Menurut kepercayaan orang dulu, barang siapa melangkahi batang bambu melintang, apalagi anak-anak, batang itu akan membawanya ke atas ke tempat makhluk penghuni bambu itu bersemayam. Hanya saja, hal-hal tersebut tidak berlaku bagi pohon bambu kuning yang justru digunakan sebagai penolak bala dan makhluk gaib.


Baca Juga: Tak Hanya Daun Kelor, Ini Dia Tanaman-Tanaman Yang Sering Dihubungkan Dengan Unsur Mistis


Pohon Pisang

Vije Vijndranath/Unsplash

Selain menghasilkan buah yang nikmat dan kaya manfaat, pohon pisang juga terkenal dengan daunnya yang serbaguna. Pohon satu ini juga sangat mudah dan seringkali kamu jumpai di kebun atau sekitar rumah.

Namun, siapa sangka mitos pohon pisang sebagai pohon berhantu ternyata sudah lama beredar di masyarakat. Konon, pohon satu ini menjadi tempat kesukaan terutama bagi hantu pocong. Melansir Kumparan, mitos ini menurut komunitas horor di Indonesia berkaitan dengan penggunaannya dalam pemandian jenazah.

Kehadiran pohon pisang juga dapat membuat ligkungan menjadi lembap dan hal ini mengundang banyak binatang melata seperti cacing dan ulat. Binatang-binatang tersebut dianggap dapat memanggil hantu pocong.

Selain pocong, kuntilanak, tuyul hingga parakang (manusia jadi-jadian dalam mitos masyarakat Sulawesi) juga menyukai pohon tersebut. Tidak sedikit orang membagikan pengalaman mereka melihat hantu-hantu itu menampakkan diri di sebelah pohon pisang. Pada tahun 2017 lalu, sebuah rekaman video bahkan sempat viral terkait penampakan tuyul yang berdiri di bawah pohon di kawasan perkebunan Garut.

Pohon Nangka

@karlgroendal/Unsplash

Pohon nangka menghasilkan buah besar yang bisa dijadikan olahan sayur saat masih mentah. Sementara itu, saat matang buah akan menguarkan bau harum nan tajam dengan rasa manis legit.

Sayang, di balik manisnya buah pohon tersebut, orang-orang justru menganggapnya sebagai pohon berhantu. Pohonnya yang tinggi dan berdaun lebat memang terlihat menyeramkan terutama di malam hari.

Menurut mitos, kuntilanak menjadi hantu yang kerap singgah di pohon satu ini. Konon, saat ada kuntilanak yang menyukai anggota keluargamu terutama anak-anak, dia akan mengikuti hingga ke rumah. Jika ada pohon nangka di sekitar rumah kamu, dia bisa saja mendiami pohon tersebut.

Tak kalah menakutkan, jika kamu melihat buah nangka jatuh di malam hari, siap-siap dibuat merinding. Saat kamu akan mengambilnya, buah justru tampak seperti kepala manusia. Mitos lainnya menyebutkan seseorang yang diculik oleh makhluk halus akan dikembalikan di atas pohon nangka.

Pohon Sukun

via kebudayaan.kemendikbud.go.id

Sama halnya seperti nangka, pohon sukun juga menghasilkan buah yang dapat kamu olah menjadi makanan enak. Hanya saja, julukan pohon berhantu kerap menyertai keberadaan pohon ini.

Tidak tanggung-tanggung, beberapa jenis hantu kabarnya kerap menjadikan pohon sukun sebagai sarang dan tempat bermain. Sebut saja kuntilanak, jin hingga pocong.


Baca Juga: Ini Dia Sosok Hantu Dengan Wujud Nenek-Nenek Di Berbagai Negara Yang Paling Menyeramkan


Pohon Sawo Manila

klikhijau.com

Selanjutnya, ada pohon sawo manila yang dipercaya menjadi sarang hantu kuntilanak, genderuwo hingga jin. Pohon sawo memang terbilang rindang dengan dahan-dahan rendah dan bisa tumbuh hingga 30-40 meter.

Dedaunan dan dahannya yang rapat membuat sawo tampak gelap dan menguarkan nuansa mistis. Menurut cerita oang zaman dulu, anak-anak yang bermain di bawah pohon berhantu ini terutama saat magrib akan tersesat sebab pandangan mereka telah dibutakan.

Mitos lainnya menyebutkan tanda pohon sawo berhantu adalah aroma bakaran ubi yang menjadi indikasi adanya genderuwo. Bau tersebut akan tercium saat melewati pohon sawo terutama selepas magrib. Selain itu, jika anak-anak yang menagis selepas magrib atau tengah malam, sudah pasti mereka terganggu oleh hantu yang terkenal berperawakan besar tersebut.

Pohon Asam Jawa

via agrotek.id

Siapa sangka bahwa pohon asam Jawa yang terkenal rindang dan berbatang besar bisa menjadi sarang bagi para mahluk halus. Sesuai dengan namanya, pohon ini menghasilkan buah asam yang kerap digunakan sebagai campuran bumbu masakan khas Nusantara.

Menurut mitos yang beredar, pohon berhantu ini kerap menjadi sarang kuntilanak dan pocong. Dahan pohonnya yang panjang konon kerap menjadi tempat penampakan hantu wanita tersebut.

Karena itu, orang-orang biasanya tidak akan membiarkan pohon menjadi terlalu lebat dan lama di sekitar rumah. Untuk menebangnya, kamu bahkan perlu menjalani ritual khusus apalagi jika pohon sudah berumur ratusan tahun.


Baca Juga: Ini Dia 10 Hutan Paling Angker Di Indonesia. Berani Untuk Datang Ke Sini?


Pohon Kapuk Randu

bobo.grid.id

Kendati bermanfaat, banyak orang yang meyakini pohon kapuk randu sebagai pohon berhantu. Karena itu, pohon satu ini sebisa mungkin tidak dibiarkan tumbuh besar agar tidak menjadi kediaman pocong. Konon, makhluk halus bernama pocong itu kerap berdiam diri di bawah pohon randu. Selain itu, sebagian orang juga beranggapan bahwa kapuk juga menjadi tempat bagi wewe gombel, sundel bolong, jin dan mahluk halus lainnya.

Pohon Aren

Pohon berhantu wewe gombel
greeners.co

Selanjutnya, ada pohon aren yang dipercaya menjadi sarang wewe gombel. Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, wewe gombel merupakan hantu yang kerap menculik anak-anak terutama yang masih berkeliaran menjelang magrib dan malam hari. Dia akan membawa anak tersebut untuk tinggal bersama di atas pohon aren.

Mau menginap di hotel tapi takut tempatnya horor? Ke Bobobox saja yuk! Dengan desain futuristik, hotel kapsul satu ini jauh banget dari kesan angker. Selain itu, Bobobox juga menawarkan berbagai fasilitas menarik dan canggih sehingga pengalaman menginap kamu terasa menyenangkan dan jauh dari kata seram.

Ada keyless access, Wi-Fi kencang di seluruh area Bobobox, vending machine, Bluetooth speaker, moodlamp untuk pengaturan warna cahaya dalam pod, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung unduh saja aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

You might also like