keuangan

Viral di TikTok, Ini Metode Menabung Paling Unik Versi Bob!

Metode menabung paling unik berikut ini bisa menjadi solusi alternatif bagi kamu yang mengalami kesulitan untuk menabung. Pasalnya metode menabung paling unik ini tak akan membertkan kamu yang sedang membiasakan atau membentuk pola disiplin menabung. Jika kamu merasa menabung itu terasa sulit maka kamu tidak sendirian. Faktanya sebagian besar orang mengalami hal yang sama salah satunya disebabkan karena gaya hidup yang konsumtif.

Gaya hidup yang konsumtif ini kemudian mengendalikan keinginan kamu dalam menghabiskan uang kamu bahkan untuk membeli barang-barang yang tak kamu perlukan atau tidak penting. Kebiasaan konsumtif ini pada akhirnya membuat kamu tak memiliki uang darurat atau bahkan uang untuk masa depan seperti uang untuk membeli kendaraan, rumah, atau bahkan menikah.

Sebelum akhirnya kita belajar tentang metode menabung paling unik maka alangkah pentingnya bagi kita untuk juga mulai mengubah mindset kita terhadap uang. Dengan merubah mindset terhadap uang maka kita pun dapat merubah cara kita mengelola uang agar tidak banyak uang yang diboroskan sehingga terdapat lebih banyak uang untuk ditabung.

Metode Menabung Paling Unik di TikTok

Metode menabung paling unik ini Bob temukan di media sosial yang saat ini sedang happening di beberapa negara di dunia termasuk di Indonesia bernama aplikasi TikTok. Tak hanya saling berbagi konten hiburan antar sesama kreator, aplikasi ini pun menjadi wadah bagi para penggunanya untuk membagikan konten edukasi tak terkecuali edukasi finansial. Salah satu edukasi tentang pengelolaan keuangan ini dibagikan oleh pemilik akun TikTok bernaa @furi.id.

Tak disangka-sangka konten yang ia bagikan di TikTok mengenai metode menabung paling unik ini ternyata viral. Metode menabung paling ini menekankan pentingnya bagi kita untuk mulai menentukan target lama menabung kita. Caranya adalah kamu perlu menyiapkan catatan untuk mencatat nominal uang yang ditabung dan frekuensi menabung sampai akhirnya mencapai nominal uang yang ingin ditabung.

Dengan adanya catatan ini maka kita akan lebih mudah untuk memantau tabungan kita dan memotivasi kita agar mulai disiplin menabung. Misal kamu ingin menabung 5 juta rupiah selama 60 hari. Kamu bisa membuat tabel tabungan ini dalam jangka hari yang memuat 60 nominal sesuai lama hari yang kita tentukan. Isi nominal angka sesuai keinginan kamu dan pastikan jangan lupa angka 0.

Setelah konten TikTok ini viral banyak anak muda yang akhirnya mulai termotivasi untuk mulai menabung dan sadar akan pentingnya menabung. Siapa bilang menabung terasa membosankan? Faktanya kamu bisa membuat kebiasaan menabung menjadi sesuatu yang menyenangkan, lho. Berikut adalah metode menabung paling unik lainnya:

Mengenal Kondisi Keuangan Pasangan Sebelum Menikah

Ilustrasi Uang / Foto oleh Micheile Henderson dari Unsplash

1. Metode Menabung Paling Unik: Mulai Dari Receh

Metode menabung paling unik ini mengingatkan Bob pada sebah pepatah yanag mengatakan “sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit”?. Hal yang penting dalam menabung itu bukan hanya seberapa besar nominal uang yang akan ditabung tapi konsistensi dan disiplin. Meskipun kamu hanya menabung dengan nominal yang kecil tapi kamu biasakan secara rutin dan disiplin maka uang tabungan kamu pun akan terkumpul dalam waktu yang cepat.

2. Metode Menabung Paling Unik: Naik Kelas ke Rp10.000 dan Seterusnya

Metode menabung paling unik selanjutnya adalah melakukan upgrade atau naik kelas atas metode menabung yang telah kamu lakukan sebelumnya. Jika sebelumnya kamu menabung dari uang receh yang kamu tamukan di saku celana atau sisa uang belanja dan telah kamu lakukan secara konsisten maka ini saatnya kamu melakukan perkembangan. Kamu bisa menaikan sedikit demi sedikit nominal uang yang kamu tabung.

Tak perlu secara tiba-tiba menaikkan nominal uang yang kamu tabung melebihi kemampuan kamu. Jika sebelumnya kamu menabung dengan uang 5000 rupiah kamu bisa menaikkannya menjadi 10.000 rupiah. Jika kamu memiliki uang tambahan maka sisihkan uang tambahan tersebu ke dalam tabungan kamu. Dengan melakukan hal ini kamu bisa dengan mudah mengumpulkan uang tabungan dengan waktu yang cepat.

3. Metode Menabung Paling Unik: Menabung Sesuai Tanggal

Metode menabung paling unik berikutnya adalah dengan menabung sesuai tanggal. Jika sebelumnya kamu membiasakan diri untuk menabung sesuai nominal maka metode ini akan cocok bagi kamu yang cenderung mendapatkan uang hanya pada tanggal tertentu saja. Kamu bisa menentukkan sendiri tanggal menabung kamu apalkah pada tanggal gajian, awal bulan, akhir bulan, atau tanggal ulang tahun. Pilihlah tanggal yang mudah kamu ingat agar kamu lebih mudah untuk konsisten menabung.

Metode menabung ini akan semakin lebih efektf jika kamu menentukan nominal uang yang akan kamu tabung sebelumnya. misal kamu bisa menentukkan bahwa kamu akan menyisihkan uang sebesar 50 ribu rupiah setiap tanggal 25 dan menabung sebesar 100 ribu rupiah setiap awal bulan di tanggal gajian. Dengan begitu uang yangg terkumpul di dalam tabungan akan semakin mudah terkumpul karena uang yang ditabung telah terencana dengan baik dan bukan sekedar uang sisa.

metode menabung paling unik

4. Metode Menabung Paling Unik: Metode Menabung Setiap Memiliki Uang Nominal 20.000

Tak kalah efektf dengan metode menabung paling unik di atas, metode menabung paling unik yang satu ini juga bisa kamu coba. Caranya pun terbilang sangat mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu menyisihkan dan menabung setiap uang dengan nominal 20 ribu rupiah yang kamu miliki. Uang 20 ribu rupiah tersebut kemudian bisa kamu simpan ke dalam celengan atau botol berukuran 1 liter sehingga terlihat trasnparan dan kamu termotvasi untuk mengisinya sampai penuh.

Mengapa harus nominal uang 20 ribu rupiah? Nominalnya tentu bisa kamu atur sesuai keinginan kamu baik itu 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000, atau bahkan 100.000. Namun secara psikologis, nominal uang 20 ribu rupiah dinilai ideal karena tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga tidak akan terlalu membebani penabung. Selama kamu merasa metode menabung paling unik ini terasa mudah dan tidak berat maka kamu akan lebih mudah untuk displin melakukannya.

5. Metode Menabung Paling Unik: Otodebit Saat Gajian

Metode menabung paling unik yang terakhir adalah dengan melakukan otodebit saat gajian. Metode menabung paling unik ini akan sangat cocok terutama bagi kamu yang sudah memiliki rekening tabungan di bank dan terhitung sangat jarang memegang uang secara tunai.

Dengan mempraktekkan metode paling unik ini maka kamu tidak akan terasa terbebani untuk menabung karena uang akan secara otomatis ditarik ke rekening tabungan deposito setiap tanggal yang ditentukan setiap bulannya. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur otodebit ini di kantor cabang bank terdekat.

Bobobox, Hotel Kapsul Sahabat Dompet Kamu

Di mana lagi staycation yang murah tapi nyaman kalau bukan di Bobobox? Bobobox adalah hotel kapsul dengan desain yang modern yang enak untuk dinikmati. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Ayo menginap di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles