Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia Minuman Alternatif Kopi untuk Memulai Harimu

Bosan minum kopi? 9 minuman alternatif kopi ini bisa membantu kamu memulai hari!

Minum secangkir kopi di pagi hari memang bisa membantu kamu mulai beraktivitas. Namun, minuman alternatif kopi ini juga tidak kalah berkhasiat lho. Apa saja sih kira-kira? Simak terus di sini ya.

Kombucha

minuman alternatif kopi
Photo by Tim-Oliver Metz on Unsplash

Kombucha adalah teh fermentasi yang sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan bakteri tertentu, ragi, dan gula ke dalam teh hitam atau hijau. Setelah itu, didiamkan hingga satu minggu atau lebih.

Kombucha baik sebagai minuman alternatif kopi karena manfaatnya bagi tubuh. Kombucha memiliki kandungan probiotik yang tinggi yang berfungsi sebagai sumber bakteri sehat yang baik untuk pencernaan.

Selain itu, minuman alternatif kopi ini juga kaya akan antioksidan, bisa membunuh bakteri jahat, dan mampu membantu melawan beberapa penyakit.

Masala chai

minuman alternatif kopi
Photo by Tea Creative │ Soo Chung on Unsplash

Minuman alternatif kopi yang satu ini dikenal juga seabgai masala chai atau teh chai. Minuman ini merupakan teh beraroma rempah khas India. Masalah chai dibuat dari kombinasi antara teh hitam, jahe, kapulaga, kayu manis, biji adas, lada hitam, dan cengkeh.

Cara membuatnya adalah dengan menyeduh teh dan rempah-rempah tersebut dengan campuran air dan susu hangat. Karena kandungan rempah-rempahnya yang beragam, minuman alternatif kopi ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah masala chai dinilai mampu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, meredakan mual, dan melancarkan pencernaan.

Minuman alternatif kopi air jeruk lemon

minuman alternatif kopi
Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Air jeruk lemon bisa menjadi minuman alternatif kopi untuk kamu yang akan beraktivitas di pagi hari. Sederhana, cukup peras setengah jeruk lemon untuk satu gelas air. Pastikan minum air perasan jeruk lemon secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Soal khasiatnya bagi kesehatan, minuman alternatif kopi ini menyimpan segudang manfaat. Buah seperti jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C merupakan antioksidan utama yang mampu melawan radikal bebas.

Jus buah delima

minuman alternatif kopi
Photo by Sahand Babali on Unsplash

Jus merupakan minuman alternatif kopi yang sehat dan menyegarkan. Salah satu buah yang bisa kamu buat menjadi jus adalah buah delima. Buah ini dinilai sebagai salah satu buah paling menyehatkan. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah delima meliputi serat, protein, vitamin C, vitamin K, folat, dan potasium.

Buah ini pun memiliki kandungan gula yang cukup banyak sehingga tidak memerlukan gula tambahan saat dibuat jus. Dua komponen lain yang memiliki khasiat bagi kesehatan di buah delima adalah punicalagin dan asam punicic.

Punicaligin merupakan antioksidan tinggi yang terdapat pada air dan kulit buah delima. Asam punicic bisa terdapat di minyak biji delima. Kandungan asamnya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Minuman alternatif kopi sparkling water

minuman alternatif kopi
Photo by Nicole Wilcox on Unsplash

Sparkling water adalah air yang dicampur dengan karbon dioksida sehingga menghasilkan gelembung-gelembung pada air. Oleh karena itu minuman ini disebut sparkling atau juga air soda. Namun, sparkling water berbeda dengan minuman bersoda lain yang sudah diberi rasa dan gula.

Belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sparkling water memiliki dampak yang baik atau buruk bagi kesehatan. Akan tetapi, sparkling water bisa kamu gunakan sebagai minuman alternatif kopi karena rasanya yang asam dan menyegarkan. Bahkan menurut situs Healthline, sparkling water bisa memperlancar pencernaan.

Selain itu, sparkling water adalah minuman yang tidak mengandung kalori. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin kadar gula kamu naik namun tetapi ingin minum minuman alternatif kopi yang menyegarkan, sparkling water bisa menjadi pilihan.

Air kelapa

minuman alternatif kopi
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Tidak diragukan lagi bahwa air kelapa memilki segudang manfaat bagi tubuh. Sebagai minuman alternatif kopi untuk diminum di pagi hari, air kelapa bisa menjadi pilihan utama. Air kelapa juga kaya akan nutrisi. Ada karbohidrat, serat, protein, vitamin C, magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium dalam air kelapa.

Manfaat kesehatan dari minuman alternatif kopi ini juga cukup banyak seperti kaya akan antioksidan, mampu membantu mencegah diabetes dan batu ginjal, mampu mengurangi tekanan darah, dan masih banuyak lagi. Selain itu, air kelapa juga memiliki rasa yang enak, manis dengan sedikit rasa kacang.

Minuman alternatif kopi teh hijau

minuman alternatif kopi
Photo by Verena Böttcher on Unsplash

Teh hijau cukup populer di Indonesia meskipun tidak sepopuler kopi. Teh hijau bisa kamu minum sebagai minuman alternatif kopi karena kandungannya yang menyehatkan. Teh hijau kaya akan polifenol, senyawa alami yang berguna sebagai anti radang dan bisa melawan kanker.

Selain itu, ada juga senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Senyawa tersebut merupakan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel pada tubuh. EGCG juga merupakan salah satu senyawa paling kuat yang ditemukan di teh hijau.

Jika kamu ingin menikmati secangkir teh sebagai minuman alternatif kopi, cobalah untuk membeli teh hijau dengan kualitas paling baik. Soalnya, teh hijau dengan merek kualtas rendah bisa mengandung fluorida yang cukup tinggi.

Air nazeeb

minuman alterantif kopi
Photo by Mona Mok on Unsplash

Kurma pada umumnya dinikmati begitu saja, dimakan dagingnya lalu dibuang bijinya. Terutama saat bulan Ramadan. Akan tetapi, kurma juga bisa digunakan sebagai bahan dasar infused water di mana manfaat dari seluruh buahnya termasuk bijijnya bisa diambil seperti karbohidrat, serat, proteijn, potasium, magnesium, zat besi, mangan, dan vitamin B6.

Air kurma atau yang dikenal juga sebagai nazeeb ini sudah dikonsumsi sejak zaman Rasulullah salallahualaihiwasallam. Kamu cukup merendam kurma di dalam air selama 8-12 jam. Setelah airnya diminum, kurma yang sudah lembut bisa kamu makan.

Minuman alternatif kopi air rempah

minuman alternatif kopi
Photo by Hans Vivek on Unsplash

Indonesia adalah negara yang kaya rempah. Selain digunakan sebagai bahan makanan, rempah-rempah juga bisa kamu gunakan sebagai bahan minuman. Beberapa di antaranya adalah kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kunyit, daujn serai, dan jahe.

Kamu bisa membuat minuman dari masing-masing rempah atau mencampurnya menjadi satu. Kamu cukup merebusnya dengan air di atas api sedang. Tambahkan gula merah atau madu sebagai pemanis. Minuman alternatif kopi ini tak hanya enak tapi juga menyehatkan.

Jaga kesehatan mentalmu dengan menginap di Bobobox

bobobox

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi minuman alternatif kopi, kamu juga perlu menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah dengan liburan. Nah, kalau kamu bingung mau liburan ke mana dan ingin yang terjangkau, kenapa nggak staycation aja di Bobobox?

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana yang tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke dalam pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Pokoknya memanjakan mata.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like