Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Semoga bisa membantu ya!

Bobobox.co.id — Penyebaran virus corona sekarang ini rasanya belum menemukan titik di mana akan benar-benar berakhir. Dengan ketidakpastian tersebut, daya tahan tubuh menjadi salah satu yang harus tetap dijaga.

Pasalnya, dengan daya tahan tubuh yang optimal, maka kamu tidak akan mudah untuk terkena penyakit. Daya tahan tubuh menjadi benteng pertahanan yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Nah, saat melakukan physical distancing di rumah, kamu tentunya diwajibkan untuk melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, kamu tidak melulu menonton film atau serial televisi saat berada di rumah.

Oleh karena itu, Bob sudah merangkum 10 hal yang bisa kamu lakukan selama berada di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa di antaranya mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya.

Mengonsumsi Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat terutama yang disebut-sebut sebagai makanan penguat daya tahan tubuh.

Makanan sendiri memiliki peran vital dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Cobalah untuk menghindari dalam mengonsumsi makanan mentah seperti daging, telur, hingga sayur mentah.

Namun, perbanyaklah beberapa makanan yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin B, C, D, E. Beberapa makanan sehat di kategori ini adalah sayur, daging, kacang-kacangan, makanan laut, dan yogurt.

makanan daya tahan tubuh

Olahraga secara Teratur

Sudah banyak diketahui oleh khalayak umum jika berolahraga secara teratur menjadi cara yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yang dimaksud teratur di sini tidak perlu setiap hari lho.

Yang penting adalah dalam seminggu, kamu bisa meluangkan waktumu dua sampai 4 kali untuk bisa berolahraga. Olahraganya sendiri tinggal sesuaikan dengan apa yang kamu sukai.

Jika, senang jogging atau lari, kamu bisa mengitari kompleks perumahanmu atau datang ke track jogging. Jika kamu senang dengan olahraga yang dimainkan bersama-sama seperti futsal, langsung mainkan saja.

Mengelola Stres

Hal berikutnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengelola stres. Stres sendiri terbukti dapat meningkatkan risiko seseorang terkena banyak penyakit.

Pasalnya, saat stres melanda, daya tahan tubuh bisa menurun. Hal tersebut tentunya membuat seseorang yang stres lebih mudah terserang penyakit. Sehingga, kelolalah dengan baik stres tersebut.

Caranya bisa dengan melakukan hobi, me time, hingga yoga dan meditasi. Tidak hanya itu, janganlah setiap jam mengecek kabar terkini seputar virus corona. Biarkan otakmu beristirahat dari berita buruk setiap harinya.

Melakukan Meditasi

Setelah sempat disinggung sebelumnya, meditasi bisa menjadi salah satu alternatif hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sendiri didukung oleh studi terbaru.

Di studi tersebut dikatakan bahwa meditasi bisa secara konsisten membantu memperbaiki kesehatan di tengah situasi stres yang melanda. Hal tersebut disampaikan langsung oleh praktisi meditasi, Ellie Burrows Gluck.

Soal caranya, ada sejumlah cara untuk bisa melakukan meditasi ini. Yang cukup sederhana bisa kamu lakukan dengan menarik napas panjang lalu menenangkan pikiranmu. Lakukan meditasi tersebut 10 hingga 15 menit setiap harinya.

Tidak Mengonsumsi Alkohol

Selanjutnya, satu hal ini justru dianjurkan untuk tidak kamu lakukan. Jika kamu lakukan, yang ada justru daya tahan tubuh malah menurun. Hal yang dimaksud oleh Bob adalah menghindari mengonsumsi minuman beralkohol.

Dalam segelas minuman beralkohol, ada metabolit yang disebut aldehydes. Metabolit tersebut justru menyebabkan hal buruk pada tubuhmu karena bisa merusak daya tahan tubuh.

Kamu pun bisa menebaknya, bukan? Dengan daya tahan tubuh yang rusak, hal tersebut justru akan meningkatkan risiko terkena penyakit. Beberapa penyakit yang ditimbulkan dari minuman beralkohol adalah kanker kerongkongan, jantung, dan lainnya.

Meminum Teh

Meminum teh menjadi hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, teh yang kamu minum haruslah teh hitam dan teh hijau.

Kandungan asam amino yang ada di teh hijau dan teh hitam sendiri memiliki tanggungjawab yang penting dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Walaupun memiliki manfaat yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, jangan sampai mengonsumsi teh hijau dan teh hitamnya secara berlebihan ya!

Meminum Jus Buah

Tidak cuma memakan makanan sehat saja yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meminum berbagai macam jus buah pun bisa menjadi pilihan lain yang bisa dilakukan.

Mungkin banyak di antaranya yang justru lebih senang mengonsumsi buah-buahan peningkat kekebalan tubuh dengan cara diolah menjadi jus dibanding dimakan langsung.

Salah satu alasannya bisa jadi adalah rasanya yang sehat dan bisa dikombinasikan dengan buah lainnya saat buah-buahan peningkat kekebalan tubuh tersebut akan dijus.

konsumsi makanan daya tahan tubuh

Gunakan Minyak Esensial

Minyal esensial sekarang ini sedang mendapatkan popularitasnya. Berbagai macam merek minyak esensial sudah mudah ditemukan di toko-toko online bahkan hingga ada arisan untuk mendapatkan paketannya.

Saat diteteskan ke dalam oil diffuser, aroma minyak esensial dipercaya bisa memberikan berbagai manfaat bergantung dengan aroma yang digunakan.

Salah satu yang dianggap bisa menunjang sistem kekebalan tubuh adalah minyak esensial lemon. Selain memiliki kandungan antibakteri, minyak esensial ini bisa menunjang kekebalan tubuh.

Mengonsumsi Suplemen Tambahan

Jika beberapa cara sudah kamu lakukan, hal lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi suplemen tambahan. Dengan namanya yang ‘tambahan’, maka bukan sebuah keharusan untuk dilakukan.

Walaupun begitu, suplemen pun penting untuk dikonsumsi jika kamu merasa bahwa konsumsi kebutuhan nutrisi tiap harinya dirasa kurang. Di sinilah peran suplemen dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sekarang ini, kamu bisa menemukan beragam jenis suplemen dengan bermacam kandungan. Mulai dari suplemen vitamin C, vitamin B, hingga multivitamin. Soal merek tertentu, pilih sesuai kantong dan kebutuhanmu.

Tidur yang Cukup

Mungkin saat sekarang ini berada di rumah, hal yang satu ini seringkali kamu lakukan. Wajar saja mengingat saat bosan sedang melanda dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, maka tidur menjadi jalan keluar.

Namun, kamu harus memerhatikan durasi tidurmu selama ini. Walaupun tidur termasuk hal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, jika berlebihan, hal tersebut tentu tidak baik bagi tubuhmu.

Cara yang tepat adalah memastikan bahwa kamu mendapatkan tidur yang cukup. Durasi yang disarankan adalah 7 hingga 8 jam per harinya. Dengan tidur yang cukup, maka daya tahan tubuh akan tetap kuat.

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Menginap dengan harga terjangkau bukan lagi hal yang sulit untuk didapat. Salah satu akomodasi penginapan dengan harga terjangkau yang bisa dikunjungi adalah Bobobox.

Walaupun menawarkan harga flat rate yang terjangkau untuk liburan bujet, fasilitas yang disediakan di hotel kapsul ini tidak kalah dengan yang ada di hotel bintang lima.

Jika berminat, kamu bisa melakukan reservasi pod melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like