rumah

Simak Mitos di Indonesia yang Banyak Orang Percayai Berikut Ini!

Mitos di Indonesia berikut ini faktanya masih banyak melekat di kalangan masyarakat Indonesia. Kepercayaan ini sulit lepas dan umumnya dipengaruhi oleh banyak sumber non-ilmiah. Apakah ini fakta ataupun mitos tentunya kembali lagi ke kepercayaan kamu dalam menyikapinya. Lalu apa sajakah informasi-informasi yang dinilai merupakan sebuah mitos di Indonesia? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Mitos di Indonesia: Anak Gadis yang Duduk di Depan Pintu Akan Susah Dapat Jodoh

Mitos yang pertama adalah mengenai anak gadis untuk menghindari duduk di depan pintu. Hal ini dikhawatirkan dapat menjadi salah satu penyebab sulitnya seorang gadis dalam menemukan jodohnya. Bisa jadi alasan dibuatnya mitos ini adalah agar orang-orang tidak duduk di depan pintu yang hanya akan menghalangi jalan. Saat teguran tak lagi mempan mungkin nenek moyang kita sengaja membuat mitos ini yang tampaknya lebih manjur dibanding larangan demi sopan santun.

2. Mitos di Indonesia: Menyapu Tidak Bersih, Jodohnya Brewokan

Siapa yang familiar dengan mitos satu ini? Jaman sekarang pria dengan brewok faktanya dinilai menarik dan juga terlihat macho. Jangan sampai ini dijadikan alasan bagi kamu untuk menyapu tidak bersih ya!

3. Mitos di Indonesia: Larangan Keluar Saat Magrib

Masyarakat di Indonesia khususnya Jawa masih cukup meyakini kepercayaan ini. Hal ini diyakini karena pada waktu tersebut makhluk halus banyak berkeliaran hingga akan terjadi penculikan.

4. Mitos di Indonesia: Posisi Rumah Tusuk Sate

Berdasarkan kepercayaan di masyarakat, rumah tusuk sate katanya bisa membawa sial karena akan membawa aura negatif seperti hawa panas terus menerus. Oleh karena itulah banyak orang yang menghindari rumah tusuk sate sebagai hunian.

5. Mitos di Indonesia: Menyisakan Nasi Saat Makan

Ayo siapa diantara kalian yang suka makan bersisa? Mitos satu ini mungkin sengaja dibuat para orang tua saat menegur anak-anaknya jika tidak menghabiskan makanan. Jika menyisakan nasi saat makan akan membuat nasi menangis. Yah jangan nangis dong, Bob jadi ikut sedih.

6. Mitos di Indonesia: Ibu Hamil Wajib Membawa Gunting

Sedia payung sebelum hujan. Versi ibu hamil Indonesia adalah sedia gunting sebelum melahirkan. Terdapat kepercayaan bahwa gunting dianggap sebagai penolak bala. Membawa gunting diyakini dapat melindungi diri dari gangguan jin dan mahkluk halus lain.

7. Mitos di Indonesia: Suami Dilarang Menggunting Sesuatu

Kalau ibu hamil wajib membawa gunting, lain cerita dengan suaminya. Menurut mitos, suamu justru dilarang menggunting sesuatu saat istrinya sedang hamil. Alasannya, konon si bayi dalam kandungan akan terlahir cacat jika pantangan ini dilanggar.

Baca Juga: Khawatir Soal Penuaan? Jangan Sampai Kamu Termakan Mitos-Mitos Penuaan Berikut Ini Ya!

8. Mitos di Indonesia: Gigi Copot

Pernah dengar anjuran tentang cara membuang gigi yang tanggal? Menurut kepercayaan, kalau gigi atas yang tanggal, maka kita harus melemparkannya ke atas genteng dan sebaliknya. Hal ini dilakukan supaya gigi yang tanggal tadi bisa tumbuh kembali.

9. Mitos di Indonesia: Membuka Payung di Dalam Rumah

Masih cukup populer dan kerap jadi pantangan, membuka payung di dalam rumah juga banyak dihindari orang, lho. Mitosnya, hal ini bisa mendatangkan nasib sial.

10. Mitos di Indonesia: Bulu Mata yang Jatuh

Mitos di Indonesia

Jika ada bulu mata jatuh dan menempel di wajah, itu artinya ada seseorang yang merindukan kita. Lalu, jika bulu mata tersebut ditepuk-tepuk dengan tangan sambil melafalkan huruf, berarti orang tersebut yang sedang rindu. Masih percaya mitos ini, gak?

11. Mitos di Indonesia: Mengantongi Batu

Selain gunting ada juga mitos tentang batu. Dengan mengantongi batu katanya merupakan cara ini ampuh untuk menahan kebelet yang dirasakan. Kamu percaya tidak?

12. Mitos di Indonesia: Kejatuhan Cicak

Cicak di dinding seringkali juga jatuh dan akhirnya merayap di tubuh manusia. Mitos di Indonesia menyebutkan bahwa kejatuhan cicak menjadi pertanda nasib buruk berupa kabar kematian orang terdekat andai kita kejatuhan cicak.

13. Mitos di Indonesia: Dilarang Menduduki Bantal

Bantal untuk kepala digunakan sebagai alas duduk? Orang dulu mengecam kebiasaan ini dan mungkin membuat mereka mengeluarkan mitos jika menduduki bantal bisa menyebabkan penyakit bisul.

14. Mitos di Indonesia: Jangan Makan di Tempat Tidur

Sederhananya makan di tempat tidur hanya akan membuat sprei, bantal, dan tempat tidur kamu jadi rentan terkena kotor. Tidak hanya itu kebiasaan makan di tempat tidur juga bisa mendatangkan semut. Mungkin ini yang membuat orang zaman dulu membuat mitos bahwa jika makan di tempat tidur akan mendapatkan jodoh yang pemalas.

15. Mitos di Indonesia: Jangan Foto Bertiga

Mitos di Indonesia

Mitos satu ini Bob yakin bukan dibuat nenek moyang kita pada zaman dahulu mengingat teknoloi kamera belum ditemukan. Di zaman modern ini faktanya masih banyak orang percaya bahwa jika foto bertiga salah satu di antaranya bakal ada yang mneinggal lebih dulu.

16. Mitos di Indonesia: Burung Gagak Berbunyi

Suara gagak berbunyi diyakini menjadi sebuah pertanda bahwa ada keluarga yang meninggal. Tentunya hal ini adalah sebuah mitos karena bagaimana mungkin gagak tahu semua keluarga kita, apalagi sampai sempat-sempat memberi kode bahwa sanak keluarga kita ada yang meninggal. Meskipun demikian masih banyak lho masyarakat kita yang percaya dengan mitos ini.

Baca Juga: Erupsi Beberapa Waktu Lalu, Ini Dia Mitos Seputar Gunung Semeru yang Perlu Kamu Ketahui

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles