Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Menu Sarapan Seluruh Dunia untuk Makan Pagimu Selanjutnya

Dari croissant sampai empanada, ada yang mirip makanan Indonesia!

Bobobox.co.id – Sarapan adalah waktu makan yang penting dan banyak disukai. Tak heran banyak menu sarapan seluruh dunia yang beragam.

Banyak orang mengaitkan sarapan dengan kesehatan yang lebih baik. Sarapan dipercaya bisa meningkatkan memori dan konsentrasi, membantu metabolism, dan membakar kalori sepanjang hari. Sarapan juga memberikan energi yang kamu butuhkan untuk melewati hari-hari yang penuh dengan kegiatan. Masih belum bisa dipastikan apakah sarapan memiliki pengaruh langsung pada kesehatan atau tidak.

Meskipun begitu, sarapan tetap disukai dan dilakukan banyak orang. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Kalau kamu terbiasa sarapan dengan bubur ayam atau nasi kuning, ada banyak menu sarapan seluruh dunia yang bisa kamu coba lho.

Apa saja makanannya? Dikutip dari berbagai sumber, yuk kita simak bareng-bareng di sini.


BACA JUGA: 10 Makanan Khas Jawa Timur Paling Populer Wajib Dijajal


Menu Sarapan Seluruh Dunia Khas Barat

menu sarapan seluruh dunia
Unsplash/WOM | Creative Studio Verona
Egg Benedict

Berbicara soal menu sarapan di seluruh dunia, kita harus mulai dari yang klasik. Salah satunya adalah Egg Benedict. Di Amerika, Egg Benedict adalah menu sarapan yang cukup umum. Makanan ini terdiri dari English muffin yang dibelah dua, masing-masing bagian diberikan topping bacon, telur, dan saus hollandaise.

Makanan ini juga memiliki sejarah yang menarik. Konon, seorang bernama Lemuel Benedict mencari makanan untuk menyembuhkan pengarnya. Ia memesan masing-masing komponen kepada restoran hotel. Melihat makanan tersebut, sang koki terkesan dan akhirnya memasukkannya ke dalam menu resmi.

Croissant

Siapa tak kenal croissant? Pastry lembut dan renyah asal Prancis ini telah menjadi ikon menu sarapan seluruh dunia yang elegan.

Croissant merupakan adonan yang dilapisi dengan mentega, digulung, lalu dilipat berulang kali. Adonan tersebut kemudian digulung menjadi lembaran tipis dengan teknik yang disebut laminating. Proses penggulungan tersebut lalu menghasilkan tekstur berlapis dan bersisik yang mirip dengan puff pastry.

Sekarang, croissant sudah memiliki beragam variasi mulai dari isi dan bentuk. Bahkan, beberapa saat lalu croissant sempat viral karena divariasikan menjadi croffle alias croissant waffle.

Banana Bread

Sebenarnya menu sarapan seluruh dunia ini tidak khusus ada di satu negara. Banyak negara yang menggunakannya dan mengadaptasinya dengan berbagai cara, tak terkecuali di Indonesia.

Banana bread merupakan kue yang dibuat dari pisang yang dihancurkan, tepung, mentega, dan gula. Adonan tersebut kemudian di panggang hingga matang.

Meskipun kue, menu sarapan seluruh dunia ini disebut roti karena dipanggang di loyang yang biasa digunakan untuk roti. Teksturnya yang keras juga membuat banana bread lebih akrab disebut sebagai roti alih-alih kue.

Empanada

Di Amerika Latin, orang terbiasa sarapan dengan mengonsumsi empanada. Menu sarapan seluruh dunia ini mudah ditemukan di mana-mana dan setiap negara punya ciri khas maisng-masing.

Empanada adalah sejenis pastry panggang atau goreng yang diisi dengan berbagai macam isian seperti daging, keju, tomat, apel, dan lain-lain.

Di Indonesia, kamu juga bisa menemukan makanan serupa empanada. Kamu mungkin mengenal makanan ini dengan sebutan pastel atau juga nama aslinya, panada.


BACA JUGA: Berani Coba? Inilah 7 Rasa Kit Kat Terunik Di Dunia!


Menu Sarapan Seluruh Dunia Khas Asia

menu sarapan seluruh dunia
Unsplash/Roman Shalkevic
Idli

Dari Eropa, kita mampir dulu melihat menu sarapan di Asia. Lebih tepatnya, menu sarapan di Sri Lanka.

Nasi telah menjadi makanan pokok di berbagai macam negara di Asia, termasuk Sri Lanka. Salah satu yang dijadikan menu sarapan adalah Idli.

Idli merupakan sejenis kue beras yang dibuat dengan cara mengukus adonan yang terdiri dari lentil hitam yang difermentasi dan nasi.

Karena idli memiliki rasa yang cenderung tawar, menu sarapan seluruh dunia ini biasanya disajikan dengan chutney, sambar, dan Medu vada.

 

Kari Telur India

Di Indonesia, kita mengenal makanan telur balado yang biasa disajikan dengan sepiring nasi hangat untuk makan siang.

Di India, ada yang namanya kari telur. Mirip dengan telur balado. Hanya saja, makanan ini disajikan sebagai menu sarapan. Menu sarapan seluruh dunia ini memiliki berbagai macam variasi. Ada yang dari India Selatan, Utara, dan lain-lain. Namun, biasanya kari telur ini memiliki kuah kental dengan sayuran dan rempah-rempah yang kuat.

Jachnun

Jachnun adalah menu sasrapan seluruh dunia tradisional yang berasal dari Yaman. Jachun dibuat dengan cara memipihkan adonan setipis mungkin.

Setelah diolesi oleh mentega, adonan jachnun kemudian diasap menggunakan kayu khusus. Proses memasak ini membuat jachnun memiliki warna kuning gelap dengan rasa karamel yang tajam dan manis. Biasanya, jachnun disajikan dengan salsa tomat, saus tomat parut segar, telur rebus, dan zhug (sejenis bumbu pedas herbal hijau).

 

Gyeran Mari

Pecinta drakor pasti tidak asing dengan nama gyeran mari. Telur omelet gulung ini merupakan menu sarapan seluruh dunia yang biasa dimakan di Korea.

Gyeran mari adalah banchan (lauk pauk) yang dibuat dengan mengocok dengan beberapa bahan yang dipotong dadu. Biasanya, gyeran mari dicampur dengan bawang, wortel, daun bawang, jamur, daging, ikan, atau keju. Menu sarapan ini disajikan dalam bentuk kotak kecil dan disantap bersama nasi dan lauk pauk lain.

 

Khanom Khrok

Jika mendengar namanya, menu sarapan di seluruh dunia ini mungkin terdengar aneh Namun, apabila sudah melihat wujudnya, kamu pasti akan merasa familiar.

Pasalnya khanom khrok memiliki bentuk yang mirip dengan menu sarapan pinggir jalan khas Indonesia, surabi.
Makanan ini dibuat dengan mencampur tepung beras, gula, dan santan sebagai dasar adonan.

Khanom khrok memiliki aroma yang harum, rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Namun, khanom khrok juga bisa dibuat dengan rasa yang gurih.


BACA JUGA: Perluas Wawasan Perbuahanmu Dengan Mengetahui Buah-Buah Yang Tidak Umum Berikut Ini


Wah, ternyata ada banyak juga ya menu sarapan dari seluruh dunia. Daftar di atas hanya sedikit saja dari jutaan makanan yang ada. Kira-kira kamu udah coba semuanya belum?

Namun, jangan cuma makan karena enak ya. Perhatikan juga manfaat kesehatannya. Salah satu manfaat sarapan adalah mengisi kembali gula darah yang rendah saat bangun tidur. Selamat mencoba!

Mau staycation murah? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like