sumpah pemuda

6 Langkah Menyalakan Semangat Sumpah Pemuda Ala Milenial

Sumpah pemuda diperingati setiap 28 Oktober. Pada hari tersebut bangsa kita memperingati hari bersejarah yang berkontribusi dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 28 Oktober menjadi bukti sejarah bahwa pemuda Indonesia memiliki semangat yang mampu memberikan perubahan pada negeri.

Meskipun sumpah pemuda terjadi puluhan tahun yang lalu namun bukan berarti semangat pemuda Indonesia telah padam. Semangat sumpah pemuda harus terus menyala hingga kapan pun.

Untuk kamu generasi milenial mungkin kamu bertanya-tanya apa yang bisa kamu lakukan saat 28 Oktober? Bob sudah siapkan 6 langkah yang bisa kamu lakukan dalam rangka memperingati sumpah pemuda bagi kamu para generasi milenial!

1. Tetap Bersaudara Meskipun Berbeda

family gathering di bandung

Masih ingat dengan semboyan bhinneka tunggal ika? Semboyan tersebut memiliki artian berbeda-beda namun tetap satu. Dengan kekayaan alam Indonesia dan beragamnya suku juga budaya di Indonesia sudah tentu bahwa terdapat banyak perbedaan yang dimiliki penduduk Indonesia.

Namun meskipun begitu kita tetap bersaudara. Bertemanlah dengan siapapun tanpa melihat suku, agama, atau budaya tertentu. Ciptakanlah kerukunan antar bangsa yang mengantarkan kita ke dalam kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Jangan sampai perbedaan malah menjadi sumbu pertikaian. Perbedaan itu indah!

2. Menyempurnakan Penggunaan Bahasa Indonesia

sumpah pemuda ala milenial

Seiring berkembangnya teknologi banyak anak muda yang akhirnya lebih memilih banyak menggunakan bahasa asing untuk mengikuti perkembangan zaman. Tidak salah, karena bahasa asing pun perlu kita kuasai. Namun, kita harus utamakan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.

Penggunaan bahasa Indonesia akan membuat kamu mudah untuk berkawan dengan saudara setanah air dari daerah lain. Di saat bahasa daerah menjadi penghalang komunikasi, Bahasa Indonesia lah yang menjadi penghubung komunikasi antar warga Indonesia.

3. Berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda

@priyombdo

Ayo siapa diantara kallian yang belum pernah mengunjungi museum Sumpah Pemuda? Setidaknya kamu harus kunjungi museum ini saat 28 Oktober. Dengan kamu mempelajari sejarahnya maka semanga itu pun akan mengalir di tubuh kamu .

Semangat tersebut lalu akan memotivasi kamu untuk berkarya dalam memajukan negeri. Jangan lupa ajak teman dan keluargamu ke sini ya untuk mempelajari sejarahnya bersama sehingga menjadi lebih menyenangkan!

4. Berkarya di Internet

Tumbuh bersama teknologi membuat generasi milenial sangat erat hubungannya dengan internet. Di luar buku, internet menjadi wadah untuk generasi milenial belajar. Kalau gitu, gimana kalau kamu manfaatkan internet sebagai media untuk kamu menularkan semangat sumpah pemuda kepada banyak orang?

Kamu suka menulis, berfoto, atau membuat vlog? Kamu bisa manfaatkan media sosial untuk menggerakan rasa nasionalisme sesama pemuda Indonesia dengan membahas aktivitas yang kamu lakukan saat sumpah pemuda. Kamu juga bisa bercerita mengenai sumpah pemuda dan mengapa semangat ini harus tetap menyala.

5. Buat Konten Sumpah Pemuda yang Positif

sumpah pemuda

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang mengikuti banyak akun media sosial yang menyebarkan konten lucu dan menarik. Jangan hanya menjadi penikmat saja. Kamu bisa gunakan waktu kamu untuk membuat konten berupa desain, video, atau foto yang menarik dengan tema sumpah pemuda.

Melalui konten ini kamu akan mengingatkan kembali banyak orang mengenai pentingnya memiliki semangat dalam memenuhi tujuan yang ingin diraih.

6. Selebrasi Karya Anak Bangsa

Untuk bisa menyalakan kembali semangat para pemuda di momen ini, kamu juga bisa menikmati karya anak bangsa yang berguna untuk mengatasi masalah-masalah di negeri ini. Salah satunya adalah hotel kapsul Bobobox.

Dibangun oleh beberapa anak muda Bandung, Bobobox berhasil mengintegrasikan teknologi untuk memberikan solusi penginapan yang dapat memenuhi kebutuhan para petualang milenial, keluarga, dan business traveler.

Yuk, unduh aplikasi Bobobox sekarang atau cek bobobox.co.id untuk tahu informasi lebih lanjut mengenai promo menariknya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles