Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengisi Liburan Dengan Belajar Sasando, Sungguh Asyik

Ketika libur sekolah telah tiba, dimana tempat yang paling cocok untuk mengisi waktu liburan agar bisa bermanfaat? Tentu Nusa Tenggara Timur sudah masuk ke dalam list tempat favorit liburanmu! Jika belum, yuk segera masukkan ke dalam list. Ya, di Nusa Tenggara Timur banyak sekali tempat istimewa yang bisa di jadikan sebagai destinasi favorit mengisi waktu luang di akhir pekan.

sasando dihutan

Selain berlibur ke tempat wisata, Anda juga bisa mengisi liburan dengan belajar sasando, yaitu alat musik tradisional khas Nusa Tenggara Timur. Alat musik yang terbuat dari bambu serta di kombinasikan dengan daun lontar ini bisa dengan mudah Anda pelajari. Mungkin nama alat musik yang satu ini terdengar sedikit asing, yuk kita pelajari lebih dalam tentang alat musik Sasando.

Mengenal Alat Musik Sasando, Asal NTT

Pertama akan di bahas terlebih dahulu mengenai alat musik sasando asal NTT ini. Sasando merupakan sebuah dawai yang mana cara memainkannya adalah dengan di petik. Tentu berbeda dengan gitar, bentuk dari Sasando adalah tabung memanjang berbahan dasar bambu. Pada lubang bagian tengah bambu tersebut di beri ganjalan senar berbentuk melingkar dari atas ke bawah dan memiliki tumpu.

Alunan nada yang di hasilkan Sasando berasal dari ganjalan-ganjalan senar tersebut. Untuk mempercantik bentuk dari alat musik ini, sebuah wadah yang terbuat dari anyaman daun lontar berbentuk seperti kipas di tambahkan untuk menutupi kedua ujung dari bambu tersebut. Selain mempercantik, daun lontar tersebut juga berfungsi sebagai resonasi yang di hasilkan.

Fungsi Alat Musik Sasando dari NTT

Setiap alat musik tentunya memiliki fungsi yang berbeda di setiap jenisnya. Tanpa terkecuali alat musik asal NTT yang satu ni. Sasando adalah alat musik yang berfungsi untuk megatur resonasi yang mana masing-masing dapat di pilih oleh pemainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi alat musik sansando.

  1. Mengisi liburan dengan belajar sasando tentunya sangat bermanfaat. Sebelum mencoba memainkan, alangkah lebih baik bukan jika mengetahui fungsi dari alat musik yang satu ini. Yang pertama, sasando bisa di jadikan sebagai alat musik terapi. Pada jaman dahulu, Sasando di jadikan sebagai media penyembuh bagi masyarakat yang menderita penyakit kusta di Pulau Rote.
  2. Fungsi alat musik sasando kedua yaitu di gunakan sebagai media hiburan. Mengisi liburan dengan belajar sasando tentu bisa menghiburmu untuk melepaskan penat sesaat. Lantunan suara harmonis yang khas kerap di jadikan sebagai media hiburan warga setempat. Selain di gunakan sebagai pengiring musik acara yang ada di NTT, Sasando juga di gunakan sebagai pengiring hiburan kegiatan tradisional seperti pernikahan.
  3. Fungsi selanjutnya adalah sebagai upacara adat. Tidak ada salahnya Mengisi liburan dengan belajar sasando di sela-sela waktu istirahat atau sekedar mengikuti upacara adat setempat. Anda bisa menemui alat musik yang satu ini pada acara upacara adat di daerah setempat. Biasanya, sasando di gunakan untuk menyambut undangan para tamu.
  4. Fungsi alat musik sasando yang terakhir dapat dilihat dari segi ekonomi dan nasionalis. Ya, karena di nobatkan sebagai alat musik khas NTT, masyarakat setempat juga membuat kerajinan berbentuk sasando untuk di jual belikan kepada wisatawan. Selain itu, banyak juga para seniman yang memesan alat musik ini untuk mengisi galeri musik yang menawarkan jasa mengajar sasando.

 

Jika di lihat dari segi nasionalis, Sasando tentu merupakan alat musik kebanggaan Indonesia karena tidak dimilki oleh negara manapun. Selain di jadikan sebagai alat musik melodis, Sasando juga di jadikan sebagai alat musik harmonis yang memadukan nada sehingga menjadi lantunan musik yang enak di dengar.

Cara Memainkan Alat Musik Sasando

Sebelum mengisi liburan dengan belajar sasando, tentu Anda harus mengetahui bagaimana cara memainkan alat musik sasando terlebih dahulu. untuk dapat memainkan alat musik ini di perlukan harmonisasi yang berasal dari lubuk hati yang tepat dengan teknik yang tepat pula agar lantunan nadanya bisa di dengarkan.

Seperti alat musik harpa, biola, atau gitar, dibutuhkan ketrampilan khusus pada jemari pemain untuk memetik dawai agar menghasilkan nada yang indah. Memang sedikit sulit unyuk dapat bermain alat musik sasando, tapi Anda tetap bisa mempelajarinya dengan mudah jika mampu bersabar.

Karena bukan seperti sedang bermain gitar, alat musik sasando harus menggunakan dua tangan untuk yang memetik senar ketika memainkannya. Cara memetik sasando adalah dengan melakukan pemetikan senar berlawanan arah, yaitu tangan kanan untuk bermain chord dan tangan kiri untuk bermain melodi dan juga bass.

Tempat Belajar Alat Musik Sasando

Setelah mengetahui cara memainkan alat musik sasando, tentunya Anda juga harus survey terlebih dahulu mengenai tempat dimana Anda mengisi liburan dengan belajar sasando. Memang tidak hanya tersedia di Nusa Tenggara Timur saja, namun alangkah lebih baik bukan jika belajar alat musik di daerah asalnya sendiri? nah, berikut ini adalah rekomendasi tempat untuk Anda yang ingin belajar sasandi di NTT.

  1. Edon Sasando Musik

Tempat rekomendasi sanggar musik untuk Anda yang sedang mengisi liburan dengan belajar sasando adalah di Edon Sasando Musik. Tempat yang satu ini memang sudah terkenal di seluruh NTT sebagai sanggar musik bagi wisatawan maupun masyarakat setempat yang ingin belajar alat musik Sasando.

 

Selain sering di kunjungi oleh wisatawan dan masyarakat setempat, Edon Sasando Musik juga sering di jadikan sebagai destinasi wisata bagi kaum pelajar hingga mahasiswa yang sedang ke Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya melihat saja, mereka juga bisa mendalami atau kursus belajar Sasando dan mendapatkan sertifikat khusus dari pemerintah Kota Kupang.

 

Tempat kursus Edon Sasando Musik berada di Jalan Befak RT 001 RW 001 Nusa Tenggara Timur, Kolhua, Maulafa, Kota Kupang. Menurut wisatawan yang pernah berkunjung kesana, Anda tidak hanya bisa kursus bermain alat musik melainkan juga melihat bagaimana cara pembuatan alat musik tersebut.

 

  1. Tempat Pembuatan Sasando, Kupang

Lokasi kedua yang bisa Anda gunakan untuk mengisi liburan dengan belajar Sasando adalah di Kupang. Tepatnya berada di Oebelo, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini memang terkenal dengan daerah pembuatan alat musik Sasando. Namun Anda juga bisa belajar langsung kepada pembuat alat musik tentang bagaimana cara memainkannya.

 

Lokasi tempat pembuatan sasando tentu tidak jauh dengan Edon Sasando. Tidak ada salahnya bukan setelah kursus alat musik sasando lalu lanjutkan perjalanan dengan membeli oleh-oleh alat musik sasando di tempat pembuatan aslinya.

Nah, begitulah sedikit informasi yang bisa Anda pelajari ketika mengisi liburan dengan belajar sasando secara langsung di Nusa Tenggara Timur. Dengan belajar sasando, pastinya Anda sudah turut melestarikan budaya asli Indonesia dan menjaganya untuk tetap eksis. Semoga artikel tentang alat musik sasando ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

 

 

You might also like
Comments
Loading...