Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

3 Mitos Dunia Kerja yang Dihadapi Fresh Graduate

Simak baik mitos nomor dua di bawah ini

Bobobox.co.id — Jika kamu baru saja lulus dari bangku kuliah atau seorang fresh graduate, tentu kamu memiliki bayangan terhadap dunia kerja yang nantinya akan kamu selami.

Selagi membayangkan dunia kerja, berada pada fase menjadi fresh graduate memang tidaklah mudah. Pasalnya, kamu akan berhadapan langsung dengan beribu orang lainnya yang sedang mencari pekerjaan di bidang yang kamu geluti selama ini.

Saat sedang melamar-lamar pekerjaan, seringkali, kamu pun mendengar banyak mitos seputar dunia kerja yang akan kamu hadapi sebagai fresh graduate. Bahkan, mitos-mitos inilah yang acapkali membuatmu stres duluan karena berbeda dengan dunia kerja yang kamu bayangkan sebelumnya.

Nah, untuk mengetahui apa saja yang menjadi mitos dunia kerja yang akan kamu hadapi, berikut merupakan mitos-mitos yang sudah banyak beredar dari mulut ke mulut ini.

Perusahaan Lebih Menyenangi Karyawan Berpengalaman

Mitos pertama yang sepertinya sering kamu dengar adalah perusahaan lebih senang dengan karyawan berpengalaman ataupun yang sudah lama berkecimpung di bidang yang kamu lamar. Sekarang ini, persaingan di dunia kerja memang semakin ketat sehingga terkadang mau tidak mau, seorang fresh graduate harus bersaingan dengan yang sudah berpengalaman.

Namun, hal ini tidak perlu kamu risaukan terlalu jauh. Pada dasarnya, kamu sebagai fresh graduate masih memiliki ‘pasar’ atau ‘lahan’ tersendiri yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Jadi, saat membuka lowongan pekerjaan di beberapa posisi, sebuah perusahaan tidak melulu membutuhkan pekerja yang berpengalaman.

Bahkan, sekarang ini, beberapa perusahaan khususnya perusahaan startup lebih memilih pekerja yang fresh graduate. Fresh graduate sendiri sering dianggap lebih mampu mengikuti perkembangan perusahaan startup khususnya yang berkaitan erat dengan teknologi yang cepat sekali berkembang.

dunia kerja pengalaman

Semakin Tinggi IPK, Semakin Mudah Karir

Mitos selanjutnya adalah semakin IPKmu tinggi maka semakin mudah juga perjalananmu dalam merintis karir. Selama kamu duduk di bangku kuliah, IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif menjadi salah satu indikator yang katanya bisa membuatmu dalam berkarir saat di dunia kerja nantinya.

Padahal, nilai IPKmu yang relatif tinggi sendiri tidak selalu menjamin kamu bisa bekerja lebih cepat dibandingkan yang lebih rendah darimu. Biasanya, IPK hanya menjadi salah satu persyaratan awal untuk masuk kualifikasi diterima atau tidaknya berkas lamaran kerjamu.

Sejatinya, tingginya nilai IPK masih relevan dengan dunia kerja yang sedang dihadapi. Hanya saja, tidak sekadar IPK tinggi yang kamu butuhkan. Kompetensi dan karakter yang sesuai tentu akan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk sebuah perusahaan menerimamu bekerja.

Jadi, untuk itu, kamu bisa mengambil berbagai kursus belajar online yang sudah bertebaran di internet khususnya media sosial. Tidak ada alasan untuk tidak mengembangkan dirimu lebih baik lagi.

dunia kerja ipk

Gaji Besar Selalu Menyenangkan

Yang terakhir adalah menyoal gaji yang akan kamu dapat selama bekerja. Salah satu yang harus disadari olehmu sebagai fresh graduate adalah bekerja tidak melulu menyoal gaji yang tinggi. Kadangkala, gaji hanya menjadi motivasi tersendiri untuk bisa tetap bertahan hidup.

Great power comes great responsibility merupakan kutipan yang tepat untuk menggambarkannya. Dengan gaji yang besar, tentu ada tanggungjawab besar yang harus kamu emban. Sehingga, gaji besar yang kamu dapat tidak selalu terlihat menyenangkan seperti yang terlihat.

Pastikanlah untuk mendapatkan lingkungan dan budaya kerja yang mendukungmu untuk bertumbuh khususnya saat kamu masih menjadi seorang fresh graduate.

dunia kerja gaji

Bukan Mitos Namanya Jika Mendapat Pengalaman Menginap Seru di Bobobox

Setelah tadi berurusan soal mitos dunia kerja, yang satu ini bukan mitos belaka. Mendapatkan pengalaman menginap yang seru dan menyenangkan pasti kamu dapatkan selama berada di Bobobox.

Hotel kapsul satu ini menyediakan beragam fasilitas keren dan kekinian untuk menunjang pengalaman menginapmu. Tak pelak, kamu yang suka nonton film atau serial televisi lewat laptopmu akan terpuaskan dengan pengeras suara Bluetooth dan lampu led yang bisa kamu sesuaikan.

Mau memesan tiap podnya? Cukup unduh aplikasi Bobobox di sini dan nikmati pengalaman yang menyenangkan selama di Bobobox

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.