Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menu Buka Puasa yang Lezat dan Mudah Dibuat

Bingung nggak bisa beli menu buka puasa karena di rumah aja? Cobain 5 resep berikut ini. Selain gampang, juga enak lho!

Saat bulan Ramadan tiba, menu buka puasa yang beragam tersedia di mana-mana. Mulai dari di pinggir jalan hingga di restoran. Akan tetapi, kalau lagi di rumah aja kayak gini, mendingan bikin sendiri deh.

Tenang, nggak ribet kok. Menu buka puasa berikut ini bisa kamu buat sendiri di rumah tanpa perlu susah-susah. Penasaran apa saja menu buka puasanya? Simak terus di sini ya!

Kolak campur

menu buka puasa
minews.id

Kolak adalah salah satu menu buka puasa yang paling umum. Jenisnya pun beragam. Ada kolak pisang, kolak ubi, kolak kolang-kaling, dan masih banyak lagi. Kalau mau semuanya juga bisa dicampur. Seperti yang satu ini. Berita baiknya, menu buka puasa yang satu ini sangat mudah untuk dibuat di rumah lho.

Bahan-bahan

  • 2 buah pisang tanduk
  • 300 gram ubi
  • 50 gram nangka
  • 100 gram kolang kaling
  • 2 lembar daun pandan
  • 300 gram gula pasir
  • 500 ml air
  • ml santan
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat

  • Potong ubi, nangka, dan pisang menjadi beberapa bagian.
  • Rebus kolang-kaling hingga matang.
  • Masukkan air ke dalam panci sesuai takaran lalu rebus bersamaan dengan pisang dan ubi hingga matang.
  • Setelah matang, masukkan daun pandan dan gula ke dalam panci.
  • Aduk rata hingga air kembali mendidih.
  • Tambahkan kolang-kaling yang sudah direbus sebelumnya.
  • Terakhir, masukkan nangka, santan, dan garam.
  • Aduk hingga matang dan semua bahan bercampur.
  • Menu buka puasa kolak campur siap disajikan.

Menu buka puasa brownies kurma

menu buka puasa
Photo by Michelle Tsang on Unsplash

Kurma adalah menu buka puasa yang wajib ada. Akan tetapi, jika kamu bosan makan kurma apa adanya, brownies kurma ini bisa jadi pilihan menu buka puasa kamu. Selain rasa manisnya yang memanjakan lidah, menu buka puasa ini juga mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan untuk brownies:

  • 250 gram kurma, buang bijinya
  • 235 ml air panas
  • 170 gram mentega
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh bubuk vanili
  • 75 gram coklat bubuk
  • 64 gram tepung terigu
  • Garam

Bahan-bahan untuk olesan:

  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • 3 sendok makan madu
  • 1 sendok makan mentega leleh atau minyak kelapa
  • ¼ sendok teh vanili bubuk

Cara membuat

  • Blender kurma dengan air panas hingga halus sampai bertekstur seperti pasta. Masukkan pasta kurma ke dalam mangkuk bersama dengan mentega.
  • Aduk rata mentega dan pasta kurma hingga halus
  • Tambahkan telur satu per satu diikuti dengan vanili bubuk. Aduk hingga halus.
  • Tambahkan coklat bubuk dan tepung lalu aduk hingga merata.
  • Olesi loyang dengan minyak lalu panaskan di dalam oven.
  • Keluarkan loyang dari oven lalu tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan menggunakan bagian belakang sendok.
  • Taburi bagian atasnya dengan sedikit garam.
  • Panggang selama kurang lebih 18 hingga 23 menit hingga matang.
  • Tiriskan brownies selagi menyiapkan olesan.
  • Untuk olesan, kocok bersamaan mentega, madu, dan coklat bubuk. Tambahkan vanili bubuk lalu kocok kembali hingga rata. Jika olesannya terlalu encer, tambahkan lagi coklat bubuk ke dalamnya.
  • Oleskan ke atas brownies lalu tambahkan lagi sedikit garam.
  • Menu buka puasa brownies kurma pun siap disajikan.

Menu buka puasa salad buah saus madu lemon

menu buka puasa
Photo by Sara Dubler on Unsplash

Bahan-bahan untuk saus:

  • 85 gram madu
  • 60 ml air perasan jeruk lemon
  • Parutan kulit jeruk lemon

Bahan-bahan untuk salad

  • 450 gram stroberi, potong menjadi dua bagian
  • 170 gram bluberi
  • 170 gram rasberi
  • 3 buah kiwi, kupas lalu potong-potong
  • 1 buah jeruk
  • 2 buah apel, kupas lalu potong-potong
  • 1 buah mangga
  • 200 gram anggur

Cara membuat

  • Di mangkuk kecil, aduk madu, air perasan jeruk lemon, dan parutan kulit jeruk lemon hingga rata.
  • Di mangkuk yang terpisah, masukkan semua buah.
  • Tambahkan saus ke dalam mangkuk buah.
  • Menu buka puasa yang segar dan sehat siap kamu santap.

Es campur untuk menu buka puasa

menu buka puasa
foodizz.id

Menu buka puasa yang satu ini dijamin bikin tenggorokan kamu basah seketika. Es campur juga merupakan salah satu menu buka puasa yang sering dipilih banyak orang. Nggak perlu beli keluar. Menu buka puasa ini cukup mudah untuk dibuat di rumah lho.

Bahan-bahan

  • 100 gr kolang-kaling
  • 100 gram cincau hitam
  • 100 alpukat
  • 100 gr kelapa muda
  • 60 gr nangka
  • 40 gr sagu mutiara
  • 30 ml sirup kokopandan
  • 50 ml santan
  • 100 ml susu kental manis
  • 2 lembar daun pandan.
  • ¼ sendok teh garam

Cara membuat

  • Potong-potong kolang-kaling, cincau, alpukat, dan nangka sesuai selera.
  • Rebus sagu mutiara hingga matang. Tiriskan.
  • Di panci terpisah, rebus santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih.
  • Di mangkuk berukuran besar masukkan semua bahan utama. Tuang santan yang sudah direbus ke dalamya.
  • Untuk pemanis, tambahkan susu kental manis dan sirup kokopandan.
  • Terakhir, tambahkan es batu atau es serut ke dalamnya.

Menu buka puasa bakwan sayur

menu buka puasa
IDN Times

Rasanya orang Indonesia tidak bisa lepas dari sajian gorengan untuk menu buka puasa. Nah, di antara jenis gorengan yang ada, bakwan sayur atau bala-bala untuk orang Sunda adalah salah satu yang paling populer. Rasanya yang khas membuat menu buka puasa yang satu ini selalu habis.

Bahan-bahan

  • 500 gram kol, iris tipis-tipis
  • 200 gram wortel, potong menjadi bentuk korek api
  • 5 batang daun bawang, potong tipis
  • 250 gram tepung terigu
  • Kaldu jamur atau garam sesuai selera sebagai bumbu
  • 2 sendok teh merica
  • 300 ml air
  • 7 siung bawang putih, cincang halus
  • Minyak goreng

Cara membuat

  • Di dalam mangkuk, campur terigu, air, dan kaldu jamur/garam. Aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal.
  • Setelah mendapatkan konsitensi yang diinginkan, masukkan semua bahan.
  • Panaskan minyak di atas wajan.
  • Gunakan sendok makan untuk memasukkan adonan ke dalam wajan.
  • Goreng hingga seluruh adonan habis.
  • Sajikan menu buka puasa bakwan sayur selagi hangat.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

Bicara soal menu buka puasa suka bikin Bob jadi ngiler. Nanti, kira-kira Bob mau coba bikin menu yang mana ya. Duh, jadi bingung sendiri. Kalau gitu Bob nunggu kiriman kamu aja deh di markas. Di mana lagi kalau bukan di Bobobox.

Nanti, sekalian aja kamu ke sini sambil nyobain staycation di Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini cocok banget untuk dipakai istirahat, rehat dari kesibukan untuk sejenak. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget untuk melepas stres. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.