Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengunjungi Situs-Situs Suci Bersejarah Dunia Secara Online

Berziarah ke berbagai situs suci di dunia bisa melalui teknologi virtual reality tanpa harus keluar dari rumah. Kira-kira situs-situs suci apa saja yang bisa dikunjungi ya?

Terbatasnya mobilitas akibat wabah virus corona membuat hampir semua orang tertahan di rumah dan daerahnya masing-masing. Jangankan pergi berlibur, untuk pergi ke supermarket dan berbelanja kebutuhan sehari-hari pun butuh perencanaan yang matang.

Dua bulan lebih pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah. Tidak sedikit yang merasa bosan dan segera ingin berlibur dan mungkin kamu termasuk salah satunya juga. Terlebih lagi momen Hari Raya Idul Fitri lalu terasa sepi karena pemerintah juga sudah melarang masyarakat untuk mudik.

Namun, saat ini kamu tidak perlu khawatir merasa bosan lagi karena beberapa situs internet telah menyediakan tur gratis melalui teknologi virtual reality. Tidak hanya tempat-tempat liburan legendaris yang bisa kamu akses melalui virtual reality namun juga beberapa situs suci di berbagai belahan dunia sudah bisa kamu kunjungi.

Kira-kira, situs suci apa saja yang bisa bisa kamu datangi dengan virtual reality?

Yerusalem

situs suci

Yerusalem adalah sebuah kota di Israel yang dijuluki kota suci. Di kota ini juga terdapat banyak sekali situs suci yang menjadi saksi sejarah berdirinya tiga agama besar di dunia, yaitu, Yahudi, Kristen, dan Islam.

Setiap tahunnya, Yerusalem menerima ribuan hingga puluhan ribu peziarah dari berbagai belahan dunia baik yang beragama Yahudi, Kristen maupun Islam yang mengunjungi berbagai situs suci di kota ini. Sayangnya, di awal tahun 2020 ini, semua situs suci dan kegiatan keagamaan di Yerusalem terpaksa ditutup akibat wabah virus corona.

Namun, melalui teknologi virtual reality, kamu masih bisa melihat berbagai upacara dan kegiatan-kegiatan penting di situs suci Yerusalem seperti Upacara Api Kudus yang merupakan perayaan Paskah Ortodoks di Makam Suci, perayaan bulan suci Ramadhan di Masjid Al-Aqsa, dan berkat imam di Tembok Barat.

Selain kegiatan-kegiatan keagamaan di Yerusalem, kamu juga bisa berkeliling situs suci Masjid Al-Aqsa yang sangat bersejarah bagi umat muslim di seluruh dunia. Tempat yang dipercaya menjadi saksi Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit, kini bisa dinikmati secara virtual.

Selain Masjid Al-Aqsa, terdapat juga situs suci yang amat bersejarah bagi umat Kristen yaitu Gereja Makam Kudus atau The Holy Sepulchre. Di tempat inilah umat Kristen di seluruh dunia meyakini bahwa Yesus Kristus disalib dan dimakamkan. Saat ini, kamu bisa berziarah ke situs suci ini dengan menggunakan teknologi virtual reality.

Situs suci bersejarah terakhir yang paling banyak diziarahi di Yerusalem adalah Tembok Ratapan. Situs suci yang satu ini menjadi pusat ziarah umat Yahudi di seluruh dunia. Di tempat inilah umat Yahudi berdoa dan meratapi dosa. Situs suci ini kini juga sudah bisa dinikmati melalui teknologi virtual reality.

Untuk mengakses situs-situs suci di Yerusalem kamu bisa mengunjungi website “The Holy City

Mekah

situs suci

Mekah adalah kota suci bagi umat Islam. Setiap tahunnya, jutaan orang mengunjungi situs suci ini, baik untuk melakukan ibadah umroh maupun ibadah haji. Namun, sejak merebaknya wabah virus corona, pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menutup sementara tempat suci ini.

Tidak sedikit yang kecewa karena jadwal umroh terpaksa dibatalkan. Namun untuk mengobati kekecewaan jamaah yang tidak bisa umroh, kini sudah ada teknologi virtual reality yang memungkinan siapa saja untuk berziarah ke situs suci ini.

Melalui aplikasi “Experience Mecca” kini kamu sudah bisa berjalan-jalan di kota suci ini. Kamu juga bisa mengunjungi ka’bah dengan bertawaf layaknya jamaah yang sedang beribadah umroh maupun haji. Selain pengalaman tawaf, kamu juga bisa mengunjungi situs suci lainnya seperti Masjid Nabawi dan Masjid Kuba di Kota Madinah.

Namun, aplikasi virtual reality ini tidak bisa mengganti ibadah umroh atau haji. Traveling ke situs-situs suci ini hanya sebagai sarana edukasi dan rekreasi yang akan membuatmu merasakan pengalaman langsung mengunjungi tempat suci bersejarah umat Islam.

Vatikan

situs suci

Paskah tahun ini memang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya pada Pekan Suci, ribuan orang berjubel untuk menghadiri kebaktian Paskah. Namun, karena wabah virus corona, perayaan Paskah yang syahdu di Vatikan terpaksa harus ditunda. .

Untuk kamu yang ingin menikmati suasana Vatikan yang syahdu ataupun berziarah di kota ini, kamu bisa mengakses website Vatikan dimana kamu akan mengagumi panorama Vatikan hingga 360 derajat.

Salah satu situs suci yang bisa kamu kunjungi di Vatikan adalah Gereja Saint Peter Basilica yang digadang-gadang menjadi gereja termegah di dunia. Gaya arsitektur Renaissance yang menghiasi gereja ini merupakan karya masterpiece Michelangelo.

Kamu juga bisa berjalan-jalan secara virtual di alun-alun Saint Peter Vatikan yang sangat artistik. Alun-alun yang konon dibangun pada abad ke-17 ini bisa menampung hingga hampir lima ratus ribu orang. Tidak heran alun-alun ini menjadi pusat Kota Vatikan.

Ada juga Kapel Sistine yang menjadi salah satu gereja terpenting di Kota Vatikan. Kapel ini terkenal karena merupakan tempat para uskup atau cardinal memilih Paus baru. Kapel Sistine dibangun pada abad ke-15 yang juga memiliki karya Michelangelo yang menghiasi langit-langit kapel.

Semua tempat suci di Vatikan kini bisa kamu nikmati hanya dari rumah dengan teknologi virtual reality, loh.

Turki

situs suci

Turki menjadi negara yang memiliki kaitan sejarah erat dengan umat Muslim dan Kristen. Hal ini bisa terlihat dari arsitektur-arsitektur megah di Turki yang dihiasi ornamen yang mewakili kedua agama besar tersebut.

Turki juga kerap menjadi pusat ziarah baik bagi umat Kristen maupun Islam di seluruh dunia. Beragam situs suci di Turki kini bisa dinikmati secara online melalui teknologi virtual reality. Untuk kamu yang ingin berziarah ke situs suci di Turki namun terkendala wabah corona bisa coba teknologi yang satu itu.

Salah satu situs suci yang paling bersejarah di Turki adalah Museum Hagia Sophia. Museum ini dulunya adalah sebuah katedral umat Ortodoks Yunani yang kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah masjid hingga akhirnya menjadi museum.

Hagia Sophia juga menjadi simbol arsitektur Bizantium yang amat indah dan menjadi bangunan paling penting di zaman Kekaisaran Ottoman. Di Hagia Sophia sendiri terdapat beberapa makam yang sering diziarahi pengunjung. Makam-makam tersebut adalah makam-makam milik sultan-sultan Kekaisaran Ottoman beserta anggota keluarganya,

Berziarah ke Situs Suci dari Bobobox? Bisa Banget

situs suci

Untuk kamu yang penasaran dengan sejarah dari berbagai situs suci di dunia, kamu bisa langsung menikmatinya melalui teknologi virtual reality yang bisa kamu akses dari mana pun. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman langsung mengunjungi berbagai situs suci tersebut.

Namun, kamu harus memiliki sinyal internet yang kuat untuk bisa menikmati teknologi ini. Nah, di Bobobox, kamu bisa menikmati kunjungan ke situs suci ini tanpa harus takut internet lemot karena Bobobox dilengkapi dengan wifi yang super kencang.

Tunggu apalagi? Habiskan dan nikmati liburanmu di hotel kapsul paling unik, nyaman, dan aman. Jadikan staycation di Bobobox menjadi pengalaman baru yang seru buatmu. Jangan lupa terus update info tentang Bobobox di sini.