Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Susah Tidur? 5 Minuman Ini Bisa Bantu Kamu Tidur Lebih Nyenyak!

Jangan ragu untuk mencoba minuman menenangkan ini sebelum tidur, ya!

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatanmu. Beberapa manfaat tidur yang berkualitas di antaranya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah penyakit.

Ada berbagai faktor yang bisa menghambatmu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Faktor-faktor yang bisa membuatmu sulit tidur diantaranya adalah stress, sedang mengonsumsi obat-obatan, gangguan emosi, ataupun jet lag.

Tidak mendapatkan tidur yang nyenyak dapat mengakibatkan beberapa gangguan pada tubuhmu. Gangguan yang kerap muncul biasanya adalah rasa lelah dan mengantuk seharian yang mengakibatkan tidak bisa fokus dan bersemangat sepanjang hari.

Selain itu, kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak juga bisa memengaruhi metabolisme tubuhmu. Namun, ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidurmu dan membuat tidurmu lebih nyenyak.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tidurmu lebih nyenyak adalah dengan minum minuman menenangkan sesaat sebelum tidur. Apa saja minuman-minuman menenangkan yang baik untuk kamu konsumsi sebelum tidur? Cek di bawah ini, ya!

1. Susu Hangat

minuman menenangkan agar tidur lebih nyenyak

(Image by: pexels.com)

Pasti kamu sudah sering dengar bahwa meminum segelas susu hangat sebelum tidur bisa membuat tidurmu jadi lebih nyenyak. Ya, faktanya, meminum minuman menenangkan yang satu ini memang dapat membuatmu mengantuk dan terlelap lebih cepat.

Ini dikarenakan asam amino alami bernama tryptophan yang terkandung dalam susu. Asam amino yang terkandung dalam minuman menenangkan ini dapat meningkatkan kadar serotonin dan neurotransmitter. 

Kedua zat tersebut diketahui dapat memberikan sensasi bahagia dan nyaman pada tubuh kita. Maka dari itu, susu sangat disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur sebagai minuman menenangkan.

Tidak hanya itu, zat serotonin juga memiliki fungsi yang serupa dengan hormon melatonin, yaitu untuk membantu mencegah berbagai gangguan tidur dan juga meningkatkan kualitas tidurmu.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi pada susu juga bisa membuatmu cepat merasa ngantuk, lho. Bagi kamu yang menderita gangguan tidur seperti insomnia, kamu bisa meminum minuman menenangkan ini 1 jam setiap sebelum tidur.

Kamu juga bisa menggantinya dengan almond milk, atau susu kedelai, jika kamu alergi terhadap susu sapi atau tidak ingin mengonsumsi dairy product.

2. Teh Chamomile

minuman menenangkan agar tidur lebih nyenyak

(Image by: pexels.com)

Minuman menenangkan selanjutnya yang dapat kamu konsumsi untuk membuat tidurmu lebih nyenyak adalah teh chamomile. Chamomile sebenarnya adalah salah satu bunga dari famili Asteraceae yang kerap dijadikan teh.

Minuman menenangkan beraroma khas satu ini juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat yang akan kita dapatkan jika rutin mengonsumsi teh chamomile diantaranya adalah dapat menghilangkan gejala flu, peradangan, bahkan masalah kulit.

Menurut beberapa penelitian, teh chamomile juga baik dalam meningkatkan kualitas tidur. Sebab, tumbuhan satu ini memiliki sifat menenangkan, sehingga dengan meminumnya akan membantu mengurangi rasa stress dan cemas.

Keunggulan dari minuman menenangkan satu ini adalah tidak adanya kandungan kafein seperti yang terdapat di dalam teh-teh pada umumnya. Selain itu, terdapat pula kandungan anti-oksidan pada teh chamomile.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial lavender ke dalam teh chamomile-mu. Minyak esensial lavender dapat membantu melemaskan syaraf-syaraf tubuhmu yang tegang setelah beraktifitas seharian.

Cobalah untuk menambahkan 1 hingga 2 tetes minyak esensial lavender ke dalam teh chamomile yang sudah kamu seduh, dan minumlah 1 jam sebelum tidur.

3. Jus Ceri

minuman menenangkan agar tidur lebih nyenyak

(Image by: pinterest.com)

Bukan hanya sebagai hiasan kue, namun buah yang satu ini juga ternyata dapat diolah menjadi sebuah minuman menenangkan yang sangat ampuh untuk membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak.

Sebab, terdapat kandungan tryptophan pada buah ceri, yang dapat memicu produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidurmu. Maka dari itu, rutin mengonsumsi jus ceri sebagai minuman menenangkan sebelum tidur, terbukti ampuh untuk meningkatkan kadar hormon melatonin dalam tubuh.

Selain itu, buah ceri juga bersifat anti-radang dan juga anti-oksidan yang dapat menjaga tubuh dari paparan kanker dan penyakit kardiovaskular. Maka dari itu, jika rajin mengonsumsi minuman menenangkan satu ini, kamu tidak hanya akan terhindar dari gangguan tidur, tapi juga bisa terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Cobalah untuk rutin mengonsumsi 2 gelas jus ceri setiap harinya sebagai minuman menenangkan sebelum tidur. Usahakan untuk tidak menambahkan gula pada jus ceri-mu, agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

4. Smoothie Pisang

minuman menenangkan agar tidur lebih nyenyak

(Image by: pinterest.com)

Pisang memang bisa disebut sebagai salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan dan mengolah buah pisang menjadi minuman menenangkan untuk membuat tidurmu semakin nyenyak dan berkualitas.

Sama halnya dengan jus buah ceri dan susu, minuman menenangkan satu ini juga mengandung zat tryptophan dan melatonin yang bisa membantu mengurangi gejala insomnia. Selain itu, terdapat pula kandungan zat magnesium dan kalium yang berfungsi untuk merelaksasi otot-otot tubuh yang tegang. Kandungan gula alami pada pisang pun dapat memberikan rasa nyaman di perut dan efek kenyang lebih lama.

Untuk itu, memilih smoothies pisang sebagai minuman menenangkan sebelum tidur merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menghindari masalah gangguan tidur. Jangan lupa, sebaiknya hindarilah menambahkan gula pada minuman menenangkan-mu yang satu ini untuk untuk mencegah kenaikan jumlah kalorinya.

5. Air Putih Hangat

minuman menenangkan agar tidur lebih nyenyak

(Image by: pexels.com)

Nah, yang satu ini adalah opsi paling mudah untuk dijadikan minuman menenangkan yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur. Ya, air putih hangat juga merupakan salah satu minuman yang efektif untuk mengatasi masalah susah tidur.

Selain itu, kandungan mineral yang terdapat pada segelas air putih hangat pun sangat ampuh untuk membuatmu tidur lebih cepat dan mudah. Meminum minuman menenangkan satu ini sebelum tidur juga dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuhmu.

Sebab, air putih hangat mampu meningkatkan suhu tubuh dan memicu keluarnya keringat dan sirkulasi darah yang lebih lancar, sehingga racun-racun yang ada di dalam tubuh akan terbuang.

Biasakanlah untuk meminum segelas air putih hangat sebelum tidur untuk membantumu lebih relax saat menjelang tidur, serta untuk membantu menurunkan level stress-mu

Selain berusaha membuat tidur lebih nyenyak dengan meminum minuman menenangkan seperti yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa hal yang bisa membantu, seperti menghindari bermain gadget secara berlebihan sebelum tidur, menciptakan suasana kamar yang nyaman, dan lain-lain.

Jika semua saran di atas sudah kamu lakukan namun tetap tidak membantumu untuk tidur lebih nenyak, maka jangan tunda untuk langsung konsultasi dengan dokter, ya! Agar kamu bisa diberikan penanganan yang tepat.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Kalau minum minuman menenangkan aja belum ampuh untuk membuat tidurmu lebih nyenyak, itu berarti kamu harus mencoba tidur di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Tidurmu pasti akan lebih nyenyak dan nyaman daripada malam-malam biasanya, deh!

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

main lampu kuning bobobox

You might also like