Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk. Efektif dan Mudah Dilakukan!

Dijamin langsung hilang!

Bobobox.co.id — Punya persoalan di mana bekas gigitan nyamuk susah hilang. Kamu bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang akan Bob bagikan di bawah ini.

Cara yang Bob sarankan terbilang mudah dilakukan bahkan saat kamu berada di rumah. Bahannya pun relatif mudah ditemukan karena memang dijual di pasar tradisional sekalipun.

Dilansir dari berbagai sumber, simak penjelasan mengenai 10 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk berikut ini.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

1. Kompres Air Dingin

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pertama adalah dengan mengompres bagian kulit yang digigit. Cara satu ini sangat direkomendasikan setelah kamu digigit nyamuk dan ditemukan adanya bentol.

Kompres dingin tersebut dipilih karena mampu meredakan reaksi peradangan pada kulit. Tak hanya itu, cara yang cukup mudah dilakukan tersebut pun bertujuan untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitannya.

Untuk melakukannya, kamu bisa langsung menempel kompres dingin yang sudah diisi oleh es batu ke kulit. Lakukan beberapa kali sampai reaksi peradangan atau rasa gatal akibat gigitan nyamuk mulai berkurang.

Kompres dingin menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Kompres dingin via no_limit_pictures/istockphoto

 

2. Hindari untuk Digaruk

Bintik atau bentol merah pada kulit merupakan reaksi yang wajar usai kamu digigit oleh nyamuk. Namun, rasa gatal yang kadang mengganggu membuatmu secara tak sadar untuk mulai menggaruk bintik tersebut.

Padahal, menghindari untuk menggaruk bagian kulit tersebut adalah cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Saat bagian tersebut terus digaruk, hal tersebut justru membuat gatal dari bagian tersebut meningkat.

Akibatnya, luka akibat gigitan nyamuk bakal susah hilang apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif. Untuk itu, ada baiknya untuk menahan diri walaupun rasa gatal yang diakibatkan membuatmu ingin menggaruknya.

Hindari menggaruk menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Hindari menggaruk via Getty Images/istockphoto

3. Oleskan dengan Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan khasiat. Selain mampu menghilangkan daki, madu pun mampu dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang ampuh.

Sifat anti radang dan anti inflamasi yang ada dalam madu berperan penting dalam hilangkan bekas gigitan nyamuk. Pasalnya, keduanya membantu dalam menyembuhkan luka pada kulit dan mencegah infeksi.

Cukup oleskan madu pada bagian kulit yang menjadi area yang digigit oleh nyamuk. Lalu, biarkan selama 10 menit. Setelah mengering, segeralah bilas bagian kulit tadi hingga bersih dengan air dingin.

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Jenis Madu Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuhmu, Yuk!
@arwinneil via Unsplash

Baca Juga: Tidak Hanya Cantik, Ini Dia 10 Tanaman Hias Anti Nyamuk Cocok Untuk Ditempatkan Di Rumah


4. Redakan dengan Masker Buah

Saat ingin merawat kulit wajah, berbagai cara bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker buah. Kamu pun bisa memanfaatkan masker buah tersebut untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Masker buah dari bahan alami seperti tomat, pepaya, atau lemon memiliki khasiat untuk mencegah perubahan warna kulit. Tak hanya itu, masker buah ini pun memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit tubuh.

Pilihlah salah satu buah yang tadi disebutkan. Kemudian, haluskan dan oleskan masker buah tersebut pada daerah yang bentol akibat gigitan nyamuk selama dua kali sehari sekitar 10 menit. Lakukan secara rutin.

Masker buah menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Masker buah via Piotr Marcinski/istockphoto

5. Manfaatkan Minyak atau Krim Vitamin E

Alternatif menghilangkan bekas gigitan nyamuk lainnya adalah memanfaatkan minyak atau krim yang mengandung vitamin E. Vitamin E sendiri diketahui dapat mengurangi kemerahan akibat gigitan nyamuk.

Bahkan, tak hanya itu, vitamin E pun mampu mempercepat penyembuhan iritasi pada kulit. Tak mengherankan jika krim vitamin E bakal baik dan direkomendasikan untuk dilakukan karena terbilang mudah juga.

Kamu bisa mengoleskan minyak atau krim tersebut sebanyak dua kali sehari. Untuk mendapatkan hasil optimal, kamu bisa mencoba untuk menggunakan bahan alami lainnya seperti madu dan lidah buaya.

Minyak atau krim vitamin E menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Minyak atau krim vitamin E via Natjaree Kanjanarajit | Dreamstime.com

6. Oleskan dengan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit. Hal tersebut pula yang membuat lidah buaya pun sangat direkomendasikan untuk menjadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Sifat anti inflamasi pada lidah buaya dapat menyembuhkan luka ringan dan meredakan infeksi. Selain itu, lidah buaya terbukti mampu untuk menenangkan kulit, meminimalisi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Untuk mencobanya, potonglah sebagian kecil batang lidah buaya. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke bagian yang digigit oleh nyamuk. Biarkanlah mengering dan oleskan lagi sesuai kebutuhan.

Lidah buaya menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Lidah buaya via unsplash.com/@pisauikan

Baca Juga: Tanda Sudah Sembuh Dari DBD! Semoga Cepat Pulih Kembali, Ya.


7. Menggunakan Baking Soda

Baking soda atau soda kue mungkin lebih dikenal sebagai bahan penting untuk membuat kue. Tak hanya itu saja, baking soda pun kerap dimanfaatkan karena mampu untuk membersihkan saluran pembuangan.

Bahkan, banyak yang tak tahu jika baking soda memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara pengaplikasian untuk menggunakan soda kue tersebut untuk gigitan nyamuk terbilang mudah.

Kamu cukup mencampurkan satu sendok makan soda kue dengan air secukupnya. Setelah terbentuk menjadi pasta, oleskan pada bagian yang terkena gigitan nyamuk. Dimak selama 10 menit sebelum dibilas.

Baking soda menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Baking soda via pexels.com/@kaboompics

8. Manfaatkan Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu minuman yang dibuat dari fermentasi apel. Selama berabad-abad, cuka apel telah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai kondisi medis seperti mengurangi infeksi.

Jika kamu merasa gatal akibat gigitan nyamuk, kamu bisa mengoleskan cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cuka apel ini dapat mengurangi sensasi perih dan gatal akibat digigit nyamuk.

Untuk menggunakannya, coba rendam terlebih dahulu waslap dalam air dingin dan cuka apel. Kemudian, barulah oleskan pada bekas gigitan. Hentikan penggunaan cuka apel ini jika kamu mengalami iritasi kulit.

Cuka apel menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Cuka apel via Madeleine_Steinbach/istockphoto

9. Oatmeal

Oatmeal mungkin lebih dikenal sebagai makanan yang direkomendasikan saat menjalankan program diet. Namun, siapa sangka jika kamu bisa menggunakan oatmeal bisa jadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Adanya senywa khusus dalam oatmeal yang memiliki kualitas anti iritasi menjadikan makanan tersebut pas untuk atasi gigitan nyamuk yang membandel. Ditambah cara pengaplikasiannya terbilang mudah.

Tinggal buat pasta oatmeal dari campuran air dan oatmeal. Lalu, sendokkan pasta tersebut ke waslap dan tempelkan pada area yang digigit. Diamkan selama 10 menit untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

Oatmeal menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Oatmeal via unsplash.com/@molnj

Baca Juga: 7 Gejala Jelas Kamu Terkena Demam Berdarah (DBD). Hati-Hati Ya!


10. Pakai Krim dari Dokter

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk terakhir adalah menggunakan krim dari dokter. Cara satu ini bisa dilakukan jika tips yang sudah Bob sebutkan sebelumnya belum mujarab untuk atasi masalahmu.

Dokter atau tenaga profesional tentu bakal memberikan saran yang tepat untuk permalasahan bekas gigitan nyamuk yang tak kunjung selesai. Biasanya, dokter akan meresepkan beberapa krim untuk digunakan.

Krim kortikosteroid atau retinoid mungkin akan direkomendasikan oleh dokter. Walaupun memang bisa dibeli di apotek terdekat, kamu hanya bisa membeli krim tersebut hanya dengan adanya resep dokter.

Krim dari dokter menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Krim dari dokter via pexels.com/@gustavo-fring

Menginap yang Bikin Bahagia? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox.

Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

kamar bobobox

You might also like