minuman sehat kekinian

Minuman Sehat Kekinian Ini Nggak Cuma Enak, Tapi Juga Mendukung Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat belakangan ini semakin populer, terutama sejak pandemi di mulai. Orang makin sadar akan pentingnya kesehatan. Salah satu cara untuk menjaga badan tetap bugar adalah dengan menjaga mutrisi, seperti minuman sehat kekinian ini. Penasaran apa saja minuman sehat kekinian yang bantu gaya hidup sehat kamu? Simak terus di sini ya!

Namun, sebelum membahas minuman sehat kekinian lebih jauh, kamu dapat membaca artikel tentang resep minuman rempah yang penuh khasiat di sini “7 Resep Minuman Rempah yang Bakal Bantu Kamu Rileks Setelah Hari yang Melelahkan“.

Minuman Sehat Kekinian yang Segar dan Buat Tubuh Bugar

Berikut ini minuman sehat kekinian yang bisa kamu coba untuk mendukung gaya hidup sehatmu.

1. Kombucha

minuman sehat kekinian kombucha

Sumber: Tyler Nix on Unsplash

Kombucha adalah minuman sehat kekinian yang sedang populer di mana-mana. Kombucha adalah teh fermentasi yang memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti teh dan juga kaya akan probiotik yang bermanfaat.

Menurut situs Healthline, minuman sehat kekinian ini mengandung antioksidan, dapat membunuh bakteri berbahaya dan dapat membantu melawan beberapa penyakit. Pantas saja kalau minuman sehat kekinian ini disukai banyak orang.

Kombucha dibuat dengan menambahkan bakteri, ragi, dan gula ke teh hitam atau hijau, lalu membiarkannya berfermentasi selama seminggu atau lebih.

Selama proses ini, bakteri dan ragi membentuk lapisan seperti jamur di permukaan cairan. Inilah sebabnya mengapa kombucha juga dikenal sebagai teh jamur.

Kamu bisa menemukan kombucha di mana-mana seperti pasar swalayan atau kafe-kafe. Namun, kalau mau membuatnya sendiri di rumah kamu bisa kok melakukannya. Ada banyak resep yang bisa kamu coba di internet.

2. Smoothie Bowl

Minuman Kekinian Smoothie Bowl

Photo by Pradeep Javedar on Unsplash

Smoothies adalah minuman kekinian yang biasanya terdiri dari campuram buah-buahan, sayuran, jus, yogurt, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu.

Smoothie yang dibuat dari bahan-bahan segar dapat meningkatkan konsumsi buah dan sayuran kamu dan menjadi asupan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

Menurut situs Healthline, minuman sehat kekinian ini dapat mengurangi peradangan, memperbaiki pencernaan, dan menurunkan risiko kondisi penyakit kronis seperti jantung, osteoporosis, dan obesitas.

Smoothie bowl bisa kamu buat dari bermacam-macam bahan. Ada fruit smoothies yang terdiri dari buah-buahan, ada green smoothies yang terdiri dari sayur-sayuran hijau, dan protein smoothies yang terdiri dari campuran buah atau sayur dengan sumber protein sepreti yoghurt atau keju. Jadi, bisa kamu buat sesuai selera!

Baca juga: Jaga Kondisi Tubuhmu Dengan Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Dehidrasi Berikut Ini

3. Alpukat Kocok

Alpuat kocok tanpa gula pasir

Sumber: Art Rachen on Unsplash

Salah satu minuman sehat kekinian lain yang sedang tren adalah alpukat kocok. Berbeda dengan jus alpukat, minuman sehat kekinian satu ini dibuat dengan cara menumbuk alpukat dengan kocokan kue.

Hasilnya adalah minuman sehat kekinian yang lembut namun bertekstur. Kemudian, alpukat yang sudah dihancurkan diberi es dan susu kental manis lalu dikocok menggunakan shaker.

Menurut situs Medical News Tooday. alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga merupakan sumber lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, ini merupakan lemak sehat dan bermanfaat yang bisa membuat kamu kenyang seharian. Mengonsumsi lemak sehat bisa memperlambat pemecahan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula dalam darah stabil.

4. Es Mangga Kelapa Muda

Air Kelapa Muda dan Mangga dengan es batu

Sumber: Duy Hoang on Unsplash

Dikutip dari situs WebMD, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam mangga dinilai dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Vitamin K membantu pembekuan darah secara efektif dan membantu mencegah anemia. Mangga juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk membentuk pembuluh darah dan kolagen yang sehat.

Di sisi lain, kelapa muda memiliki banyak manfaat kesehatan baik dari air maupun dagingnya. Buah yang serba bisa ini mengandung protein, mineral, dan vitamin B.

Mineral dalam kelapa bisa membantu banyak fungsi dalam tubuh. Kelapa sangat tinggi mangan yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme karbohidrat, protein, dan kolesterol.

Nah, gabungkan keduanya dalam satu minuman sehat kekinian. Jangan lupa tambahkan es batu biar makin segar. Kebayang kan seperti apa rasa dan manfaat kesehatannya? Jangan ragu untuk bikin sendiri di rumah ya.

5. Kunyit Asam

Kunyit Asam

Sumber: Fauzan on Unsplash

Kunyit asam adalah minuman tradisional yang masuk dalam kategori jamu. Namun, siapa sangka kalau minumana ini banyak dimodifikasi dan jadi minuman sehat kekinian.

Jamu kunyit asam lebih umum dikonsumsi perempuan ketimbang laki-laki. Minuman sehat kekinian ini digunakan untuk meredakan sakit yang timbul karena haid.

Menurut situs Hello Sehat, hal ini disebabkan oleh kandungan kurkumin pada kunyit yang mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim. Selain itu, kurkumin juga mengurangi produksi hormon rasa sakit dan pembengkakan yang dikenal dengan prostaglandin.

Nah, asam jawa memiliki peran untuk memperkuat manfaat tersebut dengan memberikan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin asam jawa pada sistem saraf otonom dan otak.

6. Teh Bunga Telang

Teh Bunga Telang

Sumber: Anshu A on Unsplash

Di samping warnanya yang memikat, bunga telang ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh lho. Bunga telang kaya akan antioksidan yang baik bagi untuk melawan radikal bebas sehingga ketika dibuat menjadi teh cocok untuk dimasukkan dalam diet detoks kamu.

Selain itu, menurut situs NDTV, minuman sehat kekinian yang satu ini bisa memperbaiki suasana hati. Teh bunga telang memiliki efek penghilang stres yang juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan. Minuman sehat kekinian ini juga bisa membantu menyegarkan otak dan membantu kamu tetap berenergi dan bahagia sepanjang hari.

Baca juga: Tidak Baik Untuk Kesehatan! Ini Berikut Bahaya Minuman Bersoda Bila Dikonsumsi Berlebihan

7. Lychee Mojito

Lychee Mojito plus daun mint

Sumbe: blog.cove.id/

Mojito, sebuah minuman yang umumnya dikombinasikan dengan alkohol dan soda, kini dapat dihadirkan dalam versi tanpa alkohol yang tak kalah menyegarkan. Lychee mojito adalah pilihan yang tepat untuk menikmati sensasi kesegaran. Buah leci memiliki berbagai kandungan vitamin yang baik untuk tubuh diantaranya vitamin C, B1, B2, B3, B6, E, dan K.

Pembuatan lychee mojito sangatlah sederhana, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Siapkan 6 lembar daun mint yang segar dan bersihkan dengan baik. Campurkan 22 ml sirup leci, 14 ml perasan jeruk nipis, 60 ml soda, dan es batu secukupnya dalam sebuah wadah tertutup.

Disarankan untuk menggunakan pengocok koktail dan mengocok semua bahan tersebut beberapa kali. Tuangkan lychee mojito ke dalam gelas saji yang telah disiapkan. Jika diinginkan, hias minuman dengan garnish daun mint agar terlihat lebih menarik. Lychee mojito siap disajikan dan dinikmati.

8. Turmeric Latte

Turmeric Latte makin lezat dengan susu cair

Sumber: Osha Key on Unsplash

Minuman sehat kekinian berikutnya adalah turmeric latte atau susu kunyit. Minuman ini telah dikonsumsi oleh orang-orang dulu sebagai bentuk pengobatan. Penampilannya yang menarik dan rasanya yang unik membuat susu kunyit banyak diminati, termasuk disajikan di kafe-kafe.

Susu kunyit merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, terutama kandungan kurkuminnya. Beberapa manfaat minuman sehat kekinian yang satu ini yaitu meredakan peradangan, memperbaiki kesehatan otak, dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Baca juga: 5 Manfaat Memijat Telinga Sebelum Tidur. Mengurangi Tingkat Stres Hingga Membuat Kepala Terasa Lebih Ringan!

Mau Tahu Rasanya Menginap di Hotel Kapsul yang Kekinian? Langsung Aja ke Bobobox

Menginap di Hotel Kapsul yang Kekinian

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo unduh aplikasi Bobobox dan menginap untuk lupakan stres sejenak di Bobobox.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles