Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Cara Menjaga Stamina agar Tetap Prima selama Berpuasa

Beraktivitas seharian penuh jadi lebih bugar!

Bobobox.co.id — Di bulan Ramadan, banyak pola hidup yang harus berubah. Hal ini terjadi karena selama bulan Ramadan, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan seperti halnya bulan-bulan biasa.

Oleh karena itu, tubuhmu akan diajak untuk bekerja mengikuti ritme selama berpuasa. Dalam hal ini, kamu pun dituntut untuk menjaga stamina agar tetap prima selama berpuasa.

Apalagi bagi kamu yang di bulan Ramadan ini masih diharuskan untuk bekerja seperti biasa. Menjaga stamina setiap harinya menjadi hal yang wajib untuk kamu lakukan agar tidak sakit di kemudian hari.

Nah, Bob sudah merangkum 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga stamina agar tetap prima dan fit selama berpuasa di bulan Ramadan kali ini. Yuk, langsung saja simak ketujuh caranya berikut ini.

Jangan Melewatkan Sahur

Cara menjaga stamina selama berpuasa adalah jangan pernah melewatkan sahur. Pasalnya, sahur memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga stamina saat kamu berpuasa di bulan Ramadan.

Sama seperti halnya sarapan di pagi hari, sahur menjadi gerbang utama di mana asupan energi masuk ke dalam tubuh. Asupan makanan inilah yang nantinya menjaga stamina saat beraktivitas seharian.

Untuk itu, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, singkong, dan oatmeal. Hal ini dilakukan agar perutmu merasa kenyang lebih lama.

Tidak hanya karbohidrat kompleks saja yang kamu butuhkan saat sahur, kamu pun membutuhkan makanan dengan serat tinggi seperti kurma, biji-bijian, kentang, sayuran, dan buah serta protein dari telur, keju, dan yogurt.

menjaga stamina melewatkan sahur

Lakukan Olahraga Ringan

Banyak orang yang seringkali merasa malas untuk berolahraga saat berpuasa. Padahal, berolahraga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan tidak akan berakibat buruk pada puasa yang sedang dijalankan.

Hal terpenting yang perlu dicermati adalah pemilihan olahraganya. Selama berpuasa, kamu tidak perlu melakukan olahraga berat seperti biasanya. Cukup lakukan olahraga ringan saja.

Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di sekitaran rumah di antaranya adalah jogging, yoga, dan bersepeda. Durasinya pun bisa dilakukan minimal 30 menit.

Durasi di atas sebenarnya tidak mengikat. Jadi, misalkan saja kamu melakukan olahraga berdurasi 30 menit dan sudah merasa tidak kuat, tinggal kurangi saja durasinya menjadi 15 hingga 20 menit saja untuk menjaga stamina.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum yang cukup menjadi cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga stamina agar tetap prima selama berpuasa. Di bulan puasa seperti sekarang ini, seringkali kamu lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Padahal, tubuhmu membutuhkan asupan cairan setiap harinya agar tidak mudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi inilah yang justru nantinya malah membuat staminamu menurun.

Untuk itu, pastikanlah untuk memperbanyak minum air putih baik saat sahur ataupun berbuka puasa. Walaupun tiap orangnya membutuhkan asupan yang berbeda, minimal konsumsi delapan gelas sehari.

Kamu bisa mengatur waktu untuk mengonsumsi air putih ini. Bisa saja kamu mengaturnya menjadi dua saat sahur dan buka, dua sebelum tarawih, dan dua lainnya sebelum atau menjelang tidur.

Hindari Makanan Berminyak dan Manis

Makan makanan berminyak dan manis tentunya menjadi godaan yang cukup besar saat sahur dan berbuka. Namun, untuk menjaga stamina agar tetap prima, cobalah untuk menghindari kedua jenis makanan tersebut.

Pasalnya, kedua jenis makanan ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, ada beberapa risiko yang menanti. Selain naiknya kolestrol, naiknya kadar minyak dalam tubuh membuat aliran oksigen ke dalam tubuh berkurang hingga 20 persen.

Hal tersebut justru akan membuatmu lebih mudah mengantuk di siang hari saat berpuasa. Berbeda halnya dengan makanan yang manis. Walaupun dianjurkan tetapi cek terlebih dahulu porsinya.

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, hal tersebut justru membuat kemungkinan berat badanmu naik semakin tinggi. Selama bulan Ramadan, pastikanlah asupan yang masuk tidak lebih banyak dari yang dikeluarkan.

Tidur yang Cukup

Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika kamu terlalu sering begadang, maka staminamu pun akan kendor. Sehingga, cara selanjutnya untuk menjaga stamina adalah mendapatkan tidur yang cukup.

Selama bulan Ramadan, kamu pastinya diharuskan untuk bangun lebih awal dibandingkan biasanya. Hal ini karena kamu tidak boleh melewatkan sahur yang menjadi cara lainnya untuk menjaga stamina.

Hal ini bisa jadi membuat durasi tidurmu menjadi berkurang. Sehingga, saat beraktivitas di siang hari, kamu justru lebih sering mengantuk yang diakibatkan oleh kurang tidur.

Salah satu cara untuk menyiasati hal ini adalah dengan tidur lebih cepat dibanding biasanya untuk mendapatkan waktu tidur selama enam hingga delapan jam. Misalkan saja, kamu bisa langsung tidur sehabis melakukan tarawih.

Jangan Makan Berlebih Saat Berbuka Puasa

Setelah seharian berpuasa, biasanya nafsu makan seringkali meningkat. Sehingga, kamu pun mengonsumsi makanan berat yang akhirnya menyebabkanmu kekenyangan.

Nah, hal tersebut sendiri sangat tidak dianjurkan. Konsumsilah makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Hindarilah memakan makanan berat seperti nasi dan lauknya saat berbuka.

Saat kamu langsung memakan makanan berat, lambungmu belum siap untuk menerima asupan makanan dalam jumlah yang besar. Hal tersebut tentunya tidak baik untuk tubuhmu.

Makanan yang dianjurkan untuk menjadi menu awal saat berbuka adalah kurma. Kurma sendiri kaya akan berbagai jenis vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menjaga stamina saat berpuasa.

Jaga Asupan Makanan

Cara terakhir untuk menjaga stamina agar tetap prima selama berpuasa adalah menjaga asupan makanan. Setelah tadi kamu tahu apa saja yang harus kamu hindari, nah sekarang kamu harus tahu apa saja yang wajib kamu santap. Saat sahur dan berbuka puasa, usahakanlah untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayur memiliki kadar air dan kaya antioksidan yang mampu untuk mejaga staminamu selama seharian penuh.

Untuk tambahannya, kamu bisa mengonsumsi multivitamin. Sekarang ini, berbagai merk multivitamin dijual di pasaran. Kamu bisa memilih multivitamin yang sesuai untuk menjaga stamina tubuh. Terkait hal ini, mengonsumsi multivitamin mungkin akan lebih dianjurkan bagi kamu yang memang memiliki keseharian yang relatif padat dan membutuhkan tubuh yang harus terjaga kebugarannya.

Tidur berkualitas? Di Bobobox Aja!

 

Tidur berkualitas sangat memengaruhi stamina kita. Nah, terkadang banyak gangguan yang bisa membuat tidur kita tidak berkualitas. Jika kamu butuh tempat yang nyaman dan aman untuk beristirahat, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul futuristik ini menawarkan fasilitas-fasilitas yang siap menunjang kenyamanan dalam menginap. Pemesanan pun bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, menginap di Bobobox.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.