Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengulas Instagram Shopping: Platform Baru Untuk Online Shopmu!

Kelayakan Hingga Pelabelan

Zaman sekarang ini, apa-apa serba mudah termasuk jual beli barang. Hanya dengan sentuhan jari di smartphone kamu, kamu sudah bisa menjual barang dagangan tanpa tatap muka dengan pelanggan. Sama halnya dengan penjual, kamu pun bisa membeli barang yang kamu mau tanpa perlu repot-repot pergi ke toko, pusat perbelanjaan dan semacamnya.

Sebagaimana kamu tahu, kini sudah banyak media sosial serta platform marketplace yang cukup besar untuk memfasilitasi kegiatan jual beli masyarakat. Hal ini tentu tidak terlepas dari semakin canggihnya teknologi yang bisa mempersempit jarak meskipun kamu terpisah hingga ratusan kilometer dari barang yang kamu inginkan atau pelanggan yang mendambakan barang jualan kamu.

Setiap orang tentu memiliki preferensi sendiri untuk menjual atau membeli barang di media yang mereka inginkan dengan segala fitur menariknya. Kalau kamu juga mau mencoba menjajal usaha di dunia online shop, kamu bisa mencoba fitur Instagram Shopping. Apa saja yang perlu kamu tahu mengenai fitur ini? Yuk simak ulasan Instagram Shopping berikut ini!

Apa Itu Instagram Shopping?

Dalam ulasan Instagram Shopping ini, Bob akan memberikan sedikit gambaran tentang fitur tersebut. Instagram Shopping ini merupakan fitur yang akan memudahkan kamu dalam berjualan sekaligus berbelanja melalui aplikasi Instagram.

Sebelumnya, kategori shop sendiri biasanya kamu temukan di bagian search atau explore, kini tab shop dapat kamu temukan sejajar dengan tombol home, search, gallery, dan profile menggantikan tab mention. Nah, melalui fitur shop dengan ikon tas belanja ini, kamu bisa melihat rekomendasi produk jualan.

Kamu bisa mencari toko yang kamu mau, melihat toko-toko yang kamu ikuti, rekomendasi pilihan dari editor hingga koleksi berbagai produk jualan best selling dan terbaru lengkap dengan informasi harganya.

Selain itu, fitur ini juga tersedia di IGTV sehingga penjual bisa berkreasi sekreatif mungkin dengan konten-konten menarik untuk menjual produk-produk mereka. Selain itu, saat melihat suatu post atau story, kamu juga bisa melihat tag nama produk dan harga pada foto atau story produk tersebut.

Saat menyentuh label produk, kamu akan diarahkan ke halaman deskripsi produk tersebut. Halaman tersebut berisi gambar, harga, deskripsi, tautan menuju akun Instagram penjual serta tautan menuju website resmi penjual tersebut. Dengan adanya informasi lengkap terutama tentang harga, pembeli tidak perlu repot-repot bertanya tentang harga atau sampai harus keluar aplikasi untuk mendapat informasi tersebut.

Setelah yakin untuk melakukan transaksi, kamu bisa melakukan pemesanan hingga pembayaran di situs tersebut. Pembayaran yang dilakukan di situs resmi penjual ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan dan berhamburnya akun-akun tidak bertanggung jawab.

Karenanya, penjual yang ingin menggunakan fitur Instagram Shopping ini perlu menghubungkan fitur tersebut dengan situs resmi mereka. Pihak Instagram sendiri akan mengkaji lebih lanjut untuk menghindari adanya penipuan. Selain itu, untuk menggunakan fitur Instagram Shopping, penjual tidak diharuskan untuk memiliki jumlah minimal pengikut atau follower.

Langkah-Langkah Awal

Setelah kamu tahu secara garis besar tentang fitur tersebut, selanjutnya Bob akan membahas langkah-langkah awal penggunaannya dalam ulasan Instagram Shopping ini. Langkah paling awal adalah kelayakan kamu.

Konfirmasi kelayakannya sendiri meliputi kepemilikan website resmi untuk berjualan dengan domain sendiri, kepatuhan terhadap Perjanjian Pelapak dan Kebijakan Perdagangan, berlokasi di negara yang mendukung Instagram Shopping, dan menjual barang fisik. Sebagai informasi, kamu tidak bisa menggunakan akun di marketplace sebagai website resmi kamu. Website tersebut harus memiliki fitur add to cart hingga check-out dan pembayaran.

Ubah Akun Kamu

Setelah memenuhi syarat di atas, ulasan Instagram Shopping ini selanjutnya akan membahas tentang status akun Instagram kamu. Untuk menggunakan fitur shopping tersebut, kamu perlu mengubah status akun yang masih pribadi menjadi akun bisnis.

Caranya, masuklah ke menu setting dan pilih opsi ‘Switch to Professional account’ atau “Beralih ke Akun Profesional’ lalu pilih ‘Akun Bisnis’. Isi dengan lengkap semua data yang diminta. Setelah itu, kamu bisa menambahkan informasi lainnya seperti alamat, nomor telepon, tautan ke website serta jam buka toko.

Hubungkan dengan Facebook

@willfrancis via Unsplash

Langkah selanjutnya yang akan dibahas dalam ulasan Instagram Shopping ini adalah menghubungkan akun bisnis kamu dengan halaman Facebook. Caranya adalah dengan membuka profil akun Instagram kamu. Pilih ‘edit profile’.

Selanjutnya di bagian ‘Informasi Bisnis Publik/Public Business Information’, pilihlah ‘Halaman/Page – Connect or Create’. Jika sudah memiliki halaman Facebook, pilihlah ‘connect’, tekan tombol ‘continue’ dan pilih halaman Facebook yang akan dihubungkan dengan akun kamu.

Jika belum memiliki halaman Facebook, kamu bisa memilih ‘Buat Halaman Facebook Baru/Create Facebook Page’. Sebagai informasi, yang kamu perlukan hanya halaman Facebook bukan toko halaman Facebook.

Katalog Produk dan Peninjauan

Jangan santai dulu, langkah-langkahnya belum usai. Langkah selanjutnya yang akan Bob bahas dalam ulasan Instagram Shopping ini adalah tentang katalog produk serta peninjauan. Instagram Shopping ini didukung oleh katalog produk yang bisa kamu unggah dengan dua cara.

Pertama-tama, kamu buka dulu www.facebook.com/products dan pilih ‘Buat Katalog/Create Catalog’. Jika kamu menggunakan platform e-commerce seperti Shopify, Magneto atau WooCommerce, kamu bisa memilih ‘Connect E-Commerce Platform’. Setelah itu, ikuti saja petunjuk yang ada di sana. Namun, jika kamu tidak menggunakan salah satu e-commerce tersebut, kamu perlu membuat katalog kamu secara manual melalui Pengelola Bisnis Facebook.

Setelah katalog terhubung dengan Instagram, ajukanlah peninjauan terhadap akun kamu. waktu peninjauan ini tidak menentu, bisa beberapa hari atau lebih lama. Hal ini disebabkan oleh peninjauan yang dilakukan manusia (human reviewer) untuk meminimalisir kesalahan. Selain itu, sebagian pelaku bisnis mungkin akan dimintai informasi tambahan untuk membuktikan kepemilikan website mereka.

Untuk mengajukan peninjauan, kamu bisa membuka profil dan menekan tombol garis tiga. Pilih ‘Pengaturan’, daftar untuk shopping, dan ikuti langkah-langkah berikutnya. Untuk mengecek apakah status pengajuan kamu, buka ‘Belanja’ di ‘Pengaturan’.

Aktivasi dan Pelabelan

@semoetkecil via Instagram

Jika akun kamu sudah disetujui, selanjutnya kamu bisa langsung mengaktifkan fitur Instagram Shopping melalui Pengaturan (buka garis tiga terlebih dulu). Kemudian, pilih ‘Bisnis’ lalu ‘Belanja’. Setelah itu, pilih ‘Katalog Produk’ yang mau kamu hubungkan dengan akun kamu dan ‘Selesai’.

Setelah menyelesaikan aktivasi, kamu bisa mulai memanfaatkan Label Belanja untuk menyoroti produk-produk yang kamu unggah dalam foto, video serta story kamu. Mulailah dengan mengunggah foto seperti biasa. Lalu, ketuk ‘Tambahkan Foto’ dan tambahkan keterangan. Selanjutnya, ketuk ‘Labeli Produk’. Ketuk foto, cari produk, pilih produk, dan ketuk ‘Selesai’. Setelah itu, ketuk ‘Bagikan’.

Selain berjualan dan berbelanja, kamu juga bisa melakukan pemesanan kamar hotel lewat sentuhan jari di smartphone kamu. Hal tersebut bisa kamu lakukan jika kamu hendak menginap di hotel kapsul Bobobox.

Lewat aplikasi Bobobox yang terinstall di ponsel kamu, kamu bisa melakukan pemesanan, pembayaran, check-in hingga chek-out. Semuanya contactless dan anti ribet!

Selain itu, kamu juga bisa mengakses kamar lewat QR code dalam aplikasi kamu serta melakukan pengaturan pada Bluetooth speaker dan moodlamp dalam pod kamu. Simple, ekskulif dan menyenangkan!

You might also like