utama

Maraknya Mental Illness di Kalangan Millennial

Bobobox.co.id — Dengan perkembangan dunia yang bergerak begitu cepat, tak pelak, memahami kesehatan fisik maupun jiwa menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Khususnya menyoal mental illness, gangguan ini bisa dialami oleh siapa saja terutama di kalangan millenial. Mengapa ini bisa terjadi?

Maraknya pengakuan diri sendiri mengidap mental illness di kalangan millenial ini semakin banyak. Apalagi saat film Joker (2019) yang disutradarai oleh Todd Phillips ini mulai serentak ditayangkan di bioskop-bioskop pada pertengahan Oktober lalu.

Walaupun akhirnya banyak yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental, mengakui diri sendiri mengidap mental illness tentu salah kaprah. Pasalnya, kamu tentu harus membutuhkan konsultasi terlebih dahulu ke psikolog atau psikiater sebelum benar-benar mengetahui apakah kamu mengidap mental illness ataupun tidak.

Nah, kira-kira sebenarnya faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Simak ulasan singkat Bob berikut ini yang wajib kamu perhatikan dengan baik.

Beban Pikiran yang Berlebihan

Dengan tuntutan yang semakin tinggi, banyak dari generasi millenial yang terbebani dengan pikiran yang berlebihan. Tak heran, jika menurut WHO, anak muda jaman sekarang khususnya generasi millenial rentan akan mental illness.

Salah satu yang sering dipikirkan secara berlebihan adalah menyoal tentang masa depan terutama masalah ekonomi. Semakin tingginya biaya hidup beberapa tahun ke belakang membuat kebanyakan generasi millenial tertekan atas kondisi yang akan mereka hadapi semisal pekerjaan yang tidak menentu dan cicilan rumah atau kendaraan.

Selain dari dalam diri sendiri, faktor eksternal seperti ekspektasi yang berlebihan di lingkungan sekitarmu hingga berakibat pada kecemasan yang berlebih membuat mental illness semakin rentan untuk terjadi di generasi millenial.

Kecanduan Dawai

Sekarang ini, dawai menjadi salah satu barang yang tidak lepas dari genggamanmu ke mana pun kamu pergi. Mau ke toilet ataupun saat berkumpul bersama teman-temanmu, memainkan dawai seperti hal wajib yang harus dilakukan.

Namun, walaupun memang berguna, tren saat ini menunjukkan bahwa banyak dari generasi millenial memiliki kecanduan terhadap penggunaan dawai. Kecanduan tentu tidak baik untuk kesehatan fisik dan juga jiwa. Ditambah dengan media sosial yang menambah beban pikiran terkait gaya hidup ideal yang sejatinya tidak seindah kenyataan.

mental sosial media

Aktivitas Yang Berlebihan

Memiliki beban pikiran yang berlebih menyoal keadaan ekonomimu kedepannya membuat banyak diantaranya akhirnya menjadi memforsir diri untuk terus bekerja demi mengejar stabilitas di hari tua nantinya.

Aktivitas yang dilakukan secara berlebihan inilah yang akan menguras habis pikiranmu. Apalagi jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Sehingga, tidak hanya lelah secara fisik, tapi juga otakmu pun akan mengalami kelelahan. Jika sudah terjadi dalam jangka waktu yang lama, hal ini menjadi salah satu pemicu terjadinya mental illness.

Stigma Negatif Terhadap Mental Illness

Hal ini masih sering terjadi sampai saat ini. Masih banyak stigma negatif mengenai kesehatan jiwa sehingga membuat orang enggan mencari bantuan ke layanan psikolog profesional.

Salah satunya adalah seringnya masyarakat awam yang langsung menghakimi orang yang mengidap mental illness sebagai orang yang kurang waras. Inilah yang akhirnya membuat orang-orang tersebut justru semakin ciut untuk berobat dan malah memendam terus masalah yang mereka hadapi tanpa diberi pertolongan yang seharusnya mereka butuhkan.

Ingin Staycation? Ya di Bobobox

Salah satu cara yang bisa lakukan untuk melepaskan beban yang sedang kamu pikirkan adalah dengan melakukan staycation. Salah satu tempat menginap yang cocok untuk staycationmu adalah Bobobox.

Hotel satu ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang kece abis sehingga mampu memberikan kualitas menginap dan staycation yang mumpuni.

Tertarik mencoba? Unduh dulu aplikasi Bobobox di sini untuk memesan tiap podnya.

Selamat menginap di Bobobox ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles