Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Geregetan dengan Noda di Wajah? Cobain 5 Bahan Ini untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Alami!

Bisa menghilangkan bekas jerawat alami, tanpa bahan kimiawi!

Punya wajah yang bersih dan halus tentunya impian banyak orang. Beragam produk perawatan kulit bisa kamu temukan di pasaran. Dengan produk yang tepat dan perawatan yang teratur, kulit bersih dan cerah bisa kamu miliki, lho. Namun, terkadang si musuh menyebalkan alias jerawat datang dan pergi dengan meninggalkan “hadiah”. Bekas-bekas jerawat ini terkadang terlihat jelas dan susah dihilangkan. Aduh! Bikin kesal dan merusak penampilan banget deh pokoknya!

Untungnya, ada beragam metode yang bisa kamu ikuti untuk membasmi bekas jerawat. Banyak juga produk-produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk mengurangi tampilan atau menghilangkan bekas jerawat. Namun, kamu perlu berhati-hati saat memilih produk. Salah-salah, kondisi bekas jerawatmu justru bisa memburuk. Yang lebih parah lagi, kamu bisa mengalami breakout karena kandungan tertentu di produk yang digunakan. Duh! Jangan sampai deh kondisi kulitmu memburuk!

menghilangkan bekas jerawat alami
Sumber: Averraglow

Di sisi lain, kamu juga mungkin concerned dengan penggunaan produk-produk kimiawi. Sebagai contoh, ada efek samping yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia tertentu. Nah, solusinya adalah kamu bisa mencoba bahan yang dapat menghilangkan bekas jerawat alami. Dengan bahan-bahan alami, efek samping yang dirasakan bisa dihindari atau diminimalisir. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi paparan kulit terhadap zat kimia. Bagus, ‘kan?

Nah, buat kamu yang geregetan sama bekas jerawat, Bob punya 5 pilihan bahan yang dapat menghilangkan bekas jerawat alami. Selain relatif terjangkau, bahan-bahan ini juga mudah didapatkan! Yuk lihat apa saja pilihannya!

1. Lemon

menghilangkan bekas jerawat alami
Credit: Julia Peretiatko via Unsplash

Bahan pertama untuk menghilangkan bekas jerawat alami adalah lemon. Buah yang satu ini nggak hanya enak dijadikan mojito, tetapi juga bermanfaat buat kulitmu. Untuk bekas jerawat, lemon bisa jadi penolongmu! Dilansir dari Vitagene, lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang bisa mencerahkan kulitmu. Kedua zat ini juga bisa memudarkan tampilan bekas jerawat dan noda kemerahan di wajahmu, lho! Wah! One step closer to clean and bright skin, nih!

Namun, kamu harus menggunakan lemon dengan tepat untuk menghilangkan bekas jerawat alami. Dilansir dari Mirror.co.uk, sari lemon perlu dioleskan secara langsung pada bekas luka saja menggunakan ujung jari atau korek kuping. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah. Kamu juga bisa mencampurkan sari lemon dengan madu dalam perbandingan setara. Ratakan campuran pada bekas jerawat dan diamkan selama 15 menit sebelum wajah dibilas. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari.

2. Soda Kue

menghilangkan bekas jerawat alami
Credit: Monfocus via Pixabay

Meskipun identik dengan pembuatan kue, soda kue ternyata merupakan salah satu bahan alami dengan versatility tinggi. Dilansir dari wikiHow, soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan dan membasmi bau dari berbagai benda, hingga menyegarkan napas. Untuk kulit, soda kue bisa memudarkan bekas jerawat dan pigmentasi, menurut artikel dari The Sun. Bahan ini juga bisa mengatasi peradangan dan menghilangkan noda kemerahan, lho!

Kamu bisa menggunakan soda kue dengan mudah untuk menghilangkan bekas jerawat alami. Dikutip dari Womens Best, buat pasta dengan mencampurkan 1 sendok teh soda kue dan sedikit air. Oleskan pasta pada bekas jerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin. Dalam 2-3 hari pertama, kamu bisa menjalani perawatan setiap hari. Setelah itu, ulangi perawatan 1-2 kali seminggu saja.

3. Tea Tree Oil

menghilangkan bekas jerawat alami
Sumber: Meramuda

Buat kalian yang punya tipe kulit acne-prone, sepertinya nggak asing dengan bahan yang satu ini. Ya, tea tree oil dianggap sebagai holy grail buat sebagian orang karena manfaatnya bagi kulit berjerawat. Sebuah artikel di Vitagene menyebutkan bahwa tea tree oil dapat mencegah munculnya jerawat aktif dan mengatasi peradangan. Minyak ini juga dapat mengangkat sel kulit mati, serta berperan sebagai antiseptik.

Namun, dilansir dari Healthline, bekas jerawat biasanya terbentuk di bawah lapisan kulit. Oleh karena itu, efektivitas tea tree oil sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat alami mungkin tidak tinggi. Meskipun demikian, kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat aktif sejak awal. Dengan begitu, risiko munculnya bekas jerawat bisa dihindari. Sebagian produk tea tree oil bisa digunakan langsung. Namun, kalau kamu pilih tea tree oil murni, pastikan kamu mencampurkannya dengan carrier oil, ya, untuk menghindari iritasi.

4. Madu

menghilangkan bekas jerawat alami
Credit: Arwin Neil Baichoo via Unsplash

Rasanya yang manis dan lembut membuat madu menjadi alternatif pemanis teh panas. Namun, madu juga bisa jadi bahan untuk menghilangkan bekas jerawat alami, lho! Dilansir dari Byrdie, madu ternyata mengandung sedikit hidrogen peroksida yang membantu menyamarkan bekas luka, termasuk bekas jerawat. Selain itu, madu juga merupakan zat antibakteri yang dapat membersihkan pori-pori, serta melawan jerawat. Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung merataka madu pada bagian yang terkena bekas jerawat.

Eits! Kamu juga perlu hati-hati, lho! Pasalnya, madu bisa memicu reaksi alergi. Kalau kamu alergi terhadap lebah atau serbuk sari, ada baiknya kamu tidak menggunakan madu untuk menghilangkan bekas jerawat alami. Meskipun demikian, madu sendiri tidak menimbulkan efek samping lain. Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan patch test dulu sebelum menggunakan madu, ya!

5. Lidah Buaya

menghilangkan bekas jerawat alami
Credit: pisauikan via Unsplash

Kalau kita throwback 2-3 tahun ke belakang, mungkin kamu ingat gel aloe vera alias lidah buaya sempat populer banget. Ya, gel ini populer sebagai salah satu produk skincare khas Korea. Tanaman lidah buaya memang punya banyak manfaat, teman-teman! Dilansir dari Femina India, sari lidah buaya memiliki zat antioksidan dan antiperadangan, serta bisa menangani luka atau bekas jerawat. Selain itu, daging lidah buaya juga bisa kamu sulap menjadi sajian penutup yang menyegarkan!

Kalau kamu ingin go natural, pilih batang lidah buaya yang segar dan sehat, dan gunakan sarinya pada bekas jerawat. Kamu bisa mendiamkannya selama semalaman. Nggak mau ribet? Kamu bisa beli produk gel aloe vera dari apotek atau toko swalayan. Namun, pilih yang persentasenya tinggi, ya. Oh, ya! Gel lidah buaya juga baik untuk kesehatan rambut, lho! Kulit mulus dan rambut berkilau? Resolusi 2021 banget tuh!

Itulah 5 bahan untuk menghilangkan bekas jerawat alami yang bisa kamu coba. Gimana? Siap buat memberantas bekas-bekas jerawat membandel? Selain membasmi jerawat, pastikan kamu juga menjaga kebersihan wajahmu dengan lebih baik. Ikuti juga perawatan kulit secara berkala, dan konsumsi makanan yang sehat. Kendalikan juga tingkat stresmu. Dengan begitu, kamu bisa mencegah munculnya jerawat sejak awal.

Eh, kalau kamu mulai stres, mungkin ini waktunya kamu rehat sejenak. Ya, stres juga bisa memicu jerawat, lho! Ada banyak hal yang bisa kamu coba untuk menurunkan tingkat stres. Salah satunya adalah staycation. Eh, di kondisi seperti sekarang mau staycation? Memangnya aman?

Staycation Aman dan Seru? Di Bobobox!

Berlibur di Bobobox nggak kalah seru kok! Soal keamanan, jangan khawatir! Bobobox menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan yang ketat. Semua pod dibersihkan secara menyeluruh. Selain bersih, pod-mu juga akan nyaman ditempati! Apalagi, interiornya juga keren dan teknologinya sudah terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Mantap deh! Soal fasilitas, Bobobox juga dilengkapi shared bathroom, pantry, musala, dan communal space. Ada juga vending machine yang tersedia di lobi. Jadi, nggak usah repot-repot ke luar hotel untuk beli minum!

Sebelum menginap, jangan lupa unduh aplikasi Bobobox ke ponselmu, ya! Aplikasi keren ini tersedia untuk platform iOS dan Android secara gratis. Lewat aplikasi ini, kamu bisa berinteraksi dengan staf hotel, mengatur pencahayaan, sampai mengakses pod. Selain itu, kamu juga bisa melakukan reservasi secara langsung dan mendapatkan beragam notifikasi promo menarik! Seru, ‘kan? Yuk download aplikasinya sekarang dan nikmati staycation aman dan nyaman di Bobobox!

You might also like