Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menyimpan Suplai Bahan Makanan Di Rumah Dengan Baik

Menyimpan makanan dengan baik diperlukan supaya makanan tidak cepat basi. Simak tips menyimpan suplai bahan makanan dengan baik ala Bob.

Masa karantina selama wabah virus corona menjadi rutinitas baru yang mau tidak mau harus kamu jalani. Kamu yang terbiasa bekerja, jalan-jalan, dan makan di luar, kini praktis harus mengurangi aktivitas di luar rumah.

Banyak yang tidak terbiasa dengan rutinitas baru ini dan kebingungan apalagi yang bisa dilakukan di rumah. Mungkin kamu dan beberapa orang yang terbiasa makan di luar, sekarang sudah mulai mencoba memasak.

Namun, tahukah kamu, ada tips dan trik untuk menyimpan suplai bahan makanan di rumah. Apalagi di tengah pandemi Covid19 dimana kamu harus pintar-pintar mengatur suplai bahan makanan supaya tidak cepat basi dan tetap cukup untuk dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Penasaran? Simak tips dan trik dari Bob untuk menyimpan suplai bahan makanan di rumah.

Buah

suplai bahan makanan

Buah merupakan suplai bahan makanan yang wajib ada di rumah terutama di tengah wabah Covid19. Asupan buah-buahan yang cukup akan menjaga daya tahan tubuhmu dari berbagai penyakit. Namun, suplai bahan makanan yang satu ini tidak selalu harus disimpan di dalam kulkas loh.

Beberapa buah seperti pisang dan alpukat cukup disimpan saja di tempat terbuka supaya cepat matang. Kalau kamu menyimpan buah di dalam tempat kedap udara, hal tersebut malah akan mempercepat kebusukan buah. Jika buah sudah cukup matang, kamu bisa memasukkan suplai bahan makanan ini ke dalam kulkas.

Sebelum kamu memasukkan buah ke dalam kulkas, kamu tidak perlu mencuci buah terlebih dahulu. Kelembaban yang tinggi akan membuat buah cepat membusuk. Buah segar bisa bertahan hingga satu sampai dua minggu di dalam kulkas, namun buah yang sudah dikupas hanya bertahan 3-4 hari saja.

Khusus untuk buah apel, ada tipsnya sendiri nih. Buah apel bisa menghasilkan gas yang memicu kematangan atau kebusukan buah lainnya. Maka dari itu, pisahkan apel dengan buah-buahan lain di dalam kulkas. Kamu bisa juga memasukkan apel ke dalam kantung plastik yang sudah dilubangi sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Dan satu lagi, jangan lupa untuk memisahkan satu buah dengan buah lainnya ya ketika disimpan di dalam kulkas.

Sayuran

suplai bahan makanan

Suplai bahan makanan yang satu ini tidak kalah wajibnya dari buah-buahan. Hal yang perlu kamu ketahui, kamu harus memperlakukan sayuran dan buah-buahan dengan cara yang berbeda. Sayuran akan jauh lebih cepat matang daripada buah.

Maka dari itu, sebelum memasukkan sayuran ke dalam kulkas, kamu harus mencuci bersih sayuran tersebut. Setelah dicuci bersih, suplai bahan makanan yang satu ini harus disimpan di dalam plastik yang sudah dilubangi atau dibungkus kertas sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Biasanya di setiap kulkas, ada tempat khusus untuk menyimpan sayuran, hal ini dikarenakan sayuran akan mudah busuk dan menguning jika ditempatkan berdekatan dengan buah-buahan dan bawang-bawangan.

Jika ditempatkan di tempat khusus, suplai bahan makanan yang satu ini pun bisa bertahan hingga tiga hari.

Makanan Laut dan Daging

suplai bahan makanan

Protein hewani juga diperlukan saat masa-masa karantina seperti saat ini. Maka dari itu suplai bahan makanan yang satu ini pun tidak boleh dilewatkan. Menyimpan daging dan makanan laut juga perlu perhatian khusus.

Daging mentah sebaiknya langsung disimpan di dalam freezer tanpa dibuka bungkusnya atau dicuci terlebih dahulu. Namun, khusus makanan laut seperti ikan, udang, cumi, dll, kamu harus mencucinya sampai bersih terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Daging yang sudah matang bisa dikonsumsi hingga 7 hari jika tidak habis dimakan setelah dimasak. Daging mentah dan daging matang harus dibedakan tempat penyimpanannya di dalam kulkas.

Kamu pun harus jeli untuk melihat suplai bahan makanan yang satu ini, daging yang sudah membusuk akan berubah warna menjadi abu-abu dan mengeluarkan bau tidak sedap. Cepat-cepat dibuang supaya tidak mengkontaminasi makanan yang lain.

Telur

suplai bahan makanan

Suplai bahan makanan yang satu ini biasanya selalu tersedia. Selain murah dan tahan lama, memasak telur pun sangat praktis. Telur bisa bertahan hingga lebih dari satu bulan di dalam kulkas. Sebaiknya sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, kamu harus mencuci suplai bahan makanan yang satu ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Tips lain untuk menyimpan telur adalah sebaiknya ujung yang lebih kecil diletakkan di bawah saat telur hendak disimpan di dalam kulkas supaya tidak cepat membusuk. Biasakan untuk memecahkan telur di mangkok terpisah terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan makanan yang lain supaya telur busuk tidak tercampur.

Susu dan Keju

suplai bahan makanan

Untuk produk-produk olahan susu sebaiknya memang disimpan di dalam kulkas. Produk susu cair di dalam botol plastik atau botol kaca akan jauh lebih tahan lama daripada susu cair dalam karton. Setelah susu cair dalam karton di buka, kamu harus segera menghabiskannya dalam waktu kurang dari 10 hari.

Untuk produk susu bubuk, kamu cukup untuk menyimpannya di wadah yang tertutup rapat tanpa harus memasukkan suplai bahan makanan ini ke dalam kulkas. lain halnya dengan keju, keju harus selalu disimpan di dalam kulkas.

Jika sudah dikonsumsi, sebaiknya keju, yoghurt, ataupun krim susu diletakkan di tempat yang berbeda, seperti di mangkuk dengan bungkus plastik. Untuk keju, kamu bisa juga meletakkan suplai bahan makanan ini di dalam aluminium foil. Keju juga bisa bertahan hingga satu bulan setelah dibuka.

Makanan Ringan, Makanan Kaleng, dan Beras

Untuk suplai bahan makanan yang satu ini kamu tidak usah pusing. Kamu tidak perlu lemari es sebagai tempat penyimpanan suplai bahan makanan ini. Kamu cukup menyimpan makanan-makanan tersebut di dalam lemari yang bersih, kering, dan sejuk dengan ventilasi udara,

Untuk beras kamu bisa menyimpannya di wadah yang tertutup tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas. Atur rak makanan dengan rapi, dan pakailah metode FIFO (First In First Out) dimana suplai bahan makanan yang masuk pertama sebaiknya dikonsumsi paling pertama pula.

Hal ini untuk mencegah makanan disimpan terlalu lama di dalam lemari penyimpanan hingga basi. Metode ini juga efektif untuk kamu yang sering lupa menyimpan suplai bahan makanan.

Dapur Bersih pun Tersedia di Bobobox

suplai bahan makanan

Bingung memasak suplai bahan makanan selama karantina? Tenang selama kamu karantina di Bobobox,  kamu bisa menggunakan dapur yang super bersih di Bobobox. Fasilitas lengkap Bobobox lainnya yang tidak kalah bersih adalah pods, kamar mandi, serta ruang bersama.

Selama wabah Covid19, Bobobox tetap memberikan pelayanan maksimal dengan meningkatkan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona. Salah satunya adalah dengan mengecek suhu tubuh siapapun yang akan menginap di Bobobox dan menyediakan hand sanitizer di ruang bersama.

Bobobox adalah hotel kapsul yang terkenal akan kebersihannya, namun di tengah pandemic Covid19 ini, kebersihan Bobobox akan jauh lebih ditingkatkan lagi. Jadi tunggu apa lagi? Cek terus promo Bobobox disini

You might also like