Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Rasa Sakit setelah Berolahraga

Semoga bisa membantumu ya!

Bobobox.co.id — Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraganya pun tidak terpatok hanya lari misalkan. Kamu bisa berolahraga sesuai dengan yang kamu mau.

Tidak hanya menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga pun punya manfaat lainnya. Manfaat yang didapat dari berolahraga antara lain menjaga stamina, meningkatkan daya pikir, dan masih banyak lainnya.

Namun, bagaimana jika saat kamu berusaha untuk mendapatkan manfaat dari berolahraga, yang ada justru rasa sakit pada tubuhmu. Tentu saja hal ini bukanlah yang kamu ingin dapatkan dari olahraga.

Biasanya, kamu akan merasakan rasa sakit jika kamu kurang pemanasan. Sehingga, otot-otot pada tubuh sebenarnya belum siap namun sudah diajak untuk berolahraga.

Jika rasa sakit setelah berolahraga terjadi kepadamu, berikut ini merupakan 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengurangi rasa sakit pada badanmu setelah berolahraga.

Melakukan Peregangan

Cara yang bisa kamu lakukan saat merasakan sakit setelah berolahraga adalah melakukan peregangan atau stretching. Hal ini biasanya alfa kamu lakukan sehabis melakukan olahraga.

Padahal, peregangan memiliki tujuan untuk mengembalikan otot-otot yang ‘panas’ akibat digunakan untuk olahraga. Tidak hanya itu, peregangan juga berfungsi untuk memaksimalkan pemulihan otot sehabis beraktivitas dan meningkatkan alirah darah kembali ke asalnya.

Soal durasi yang disarankan, jika kamu melakukan olahraga dengan durasi kurang lebih 90 menit, ada baiknya kamu melakukan peregangan selama 10 hingga 15 menit untuk bisa mengembalikan otot-otot yang sakit.

Mengompres Bagian yang Sakit

Bisa jadi, cara untuk mengurangi rasa sakit ini sudah kamu ketahui sebelumnya. Yap, saat mengalami sakit atau cedera, biasanya orang-orang akan menyarankanmu untuk mengompres bagian yang sakit.

Tujuan dari mengompres bagian yang mengalami sakit adalah untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit tersebut. Saat mengompres, kamu bisa mengombinasikannya dengan gerakan memijat yang lembut agar otot lebih rileks.

Cara mengompres bagian yang sakit adalah dengan menggunakan kompres dingin. Kompres dingin ini sendiri bisa dibuat dengan menggunakan kain atau handuk untuk menjadi bungkus es batu. Kompres pada bagian yang sakit selama 10 hingga 15 menit.

Setelah itu, jika nyeri mulai reda, kamu bisa menggunakan kompres hangat dengan durasi yang sama. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan. Jika kamu mau, kamu bisa membalurkan olive oil untuk membuat otot semakin rileks.

kompres dengan air dingin berolahraga
via sepainandspinecare.com

Perbanyak Meminum Air Putih

Saat seseorang mengalami dehidrasi, kemungkinan besar pemulihan oto akan berlangsung lebih lama dibanding biasanya. Pasalnya, jaringan otot memerlukan air untuk memulihkan jaringan ototnya dengan cepat.

Nah, saat kamu merasa dehidrasi sehabis berolahraga, sebaiknya perbanyak dalam meminum air putih. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras saat melakukan olahraga tertentu.

Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan air minum harian kurang lebih 2 liter. Banyak juga yang menyebutkan bahwa 2 liter air putih tersebut setara dengan 8 gelas yang harus dikonsumsi per harinya.

Walaupun begitu, kebutuhan air untuk setiap orangnya akan berbeda-beda. Beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut adalah faktor kesehatan, usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan lingkungan.

Mengonsumsi Obat Anti Inflamasi

Selain beberapa cara yang sudah Bob sebutkan, kamu bisa melakukan cara berikut ini. Caranya adalah dengan mengonsumsi obat atau mengolekskan krim antinyeri pada bagian yang sakit.

Obat anti inflamasi berguna untuk membantu meringankan nyeri yang timbul sehabis olahraga. Cara ini pun bisa dilakukan jika rasa nyeri tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan.

Agar menghindari rasa nyeri atau sakit yang datang kembali, ada baiknya jika kamu menghindari latihan fisik yang terlalu berat dengan durasi yang relatif lama. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan olahraga ringan.

Setelah rasa sakit tersebut dirasa mulai berkurang, barulah kamu menambah intensitas olahraganya. Namun, jangan lupa untuk menambah intensitasnya sedikit demi sedikit dan lakukan pemanasan dan peregangan baik sebelum dan sesudah berolahraga.

Mengontrol Asupan Makanan

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga adalah mengontrol asupan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Siapa sangka makanan memiliki pengaruh terhadap penyembuhan rasa sakit pada otot.

Pertama, hindarilah makanan yang mengandung kolesterol dan garam yang tinggi. Beberapa makanan yang ada di kategori ini adalah daging dan makanan yang diasinkan.

Untuk itu, sebagai ganti dari makanan tersebut, cobalah untuk memperbanyak makanan yang mengandung lebih sedikit kolesterol dan garam dan juga yang memiliki fungsi anti-inflamasi.

Beberapa makanan pada kategori ini di antaranya adalah salmon, buah-buahan (apel, nanas, ceri, stroberi, blueberry), kacang-kacangan (walnut, almon, hazelnut, dan biji bunga matahari), dan ikan (salmon dan tuna).

Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat menjadi cara berikut yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit sehabis berolahraga. Sehabis berolahraga, otot pun menjadi tegang.

Nah, saat otot-otot tersebut bekerja keras dari olahraga yang dilakukan, maka cara untuk membuat ototmu menjadi lebih rileks adalah dengan mandi menggunakan air hangat.

Sebenarnya, otot yang tegang tadi sendiri baik untuk perkembangan otot. Hal tersebut terjadi karena otot akan berkembang dan bertumbuh untuk menjadi semakin kuat.

Mandi dengan menggunakan air hangat bisa menstimulasi otot agar menjadi lebih kuat lagi. Caranya adalah dengan membuat otot-otot tersebut untuk tetap rileks.

Tidur yang Cukup

Cara terakhir yang Bob sarankan untuk kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit setelah berolahraga adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Pola tidur yang baik sendiri baik untuk kesehatanmu.

Hidup yang sehat adalah hidup yang bisa menyeimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah soal berolahraga dan istirahat. Tidak baik jika kamu hanya berolahraga namun tidak menjaga durasi tidur yang pas.

Tidur selama 7 hingga 8 jam menjadi durasi yang disarankan. Saat mendapatkan durasi tidur tersebut, tubuh mampu mengembalikan kondisi tubuh menjadi kembali fit. Tidak hanya itu, proses pemulihan otot pun bisa semakin terbantu.

Selain durasi yang proporsional, jika kamu masih merasa kurang nyaman saat tidur, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk tidur tanpa bantal. Banyak manfaat yang bisa didapat dari tidur tanpa bantal. Salah satunya menjadikan tidur lebih nyenyak.

Mencari Penginapan yang Nyaman? Datang aja ke Bobobox

Biasanya, tidur yang tidak terlalu nyaman membuat tubuh menjadi nyeri atau sakit di beberapa bagian seperti leher dan kepala. Sehingga, saat liburan, akomodasi penginapan yang nyaman menjadi hal yang wajib kamu cari.

Salah satu akomodasi penginapan yang siap memberikan kenyamanan saat menginap adalah Bobobox. Pasalnya, hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas kekinian yang menjamin kenyamanan setiap pengunjung yang datang.

Ingin memesan pod di Bobobox? Kamu bisa melakukannya di manapun dan kapanpun selama ada aplikasi Bobobox di smartphonemu yang bisa diunduh dengan mudah dan cepat di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.