Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengisi Liburan dengan Belajar Tari Kecak di Tanah Bali

Bali merupakan salah satu tempat yang mempunyai banyak wisata dan tidak pernah sepi pengunjung. Pengunjung yang datang berasal dari berbagai negara dan berbagai macam daerah. Selain itu juga berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Pesona budaya yang dimiliki oleh Bali membuatnya banyak dikunjungi oleh para wisatawan pada musim liburan.

 

Anda bisa mengisi liburan dengan belajar tari kecak di Bali. Jadi, selain berlibur juga bisa menambah wawasan mengenai tari kecak. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa tempat dimana Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari kecak di Bali. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami penjelasan singkat tentang tari kecak.

 

Penjelasan Singkat Tari Kecak

tari kecak tanah lot

Tari kecak merupakan kesenian tradisional berupa tari khas dari Bali. Tarian ini menggambarkan tentang cerita Pewayangan terutama cerita Ramayana yang ditampilkan dengan seni tarian dan gerak. Tari kecak adalah warisan budaya dari Bali yang banyak menarik para wisatawan yang datang berkunjung.

Asal Mula Tari Kecak

Tari kecak berdasarkan sumber sejarah diciptakan oleh Wayan Limbak yang merupakan seorang seniman Bali dan Walter Spies yang merupakan seorang pelukis dari Jerman yaitu pada tahun 1930. Tari kecak ini terinpirasi dari bagian cerita Ramayana serta ritual sanghyang. Ritual sanghyang ini merupakan sebuah tradisi tarian dimana para penarinya melakukan komunikasi terhadap roh para leluhur maupun Tuhan yang mereka percayai dan berada dalam keadaan tidak sadar. 

Setelah itu menyampaikan berbagai macam harapannya kepada masyarakat. Istilah tari kecak diambil dari kata-kata yang seringkali diteriakkan oleh anggota yang posisinya mengelilingi para penari yaitu kata “cak..cak..cak”. Jadi, tarian ini dikenal dengan istilah tari kecak.

4 Rekomendasi Tempat Menyaksikan Pertunjukan Tari Kecak di Bali

Banyak orang yang mengisi liburan panjang dengan berkunjung ke Bali. Mengisi liburan dengan belajar tari kecak bisa Anda jadikan salah satu kegiatan yang bisa dicoba ketika berlibur ke Bali. Pertunjukan tari kecak ini tidak hanya menarik pengunjung wisatawan lokal saja, tetapi juga pengunjung mancanegara.

Bahkan pada saat momen tertentu pertujukan tari kecak ini sangat ramai pengunjung. Tidak heran jika pada momen tersebut tiket masuk pertunjukan cepat habis. Untuk menyaksikan pertunjukan tari kecak di Bali terdapat 4 rekomendasi tempat yang bisa dijadikan referensi, antara lain yaitu:

  1. Uluwatu

Tempat wisata untuk mengisi liburan dengan belajar tari kecak yang pertama yaitu Uluwatu. Cerita yang disampaikan dari tari kecak adalah mengenai Rama dan Shinta. Di dalam tampilan tari kecak juga ada pertunjukan si kera putih Hanoman. Tokoh Hanoman kadang muncul di sela pertunjukan dengan tingkah jahil dan lincah.

Hanoman sesekali berinteraksi dengan para penonton dan membuat para penonton tertawa. Pertunjukan ini bisa Anda lihat dengan membeli tiket masuk langsung di loket yang ada di dekat pintu masuk panggung. Namun, jika menggunakan agen perjalanan, biasanya untuk masalah tiket sudah termasuk di dalam paket.

Penyelenggaraan pertujukkan sendratari Ramayana serta Tari Kecak di Pura Uluwatu diadakan pada waktu setiap hari pukul 18.00. Anda bisa mengunjungi tempat ini pada sekitar 15 menit sebelum acara dimulai. Tujuannya adalah untuk memperoleh tempat duduk yang terbaik dan sesuai keinginan.

  1. Tanah Lot

Tempat berikutnya untuk mengisi liburan dengan belajar tari kecak adalah di Pura Tanah Lot. Melihat pertunjukan tari kecak di tempat ini, Anda akan diberikan suguhan latar berupa matahari terbenam. Latar ini tentunya akan menambah penghayatan yang lebih mendalam pada saat menyaksikan pertunjukan seni budaya tersebut. Tari kecak bisa Anda saksikan pukul 18.30 WITA setiap hari.

  1. Ubud

Taman Saraswati di Ubud merupakan rekomendasi tempat selanjutnya untuk melihat pertunjukan tari kecak di Bali. Taman ini lokasinya berada di Jalan Kajeng, Ubud tepatmya di Kabupaten Gianyar. Tari kecak akan dipertunjukkan di sebuah pelataran yang dikelilingi oleh kolam teratai.

Jika akan memilih tempat ini, maka Anda harus memastikan kapan waktu berkunjung di Ubud. Hal ini karena pertunjukan tari kecak di Taman Saraswati, Ubud hanya diselenggarakan pada hari-hari tertentu saja. Pada pukul 19.30 WITA lebih tepatnya hanya hari Selasa dan hari Kamis saja.

  1. Batu Bulan

Batu Bulan merupakan rekomendasi tempat yang terakhir untuk menikmati pertunjukan tari kecak di Bali. Anda bisa menonton tari kecak yang memesona di tempat ini setiap hari. Pertunjukan diselenggarakan pada pukul 18.30 sampai pukul 19.30 WITA.

Diantara ke empat tempat tersebut Anda bisa memilihnya sesuai keinginan. Semua tempat yang sudah disebutkan tersebut bagus, namun pertunjukan tari kecak Uluwatu mempunyai kelebihan tersendiri daripada tempat yang lainnya. Nah, untuk mengetahui penjelasan yang lebih lengkap tentang objek wisata tari kecak Uluwatu Bali, simak uraian berikut.

Objek Wisata Tari Kecak Uluwatu Bali

Anda bisa mengisi liburan dengan belajar tari kecak Uluwatu Bali yang ramai pengunjung dengan berbagai macam kelebihannya. Selain pura, Anda juga bisa melihat kera di tempat ini. Beberapa kelebihan dari objek wisata tari kecak Uluwatu Bali akan dibahas pada uraian di bawah ini beserta jadwal pertunjukan dan harga tiket pementasan.

  • Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pertunjukan tari kecak di Uluwatu daripada pertunjukan tari kecak di tempat lainnya yaitu:

  • Pementasan dilaksanakan setiap hari.
  • Lokasinya berdekatan dengan wisata GWK Bali.
  • Anda bisa melihat pemandangan sunset sambil menyaksikan tarian kecak. Hal ini karena desain dari stage pertunjukan dibuat supaya penonton bisa melihat sunset.
  • Dimainkan dengan jumlah penari kurang lebih oleh 50 orang.
  • Mengambil cerita tentang Ramayana, tokoh utamanya adalah Rama dan Sinta.
  • Desain dari panggungnya seperti sebuah pertunjukan opera.

 

  • Jadwal Pertunjukan

Jadwal pertunjukan dari tempat ini yaitu:

  • Conter tiket dari tari kecak Uluwatu dibuka pada pukul 17:30.
  • Berakhirnya pementasan tari kecak adalah pada pukul 19:00.
  • Dimulainya pementasan tari kecak adalah pada pukul 18:15.

 

  • Harga Tiket Pementasan

Setiap tempat wisata mempunyai tarif harga tiket yang berbeda-beda. Tarif harga objek wisata tari kecak Uluwatu Bali adalah sebagai berikut:

  • Harga tiket masuk untuk bisa melihat pertujukan tari kecak Uluwatu sebesar Rp 100.000 per orang.
  • Harga diskon akan diberikan jika Anda membeli tiket masuk dengan jumlah lebih dari 20 orang.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Bali dan belum menemukan jenis wisata yang tepat, maka Anda bisa memilih untuk melihat pertunjukan tari kecak. Mengisi liburan dengan belajar tari kecak tentunya selain untuk rekreasi juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi.

Pertunjukan tari kecak yang disaksikan akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi lebih mengesankan. Diatas merupakan uraian mengenai beberapa tempat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melihat pertunjukan tari kecak di Bali. Semoga uraian singkat tersebut memberikan manfaat untuk Anda.

 

 

 

You might also like
Comments
Loading...