Segudang Khasiat Minyak Oregano bagi Kesehatan

Gambar unggulan: https://elements.envato.com/fresh-oregano-twig-on-wooden-background-PNC4YLM

Oregano adalah daun herbal yang sering ditemukan di masakan Italia. Tapi, tahukah kamu bahwa minyaknya berguna bagi kesehatan?

Yap, disamping aromanya yang khas, ternyata setelah diekstrak menjadi minyak, oregano menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Penasaran manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari minyak oregano? Simak terus di sini ya!

1. Antibiotik alami

Minyak oregano memiliki zat yang bernama carvacrol. Zat ini dinilai mampu melawan bakteri berbahaya yang paling sering ditemukan di dalam tubuh seperti staphylococcus aureus.

Selain itu, menurut penelitian, minyak oregano juga mampu melawan bakteri-bakteri yang sudah kebal akan antibiotik seperti pseudomonas aeruginosa and escherichia coli. Maka dari itu, minyak oregano dinilai memiliki fungsi yang hampir sama seperti antibiotik.

Musim Hujan Datang? Ini 5 Tipsnya Supaya Kamu Nggak Gampang Sakit

2. Jaga kesehatan dengan menurunkan kolesterol

Orang Indonesia mana sih yang nggak suka sama gorengan? Cemilan wajib orang Indonesia ini meskipun enak di lidah namun bisa membahayakan kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi. Salah satunya bisa menyebabkan kolesterol.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa minyak oregano mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Setelah tiga bulan menjalani diet khusus dan mengonsumsi 25 mililiter oregano setelah makan, partisipan tersebut memiliki kolesterol jahat yang lebih rendah dan kolesterol baik yang lebih tinggi.

Stay Fit! Jaga Daya Tahan Tubuhmu Saat Bekerja Dengan 5 Tips Ini!

3. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi kamu dari pengaruh radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Pengaruh radikal bebas untuk kesehatan antara lain dapat menimbulkan penyakit jantung dan kanker.

Nah, antioksidan bisa kamu temukan salah satunya dalam minyak oregano. Menurut studi, jika dibandingkan tanaman herbal lain seperti daun timi dan marjoram. Bahkan, oregano segar memiliki 42 kali antioksidan lebih banyak dibandingkan apel dan bluberi.

4. Memiliki kandungan anti radang

Selain mampu melawan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, kandungan carvacrol yang ada pada minyak oregano juga dinilai bisa berfungsi sebagai anti radang lho. Pada satu penelitian yang diujikan pada tikus, oregano mampu meredakan pembengkakan kaki tikus sebesar 30%-60%.

5. Pereda nyeri

Kalau kamu merasakan nyeri di bagian tertentu badan kamu, kamu bisa menggunakan minyak oregano sebagai peredanya. Soalnya, minyak oregano ini memiliki efek yang serupa dengan fenoprofen dan morfin yang biasa digunakan untuk meredakan rasa sakit. Efek yang ditimbulkan berasal, lagi-lagi, dari carvacrol yang ada dalam minyak oregano.

Cara menggunakan minyak oregano untuk kesehatan

https://elements.envato.com/fresh-and-dried-oregano-herb-6MW7PQE

Sebenarnya, tidak ada petunjuk penggunaan dan dosis yang pasti untuk menggunakan minyak oregano. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dioles dikulit atau diminum, tergantung gangguan kesehatan yang kamu alami. Hanya saja, setiap kali kamu menggunakan  minyak oregano, kamu harus melarutkannya dengan sedikit air.

Amankah Ibu Hamil Naik Pesawat? Berikut Penjelasan Dan Tipsnya!

Menginap di Bobobox

penginapan di bobobox

Ternyata banyak juga yang manfaat minyak oregano untuk kesehatan. Kamu bisa mencobanya sekali-sekali saat mengalami kondisi di atas.

Nah, selain menggunakan minyak oregano dan obat-obatan alami lainnya untuk menjaga kesehatan, kamu juga perlu istirahat yang cukup. Kalau nggak di rumah, cobain deh menginap di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang mengedepankan konsep modern. Berbagai jenis teknologi kekinian diterapkan di hotel ini mulai dari pemesanan hingga keamanan kamarnya.

Untuk menginap di Bobobox, kamu bisa memesan kamarnya melalui situs atau aplikasi Bobobox. Selain untuk memesan kamar, aplikasi ini juga berfungsi sebagai pengatur lampu led di dalam kamar yang bisa kamu atur sesuai keinginan. Kunci kamar QR code-nya juga kamu akses melalui aplikasi ini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles